Halaman

Senin, 04 November 2024

Outline Manajemen Madrasah I dan III MPI 2024-2025_

 



 

Mata Kuliah               : Manajemen Madrasah                  

Program Studi            : MPI

Jumlah SKS                : 3 SKS                                              

Semester                     : I dan III (Satu dan Tiga)

Dosen Pengampu        : Dr. Darul Abror, M.Pd.                

Tahun Akademik        : 2024/ 2025

Hari                             : Selasa                                               

Waktu                         : 13.30 – 15.10 Wib.

 

NO

TANGGAL

MATERI

Ket

1

08-10-2024

Pengantar Perkuliahan  Dan Transaksi Perkuliahan

LURING

Dosen Pengampu

2

15-10-2024

Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Manajemen Pendidikan Islam

a. Pengertian manajemen Sekolah/ Madrasah

b. Fungsi manajemen madrasah

c. Fokus kajian manajemen madrasah  

d. Paradigma pengembangan manajemen pendidikan Islam

LURING

Dosen Pengampu

3

22-10-2024

Manajemen dan Kepemimpinan Madrasah/ Sekolah

a.  Konsep Manajemen sekolah/ madrasah

b.  Konsep kepemimpinan Sekolah / Madrasah

c.  Standar Kepala Sekolah / Madrasah

d.  Kakarteristik Budaya sekolah/ Madrasah

LURING

Dosen Pengampu

4

29-10-2024

Peran Eksternal dalam Manajemen Madrasah/ Sekolah

a.  Peran Pemerintah Pusat/ Kantor Wilayah / Kabupaten

b.  Peran Komite dan Pengawas Madrasah

c.  Peran Orang Tua / Wali

d.  Peran Universitas dan Branc Mark  

LURING

Dosen Pengampu

5

05-11-2024

Memformulasi Visi, Misi dan Tujuan Madrasah/ Sekolah

a.  Memformulasikan Visi dan Misi

b.  Merformulasikan Tujuan dan sasaran

c.  Mensosialisasikan visi, misi dan tujuan

d.  Menentukan Langkah-langkah Implementasi Visi dan Misi        

LURING

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

6

12-11-2024

Manajemen Perubahan Madrasah/ Sekolah

a. Definisi manajemen perubahan madrasah/ sekolah

b.  Komponen perubahan dalam pendidikan

c.  Tiga waktu perubahan dalam madrasah/ sekolah

d.  Indikator madrasah / sekolah yang unggul 

LURING

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

7

19-11-2024

Manajemen Risiko Sekolah/ Madrasah

a. Definisi manajemen risiko madrasah/ sekolah

b.  Tipe risiko di lembaga pendidikan

c.  Identifikasi manajemen risiko madrasah/ sekolah

LURING

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

8

26-11-2024

U T S

UTS

UTS

9

03-12-2024

Penyusunan Rencana Kerja Sekolah/ Madrasah

a.  Pengertian, tujuan dan karakteristik RKS/M

b.  Tahap penyusunan RKS/M

c.  Analisis Strategi kondisi sekolah/ madrasah

d.  Analisis harapan Stakeholders terhadap pengembangan sekolah

e.  Rencana Strategis pengembangan Sekolah/ Madrasah

LURING

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

10

10-12-2024

Manajemen Tenaga Pendidik dan Kependidikan  

a.  Definisi manajemen tenaga pendidik dan kependidikan

b.  Tujuan, fungsi dan prinsip manajemen tenaga pendidik dan kependidikan

c.  Perencanaan pendidik dan kependidikan

d.  Pelatihan  tenaga pendidik dan kependidikan

e.  Kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan

LURING

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

11

17-12-2024

Manajemen Keuangan dan Hubungan Masyarakat

a.  Definisi manajemen pembiayaan pendidikan

b. Prinsip dan fungsi manajemen pembiayaan pendidikan

c.  Makna Manajemen Hubungan Masyarakat

d. Langkah strategis madrasah dalam hubungan masyarakat

LURING

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

12

24-12-2024

Supervisi Pendidikan

a.  Definisi dan landasan supervise pendidikan

b.  klasifikasi supervisi pendidikan

c.  Peran dan fungsi supervisi pendidikan

d.  Teknik supervisi pendidikan 

LURING

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

13

07-01-2024

Pemasaran Jasa Pendidikan

a.  Konsep dasar pemasaran jasa pendidikan

b.  peran dan fungsi pemasaran pendidikan

c.  komponen pemasaran jasa pendidikan

d.  Strategi dan prosedur kegiatan pemasaran pendidikan

e.  Teknik penetapan harga jasa pendidikan

LURING

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

14

07-01-2025

Waktu Cadangan

LURING

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

15

14-01-2025

Evaluasi Pertemuan 

LURING

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

16

28-01-2025

UAS

UAS

UAS

 

Keterangan:

1.      Metode Perkuliahan

 

§  Diskusi

§  Tanya Jawab

§  PAIKEM

§  Reseach

 

2.      Pendekatan

      a.    Teoritis

   Pendekatan teoritis dilakukan dengan melakukan pemahaman dengan serius tentang konsep dan beberapa teori tentang manajemen di sekolah/ madrasah       

          b.    Aplikatif

   Diharuskan bagi mahasiswa untuk melakukan kombinasi keilmuan teoritis yang  telah dipelajari dengan  pengalaman akademik dilapangan. 

          c.    Interdispliner

   Menganalisa dengan dua pendekatan keilmuan, baik pendekatan Manajamen, Filsafat Pendidikan,Sosio politik, Psikologi pendidikan, manajemen Humas, Politik pendidikan, dan kegamaan serta pendekatan berbasis  Al-Qur’an dan Sunnah.       

 

3.      Referensi

 

Al-qur’an dan Hadist Shoheh

Prof. Dr. H. Muhaimin, MA, 2009, “Manajemen Pendidikan Aplikasinya dalam penyusunan rencana pengembangan Sekolah/ Madrasah”. Jakarta. Prenada Media.  

Muhajir., ManajemenBerbasis Madrasah. 2015 FTK Banteen Press

Widodo dan Nurhayati., Manajemen Pendidikan, Sekolah, Madrasah dan Pesantren’ 2020., Remaja Rosda Karya.

Suryobroto, 2010 “Manajemen  Sekolah” Jakarta, Rineka Cipta.  

Dr. Jaja Jahari, “Manajemen Madrasah Teori, Strategi dan Implementasi”. Bandung. Alfabeta.  

Seluruh buku, jurnal, artikel, dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan disertasi) berbasis online yang berkaitan dengan materi.

 

4.      Tugas

§   Kelompok :

Menyusun Makalah sesuai materi dan kelompok masing-masing dengan menyiapkan :

a.      PPT

b.      Makalah Lengkap

c.      Dan atau dilengkapi video pendek/ animasi

§   Individu :

       Menyusun Reading Course (Suatu proses membaca, memahami, menganalisis serta menuliskan hasil analisisnya denga tulisan tangan dalam satu table Reading Course). Reading Course dilakukan setiap pertemuan. 

 

5.      Penilaian

§  Kehadiran       20%

§  UTS                10%

§  UAS                15%

§  Tugas              40%

§  Partisipasi      15%

 

6.      Rekomendasi

a. Setiap mahasiswa wajib memiliki buku manajemen konflik  minimal satu buku.

b. Meningkatkan spirit ilmiah dengan membudayakan membaca buku 20 menit sebelum mata kuliah dimulai.

 

 

Lempuing Jaya,  September 2024

Dosen Pengampu,

 

 

 

 

Dr. DARUL ABROR, M.Pd.

 

Format Reading Course

 

Hari/Tgl

 

Pertemuan Ke-

 

Materi

 

 

Uraian Materi

Analisis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kesimpulan

 

 

 

 

 

 

 

Pertanyaan

 

 

 

 

Mengetahui

Dosen Pengampu                                                          Mahasiswa                                                                                                                              

 

 

 

Dr. Darul Abror, M.Pd.                                               _______________________                                                                                                                 

 

Ketentuan :

1. Reading course dibuat dengan rapi dengan print book

2. Reading course ditandatangani mahasiswa sebelum di tandatangani dosen pengampu setiap pertemuan

3. Reading course dikumpulkan sebelum dosen dating di kelas sebagai prasyarat setiap mengikuti pertemuan kuliah

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen SDM Pendidikan MPI II-IV 24-25

  Mata Kuliah                  :  MANAJEMEN SDM PENDIDIKAN                     Dosen Pengampu        :  Dr.  Darul Abror, M.Pd.      Program...