KERANGKA KONSEP
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
Mata Kuliah :
Kebijakan Pendidikan Islam
Dosen Pengampu :
Darul Abror, M.Pd.I
Program Studi :
Manajemen Pendidikan
Islam
Jumlah SKS :
3 SKS
Semester :
VI ( Enam) A
Tahun Akademik : 2018/ 2019
Hari :
Selasa
Waktu :
13.30-15.10 Wib.
NO
|
TANGGAL
|
MATERI
|
KET
|
1.
|
29-01-2019
|
Pengantar Perkuliahan
dan Transaksi perkuliahan
|
Dosen Pengampu
|
2.
|
05-02-2019
|
Konsep Dasar
Kebijakan Pendidikan
a.
Batasan
konsep kebijakan
b.
Perlunya
kebijakan pendidikan
c.
Stratifikasi
Kebijakan pendidikan
d.
Jenis-jenis
dan Lingkungan Kebijakan
e. Makna kebijakan publik dalam bidang
pendidikan
|
Dosen Pengampu
|
3.
|
12-02-2019
|
Relasi antara
pendidikan dengan politik
a.
Pengertian pendidikan dan politik
b.
Pendekatan kajian politik
c.
Kekuasaan dan politik
d. Desentralisasi dan
peluang sekolah
e. Fungsi politik institusi pendidikan
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
4.
|
19-02-2019
|
Proses Kebijakan Pendidikan
a.
Proses
pembuatan keputusan
b.
Agenda
perumusan kebijakan
c.
Teori
perumusan kebijakan dalam pendidikan
d. Aktor dan pendekatan dalam perumusan
kebijakan
e.
Formulasi
kebijakan pendidikan
f.
Proses
legitimasi dan komunikasi kebijakan
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
5.
|
26-02-2019
|
Implementasi Kebijakan Pendidikan
a.
Teori
Implementasi Kebijakan pendidikan
b.
Langkah-langkah
implementasi kebijakan pendidikan
c.
Pendekatan
dalam implementasi kebijakan pendidikan
d.
Faktor
penentu implementasi kebijakan pendidikan
e.
Kendala
dan perspektif keberhasilan implementasi
f. Monitoring dan evaluasi kebijakan
pendidikan
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
6.
|
05-03-2019
|
Kebijakan Desentralisasi Pendidikan
a.
Tujuan desentralisasi pendidikan
b.
Problema
manajemen pendidikan daerah (Kurikulum, SDM, Pembiayaan dan sarana prasarana serta
masalah pembinaan dan koordinasi)
c.
Substansi
desentralisasi manajemen pendidikan
d.
pemberdayaan
dan reposisi manajemen sekolah
e.
Strategi
kebijakan yang ideal
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
7.
|
12-03-2019
|
Waktu Cadangan / Evaluasi Materi
|
|
8.
|
19-03-2019
|
U T S
|
|
9.
|
26-03-2019
|
Kebijakan pendidikan
di Sekolah / Madrasah
a.
Pengertian dan
tujuan kebijakan sekolah
b.
Format dan implementasi kebijakan sekolah
c.
Kepemimpinan dan kebijakan sekolah
d. Kebijakan pemberdayaan guru
e.
Kebijakan
reward dan insentif
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
10.
|
02-04-2019
|
Kebijakan pemerintah
terhadap lembaga pendidikan Islam
a.
Persepektif
Historis
b.
Permasalahan
pendidikan Islam
c.
Pendidikan
Islam sebagai subsistem pendidikan Nasional
d.
Pendidikan
Islam dan UUSPN
e.
Reposisi
pendidikan Islam di era Otononi Daerah
f.
Peran
Kementerian Agama
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
11.
|
09-04-2019
|
Peran birokrasi dalam implementasi
kebijakan pendidikan
a.
Pengertian birokrasi
b. membangun
birokrasi pendidikan
c.
peran birokrasi dalam implementasi
kebijakan pendidikan
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
12.
|
16-04-2019
|
Joint Reseach (Lecturers
and students)
|
Diskusi/
Evaluasi
|
13.
|
23-04-2019
|
Joint Reseach (Lecturers and students)
|
Diskusi/
Evaluasi
|
14.
|
30-04-2019
|
Joint Reseach (Lecturers and students)
|
Diskusi/
Evaluasi
|
15.
|
07-05-2019
|
Waktu cadangan /
evaluasi materi
|
Pengumpulan
hasil reseach
|
16.
|
14-05-2019
|
U A S
|
Keterangan :
1.
Visi dan Misi Perkuliahan :
§ Visi : Memfasilitasi
penguatan kompetensi mahasiswa dalam bidang teoritis dan analisisnya terhadap kebijakan
pendidikan Islam dengan spirit dan keilmuan yang komprehensif.
§ Misi : Mengembangkan
kompetensi intrinsik mahasiswa dalam menganalisis teori-teori kebijakan dan
memformulasi kebijakan pendidikan madrasah yang ideal dengan ideologi kebangsaan
serta memberikan pemahaman secara komprehensif terhadap pentingnya relasi politik
dengan pendidikan.
2.
Metode Perkuliahan
§ Diskusi, Tanya Jawab, Deep analisys dan Reseach.
3.
Referensi
Primer :
Al-Qur’an,Hadits-Hadits
Soheh, dan Ijma’ Ulama’
Dr.
Syafaruddin M.Pd.I, “Efektifitas Kebijakan Pendidikan”. Jakarta, Rineka Cipta, 2008.
Prof.
Dr. H. M. Hasbullah., “Kebijakan Pendidikan,
dalam perspektif teori, aplikasi dan kondisi obyektif pendidikan di Indonesia”. Jakarta: PT. Raja Grafindo persada. 2014.
Sekunder:
Prof. Dr. Nanang
Fattah. Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya. 2013.
Prof. Dr. H. :im
Wasliman, M.Si, “Kebijakan pendidikan dari filosofi ke implementasi”. Bandung:
CV. Pustaka Setia. 2015.
Dr.
Yoyon Bahtiar
Irianto.M.Pd.I,2012. “Kebijakan Pembaharuan Pendidikan”. Jakarta: PT. Raja Grafindo
persada. 2014
Leo
Agustino, P.hd, “Dasar-dasar kebijakan publik”. Bandung: Alfabeta, 2016.
Prof. Solichin Abdul Wahab, “Analisi kebijakan”,Bumi Aksara. 2013.
Prof. M. Sirozi. “Politik Pendidikan”. Jakarta: PT. Raja Grafindo
persada. 2011.
Dr.
Arif Rahman. “Kebijakan Pendidikan,
analisis dinamika formulasi dan implementasi”. Yogyakarta. Aswaja Presindo.
2012.
--------------------.
“Politik Ideologi Pendidikan” Yogyakarta.
Laksbang Mediatama. 2009.
Sam
M. Chan dan Prof. Emzir. “Isu-isu kritis
Kebijakan penddikan era otonomi daerah”. Bogor: Ghalia Indonesia. 2010.
Dan
referensi lain (jurnal, penelitian online)
yang sesuai dengan fokus materi pembahasan.
4.
Tugas
§
Individu :
a. Menyusun reading course setiap pertemuan
b.
Menyusun Makalah dengan tanggung jawab ilmiah yang tinggi
§
Kelompok :
a. Melaksanakan “Field
Reseach/ Library Reseach” minimal 20 Halaman. (Sistematika terlampir)
Adapun sistematikanya :
1)
Cover judul
2)
Halaman pengesahan
3)
Kata pengantar
4)
Daftar Isi
5)
Abstraks
6)
Pendahuluan (Latar belakang, rumusan masalah,
landasan teori, dan metode penelitian)
7)
Pembahasan
8)
Penutup (kesmpulan dan rekomendasi)
9)
Daftar Pustaka
10) Dokumentasi
5.
Penilaian
§ Kehadiran 20%
§ UTS 15%
§ UAS 30%
§ Tugas 20%
§
Partisipasi 15%
6.
Rekomendasi
a.
Setiap mahasiswa wajib memiliki buku kebijakan pendidikan
minimal satu buku primer.
Lempuing Jaya, 20 Januari 2019
Dosen Pengampu,
Ttd
Darul Abror, M.Pd.I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar