Halaman

Senin, 14 September 2015

SAP MANAJEMEN KURIKULUM MPI III 2015



Lampiran SAP Manajemen Kurikulum.......

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Mata Kuliah          : Manajemen Kurikulum        Program Studi        : Manajemen Pendidikan Islam
Jumlah SKS          : 2 SKS                                    Semester                : III (Tiga)
Dosen Pengampu  : Darul Abror, M.Pd.I           Tahun Akademik   : 2015/2016

NO
TANGGAL
MATERI
Ket
1
10-09-2015
Pengantar Perkuliahan  dan Transaksi perkuliahan
Dosen Pengampu
2
17-09-2015
Pengertian manajemen kurikulum   
a.      Pengertian kurikulum
b.      Pengertian manajemen kurikulum
c.      Prinsip dan fungsi manajemen  kurikulum
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
3
01-10-2015
Peran dan Tugas Kepala Sekolah dalam Manajemen Kurikulum
a.      Pengertian peran dan tugas kepala sekolah
b.      Kinerja kepala sekolah
c.      Pendekatan  kinerja kepala sekolah
d.      RKTL kinerja kepala sekolah
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
4
08-10-2015
Fungsi –fungsi  manajemen kurikulum
a.      Pengertian  fungsi manajemen kurikulum
b.      Mengelola perencanaan kurikulum
c.      Mengelola implementasi kurikulum
d.      Mengelola  pelaksanaan evaluasi kurikulum
e.      Mengelola perumusan penetapan kriteria dan pelaksanaan kenaikan kelas
f.       Mengelola pengembangan bahan ajar, media pembelajaran dan sumber belajar
g.      Mengelola  pengembangan ekstrakurikuler dan kokurikuler
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
5
15-10-2015
Perencanaan kurikulum
a.      Pengertian perencanaan kurikulum
b.      Perumusan tujuan kurikulum
c.      Landasan perencanaan kurikulum
d.      Perumusan isi kurikulum
e.      Model-model desain kurikulum
f.       Contoh RPP dan cara penyusunanya
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
6
22-10-2015
Implementasi kurikulum
a.      Pengertian konsep implementasi kurikulum
b.      Kemampuan guru dalam implementasi kurikulum
c.      Model implementai kurikulum
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
7
29-10-2015
Evaluasi Kurikulum
a.      Pengertian evaluasi kurikulum
b.      Tujuan evaluasi kurikulum
c.      Peran evaluasi kurikulum
d.      Model evaluasi kurikulum
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
8
05-11-2015
U T S

9
12-11-2015
Perangkat Pembelajaran
a.      Pengertian perangkat pembelajaran
b.      Kalender pendidikan: Pengertian, cara penyusunan dan  contohnya
c.      Prota : Pengertian, cara penyusunan dan  contohnya
d.      Prosem : Pengertian, cara penyusunan dan  contohnya
e.      Silabus:  Pengertian, cara penyusunan dan  contohnya
f.       Struktur kurikulum : Pengertian, cara penyusunan dan  contohnya Pengertian 
g.      RPP : Pengertian, cara penyusunan dan  contohnya Pengertian 
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
10
19-11-2015
Monitoring Pelaksanaan kurikulum
a.      Pengertian monitoring pelaksanaan kurikulum
b.      Tujuan pemantauan pelaksanaan pembelajaran
c.      Kerangka kegiatan pemantauan pelaksanaan pembelajaran
d.      Pengertian Penilaian kinerja  guru
e.      Jenis Penilaian kinerja guru
f.       Cara penyusunan dan contoh penilaian kinerja guru
g.      Contoh format monitoring kinerja guru
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
11
26-11-2015
KTSP
a.     Pengertian  KTSP
b.     Landasan dan tujuan KTSP
c.     Delapan standar nasional pendidikan (SNP) implementasi  KTSP
d.     Kelemahan dan keunggulan KTSP
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
12
03-12-2015
Kurikulum 2013
a.     Pengertian dan nama kurikulum 2013
b.     Landasan pengembangan kuriulum 2013
c.     Tujuan pengembangan kurikulum 2013
d.     Prinsip dan tingkat pengembangan kurikulum 2013
e.     Kelemahan dan keuggulan kurikulum 2013
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
13
10-12-2015
Reseach
Kelompok
14
17-12-2015
Reseach
Kelompok  
15
31-12-2015
Laporan penelitian dan evaluasi materi

14
07-01-2015
UAS


Keterangan:
1.       Metode Perkuliahan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  PAIKEM

2.       Referensi
Dr. Rusman, M.Pd. 2012. Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo persada.
Dr. Abdullah Aly,M.Ag. 2011. Pendidikan Islam Multikultural di pesantren “Tela’ah terhadap kurikulum pesantren modern Islam Assalam Surakarat” Yogyakarta: Pustaka Setia.
Prof. Dr. H.E. Mulyasa, Kurikulum KTSP.
Prof. Dr. Nasution. Pengembanngan Kurikulum.
Prof. Dr. H. E. Mulyasa, M.Pd.
Buku pedoman KKN TERPADU STAI AS-SHIDDIQIYAH 2015.

3.       Tugas
§   Individu :
a.    Menyusun makalah secara mandiri dengan minimal tiga referensi buku dan bukunya wajib dibawa ketika presentasi.  
b.    Referensi boleh menambahkan dari internet : jurnal, tesis, disertasi  atau blog dosen stai as-shiddiqiyah.
c.    Setiap presentasi mahasiswa WAJIB menggunakan projector/ lcd sbagai media pembelajaran.
d.    Makalah dikumpulkan dalam bentuk soft copy melalui flashdisk dan hard copy.
§   Kelompok : Meneliti manajemen kurikulum di unit pendidikan tingkat Madrasah Ibtidiyah atau SD.  
a.        Laporan dilaksanakan pada akhir pertemuan dengan mempresentasikan hasil penelitiannya  berbentuk soft dan hard copy.

4.       Penilaian
§  Kehadiran     20%
§  UTS                  10%
§  UAS                 5%
§  Tugas              50%
§  Partisipasi      15%

5.        REKOMENDASI
a.      Setiap mahasiswa wajib memiliki buku manajemen kurikulum minimal satu buku.


Lempuing Jaya, 08 September  2015
Dosen Pengampu,




DARUL ABROR, M.Pd.I


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen SDM Pendidikan MPI II-IV 24-25

  Mata Kuliah                  :  MANAJEMEN SDM PENDIDIKAN                     Dosen Pengampu        :  Dr.  Darul Abror, M.Pd.      Program...