Halaman

Senin, 17 Oktober 2016

CORAK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH (Suatu Tinjauan Sosiologis)

   



A.  Pengertian Pendidikan Agama Islam 

Pendidikan mengandung pengertian yang amat luas, yaitu kegiatan dalam bentuk arahan, bimbingan, pembinaan, perintah, peringatan, pemberian pengetahuan, penjelasan, pendalaman, pemahaman, pencerahan akal dan spiritual, pencerdasan, pengajaran, dan penyucian diri. Pendidikan Islam merupakan salah satu aspek saja dari ajaran Islam secara keseluruhan. Karenanya, tujuan pendidikan Islam tidak terlepas dari tujuan hidup manusia dalam Islam; yaitu menciptakan pribadi hamba Allah yang selalu bertaqwa kepada-Nya dan dapat mencapai kebahagiaan duni akhirat  Definisi pendidikan agama Islam secara lebih rinci dan jelas, tertera dalam kurikulum pendidikan agama Islam ialah sebagai upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami dan menghayati hingga mengimani, bertaqwa, dan berakhlaq mulia dalam mengamalkan ajaran agama Islam dari sumber utamanya kitab suci al-qur’an dan hadits, melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan serta penggunaan pengalaman.
Dengan demikian, pendidikan Agama Islam merupakan suatu aktifitas komprehensif  dan proporsional yang terencana dalam bentuk  pembinaan, arahan dan bimbingan serta mengenalkan pemahaman amaliah ajaran agama Islam yang sesuai dengan sumber hukumnya. Pendidikan Agama Islam yang masuk kedalam kurikulum madrasah dan sekolah dengan pola, pendekatan dan model serta titik konsentrasi yang berbeda. Jika pendidikan Agama Islam pada madrasah, selain sebagai nilai atau ajaran yang harus dipahami, dihayati dan diamalkan, juga harus menjadi sebuah bidang yang bersangkutan. Yaitu  agar lulusan madrasah tersebut menjadi seorang yang ahli ilmu agama Islam. Sedangkan pendidikan Agama Islam pada sekolah umum, lebih dilihat sebagai nilai atau ajaran yang harus dipahami, dihayati dan diamalkan dalam kehidupan, sehingga menjadi nilai religiusitas.  Prinsip dan gagasan dalam pendidikan Agama Islam itu sendiri menjadi suatu keseluruhan  yang tidak dapat dipisahkan, karena pendidikan Agama Islam merupakan sebuah proses. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Jalaludin, secara umum, pendidikan Islam merupakan rangkaian proses untuk memanusiakan manusia sejalan dengan hakikat penciptaannya. Untuk mewujudkan gagasan ini tentunya tidak mudah, karena pengertian seperti itu masih terlalu umum. Padahal masalah-masalah yang menyangkut pendidikan cukup kompleks.  
Jika melihat tujuan pendidikan Agama Islam itu sendiri, sudah sepantasnya pendekatan yang dilakukan dalam proses pendidikan Agama Islam lebih mengarah pada aspek implementatif pada hal etika. Misi utama Agama Islam adalah memberi petunjuk (hudan) kepada umat manusia untuk kehidupan  yang baik dan menghindari perbuatan yang jelek.  Rumusan final tentang pendidikan Agama  Islam yang digunakan sebagai nomenklatur di dalam berbagai peraturan perundangan, kurikulum dan lainnya saat ini, adalah pendidikan yang materi ajarannya terdiri dari Al-Qur’an -Hadis, Akidah/Akhlak, Fikih dan Sejarah Kebudayaan Islam. Penjelasan di atas telah memberikan makna yang kompleks dan urgen dalam pola integritas pendidikan Agama Islam dalam kurikulum yang termaktub dalam sebuah sistem yang kemudian menjadi embrio kebijakan imlepementasi pendidikan Agama Islam secara proporsional dimasyarakat, walaupun demikian, realitas institusi dan aplikasi sistem oleh sumber daya manusia belum bisa sampai pada tujuan yang telah ditata secara futuristis dengan maksud membangun, membina dan membimbing etika sosial masyarakat dalam memperkuat jiwa nasionalismenya. 


B.  Pendidikan Agama Islam di Sekolah “Hindia-Belanda” 

Selama setengah abad ke-18 pertama pemerintah Belanda tak satu sekolahpun menyediakan bagi anak-anak Indonesia. Alasan yang diberikan ialah agar menghormati bumiputera serta lembaga-lembaga mereka dengan membiarkan penduduk di bawah bimbingan pemimpin mereka. Alasan lain ialah kesulitas finansial yang berat dihadapi orang belanda sebagai akibat perang diponegoro (1825-1830). Jika analisis melalui pendekatan sosiologis,  setidaknya alasan-alasan dalam sejarah bisa jadi merupakan bagian pola sosio politik terhadap pribumi dengan memberikan pola ketergantungaan pada belanda, akibatnya pada pribumi dan lembaga-lembaga adalah antara memenuhi atau melawan, sedangkan dalam bidang tekhnologi masih jauh dengan belanda. 
Ketika Van Den Boss menjadi gubernur Jenderal di Jakarta, (1831), keluarlah kebijakan sekolah-sekolah gereja di anggap dan diperlukan sebagai sekolah pemerintah, sedangkan departemen yang mengurus pendidikan dan keagamaan dijadikan satu, sementara di setiap daerah karesidenan didirikan satu sekolah agama kristen.   dilanjutkan oleh kebijakan Van Den Capellen dengan pemerataan kemampuan membaca dan menulis bagi penduduk pribumi. Namun jelas bahwa semuanya demi kepentingan mereka semata. Sebab, dengan kemampuan membaca, maka penduduk akan taat dan patuh dengan aturan - aturan pemerintah. ...intruksi tersebut adalah perlunya didirikan sekolah dasar pada zaman itu. Sebab pendidikan Islam yang ada di surau, mesjid, langgar dan pondok pesantren di anggap tidak lagi membantu pemerintah Hindia Belanda. kekhawatiran tersebut menjadi salah satu pertimbangan besar bagi Hindia belnada  tentunya khususnya bagi lembaga-lembaga pendidikan Islan Tradisional yang mulai sistemik dan terpola dengan kemampuan lokalnya. Sehingga upaya yang dilakukan berbalik arah dengan memberikan pendidikan kepada pribumi untuk memanfaatkan  sumber daya manusianya dalam bidang ekonomi, sosial dan politik khususnya. 
Hal di atas seirama dengan fungsi sekolah yang disampaikan oleh Nasution dalam perspektif sosiologisnya, salah satunya adalah sekolah mempersiapkan anak untuk suatu pekerjaan... sekolah menyediakan tenaga pembangunan. Dengan demikian,  unit-unit sistem pendidikan agama Islam yang masih belum interaktif maksimal dengan lembaga Islam lainnya, maka menjadi peluang dalam pengembangan usaha-usaha untuk kristenisasinya, hal ini juga diperkuat dengan mendatangkan pendeta-pendeta yang ikut serta memperjuangkan hak sosial masyarakat pribumi di depan pemerintah Hindia belanda, agar supaya pendeta “Snouck Hurgonje” tersebut dapat diterima di kalangan pribumi. Menurut Snouck, masa depan Indonesia ditentukan oleh terikatnya kebudayaan Indonesia dengan kebudayaan Belanda. Hal itu berarti, “disatukannya kebudayaan pemimpin pribumi dengan kebudayaan belanda.
Dasar pemikiran yang menjadi konsep dari Snouck di atas, lebih pada upaya alternatif untuk menjadikan sistem pendidikan barat “sekolah” sebagai terobosan kedepan untuk mengalahkan Islam di wilayah jajahan belanda. Snouck Hurgonje melihat gejala ini dengan adanya kecenderungan bahwa sampai tahun 1890 jumlah pesantren bertambah, sedangkan 20 tahun kemudian sekolah-sekolah tipe belanda semakin dapat menarik murid lebih banyak. 
 Sekolah pertama di Jakarta dibuka pada tahun 1630 untuk mendidik anak belanda dan jawa agar menjadi pekerja yang kompeten pada VOC...menurut peraturan sekolah 1643 tugas guru ialah: memupuk rasa takut terhadap Tuhan, mengajarkan dasar-dasar agama kristen, mengajarkan berdo’a, bernyanyi, pergi kegereja, mematuhi orang tua, penguasa, dan guru-guru.   Menurut laporan kepala komisi pendidikan tahun 1847 hanya 37 anak-anak bukan kristen terdapat diantara 1700 murid. Dengan demikian, pendidikan sekolah Indonesia dalam sejarah tercatat sangat mendikotomikan agama, karena dissiilain mereka “belanda” bertujuan mendapatkan keuntungan rempah-rempah dari Indonesia, yang terpenting juga penyebaran agama Kristen dengan suatu mekanisme dan tahapan yang taktis. Hal ini sesuai dengan apa yang disampaian Abudin Nata, adapun yang mereka sebut pembaruan pendidikan adalah westernisasi dan kristensisasi, yaitu kepentingan Barat dan Nasrani. Dua kepentingan inilah yang mewarnai kebijaksanaan pemerintah hindia belanda di Indonesia yang berlangsung selama 3,5 abad. Walaupun demikian, substansinya kehidupan di sekolah adalah merupakan jembatan bagi anak untuk menghubungkan kehidupan dalam  keluarga dengan kehidupan dalam masyarakat. Dengan tujuan di atas, ini menjadi bagian penting bagi penjajah dalam menentukan pola, desain dan corak pendidikan agama di sekolah di Indonesia, dengan maksud bahwa misi kristenisasi tetap menjadi prioritas utama, sehingga pendidikan agama Islam pada sekolah pra kemerdekaan khususnya hindia belanda, masih dikesampingkan oleh sistem dan pranata sosial dari belanda.  
Disisilain, dari Ketetapan kolonial yang menyangkut pendidikan Islam antaralain sebagai berikut; (a), Tahun 1882 pemerintah Hindia Belanda membentuk suatu badan khusus yang bertugas untuk mengawasi kehidupan beragama dan pendidikan Islam yang mereka sebut priesterraden. Dari penasehat badan inilah pemerintah Hindia Belanda mengeluarkan peraturan baru yang isisnya bahwa orang-orang yang memberikan pengajaran atau pengajian agam Islam harus terlebih dahulu meminta izin kepada pemerintah Belanda. (b) Tahun 1952... lebih ketat terhadap pendidikan Islam, yaitu tidak semua orang (kiai) boleh memberikan pelajaran mengaji kecuali telah mendapat semacam rekomendasi atau persetujuan pemerintah Belanda. (c), Tahun 1932... kewenangan untuk memberantas dan menutup madrasah dan sekolah yang tidak ada izinnya atau memberikan pelajaran yang tidak disukai  oleh pemerintah Belanda yang disebut Ordonansi Sekolah Liar (Wilde School Ordinatie). Kemajuan pendidikan Islam  tersebut terinspirasi antara lain oleh gerakan yang lahir di timur oleh gerakan yang lahir di Timur Tengah, khususnya Saudi Arabia dan Mesir yang dibawa oleh orang-orang yang pulang dari menuntut ilmu di mekkah dan Mesir.   
Dari penjelasan di atas dapat diberikan pemahaman bahwa dalam sejarah sangat berkontribusi besar dalam mendesai corak, warna dan karakter pendidikan agama Islam di sekolah, baik dengan respon yang kooperatif, akomdatif, maupun non kooperatif sehingga memiliki identitas corak dalam mempertahankan dan mengembangakna lembaganya dalam proses pembelajaran pada masa kolonial belanda. Selain belanda mendikotomi dan mendeskriminasikan sistem dan pola pembelajaran yang ada dengan khsususnya bagi pribumi, tentunya stratifikasi sosial seperti ini memberikan dampak yang besar bagi perkembangan corak pendidikan agama Islam di Indonesia.  
C.  Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Corak Pendidikan Agama Islam 

Sosiologi dapat dijadikan sebagai salah satu pendekatan dalam memahami pendidikan Agama Islam khususnya di sekolah. Hal demikian dapat dimengerti, karena banyaknya bidang kajian pendidikan agama Islam yang baru dapat dipahami secara proporsional dan lengkap apabila menggunakan jasa dan bantuan sosiologi. Tanpa ilmu sosial peristiwa-peristiwa tersebut sulit dijelaskan dan sulit pula dipahami  maksudnya. Disinilah letaknya sosiologi sebagai salah satu alat dalam memahami ajaran agama. dan objek penelitian sosiologi pendidikan adalah prilaku sosial. Kontak awal antara pengembangan Agama Islam yang dibawa oleh para penganjur Islam dengan berbagai jenis kebudayaan dan masyarakat Indonesia, menunjukkan terjadinya proses akomodasi kultural. Sehingga hal ini juga menjadi embrio dan karakteristik arah budaya pendidikan di Indonesia, khususnya pada pendidikan agama Islam. 
Pendidikan dapat menjadi sesuatu hal yang sangat penting untuk mendorong partisipasi aktif pada proses perubahan sosial dalam masyarakat, jika kemauan, kemampuan dan kemungkinan perseorangan ikut berperan serta dengan sungguh-sungguh. Keikutsertaan bangsa dalam pengembangan pendidikan agam Islam di sekolah secara akomodatif maupun kooperatif manjadi upaya alternatif dalam keikutsertaannya menuju kemerdekaan angsa Indonesia. Pada zaman kolonial pemerintahan belanda menyediakan sekolah yang beraneka ragam bagi orang Indonesia untuk memenuhi kebutuhan berbagai lapisan masyarakat. Ciri khas dari sekolah-sekolah ini ialah tidak adanya hubungan berbagai ragam sekolah itu. Walaupun dalam kenyataannya hanya anak-anak yang mendapat pelajaran di sekolah berorientasi Barat saja yang dapat melanjutkan pelajarannya, sekalipun hanya segelintir orang saja, termasuk yang menjadi delegator dari praktisi pendidikan Islam saat itu. 
Salah satu faktor secara historis yang juga menjadi penting dalam mem mempengaruhi corak pendidikan agama Islam disekolah adalah adanya latar belakang ulama baik kecerdasan, kepeminatan, kedalaman ilmu, ideologi, politik, ligkungan sosial dan lainya  memiliki corak dan karakter yang berbeda-beda, dan d di dalam al-Qur’an dan al-Sunnah juga terdapatayat-ayat dan teks hadis yang memungkinkan dilakukan penafsiran yang berbeda-beda, maka produk pemikiran keaagamaan Islam yang dihasilkannya juga memiliki corak dan karakter yang berbeda-beda.  Adanya berbagai organisasi sosial keagamaan yang beragam yang dalam memperjuangkan visi, misi, dan tujuannya menggunakan pendidikan agama, sering kali memberikan corak, warna dan karakter  yang berbeda-beda terhadap corak pendidikan yang dikembangkannya. Corak pendidikan Agama Islam tersebut di atas tentunya tidak terlepas denga subtansi dari proses sejarah perjuangan pra tokoh dan beberapa organisasi keislaman yang memang ikut serta dalam membangun peradaban pendidikan yang mandiri dengan problematika yang kompleks. 
Namun demikian, terdapat sikap akomodatif dan kompromi yang dilakukan kaum pembaharu di luar pesantren  yang selanjutnya dikenal dengan nama kaum modernis. Kaum modernis ini mengambil sikap yang akomodatif yang proporsional, yakni tidak antipati atau menolak tetapi juga tidak terlalu dekat dengan belanda. respons dan sikap maupun pendekatan yang demikian juga sangat berpengaruh pada pola dan corak pendidikan agama Islam pada sekolah yang diterapkan khususnya pada pribumi.     
Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama’ tentunya memiliki persamaan dan perbedaan corak, warna, pola dan karakter dalam mendesain dan mengembangkan pendidikan agama Islam di sekolah. Berdasarkan asas dan cita-citanya, Muhammadiyah berusaha memajukan dan memperbarui pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan, serta memperluas ilmu pengetahuan menurut tuntunan Islam.   Sedangkan Nahdlatul Ulama sendiri, merumuskan dengan penyebaran ajaran-ajaran Islam yang sesuai dengan tuntunan madzhab empat, memberikan bimbigan tentang jenis-jenis buku/ kitab yang di ajarkan pada lembaga-lembaga pendidikan Islam, juga memperluas madrasah dan memperbaiki organisasinya.   
Sedangkan pada persamaannya, hal tersebut terjadi pada hal yang berisfat pokok (Ushuliyyah), seperti berpedoman pada al-Qur’an dan al-Sunnah, menegakkan akidah, ibadah, akhlak mulia dan ukhuwah Islmiyah.  Sedangkan perbedaannya terjadi pada pemahaman terhadap hal-hal yang bersifat furuiyah (Cabang) yang berkaitan dengan hal-hal yang bersifat ushuliyyah tersebut.  Perbedaan tersebut juga sudah menyentuh segi-segi yang fundamental yang menabrak hal-hal di anggap pokok (Ushuliyyah) sebagaimana tersebut si atas; seperti tidak mengakui Nabi Muhammad sebagai nabi terakhir, memiliki kitab suci al-Qur’an yang berbeda dengan al-Qur’an yang umumnya digunakan; serta dengan menggunakan cara-cara kekerasan atau menghalalkan segala cara dalam memperjuangkan visi,misi dan tujuannya. 
Dengan demikian, yang tergolong kelompok modern, seperti Muhammadiyah, Persis, sedangkan golongan tradisisonalis sendiri yang diwakili seperti Nahdlatul Ulama  (NU),  mengalami perkembangan ketika memasuki abad ke 21. dikalangan NU sendiri sudah muncul kreatifitas dan inovatif.  Sesuai dengan dikemukakan Abdurrahman Wahid bahwa prinsip yang digunakan dalam pembenahan dan pengembangan pesantren adalah diktum yang sudah lama dikenal kalangan pesantren sendiri yaitu memelihara hal-hal baik yang telah ada sambil mengembangkan hal-hal yang baru yang lebih baik, (al-muhāfadlatu ala al-qodhīmi ash shālih ma’a al akhzu bī al jadīdi al ashlāh). 
Upaya-upaya yang dilakukan dalam oleh setiap tokoh, Kyai, Pendidik, maupun Oraganisasinya tentu memiliki rencana, proses, tujuan yang disesuaikan dengan keadaan sosial, ekonomi, politik, dan budaya dengan kebutuhan masing-masing yang kemudian berpengaruh pada corak, warna, dan karakter pendidikan agama Islam di sekolah, karena permasalahannya semakin rumit untuk terselesaikan  dan multi pendekatan disiplin ilmu dalam memahami agama.  Sehingga dengan permasahan demikian, Islam modernis menawarkan Islam yang bercorak inklusif-pluralis, moderat, reformis, subtantif, interpretatif, dinamis, humanis, Intelektual, perenialis, transformatif, rasional, kosmopolitan, dan Islam mazhab HMI. Demikian pula Nahdlatul Ulama (NU) tidak sama corak, warna dan karakter pemikirannya di masa lalu. Ciri inklusif, pluralis, moderat, transformatif, rasional, dan reformis ternyata juga dimiliki oelh kalangan Nahdliyin dengan berbagai organisasi pendukungnya, seperti lakpesdam, P3M, Wahid Institut dan sebagainya. yang memungkinkan juga bermadzhab PMII yang kosmopolitan ala Gusdur, visioner dan futuristis dengan multi unit organisasi, multi network serta pluralistis budaya lokal.   
Disisilain, seiring dengan perkembangan zaman, muncul pula paham keagamaan yang cenderung radikalis dengan megatasnamakan agama. Hal ini tentunya memiliki alasan yang substansial, mengapa gerakan tersebut lebihi condong radikal daripada fleksibel. Terdapat aspek penting dalam ideologi keagmaan salafi yang membedakan dengan yang lain, yaitu model penafsiran  terhadap teks yang bersifat literalistik. Model inilah yang menghantarkan gerakan salafi menjadi gerakan radikal dalam Islam. 
Dengan demikian, yang perlu diperhatikan dalam mendesasin corak, warna dan karakter pendidikan agama di sekolah adalah dengan mempertimbangkan dan menyinggung pemikiran keagamaan yang sedang berkembang di Indonesia tentunya. Hal ini didasarkan pada kenyataan, bahwa seluruh  gerakan keagamaan tersebut mempergunakan jalur pendidikan formal, informal maupun non formal sebagai medianya. Hal ini yang harus menjadi kajian utama dalam menentukan corak pendidikan agama Islam di sekolah baik lembaga-lembaga yang modern maupun yang tradisional akomodatif. Jika kaum muslimin -termasuk di Indonesia- tidak hanya ingin sekedar survive di tengah persaingan global yang semakin ketat, tetapi juga berharap mampu tampil di depan, maka reorientasi pemikiran mengenai pendidikan Islam dan restrukturisasi sistem dan kelembagaan jelas merupakan kniscayaan. Cara pandang yang menganaktirikan ilm upengetahuan dan tekhnologi tampak tidak dapat dipertahankan lagi. 


D.  Kurikulum dan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah serta pengembangannya 

Kurikulum sangat erat kaitannya dengan corak, warna dan karakter pendidikan agama Islam, karena corak pendidikanlah yang mempengaruhi seluruh elemen yang ada dalam pendidikan, baik pada guru, manajemen, kurikulum, sarana prasarana,  siswa dan lingkungannya. Dalam sejarahpun, sudah terbukti dengan corak pendidikan agama Islam di Indonesia selalu berkembang dan adaptional, maka kurikulum di Indonesia selalu berubah-rubah dari tahun 1994  sampai pada kurikulum 2013. Penelitian terhadap kurikulum tahun 2004 dan 2006  baru dilakukan oleh Tim Penyusun Kurikulum  2013 menyimpulkan, bahwa kurikulum 2004 dan 2006 masih lebih mengedepankan aspek kognitif daripada aspek afektif dan psikomotorik, belum berhasil meningkatkan akhlak dan karakter mulia peserta didik, dan belum berhasil melahirkan peserta didik yang kreatif, inovatif, imajinatif dan progresif, sebagai akibat dari metode dan pendekatannya yang banyak  berpusat pada guru (teacher centris). Dan atas dasar itulah maka perlu ada pembaruan atau penyempurnaan kurikulum tersebut.     
Penelitian di atas belum bisa menjadi dasar secara komplek permasalahan pendidikan agama Islam itu sendiri, karena tidak secara khusus meneliti pada pendidikan agama Islam di sekolah menengah atas. Mengenai permasalahan kurikulum pendidiakn Islam, Jalaludin merekomendasikan dalam buku filsafat pendidikan Islamnya terkait kurikulum, bahwa kurikulum dan buku-buku relijius harus didasarkan pada al-Qur’an dan al-Sunnah dan dibuat sedemikian rupa sehingga tanda-tanda Allah dalam ciptaan dan mukjizat Rasul-Nya Muhammad menjelaskan, sehingga dugaan musuh-musuh Islam disangkal dan hati kaum muda terbuka akan cinta kepada Allah serta Nabi-Nya.  Sehingga penting untuk dikaji lebih dalam lagi tentang kurikulum dan bahan ajar di ajarkan di sekolah menengah atas atau sekolah mengah umum. 
Selain sifat dan karakteristik dalam kurikulum, hal tersebut juga bisa dinamakan model secara universal jika melihat teroi dari hulberman, yang menyatakan bahwa model lebih fleksibel dari beberapa kata lainnya secara maknawi. Sehingga sifat dan karakteristik kurikulum bisa mewarnai pola visi dan misinya dalam pengembanga lembaga pendidikan. 


Adapun karakteristik kurrikulum tahun 1994 dapat dilihat denga jelas dalam tabel di bawah ini, 
(1). Karakteristik Kurikulum Tahun 1994
Bentuk
Isi
Struktur dan Organisasinya
Kelemahan
Uraian ke bawah dan lebih sederhana dibanding dengan kurikulum 1984 yang berbentuk kelompok-kelompok ke samping dengan kolom banyak hingga sulit dipahami


Lebih menekankan beberapa unsur pokok pada masing-masing jenjang  (pengamalan sesuai dengan perkembangan anak) 
Menggunakan pendekatan kurikulum berbasis karakteristik kurikulum itu sendiri dan tantangan  serta tuntuntan. 
Lebih bersifat verbalistik dan formalistis, lebih menekankan aspek kognitif, lebih berorientasi belajar tentang agama dan kurang berorientasi belajar cara agam, sentralistik, menggunakan pendekatan fenomena empiris,  
(2). Kurikulum 1994 sebaiknya dilakukan reorientasi sebagai upaya pengembangan dan penyempurnaan kurikulum ke arah pengembangan (Empowering) peserta didik agar mereka memilikikecakapan hidup (life skill). 
(3) Mengusulkan upaya alternatif pengembangan kurikulum dengan mengubah dari pendekatan berbasis materi menjadi kurikulum berbasis kompetensi.     

Hasil Studi tentang karakteristik kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah umum Tahun 1994 oleh Supriyadi.

Tabel  I. 
Dari tabel di atas setidaknya kurikulum 1994 baik pada aspek karekteristiknya, khususnya bentuk, isi, struktur dan organisasinya, sampai karakteiristik itu sendiri memiliki memiliki beberapa kelemahan yang masih mengutamakan asas kemampuan kognitif saja, melainkan harus juga mengarah pada kemampuan afektif dan psikomotorik. Menjadikan siswa sebagai subjek dalam pembelajaran daripada guru menjadi subjeknya. Kreatifitas dan inovativitas yang lahir langsung dari siswa menjadi urusan penting dalam pengembangan kurikulum ini. Untuk itu dirasa tepat jika penyempurnaan kurikulum pendidikan agama Islam di skeolah menegah umum juga diprioritaskan landasasan-landasan filosofis keagamaanya. 
Jika di analisa lebih mendalam, memang tepat, jika paradigma lama bagi setiap pendidik yang memaknai pendidikan secara reduktif  dengan sebatas proses mengajar saja (teaching process) harus segera dirubah, karena pada subtsansinya, mengajar bukan sebatas menyampaiakan materi saja melainkan pendidik dituntut untuk mengawal kemampuan siswa baik pada aspek afektif, psikomotorik dan kognitif. UNESCO telah menyebutkan empat visi pendidikan, (1) learning to think..., (2) Learning to do..., (3) learning to life together..., (4) learning to be.., yang disimpulkan dalam kata kunci “learning how to learn”.  Peningkatan kompetensi sumber daya manusia merupakan jawaban yang tepat bagi  sekolah atau madrasah Indonesia, sekolah atau madrasah bisa tetap eksis dan memberikan kontribusi yang jelas terhadap perkembangan pendidikan bangsa jika sumber daya manusianya benar-benar memahami substansi sebagai seorang pendidik. 
Unesco di atas telah menjelaskan secara akurat dan  akuntabel bahwa pendidikan bukan semata proses pengajaran semata saja, melainkan bagaimana siswa mampu untuk berpikir (learning to think) dengan logis, rasional dan ilmiah serta berani menyampaikan pendapatnya  serta memiliki semangat yang tinggi. Kemudian selain itu, pendidikan juga merupakan suatu proses untuk belajar berbuat atau belajar tentang kehidupan (Learning to do), bagaimana seorang siswa dididik belajar untuk menyelesaikan masalahnya sendiri dengan sesuai “syari’at” dalam perspektif Islamnya, dengan tetap diarahkan pada pendidikan yang lebih mengutamakan kemampuan secara mandiri dari diri siswa tersebut, atau lebi dikenal dengan how to solve the problem.   Selain itu, pendidikan juga memiliki visi untuk belajar hidu bersama (learning to life together), aspek sosial sangatlah kental pada poin ini, bagaimana seorang siswa didik dengan multi pendekatan dengan menjelaskan bahwa siswa hidup tetap membutuhkan orang lain dan tidak bisa untuk hidup sendiri dengan beragam latarbelakang, baik agama, suku, jenis kelamin, dan status soal lainnya, lebih-lebih di era globalisasi. Pada visi yang ke empat adalah  siswa belajar untuk menjadi diri sendiri (learning to be) dimaksudkan bahwa agar seorang pembelajar atau siswa mampu untuk berdikari, percaya diri dan tidak ketergantungan dengan potensi orang lain, sehingga siswa mampu menjawab kebutuhannya dengan segenap pengetahuan yang mereka miliki tetap mempriporitaskan kemampuan sendiri daripada percaya dengan orang lain. 
KarakteristikKurikulum Pendidikan Agama Islam 
di Sekolah Umum Tahun 2004 dan 2006
Bentuk
Isi
Asas dan Filosofis 
Berbentuk uraian ke bawah dan kesamping dan lebih sederhana dibandingkan kurikulum tahun 1994, yaitu hanya berisi dua kolom yakni standar kompetensi dan kompetensi dasar. Dan ditrunkan dalam silabus menjadi tujuh kolom, yakni  kompetensi dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/ bahan/alat. 
Lebih menekankan beberapa unsur pokok pada masing-masing jenjang, penekanan utamanya adalah materi yang diberikan selalu mengacu kepada pengamalan agama sesuai dengan tingkat perkembangan usia remaja yang menjelang dewasa, serta sesui dengan nilai-nilai ajaran agama yang yang harus diamalkan oleh seorang muslim yang baik. 
Memadukan atau menempuh jalur efektif, antara kepentingan pengembangan atau penyebaran ilmu, dengan mengamalkan misi dan tujuan dari ilmu, serta peranannya dalam melakukan perubahan sosial, atau yang lebih dikenal sebagai kolaburatif dan rasionalisasi akademik.

Tabel  II.
Tabel di atas menjelaskan tentang karakteristik kurikulum KBK/KTSP baik dari isi, bentuk dan asas maupun filosofisnya. Secara substantif kurikulum ini sudah mulai memberikan ruang kepada siswa untuk melakukan inovasi dengan beberapa pendekatan baik individual maupun pendekatan kelompok yang dilakukan oleh guru.  Jika dilihat dari sifat kurikulum KBK/ KTSP yang masih mempergunakan sifat kurikulum yang tradisional dan konservatif ... metode dan pendekatannya sudah menggunakan kurikulum berbasis kompetensi, kompetensi dasar, haislbelajar, indikator dan materi pokok...materi pelajaran yang disajikanya meliputi bidang Al-Qur’an, Akidah/Akhlak, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam...dari segi orientasinya, materi pelajaran agama tersebut masih berorientasi keagamaan..., dari segi kontribusinya, materi pelajaran agama Islam tersebut belum memiliki potensi yang signifikan untuk berkonstribusi dalam membangun masyarakat yang demokratis, humanisme dan multikultural, ... pada saat membahasa apsek akhlak yang berkenaan dengan husn al-dzann, adap berpakaian, perjalan, bertamu agar diarahkan tidak hanya juga diarahkan pada penghargaan antar ragam budaya, agama, etnis, serta hasud aniaya, diskriminasi agar diarahkan pada semua penganut agama, ...ketika membahas hukum taklifi: al-ijabm al-nadb, al-karahah, al-tahrim, al-ibahah agar dikaitkan dengan dampak sosial, ekonomi dan moral serta perbandingannya dengan tujuan syari’at Islam dan  menggunakan pedekatan yang persuasif dan kemanusiaan. Walaupun demikian, analisa demikian bukan memberikan makna kurikulum tersebut belum proporsional dalam perencanaannya, melainkan disesuaikan dengan keadaan pada waktu itu dan tentunya  perlu adanya perubahan dan penyempurnaan dengan tetap menjadikan stadar nasional sebagai pengikat kurikulum tersebut. Standar Nasional pendidikan berfungsi sebagai pengikat kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang dikembangkan oleh setiap sekolah dan satuan pendidikan di berbagai wilayah dan daerah. 
Uraian di atas, telah menjelaskan bahwa corak, warna, pola dan karakter pendidikan agama Islam tidak bisa terlepas dengan fenomena-fenomena sosial pendidikan yang tercatat dalam sejarah yang kemudian di desain ulang dengan kondisi dan kebutuhannya, akan tetapi tetap tidak meninggalkan nilai-nilai nasionalisme dan subtansi al-Qur’an dan as-Sunnah. Sebenarnya, memiliki kecapakan atau kompetensi dan berakhlak menjadi prioritas utama dalam penyempurnaan kurikulum  baik kurikulum 1994, KBK dan KTSP sampai pada kurikulum 2013. dalam pendidikan agama Islam tentunya sudah jelas juga permasalahan yang kompleks dihadapi bangsa Indonesia adalah masalah akhlaq, sehingga lebih tepat jika kurikulum ini mengarah secara substantif, terarah dan terukur sebagai acuan dalam pendidikan Islam. 







E. Kesimpulan

Pendidikan Agama Islam merupakan suatu aktifitas holistik dan komprehensif yang terencana dalam bentuk  pembinaan, arahan dan bimbingan serta mengenalkan pemahaman amaliah ajaran agama Islam yang sesuai dengan sumber hukumnya. Pendidikan Agama Islam yang masuk kedalam kurikulum madrasah dan sekolah dengan pola, pendekatan dan model serta titik konsentrasi yang berbeda. Jika pendidikan Agama Islam pada madrasah, selain sebagai nilai atau ajaran yang harus dipahami, dihayati dan diamalkan, juga harus menjadi sebuah bidang yang bersangkutan. Yaitu  agar lulusan madrasah tersebut menjadi seorang yang ahli ilmu agama Islam. Sedangkan pendidikan Agama Islam pada sekolah umum, lebih dilihat sebagai nilai atau ajaran yang harus dipahami, dihayati dan diamalkan dalam kehidupan, sehingga menjadi nilai religiusitas tinggi. 
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi corak pendidikan Islam di sekolah, antaralain, pertama,  adanya latar belakang ulama baik kecerdasan, kepeminatan, kedalaman ilmu, ideologi, politik, ligkungan sosial dan lainya  memiliki corak dan karakter yang berbeda-beda. Kedua, memungkinkan dilakukan penafsiran yang berbeda-beda terhadap ayat-ayat al-Qur’an dan al-Sunnah sehingga produk pemikiran keaagamaan Islam yang dihasilkannya juga memiliki corak dan karakter yang berbeda-beda. Ketiga, adanya berbagai organisasi sosial keagamaan yang beragam yang dalam memperjuangkan visi, misi, dan tujuannya menggunakan pendidikan agama. Keempat, adanya pendekatan disiplin keilmuan dalam memahami agama yang berbeda dengan segala konsekuensinya. Kelima, menjadikan objek yang sama dalam mencapai suatu tujuan yang berbeda, yakni mobilisasi pendidikan. Dengan demikian, perbedaan corak pendidikan agama Islam di sekolah dalam sejarah  sudah tercatat dengan sedemikian rupa, baik sifat, karakteristik, pendekatan maupun modelnya. Setidaknya kelompok modernis dan tradisionalis akomodatif  bisa menjadi corak dalam penyempurnaan dan pengembangan corak pendidikan agama di Sekolah dengan tetap memprioritaskan akhlak dan kompetensi yang modernis, progresif dan memiliki konsep futuristik.  


1 komentar:

Manajemen SDM Pendidikan MPI II-IV 24-25

  Mata Kuliah                  :  MANAJEMEN SDM PENDIDIKAN                     Dosen Pengampu        :  Dr.  Darul Abror, M.Pd.      Program...