Halaman

Rabu, 06 November 2024

Outline Manajemen Kurikulum MPI I dan III 2024-2025

 


OUTLINE

 

Mata Kuliah                      : Manajemen Kurikulum                   

Program Studi                   : MPI

Jumlah SKS                       : 3 SKS                                             

Semester/ Prog                  : III (Tiga) & I (Satu) / Reguler

Dosen Pengampu               : Dr. Darul Abror, M.Pd.  

Tahun Akademik               : 2024/ 2025

Hari                                    : Rabu                                              

Waktu                                : 15.45-17.15 Wib

 

NO

TANGGAL

MATERI

Ket

1

09-10-2024

Pengantar dan Transaksi Perkuliahan

LURING

Dosen Pengampu

2

16-10-2024

Konsep manajemen kurikulum 

a.     Pengertian kurikulum

b.     Pengertian manajemen kurikulum

c.     Prinsip dan fungsi manajemen  kurikulum

d.     Dasar dan tujuan manajemen kurikulum

e.     Manajemen Kurikulum dalam standar nasional pendidikan

LURING

Dosen Pengampu

3

23-10-2024

Peran dan Tugas Kepala Sekolah dalam Manajemen Kurikulum

a.     Pengertian peran dan tugas kepala sekolah

b.     Kinerja kepala sekolah

c.     Pendekatan  kinerja kepala sekolah

d.     RKTL kinerja kepala sekolah

LURING

Dosen Pengampu

4

30-10-2024

Fungsi –fungsi  manajemen kurikulum merdeka

a.     Pengertian  fungsi manajemen kurikulum

b.     Mengelola perencanaan kurikulum

c.     Mengelola implementasi kurikulum

d.     Mengelola  pelaksanaan kurikulum

e.     Mengelola asesmen kurikulum

LURING

Dosen Pengampu

5

06-11-2024

Kurikulum Merdeka

a.     Pengertian Kurikulum Merdeka  

b.     Karakteristik Kurikulum Merdeka

c.     Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

d.     Alur Memahami Kurikulum Merdeka

a.     Platform Merdeka Mengajar  

LURING

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

6

13-11-2024

Evaluasi Materi

Evaluasi Materi

Evaluasi Materi

7

20-11-2024

U T S

LURING

 

8

21-11-2024

Perencanaan kurikulum Merdeka

b.     Pengertian perencanaan kurikulum

c.     Perumusan tujuan kurikulum

d.     Landasan perencanaan kurikulum

a.     Perumusan isi kurikulum

LURING

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

9

04-12-2024

Model Perencanaan Kurikulum Merdeka

b.     Pengertian Model Perencanaan Kurikulum

c.     Jenis-jenis Model perencanan Kurikulum

a.     Jenis Model Kurikulum yang relevan di era kekinian  

LURING

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

10

11-12-2024

Modul Ajar Kurikulum Merdeka

a.    Pengertian Modul Ajar

b.     Unsur Unsur Modul Ajar

c.     Karakteristik Modul Ajar

Langkah-langkah membuat Modul Ajar  

LURING

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

11

18-12-2024

Implementasi kurikulum Merdeka

a.     Pengertian konsep implementasi kurikulum

b.     Kemampuan guru dalam implementasi kurikulum

a.     Model Implementasi Kurikulum merdeka

LURING

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

12

25-12-2024

Monitoring Pelaksanaan kurikulum Merdeka

b.    Pengertian monitoring pelaksanaan kurikulum

c.     Tujuan pemantauan pelaksanaan pembelajaran

d.     Kerangka kegiatan pemantauan pelaksanaan pembelajaran

e.     Pengertian Penilaian kinerja  guru

f.     Jenis Penilaian kinerja guru

g.     Cara penyusunan dan contoh penilaian kinerja guru

Contoh format monitoring kinerja guru

LURING

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

13

08-01-2024

Asesment Kurikulum Merdeka

a.     Pengertian asesmen kurikulum

b.     Tujuan asesmen kurikulum

c.     Peran  asesmen kurikulum

Model asesemen kurikulum

LURING

Diskusi Dosen dan Mahasiswa

14

08-01-2025

Evaluasi Materi

LURING

Diskusi Dosen dan Mahasiswa

15

15-01-2025

Evaluasi Materi

LURING

Diskusi Dosen dan Mahasiswa

16

29-01-2025

UAS

LURING

UAS

 

 

Keterangan:

1.      Metode Perkuliahan

§  Diskusi

§  Tanya Jawab

§  PAIKEM

§  Praktik/ Reseach

 

2.      Pendekatan

      a.  Teoritis

   Pendekatan teoritis dilakukan dengan melakukan pemahaman dengan serius tentang esensi manajemen  kurikulum,        

        b.  Aplikatif

   Diharuskan bagi mahasiswa untuk melakukan kombinasi keilmuan teoritis yang telah dipelajari dengan  pengalaman akademik dilapangan. 

        c.  Interdispliner

   Menganalisa dengan dua pendekatan keilmuan yang relevan dengan fokus kajian, baik pendekatan filosofis, Sosiologis, Historis, Psikologis, manajemen, Politik pendidikan, dan kegamaan (Al-Qur’an dan l-Sunnah) tentang materi yang dikaji.    

 

3.      Referensi

 

          Primer :

   Al-Qur’an dan Hadits-Hadits shoheh

Dr. Teguh Triwiyanto, M.Pd.I , 2015, Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta, Bumi Aksara.  

Dr. Rusman, M.Pd, 2012,  Manajemen Kurikulum, Jakarta: PT. Raja Grafindo persada.

Prof. Dr. H.E. Mulyasa, M.Pd, 2013, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum  2013, Bandung, Rosda.

Syaikh Fuhaim Mustofa, 2009, Kurikulum Pendidikan Anak Muslim, (terj, wafi Marzuki,) Surabaya, Elba.

 Sekunder :

 Prof. Jalaludin, MA, 2011, Filsafat pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia.  

 Dr. Abdullah Aly,M.Ag,  2011, Pendidikan Islam Multikultural di pesantren “Tela’ah terhadap kurikulum pesantren  modern Islam Assalam Surakarat” Yogyakarta: Pustaka Setia.

Dr. Heri Gunawan, M.Ag.  2012. Kurikulum dan pembelajaran pendididkan agama Islam, Bandung, Alfabeta.  

Buku pedoman KKN TERPADU STAI AS-SHIDDIQIYAH 2015

Seluruh buku, jurnal, artikel, dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan disertasi) berbasis online yang berkaitan dengan materi.

 

4.      Tugas

§   Individu :

a.      Memiliki minimal satu buku  tentang manajemen kurikulum     

b.    Menyusun Tugas Individu (Reading Course) setiap kali pertemuan, contoh terlampir

c.    Membuat Video Pendek Presentasi dengan Menggunakan Slide Power Point

d.    Mengirimkan video dan Power Point ke Email bimbinganabror@gmail.com

e.    Video Pendek dikirim maksimal satu hari 24 jam sebelum tanya jawab di kelas/ jadwal perkuliahan

 

§   Kelompok

a.    Diskusi (Menjawab menjawab pertanyaan dari peserta diskusi ketika hari perkuliahan)         

b.    Presentator menjawab atas dasar  konsep dan teori dengan sumber bacaan lain serta deep analisys

 

5.      Penilaian

§  Kehadiran / Aktif         15%

§  UTS                              10%      

§  UAS                              10%      

§  Tugas                            60%      

§  Partisipasi                    15%

 

6.      Rekomendasi

a. Setiap mahasiswa wajib memiliki minimal satu buku tentang Manajemen Kurikulum.

b. Meningkatkan spirit ilmiah dengan membudayakan membaca 15 MENIT/ hari.

 

 

Lempuing Jaya,  September  2024

Dosen Pengampu,

 

 

                                                                                                                  

 

Dr. DARUL ABROR, M.Pd.

 

 

 

CONTOH FORMAT READING COURSE

 

Hari/Tgl

 

Pertemuan Ke-

 

Materi

 

 

Uraian Materi

Analisis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kesimpulan

 

 

 

 

 

 

 

Pertanyaan

 

 

 

 

 

Mengetahui

Dosen Pengampu                                                                                       Mahasiswa                                                                                                                                                                                                                                                               

 

 

Dr. Darul Abror, M.Pd.                                                                            _______________________

NIDN : 2128048601                                                                                  NIM:

 

Ketentuan Reading course :

1. Reading Course merupakan suatu proses membaca, mengamati, mengalisis dan menuliskan hasil pemahaman anda dengan pengembangan kalimat yang padat makna atas materi yang telah ditentukan.

2. Reading course ditulis tangan dan dibuat dengan rapi dengan print book models

3. Reading course ditandatangani mahasiswa sebelum di tandatangani dosen pengampu setiap pertemuan

4. Reading course dikumpulkan sebagai prasyarat mengikuti setiap materi pertemuan.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen SDM Pendidikan MPI II-IV 24-25

  Mata Kuliah                  :  MANAJEMEN SDM PENDIDIKAN                     Dosen Pengampu        :  Dr.  Darul Abror, M.Pd.      Program...