OUTLINE
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
|
Mata Kuliah |
:MANAJEMEN
KONFLIK |
Dosen Pengampu |
: Dr. Darul Abror, M.Pd. |
|||
|
Program Studi |
: Manajemen Pendidikan Islam |
Tahun Akademik
|
: 2024/ 2025 |
|||
|
Jumlah SKS |
: 3 |
Hari |
: Senin |
|||
|
Semester |
: V |
Waktu |
: 13.30 – 15.10 Wib |
|||
|
NO |
TANGGAL |
MATERI |
KET |
|||
|
1 |
07-10-2024 |
Pengantar Perkuliahan Dan Transaksi
Perkuliahan |
Luring |
Dosen Pengampu |
||
|
2 |
14-10-2024 |
Konsep Dasar Konflik di Madrasah/ Sekolah a. Pengertian konflik b. Bentuk dan Sumber Konflik |
Luring |
Dosen Pengampu |
||
|
3 |
21-10-2024 |
Konflik dalam perspektif Al-Qur’an dan Sunnah a. Urgensi Al-qur’an dan Hadits sebagai pedoman hidup b. Ayat-ayat Alqur’an tentang menyelesaian konflik c. Hadits-hadits tentang penyelesaian konflik |
Luring |
Dosen Pengampu |
||
|
4 |
28-10-2024 |
Jenis-jenis Konflik di Madrasah/ Sekolah a. Situasi konflik b. Tipe-tipe konflik |
Luring |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
||
|
5 |
04-11-2024 |
Penyebab dan dampak Konflik di Madrasah/
Sekolah c. Penyebab Konflik d. Dampak Konflik a. Stress (Pengertian dan faktor
yang memengaruhinya) |
Luring |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
||
|
6 |
11-11-2024 |
Peran Komunikasi dalam manajemen konflik di
Madrasah/ Sekolah b. Pengertian komunikasi dalam
manajemen konflik c. Jenis-jenis komunikasi d. Pola komunikasi negatif yang
perlu dihindari a. Beberapa rekomendasi komunikasi
yang perlu dilakukaan |
Luring |
Presentasi dan Diskusi Mahasiswa |
||
|
7 |
18-11-2024 |
Minggu Tenang/ Evaluasi Materi |
||||
|
8 |
25-11-2024 |
UTS |
||||
|
9 |
02-12-2024 |
Hubungan kecerdasan emosional dengan gaya manajemen
konflik di Madrasah/ Sekolah a. Sifat Konflik di madrasah/
Sekolah b. Respons penolakan c. Gap Interpersonal d. Refleksiologi Emosional e. Emosi dalam tinjauan
psikosufistik |
Luring |
Presentasi dan Diskusi Mahasiswa |
||
|
10 |
09-12-2024 |
Mediasi dan Negoisasi di Sekolah/ Madrasah b.
Pengertian Mediasi dan alasannya diperlukan
di Madrasah/ Sekolah c.
Mediasi dan Negoisasi di Madrasah/ Sekolah d. Komunikasi
dalam rangka probem-solving di
Madrasah/ Sekolah e. Hal-hal
yang dihindari mediator di Madrasah/
Sekolah a. Langkah-langkah
mediasi konflik di Madrasah/ Sekolah |
Luring |
Presentasi dan Diskusi Mahasiswa |
||
|
11 |
17-12-2024 |
Pengembangan pendekatan dalam
manajemen konflik di Madrasah/ Sekolah b. Pentingnya
Keputusan yang jelas di madrasah c. Toleransi
terhadap perbedaan di madrasah d. Pengurangan
Agresi dan prilaku pasif di
madrasah a. Pengurangan Prilaku manipulatif di
madrasah |
Luring |
Presentasi dan Diskusi Mahasiswa |
||
|
12 |
23-12-2024 |
Gaya Manajemen Konflik di Sekolah/ Madrasah b. Gaya
Integrating c. Gaya
Obliging d. Gaya
Dominating e. Gaya
Avoiding Gaya Kompromising |
Luring |
Presentasi dan Diskusi Mahasiswa |
||
|
13 |
30-12-2024 |
Implementasi Manajemen konflik
untuk produktifitas lembaga pendidikan a.
Mengatasi
dan mengelola konflik dalam organisasi b.
Model
implementasi peningkatan kinerja dan produktivitas lembaga pendidikan Produktivitas lembaga pendidikan |
Luring |
Presentasi dan Diskusi Mahasiswa |
||
|
14 |
06-01-2025 |
Evaluasi
Pertemuan |
Luring |
|
||
|
15 |
13-01-2025 |
Evaluasi
Pertemuan |
Luring |
|
||
|
16 |
27-01-2025 |
UAS |
||||
Keterangan:
1.
Metode Perkuliahan
§ Diskusi
§ Tanya Jawab
§ Brainstorming
§ Reseach /
Praktik
2. Pendekatan
a.
Teoritis
Pendekatan teoritis dilakukan dengan
melakukan pemahaman dengan serius tentang konsep dan beberapa teori tentang
manajemen konflik di sekolah/ madrasah
b.
Aplikatif
Diharuskan bagi mahasiswa untuk melakukan
kombinasi keilmuan teoritis yang telah
dipelajari dengan pengalaman akademik
dilapangan.
c.
Interdispliner
Menganalisa dengan dua pendekatan keilmuan,
baik pendekatan filosofis, Sosiologis, Historis, Psikologis, komunikasi, manajemen,
Politik pendidikan, dan kegamaan serta pendekatan berbasis Al-Qur’an dan
l-Sunnah.
3.
Referensi
Al-Qur’an
dan Hadits-hadis Soheh
Prof. Dr. Drs. H. Ekawarna, M.Psi. 2018, “ Manajemen Konflik dan
Stress”, Jakarta. Bumi Aksara.
Dr. William
Hendriks , 2012, “How to
Manage Conflict” (Bagaimana Mengelola Konflik) terj, Arif, Jakarta, Bumi Aksara.
Rizal Panggabean,
2012, Manajemen Konflik Berbasis Sekolah; dari Sukma Bangsa
untuk Indonesia, Jakarta: PT.
Pustaka Alfabet.
Dale Carnagie,
2011, “How to
Win Friends and Influence People”, Jakarta, Bina Rupa Aksara Publisher.
Scott M. Cutlip,
dkk, 2012, Effective
Public Relation, Jakarta, Prenada
Media Group.
Hisyam Zaini, dkk,
2008, Strategi
Pembelajaran Aktif, Yogyakarta,
Pustaka Insan Madani.
Vern Jones dan
Louise Jones, 2012, Manajemen
Kelas Komprehensif, Jakarta,
prenada Media Group.
Prof. Jalaludin, MA, 2011, Filsafat pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia.
Paulo Freire, The Politics of Education:
Culture, Power and Liberation,Yogyakarta,
Read bekerjasama dengan Pustaka Pelajar.
Prof. Dr. M.
Sirozi, Ph.D, 2010, Politik
Pendidikan, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.
Pof. Dr. H.
Ramayulis, 2002, Psikologi
Agama, Jakarta, Kalam Mulia.
Seluruh buku,
jurnal, artikel, dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan disertasi) berbasis
online yang berkaitan dengan materi.
4.
Tugas
§ Individu :
a. Memiliki minimal 1 buku tentang
konflik
b. Menyusun Reading course sebagai syarat mengikuti setiap pertemuan perkuliahan
c. Menyusun makalah
- Makalah ditulis dengan tehnik tiga paragraf kutipan dilanjutkan
dengan satu paragraf analisis
- Setiap presentasi mahasiswa dilarang text book
- Makalah dikumpulkan dalam bentuk soft copy dan hard copy.
- Setiap Makalah Wajib mencantumkan ayat
al-qur’an beserta artinya yg sesuai dengan materi
- Minimal menggunakan 15 referensi / daftar pustaka
- Tahun terbit buku mulai 2010 ke atas.
- presentasi di sarankan untuk
menggunakan LCD
§ Kelompok (Sebagai
Syarat UTS) :
Menyusun penelitian tentang cara menyelesaikan konflik dalam tinjauan ayat al-qur’an
- dilaksanakan
sesuai waktu yang telah ditentukan
- diketik
dengan 1.5 spasi dengan time news roman
dengan jenis kutipan “footnote”
-
penelitian minimal ditulis 15 halaman
- sistematika terlampir
5.
Penilaian
§ Kehadiran 20%
§ UTS 10%
§ UAS 15%
§ Tugas 40%
§
Partisipasi 15%
6. Rekomendasi
a. Setiap
mahasiswa wajib memiliki buku manajemen konflik
minimal satu buku.
b. Meningkatkan
spirit ilmiah dengan membudayakan membaca buku 25 menit/ hari.
Lempuing Jaya, September 2023
Dosen Pengampu,
Dr. DARUL ABROR, M.Pd.
NB :
Sistematika penelitian :
1. Cover
2. Halaman Motto
3. Halaman Pengesahan
4. Kata Pengantar
5. Daftar Isi
6. Pendahuluan
a. Latar Belakang Masalah
(Merupakan fenomena dan atau fakta-fakta atau masalah yang sering terjadi dalam suatu
institusi pendidikan, baik pendidikan formal ataupun nonformal.)
b. Rumusan Masalah
Merupakan pertanyaan yang diajukan yang relevan dengan
judul dan atau masalah yang diteliti, rumusan masalah paling banyak tiga point.
c. Tujuan Penelitian
Merupakan tujuan penelitian secara akademik dan secara
ilmiah
d. Landasan Teori
Merupakan teori yang digunakan untuk menjadi pisau
analisis yang relevan dengan judul dan permasalahan
e. Tinjauan Pustaka
Merupakan penelitian
(jurnal, skripsi, tesis, atau disertasi ) yang sudah pernah dilakukan
oleh orang lain dengan menyebutkan judul, penulis, jenis penelitian, dan
hasilnya.
f. Metode penelitian
Menjelaskan tentang pengertian metode penelitian, jenis
penelitian dan teknik pengumpulan data dan tekhnik analisis data.
7. Pembahasan
(membahas sesuai dengan tema dan rumusan masalah dengan
mengutip, menganalisisi serta menuliskan hasil analisisnya pada pembahasan
dengan jumlah Sub pada Pembahasan Disesuaikan dengan jumlah Rumusan Masalah)
8. Penutup
a. Kesimpulan
(Merupakan simpulan dari hasil pembahasan yang relevan
dengan rumusan masalah)
b. Rekomendasi
Merupakan usulan dari peneliti kepada praktisi
pendidikan/ manager dalam menyelesaikan konflik dalam institusi pendidikan.
9.
Daftar pustaka
10.
Dokumentasi
Ket : Tehnik pengutipan
menggunakan footnote
Format Reading Course
|
Hari/Tgl |
|
|
Pertemuan Ke- |
|
|
Materi |
|
|
|
|
|
Uraian
Materi |
|
|
Analisis |
|
|
Kesimpulan |
|
|
Pertanyaan |
|
Mengetahui
Dosen Pengampu Mahasiswa
Dr. Darul Abror, M.Pd. _______________________
Ketentuan :
1.
Reading
Course merupakan suatu proses membaca, mengamati, mengalisis dan menuliskan
hasil pemahaman anda dengan pengembangan kalimat yang padat makna atas materi
yang telah ditentukan.
2.
Reading course disusun dengan halaman ;
a.
Cover
b. Pengantar
dari dosen
c. Format reading
course sesuai kebutuhan
3.
Reading course ditandatangani mahasiswa
sebelum di tandatangani dosen pengampu setiap pertemuan
4.
Reading course dikumpulkan sebagai prasyarat
setiap mengikuti PERTEMUAN KULIAH, UTS dan UAS.
.jpg)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar