Lampiran SAP Manajemen Kurikulum.......
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Mata Kuliah : Manajemen
Kurikulum Program
Studi
: Manajemen Pendidikan Islam
Jumlah SKS : 2 SKS Semester
: III (Tiga)
Dosen Pengampu : Darul
Abror, M.Pd.I Tahun Akademik : 2015/2016
NO
|
TANGGAL
|
MATERI
|
Ket
|
1
|
10-09-2015
|
Pengantar Perkuliahan dan Transaksi perkuliahan
|
Dosen Pengampu
|
2
|
17-09-2015
|
Pengertian manajemen
kurikulum
a.
Pengertian
kurikulum
b.
Pengertian
manajemen kurikulum
c.
Prinsip dan
fungsi manajemen kurikulum
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
3
|
01-10-2015
|
Peran dan Tugas Kepala
Sekolah dalam Manajemen Kurikulum
a.
Pengertian
peran dan tugas kepala sekolah
b.
Kinerja kepala
sekolah
c.
Pendekatan kinerja kepala sekolah
d.
RKTL kinerja
kepala sekolah
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
4
|
08-10-2015
|
Fungsi –fungsi manajemen kurikulum
a.
Pengertian fungsi manajemen kurikulum
b.
Mengelola
perencanaan kurikulum
c.
Mengelola
implementasi kurikulum
d.
Mengelola pelaksanaan evaluasi kurikulum
e.
Mengelola
perumusan penetapan kriteria dan pelaksanaan kenaikan kelas
f.
Mengelola
pengembangan bahan ajar, media pembelajaran dan sumber belajar
g.
Mengelola pengembangan ekstrakurikuler dan
kokurikuler
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
5
|
15-10-2015
|
Perencanaan kurikulum
a.
Pengertian
perencanaan kurikulum
b.
Perumusan
tujuan kurikulum
c.
Landasan
perencanaan kurikulum
d.
Perumusan isi
kurikulum
e.
Model-model
desain kurikulum
f.
Contoh RPP dan
cara penyusunanya
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
6
|
22-10-2015
|
Implementasi kurikulum
a.
Pengertian
konsep implementasi kurikulum
b.
Kemampuan guru
dalam implementasi kurikulum
c.
Model
implementai kurikulum
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
7
|
29-10-2015
|
Evaluasi Kurikulum
a.
Pengertian
evaluasi kurikulum
b.
Tujuan evaluasi
kurikulum
c.
Peran evaluasi
kurikulum
d.
Model evaluasi
kurikulum
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
8
|
05-11-2015
|
U T S
|
|
9
|
12-11-2015
|
Perangkat Pembelajaran
a.
Pengertian
perangkat pembelajaran
b.
Kalender
pendidikan: Pengertian, cara penyusunan dan
contohnya
c.
Prota :
Pengertian, cara penyusunan dan
contohnya
d.
Prosem :
Pengertian, cara penyusunan dan
contohnya
e.
Silabus: Pengertian, cara penyusunan dan contohnya
f.
Struktur
kurikulum : Pengertian, cara penyusunan dan
contohnya Pengertian
g.
RPP :
Pengertian, cara penyusunan dan
contohnya Pengertian
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
10
|
19-11-2015
|
Monitoring Pelaksanaan
kurikulum
a.
Pengertian
monitoring pelaksanaan kurikulum
b.
Tujuan
pemantauan pelaksanaan pembelajaran
c.
Kerangka
kegiatan pemantauan pelaksanaan pembelajaran
d.
Pengertian Penilaian
kinerja guru
e.
Jenis Penilaian
kinerja guru
f.
Cara penyusunan
dan contoh penilaian kinerja guru
g.
Contoh format
monitoring kinerja guru
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
11
|
26-11-2015
|
KTSP
a.
Pengertian KTSP
b.
Landasan dan
tujuan KTSP
c.
Delapan standar
nasional pendidikan (SNP) implementasi
KTSP
d.
Kelemahan dan
keunggulan KTSP
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
12
|
03-12-2015
|
Kurikulum 2013
a.
Pengertian dan
nama kurikulum 2013
b.
Landasan
pengembangan kuriulum 2013
c.
Tujuan
pengembangan kurikulum 2013
d.
Prinsip dan
tingkat pengembangan kurikulum 2013
e.
Kelemahan dan
keuggulan kurikulum 2013
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
13
|
10-12-2015
|
Reseach
|
Kelompok
|
14
|
17-12-2015
|
Reseach
|
Kelompok
|
15
|
31-12-2015
|
Laporan penelitian dan
evaluasi materi
|
|
14
|
07-01-2015
|
UAS
|
|
Keterangan:
1.
Metode
Perkuliahan
§
Diskusi
§
Tanya Jawab
§
PAIKEM
2.
Referensi
Dr. Rusman, M.Pd. 2012. Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo
persada.
Dr.
Abdullah Aly,M.Ag. 2011. Pendidikan Islam Multikultural di pesantren “Tela’ah
terhadap kurikulum pesantren modern Islam Assalam Surakarat” Yogyakarta:
Pustaka Setia.
Prof.
Dr. H.E. Mulyasa, Kurikulum KTSP.
Prof.
Dr. Nasution. Pengembanngan Kurikulum.
Prof.
Dr. H. E. Mulyasa, M.Pd.
Buku pedoman KKN TERPADU STAI AS-SHIDDIQIYAH 2015.
3.
Tugas
§
Individu :
a. Menyusun
makalah secara mandiri dengan minimal tiga referensi buku dan bukunya wajib dibawa ketika presentasi.
b. Referensi boleh menambahkan dari internet : jurnal,
tesis, disertasi atau blog dosen stai
as-shiddiqiyah.
c.
Setiap presentasi mahasiswa WAJIB menggunakan projector/ lcd sbagai
media pembelajaran.
d.
Makalah dikumpulkan dalam bentuk soft copy melalui flashdisk dan hard copy.
§
Kelompok :
Meneliti manajemen kurikulum di unit pendidikan tingkat Madrasah Ibtidiyah atau
SD.
a.
Laporan dilaksanakan
pada akhir pertemuan dengan mempresentasikan hasil penelitiannya berbentuk soft dan hard copy.
4. Penilaian
§ Kehadiran
20%
§ UTS 10%
§ UAS 5%
§ Tugas 50%
§
Partisipasi 15%
5.
REKOMENDASI
a.
Setiap mahasiswa wajib
memiliki buku manajemen kurikulum minimal satu buku.
|
Lempuing Jaya, 08 September 2015
Dosen Pengampu,
DARUL ABROR, M.Pd.I
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar