Halaman

Senin, 30 Oktober 2023

OUT LINE MANAJEMEN KURIKULUM MPI III 23-24

 


 

Mata Kuliah                      : Manajemen Kurikulum                

Program Studi                   : MPI

Jumlah SKS                       : 3 SKS                                             

Semester/ Prog                  : III (Tiga) / Reguler

Dosen Pengampu               : Dr. Darul Abror, M.Pd.  

Tahun Akademik               : 2023/ 2024

Hari                                    : Selasa                                                          

Waktu                                : 13.3-0-15.15 Wib

 

NO

TANGGAL

MATERI

Ket

1

03-10-2023

Pengantar dan Transaksi Perkuliahan

LURING

Dosen Pengampu

2

10-10-2023

Konsep manajemen kurikulum 

a.     Pengertian kurikulum

b.     Pengertian manajemen kurikulum

c.     Prinsip dan fungsi manajemen  kurikulum

d.     Dasar dan tujuan manajemen kurikulum

e.     Manajemen Kurikulum dalam standar nasional pendidikan

LURING

Dosen Pengampu

3

17-10-2023

Peran dan Tugas Kepala Sekolah dalam Manajemen Kurikulum

a.     Pengertian peran dan tugas kepala sekolah

b.     Kinerja kepala sekolah

c.     Pendekatan  kinerja kepala sekolah

d.     RKTL kinerja kepala sekolah

LURING

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

4

24-10-2023

Fungsi –fungsi  manajemen kurikulum

a.     Pengertian  fungsi manajemen kurikulum

b.     Mengelola perencanaan kurikulum

c.     Mengelola implementasi kurikulum

d.     Mengelola  pelaksanaan evaluasi kurikulum

e.     Mengelola perumusan penetapan kriteria dan pelaksanaan kenaikan kelas

f.     Mengelola pengembangan bahan ajar, media pembelajaran dan sumber belajar

g.     Mengelola  pengembangan ekstrakurikuler dan kokurikuler

LURING

Dosen Pengampu

5

31-10-2023

Perencanaan kurikulum

a.     Pengertian perencanaan kurikulum

b.     Perumusan tujuan kurikulum

c.     Landasan perencanaan kurikulum

d.     Perumusan isi kurikulum

e.     Model-model desain kurikulum

LURING

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

6

07-11-2023

Kurikulum Merdeka

a.     Pengertian Kurikulum Merdeka  

b.     Karakteristik Kurikulum Merdeka

c.     Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

d.     Alur Memhami Kurikulum Merdeka

e.     Paltform Merdeka Mengajar  

LURING

Dosen Pengampu

7

21-11-2023

U T S

LURING

 

8

28-11-2023

Implementasi kurikulum Merdeka

a.     Pengertian konsep implementasi kurikulum

b.     Kemampuan guru dalam implementasi kurikulum

c.     Model Implementasi Kurikulum merdeka

LURING

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

9

05-12-2023

Monitoring Pelaksanaan kurikulum

a.     Pengertian monitoring pelaksanaan kurikulum

b.     Tujuan pemantauan pelaksanaan pembelajaran

c.     Kerangka kegiatan pemantauan pelaksanaan pembelajaran

d.     Pengertian Penilaian kinerja  guru

e.     Jenis Penilaian kinerja guru

f.     Cara penyusunan dan contoh penilaian kinerja guru

d.     Contoh format monitoring kinerja guru

LURING

Dosen Pengampu

10

12-12-2023

Evaluasi Kurikulum

a.     Pengertian evaluasi kurikulum

b.     Tujuan evaluasi kurikulum

c.     Peran evaluasi kurikulum

g.     Model evaluasi kurikulum

LURING

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

11

19-12-2023

Waktu Cadangan

LURING

Dosen Pengampu

12

26-12-2022

Waktu Cadangan

LURING

Dosen Pengampu

13

02-01-2022

Evaluasi Materi

LURING

Dosen Pengampu

14

09-01-2023

UAS

LURING

UAS

 

 

Keterangan:

1.      Metode Perkuliahan

§  Diskusi

§  Tanya Jawab

§  PAIKEM

§  Praktik/ Reseach

 

2.      Pendekatan

      a.  Teoritis

   Pendekatan teoritis dilakukan dengan melakukan pemahaman dengan serius tentang esensi manajemen  kurikulum,        

        b.  Aplikatif

   Diharuskan bagi mahasiswa untuk melakukan kombinasi keilmuan teoritis yang telah dipelajari dengan  pengalaman akademik dilapangan. 

        c.  Interdispliner

   Menganalisa dengan dua pendekatan keilmuan yang relevan dengan fokus kajian, baik pendekatan filosofis, Sosiologis, Historis, Psikologis, manajemen, Politik pendidikan, dan kegamaan (Al-Qur’an dan l-Sunnah) tentang materi yang dikaji.    

 

3.      Referensi

 

          Primer :

   Al-Qur’an dan Hadits-Hadits shoheh

Dr. Teguh Triwiyanto, M.Pd.I , 2015, Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta, Bumi Aksara.  

Dr. Rusman, M.Pd, 2012,  Manajemen Kurikulum, Jakarta: PT. Raja Grafindo persada.

Prof. Dr. H.E. Mulyasa, M.Pd, 2013, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum  2013, Bandung, Rosda.

Syaikh Fuhaim Mustofa, 2009, Kurikulum Pendidikan Anak Muslim, (terj, wafi Marzuki,) Surabaya, Elba.

 Sekunder :

 Prof. Jalaludin, MA, 2011, Filsafat pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia.  

 Dr. Abdullah Aly,M.Ag,  2011, Pendidikan Islam Multikultural di pesantren “Tela’ah terhadap kurikulum pesantren  modern Islam Assalam Surakarat” Yogyakarta: Pustaka Setia.

Dr. Heri Gunawan, M.Ag.  2012. Kurikulum dan pembelajaran pendididkan agama Islam, Bandung, Alfabeta.  

Buku pedoman KKN TERPADU STAI AS-SHIDDIQIYAH 2015

Seluruh buku, jurnal, artikel, dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan disertasi) berbasis online yang berkaitan dengan materi.

 

4.      Tugas

§   Individu :

a.      Memiliki minimal satu buku  tentang manajemen kurikulum     

b.    Menyusun Tugas Individu (Reading Course) setiap kali pertemuan, contoh terlampir

c.    Membuat Video Pendek Presentasi dengan Menggunakan Slide Power Point

d.    Mengirimkan video dan Power Point ke Email bimbinganabror@gmail.com

e.    Video Pendek dikirim maksimal satu hari 24 jam sebelum tanya jawab di kelas/ jadwal perkuliahan

 

§   Kelompok

a.    Diskusi (Menjawab menjawab pertanyaan dari peserta diskusi ketika hari perkuliahan)

b.    Presentator menjawab atas dasar  konsep dan teori dengan sumber bacaan lain serta deep analisys

 

 

5.      Penilaian

§  Kehadiran / Aktif         15%

§  UTS                              10%      

§  UAS                              10%      

§  Tugas                            60%      

§  Partisipasi                    15%

 

6.      Rekomendasi

a. Setiap mahasiswa wajib memiliki minimal DUA buku tentang Manajemen Kurikulum.

b. Meningkatkan spirit ilmiah dengan membudayakan membaca 20 MENIT/ hari.

 

 

 

Lempuing Jaya,  September  2023

Dosen Pengampu,

 

                                                                                                                  

 

Dr. DARUL ABROR, M.Pd.

CONTOH FORMAT READING COURSE

 

Hari/Tgl

 

Pertemuan Ke-

 

Materi

 

 

Uraian Materi

Analisis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kesimpulan

 

 

 

 

 

 

 

Pertanyaan

 

 

 

 

 

Mengetahui

Dosen Pengampu                                                                                       Mahasiswa                                                                                                                                                                                                                                                               

 

 

Dr. Darul Abror, M.Pd.                                                                            _______________________

NIDN : 2128048601                                                                                  NIM:

 

Ketentuan Reading course :

1. Reading Course merupakan suatu proses membaca, mengamati, mengalisis dan menuliskan hasil pemahaman anda dengan pengembangan kalimat yang padat makna atas materi yang telah ditentukan.

2. Reading course ditulis tangan dan dibuat dengan rapi dengan print book models

3. Reading course ditandatangani mahasiswa sebelum di tandatangani dosen pengampu setiap pertemuan

4. Reading course dikumpulkan sebagai prasyarat mengikuti setiap materi pertemuan.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen SDM Pendidikan MPI II-IV 24-25

  Mata Kuliah                  :  MANAJEMEN SDM PENDIDIKAN                     Dosen Pengampu        :  Dr.  Darul Abror, M.Pd.      Program...