Halaman

Sabtu, 23 Maret 2019

Tabel Konsep RPS Strategi Belajar Mengajar MPI IV B 2018-2019


TABEL  KONSEP
RENCANA PERKULIAHAN SEMESTER (RPS)

Mata Kuliah                       : STRATEGI BELAJAR MENGAJAR               
Dosen Pengampu               : Dr. Darul Abror, M.Pd.I               
Program Studi                    : MPI
Jumlah SKS                       : 3 SKS                                                                   
Semester                            : IV  (Empat) B
Tahun Akademik               : 2018/2019
Hari                                    : Minggu                                                             
Waktu                                 : 09.15 – 10.30  Wib.

NO
TANGGAL
MATERI
KET
1.        
24-03-2019
Pengantar Perkuliahan  dan Konsep Dasar SBM
Penjelasan Dosen
2.        
31-03-2019
Seminar Nasional

3.        
07-04-2019
Ruang lingkup Strategi belajar dan pembelajaran
            a.       Pengertian strategi belajar mengajar
            b.       Ciri-ciri, proses dan tujuan belajar
            c.       Ruang lingkup Kompetensi lulusan
            d.       Formulasi Tujuan menuju Indikator pembelajaran
Presentasi  dan Diskusi Mahasiswa
4.        
14-04-2019
Strategi pengorganisasian dan pengelolaan Pembelajaran
             a.       Pengertian
             b.       Teori Elaborasi
             c.       Strategi pengelolaan motivasional
Presentasi  dan Diskusi Mahasiswa
5.        
21-04-2019
Strategi pembelajaran pemecahan masalah
             a.       Pengertian
             b.       Taksonomi dan model peta pemecahan masalah
      c.   Strategi pemecahan masalah solso, wankat dan oreovocz, sistematis)
Presentasi  dan Diskusi Mahasiswa
6.        
28-04-2019
Strategi Mengajar kecerdasan linguistik
a.       Pengertian
              b.      Ceramah dan diskusi
              c.       Tanya jawab dan Presentasi
              d.      Reporter dan Debat
              e.      Tebak kata dan menulis imajinatif
Presentasi  dan Diskusi Mahasiswa
7.        
05-05-2019
Strategi pembelajaran berbasis computer, e-learning, dan Online (pengertian, tujuan, jenis, potensi  langkah-langkahnya)
a.       Pembelajaran berbasis Computer
b.       Pembelajaran berbasis E-learning 
c.       Pembelajaran berbasis Digital & online
Presentasi  dan Diskusi Mahasiswa
8.        
12-05-2019
UAS
UAS

Keterangan:
1.       Metode Perkuliahan
§  Brainstorming
§  Diskusi
2.       Tugas
§   Individu :
A. Menyusun reading course dan dipresentasikan setiap pertemuan.
B. Menyusun makalah sesuai tema masing-masing.
C. Memiliki buku tentang manajemen publik relation minimal 1.
§   Kelompok
Penelitian

3.       Referensi
Primer:
Alamsyah Said dan Andi Budimanjaya. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelegences, Mengajar sesuai gaya otak dan belajar siswa”.   Jakarta: Prenadamedia Group.
Dra. Roestiyah NK. 2012. “Strategi Belajar Mengajar”.  Jakarta: Rineka Cipta.
Made Wena. 2014. “Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Suatu tinjauan konseptual operasional”. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dr. E. Kosasih, M.Pd. 2018. “Strategi Belajar dan pembelajaran, Implementasi kurikulum 2013”.  Bandung: Yrama Wedya.

Sekunder:
Iriantara, Yosal.2012. Manajemen Strategis Public Relation. Jakarta: Ghalia Indonesia .
Cutlip dkk,2011. Effective Public Relation. Jakarta: Prenadamedia Group. 
Keith Butterick. 2014. “Pengantar Public Relation, Teori dan Praktik”. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Ubedy, AN, 2009. 15 Tips Jitu sukses membangun hubungan dan karier. Jakarta: Kinza Books.
Seluruh sumber online berbasis reseach (penelitian), baik pada jurnal, skripsi, tesis, disertasi dan artikel dari akun resmi.

4.       Penilaian
§ Kehadiran              20%
§ UAS      & UTS     20%
§ Tugas                     50%
§ Partisipasi              20%

Lempuing Jaya,  Maret 2019
Dosen Pengampu,



Dr. DARUL ABROR, M.Pd.I












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen SDM Pendidikan MPI II-IV 24-25

  Mata Kuliah                  :  MANAJEMEN SDM PENDIDIKAN                     Dosen Pengampu        :  Dr.  Darul Abror, M.Pd.      Program...