Halaman

Rabu, 05 Maret 2014

SAP Manajemen Humas dan Layanan Publik 13/14


Mata Kuliah : Manajemen Humas &Pelayanan Publik
Fakultas/ Prodi : Tarbiyah/ Manajemen Pendidikan Islam
Bobot sks : 2 Sks
Pengampu : Darul Abror
Contac Person
1. Fb : Cak Abror
2. Twiter : @cakabror
3. Email : masdarul1909@gmail.com
4. Blogg : darulabror86.blogspot.com
5. Hp : 0856 6942 0307

A. Kompetensi dasar
1. Mahasiswa mampu memahami dengan baik pentingnya Manajemen Humas dan layanan Publik
2. Mahasiswa mengetahui pengertian, Public Relations, komunikasi manajemen dan perkerjaan public relations
3. Mahasiswa mampu mengetahui kualitas pelayanan public, dan melakukan pelayanan prima dengan masyarakat

B. Hasil belajar
Mampu memahami, menjelaskan dan mengamalkan public relations dan pelayanan prima dalam kehidupan sehari-hari

C. Indikator
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
 Menjelaskan arti manajemen humas
 Menjelaskan pengertian ayanan public
 Menejelaskan tata laksana dan monitoring pelayanan public
 Menjelaskan pengawasan pelayanan public
 Menjelaskan hal-hal pelayanan pubik yang prima
 Memahami tujuan public reations
 Memahami manajemen strategis public relations
 Memahami komunikasi aktif dan asertif dalam public

D. Materi Pokok
Materi disesuaikan dengan rencana perkuliahan , terlampir

E. Strategi Pembelajaran
 Kuliah ini diselenggarakan dalam 14 sampai 16 kali pertemuan dengan mengutamakan penguasaan topik/ pokok bahasan. Apabila ada perkembangan baru topik pembahasan dapat diperkaya.
 Pendekatan yang diterapkan dalam matakuliah ini ialah pembelajaran orang dewasa (andragogy/ adult learning) dengan menggunakan lebih banyak metode diskusi , studi kasus, Tanya jawab dari pada ceramah.
 Setiap mahasiswa memberikan pendapat pada materi yang telah ditetapkan ataupun materi yang telah didiskusikan.

F. Sarana dan sumber Pembelajaran
 Sarana
Hadware : OHP, white Board, alat tulis, dan bahan kuliah lainya.
 Sumber
An.Ubaedy. 2009. 15 Tips jitu membangun hubungan dan karier. KinzaBooks. Jakarta.
King, Larry. 2010. How To Talk To Anyone, Anytime, Anywhere. (diterjemahkan oleh widodo). PT Gramedia Pustaka. Jakarta.
Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya. Mandar Maju. Bandung.
M.N.Ibad. 2010. Leadership Scret of Gusdur –Gusmiek. Pustaka Pesantren. Yogyakarta.
Iriantara, Yosal. 2004. Manajamen Stratgis Public Relations. Ghalia Indonesia. Jakarta.
Effendy, Onong Uchjana. 2009.Human relation & Public relation. Mandar Maju. Bandung.
dan Seluruh buku yang terkait dengan materi serta data-data dari google book,jurnal ilmiah dari universitas atau kampus dan karya-karya ilmiah seperti skripsi, tesis maupun disertasi dari internet.
 Tidak dipekenankan sumber dari internet kecuali sesuai dengan point kedua di atas.


G. Tugas
 Individu : Setiap Mahasiswa melakukan “Reading Course” pada tiap kali pertemuan dengan teknik membaca, memahami, kemudian menulis hasil pemahaman tersebut yang kemudian di analisis dan diberikan kesimpulan, minimal dua lembar pada kertas polio dengan menuliskan sumber atau referensinya.
 Kelompok : masing-masing kelompok membuat makalah sesuai dengan materi yang telah ditentukan dengan megikutsertakan referensi minimal 5 sumber/ buku/ karya ilmiah.
 Tugas dipresentasikan dengan menggunakan power point/ no tekt ( tidak menggunakan tek), kemudian mengumpulkan makalah tersebut diakhir semester setelah direvisi sesuai dengan saran.

H. Penilaian
Kriteria penilaian didasarkan atas persyaratan berikut :
a. UAS dan UTS : 20 %
b. Kehadiran : 25 %,
c. Keaktifan kelas : 20 %,
d. Tugas : 35 %

e. Rencana Perkuliahan

NO Tanggal Topik/ Materi Ket
1. 20-02-2014 Transaksi perkuliahan dan pengantar pengetahuan dasar Manajemen Humas dan layanan publik Penjelasan dosen dan tanya jawab
2. 06-03-2014 Cara menjaga hubungan yang produktif Penjelasan dosen dan tanya jawab
3. 13-03-2014 Memecah kebekuan Presentasi dan diskusi
4. 20-03-2014 Strategi membangun kepercayaan Presentasi dan diskusi
5. 27-03-2014 Pelayanan public yang prima Presentasi dan diskusi
6. 03-04-2014 Public Relations dalam praktek( menerbitkan majalah organisasi) Presentasi dan diskusi
7. 10-04-2014 Mengakomodir semua karakter dan membuka diri atas kritik & masukan Presentasi dan diskusi
17-04-2014 Ujian Tengah Semester
8. 24-04-2014 Dasar yang dimilki pembicara terbaik Presentasi dan diskusi
9. 01-05-2014 Proses manajemen strategis public relation Presentasi dan diskusi
10. 08-05-2014 Mengatasi perbedaan pendapat dengan cerdas dan produktif Presentasi dan diskusi
11. 22-05-2014 Strategi manajemen humas dalam penerimaan siswa baru di Madrasah Presentasi dan diskusi
12. 05-06-2014 Manajemen Pelayanan public Kuliah kerja nyata (KKN ) Presentasi dan diskusi
13. 12-06-2014 Berkomunikasi secara asertif dan meyakinkan Presentasi dan diskusi
14. 19-06-2014 Alokasi waktu cadangan Tanya jawab
26-06-2014 Ujian Akhir Semester

Lubuk Seberuk, Februari 2014
Dosen Pengampu


DARUL ABROR


"seberapa besar kemampuan kita berkomunikasi dengan orang lain, sebesar itu pula penghargaan dan prestasi yang kita peroleh " (abror)

be spirit.....


1 komentar:

  1. Assalamu'alaikum.. salam silaturohim.. dari tanah jawa, Tadz.. Banyak ilmu yang didapat dari Blogg antum.. mksih.

    BalasHapus

Manajemen SDM Pendidikan MPI II-IV 24-25

  Mata Kuliah                  :  MANAJEMEN SDM PENDIDIKAN                     Dosen Pengampu        :  Dr.  Darul Abror, M.Pd.      Program...