Mata Kuliah
: Manajemen Madrasah
Program Studi : MPI
Jumlah SKS
: 3 SKS
Semester
: I dan III (Satu dan Tiga)
Dosen Pengampu : Dr.
Darul Abror, M.Pd.
Tahun Akademik : 2024/ 2025
Hari :
Selasa
Waktu :
13.30 – 15.10 Wib.
NO |
TANGGAL |
MATERI |
Ket |
|
1 |
08-10-2024 |
Pengantar Perkuliahan Dan Transaksi Perkuliahan |
LURING |
Dosen Pengampu |
2 |
15-10-2024 |
Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Manajemen
Pendidikan Islam a. Pengertian manajemen Sekolah/ Madrasah b. Fungsi manajemen madrasah c. Fokus kajian manajemen madrasah d. Paradigma pengembangan manajemen pendidikan Islam |
LURING |
Dosen Pengampu |
3 |
22-10-2024 |
Manajemen dan Kepemimpinan Madrasah/ Sekolah a.
Konsep Manajemen sekolah/
madrasah b.
Konsep
kepemimpinan Sekolah / Madrasah c.
Standar Kepala
Sekolah / Madrasah d.
Kakarteristik
Budaya sekolah/ Madrasah |
LURING |
Dosen Pengampu |
4 |
29-10-2024 |
Peran Eksternal dalam Manajemen Madrasah/
Sekolah a.
Peran Pemerintah
Pusat/ Kantor Wilayah / Kabupaten b.
Peran Komite dan
Pengawas Madrasah c.
Peran Orang Tua /
Wali d.
Peran Universitas
dan Branc Mark |
LURING |
Dosen Pengampu |
5 |
05-11-2024 |
Memformulasi Visi,
Misi dan Tujuan Madrasah/ Sekolah a.
Memformulasikan Visi dan Misi b.
Merformulasikan Tujuan dan sasaran c.
Mensosialisasikan visi, misi dan tujuan d.
Menentukan
Langkah-langkah Implementasi Visi dan Misi |
LURING |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
6 |
12-11-2024 |
Manajemen Perubahan Madrasah/ Sekolah a. Definisi manajemen perubahan madrasah/ sekolah b.
Komponen
perubahan dalam pendidikan c.
Tiga waktu
perubahan dalam madrasah/ sekolah d.
Indikator
madrasah / sekolah yang unggul |
LURING |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
7 |
19-11-2024 |
Manajemen Risiko Sekolah/ Madrasah a. Definisi manajemen risiko madrasah/ sekolah b.
Tipe risiko di
lembaga pendidikan c.
Identifikasi
manajemen risiko madrasah/ sekolah |
LURING |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
8 |
26-11-2024 |
U T S |
UTS |
UTS |
9 |
03-12-2024 |
Penyusunan Rencana
Kerja Sekolah/ Madrasah a. Pengertian, tujuan dan
karakteristik RKS/M b. Tahap penyusunan RKS/M c. Analisis Strategi
kondisi sekolah/ madrasah d. Analisis harapan
Stakeholders terhadap pengembangan sekolah e. Rencana Strategis
pengembangan Sekolah/ Madrasah |
LURING |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
10 |
10-12-2024 |
Manajemen Tenaga Pendidik dan Kependidikan a.
Definisi
manajemen tenaga pendidik dan kependidikan b.
Tujuan, fungsi
dan prinsip manajemen tenaga pendidik dan kependidikan c.
Perencanaan
pendidik dan kependidikan d.
Pelatihan tenaga pendidik dan kependidikan e.
Kompetensi tenaga
pendidik dan kependidikan |
LURING |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
11 |
17-12-2024 |
Manajemen
Keuangan dan Hubungan Masyarakat a.
Definisi
manajemen pembiayaan pendidikan b.
Prinsip dan
fungsi manajemen pembiayaan pendidikan c.
Makna Manajemen
Hubungan Masyarakat d.
Langkah strategis
madrasah dalam hubungan masyarakat |
LURING |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
12 |
24-12-2024 |
Supervisi Pendidikan a. Definisi dan landasan supervise pendidikan b.
klasifikasi
supervisi pendidikan c.
Peran dan fungsi
supervisi pendidikan d.
Teknik supervisi
pendidikan |
LURING |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
13 |
07-01-2024 |
Pemasaran Jasa Pendidikan a. Konsep dasar pemasaran jasa pendidikan b.
peran dan fungsi
pemasaran pendidikan c.
komponen
pemasaran jasa pendidikan d.
Strategi dan
prosedur kegiatan pemasaran pendidikan e.
Teknik penetapan
harga jasa pendidikan |
LURING |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
14 |
07-01-2025 |
Waktu Cadangan |
LURING |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
15 |
14-01-2025 |
Evaluasi
Pertemuan |
LURING |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
16 |
28-01-2025 |
UAS |
UAS |
UAS |
Keterangan:
1. Metode Perkuliahan
§ Diskusi
§ Tanya Jawab
§ PAIKEM
§ Reseach
2.
Pendekatan
a.
Teoritis
Pendekatan teoritis dilakukan dengan melakukan pemahaman dengan serius
tentang konsep dan beberapa teori tentang manajemen di sekolah/ madrasah
b.
Aplikatif
Diharuskan bagi mahasiswa untuk melakukan kombinasi keilmuan teoritis
yang telah dipelajari dengan pengalaman akademik dilapangan.
c.
Interdispliner
Menganalisa dengan dua pendekatan keilmuan, baik pendekatan Manajamen, Filsafat Pendidikan,Sosio politik, Psikologi
pendidikan, manajemen Humas, Politik pendidikan, dan kegamaan serta pendekatan berbasis
Al-Qur’an dan Sunnah.
3. Referensi
Al-qur’an dan Hadist Shoheh
Prof. Dr. H. Muhaimin,
MA, 2009, “Manajemen Pendidikan Aplikasinya dalam penyusunan
rencana pengembangan Sekolah/ Madrasah”.
Jakarta. Prenada Media.
Muhajir.,
ManajemenBerbasis Madrasah. 2015 FTK Banteen Press
Widodo dan Nurhayati.,
Manajemen Pendidikan, Sekolah, Madrasah dan Pesantren’ 2020., Remaja Rosda
Karya.
Suryobroto, 2010 “Manajemen Sekolah” Jakarta, Rineka Cipta.
Dr. Jaja Jahari, “Manajemen Madrasah Teori, Strategi dan Implementasi”.
Bandung. Alfabeta.
Seluruh buku, jurnal, artikel,
dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan disertasi) berbasis online yang berkaitan
dengan materi.
4. Tugas
§
Kelompok :
Menyusun
Makalah sesuai materi dan kelompok masing-masing dengan menyiapkan :
a. PPT
b. Makalah Lengkap
c. Dan atau dilengkapi video pendek/ animasi
§
Individu :
Menyusun
Reading Course (Suatu proses
membaca, memahami, menganalisis serta menuliskan hasil analisisnya denga tulisan
tangan dalam satu table Reading Course). Reading Course dilakukan setiap
pertemuan.
5. Penilaian
§ Kehadiran 20%
§ UTS 10%
§ UAS 15%
§ Tugas 40%
§
Partisipasi 15%
6.
Rekomendasi
a. Setiap mahasiswa wajib
memiliki buku manajemen konflik minimal satu buku.
b. Meningkatkan spirit
ilmiah dengan membudayakan membaca buku 20 menit
sebelum mata kuliah dimulai.
Lempuing Jaya, September 2024
Dosen Pengampu,
Dr. DARUL ABROR, M.Pd.
Format Reading Course
Hari/Tgl |
|
Pertemuan Ke- |
|
Materi |
|
|
|
Uraian
Materi |
|
Analisis |
|
Kesimpulan |
|
Pertanyaan |
|
Mengetahui
Dosen Pengampu Mahasiswa
Dr. Darul Abror, M.Pd. _______________________
Ketentuan :
1.
Reading course dibuat dengan rapi dengan print book
2.
Reading course ditandatangani mahasiswa sebelum di
tandatangani dosen pengampu setiap pertemuan
3.
Reading course dikumpulkan sebelum dosen dating di kelas sebagai
prasyarat setiap mengikuti pertemuan kuliah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar