Halaman

Sabtu, 10 November 2018

Tabel Konsep SAP Manajemen Konflik MPI VI-B 2018-2019




TABEL KONSEP
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Mata Kuliah                : Manajemen Konflik                           Program Studi        : Manajemen Pendidikan Islam
Jumlah SKS                : 3 SKS                                                                        Semester/Prog        : VI (Enam) / B
Dosen Pengampu     : Darul Abror, M.Pd.I                        Tahun Akademik           : 2018/ 2019

NO
TANGGAL
MATERI
Ket
1
11-11-2018
Pengantar Perkuliahan  dan Transaksi perkuliahan
Dosen Pengampu
2
18-11-2018
Manajemen konflik dalam pendidikan
a. Pengertian manajemen konflik dalam pendidikan
b. Memahami konflik sebagai fakta dalam pendidikan  
c. Tehnik-tehnik dasar dalam menangani manusia dalam pendidikan
d. Manajemen Konflik dalam al-Qur’an dan al-Sunnah
Dosen Pengampu
3
25-11-2018
Identifikasi Tahapan konflik dalam pendidikan
a.  Tahapan-tahapan konflik di sekolah sekolah/ madrasah
b.  Karakteristik konflik di sekolah/ madrasah
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
4
02-12-2018
Langkah konflik konstruktif di sekolah/ madrasah
a.  7 Prinsip memelihara hubungan yang positif ketika konflik sekolah/ madrasah   
b.  Beberapa hal yang tidak diperbolehkan untuk dilakukan dalam menghadapi konflik di sekolah/ madrasah  
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
5
09-12-2018
Mediasi  dan Negosiasi di Sekolah/ Madrasah
a.  Pengertian Mediasi dan alasannya diperlukan di Madrasah/ Sekolah
b.  Mediasi dan Negoisasi di  Madrasah/ Sekolah
c.  Komunikasi dalam rangka probem-solving di  Madrasah/ Sekolah
d.  Hal-hal yang dihindari mediator di  Madrasah/ Sekolah
e.  Langkah-langkah mediasi konflik di  Madrasah/ Sekolah
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
6
16-12-2018
Gaya Manajemen Konflik di  Sekolah/ Madrasah
a.  Tipe Konflik di Madrasah / Sekolah
b.  Gaya Integrating
c.  Gaya Obliging  ramah
d.  Gaya Dominating  kekuasaan
e.  Gaya Avoiding
a.  Gaya Kompromising     
Presentasi dan diskusi Mahasiswa




7
06-01-2019
U A S


Keterangan:
1.      Metode Perkuliahan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  PAIKEM
§  Praktik

2.      Pendekatan
      a.    Teoritis
   Pendekatan teoritis dilakukan dengan melakukan pemahaman dengan serius tentang konsep dan beberapa teori tokoh tentang manajemen konflik di sekolah/ madrasah       
          b.    Aplikatif
   Diharuskan bagi mahasiswa untuk melakukan kombinasi keilmuan teoritis yang  telah dipelajari dengan  pengalaman akademik dilapangan. 
          c.    Multidispliner
   Menganalisa dengan multi pendekatan keilmuan, baik pendekatan filosofis, Sosiologis, Historis, Psikologis, komunikamanajemen, Politik pendidikan, dan kegamaan (Al-Qur’an dan l-Sunnah).    

3.      Referensi
          
Al-Qur’an dan Hadits-hadis Soheh
Dr. William Hendriks , 2012, “How to Manage Conflict” (Bagaimana Mengelola Konflik) terj,  Arif, Jakarta, Bumi Aksara.  
Rizal Panggabean, 2012,  Manajemen Konflik Berbasis Sekolah; dari Sukma Bangsa untuk Indonesia, Jakarta: PT. Pustaka Alfabet.
Dale Carnagie, 2011, “How to Win Friends and Influence People”, Jakarta, Bina Rupa Aksara Publisher.
Scott M. Cutlip, dkk, 2012, Effective Public Relation, Jakarta, Prenada Media Group.
Hisyam Zaini, dkk, 2008, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta, Pustaka Insan Madani.
Vern Jones dan Louise Jones, 2012, Manajemen Kelas Komprehensif, Jakarta, prenada Media Group.
 Prof. Jalaludin, MA, 2011, Filsafat pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia.  
Paulo Freire, The Politics of Education: Culture, Power and Liberation,Yogyakarta, Read bekerjasama dengan Pustaka Pelajar.
Prof. Dr. M. Sirozi, Ph.D, 2010, Politik Pendidikan, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada. 
Pof. Dr. H. Ramayulis, 2002, Psikologi Agama, Jakarta, Kalam Mulia.
Seluruh buku, jurnal, artikel, dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan disertasi) berbasis online yang berkaitan dengan materi.


4.      Tugas
§   Individu :
a.    Menyusun makalah secara mandiri dengan minimal 10 referensi buku primer dan atau sekunder.  
b.    Makalah disusun minimal 10 halaman dengan ketentuan dua halaman kutipan dilanjutkan dengan satu halaman analisis
c.    Makalah dikumpulkan dalam bentuk soft copy dan hard copy.
   e.   Menyusun reading course setiap pertemuan, contoh format terlampir  
   F.   Melakukan Penelitian berbasis ayat al-qur’an (UAS), sistematika terlampir di bawah.
5.      Penilaian
§  Kehadiran   30%
§  Tugas/ UAS            50%
§  Partisipasi   20%

6.      Rekomendasi
a. Setiap mahasiswa wajib memiliki buku manajemen konflik minimal satu buku.
b. Meningkatkan spirit ilmiah dengan membudayakan membaca buku 10 menit setiap hari.


Lempuing Jaya,  November 2018
Dosen Pengampu,




DARUL ABROR, M.Pd.I


NB :
Sistematika penelitian :

1.        Pendahuluan
a.    Latar Belakang Masalah
b.    Rumusan Masalah
c.    Tujuan Penelitian
d.   Landasan Teori
e.    Tinjauan Pustaka
f.     Metode penelitian
2.        Pembahasan
3.        Penutup
a.    Kesimpulan
b.    Rekomendasi
Daftar pustaka







Format Reading Course

Hari/Tgl

Pertemuan Ke-

Materi


Uraian Materi
Masalah





Analisis











Kesimpulan







Pertanyaan




Mengetahui
Dosen Pengampu                                                                                                                                             Mahasiswa



Darul Abror, M.Pd.I                                                                                                                          _______________________




Ketentuan :
1. Reading course dibuat dengan rapi dengan print book
2. Reading course ditandatangani mahasiswa sebelum di tandatangani dosen pengampu setiap pertemuan
3. Reading course dikumpulkan sebagai prasyarat UAS


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen SDM Pendidikan MPI II-IV 24-25

  Mata Kuliah                  :  MANAJEMEN SDM PENDIDIKAN                     Dosen Pengampu        :  Dr.  Darul Abror, M.Pd.      Program...