KERANGKA KONSEP
RENCANA
PERKULIAHAN SEMESTER (RPS)
Mata Kuliah : STRATEGI
BELAJAR MENGAJAR
Dosen Pengampu : Darul Abror, M.Pd.I
Program Studi : MPI
Jumlah SKS : 3 SKS
Semester : IV
(Empat)-A
Tahun Akademik : 2018/2019
Hari :
Minggu
Waktu :
13.30 – 15.10 Wib.
NO
|
TANGGAL
|
MATERI
|
KET
|
1.
|
30-01-2019
|
Pengantar
perkuliahan dan Transaksi perkuliahan
|
Penjelasan Dosen
|
2.
|
06-02-2019
|
Ruang
lingkup Strategi belajar dan pembelajaran
a. Pengertian strategi
belajar mengajar
b. Ciri-ciri, proses
dan tujuan belajar
c.
Ruang lingkup Kompetensi lulusan
d. Formulasi Tujuan
menuju Indikator pembelajaran
|
Penjelasan Dosen
|
3.
|
13-02-2019
|
Strategi
pengorganisasian dan pengelolaan Pembelajaran
a. Pengertian
b. Teori Elaborasi
c. Strategi
pengelolaan motivasional
|
Presentasi dan Diskusi Mahasiswa
|
4.
|
20-02-2019
|
Strategi pembelajaran pemecahan masalah
a. Pengertian
b. Taksonomi dan model
peta pemecahan masalah
c.
Strategi pemecahan masalah solso, wankat dan oreovocz,
sistematis)
|
Presentasi dan Diskusi Mahasiswa
|
5.
|
27-02-2019
|
Strategi Mengajar kecerdasan linguistik
a.
Pengertian
b. Ceramah dan diskusi
c. Tanya jawab dan Presentasi
d. Reporter dan Debat
e. Tebak kata dan
menulis imajinatif
|
Presentasi dan Diskusi Mahasiswa
|
6.
|
06-03-2019
|
Strategi Mengajar kecerdasan Logis matematis
a. Pengertian
b. Pengamatan dan
discovering
c. Problem Solving dan
Identifikasi
d. Komparasi dan tebak
angka
e. Analogi dan tebak
logis
|
Presentasi dan Diskusi Mahasiswa
|
7.
|
13-03-2019
|
Waktu Cadangan & Evaluasi Pembelajaran
|
Diskusi
|
8.
|
20-03-2019
|
UTS
|
UTS
|
9.
|
27-03-2019
|
Macam-macam Teknik Penyajian pembelajaran I
a. Unit Teaching dan
microteaching
b. Team Teaching dan
Roll Playing
c. Drill dan Interaksi
massa
|
Presentasi dan Diskusi Mahasiswa
|
10.
|
10-04-2019
|
Macam-macam Teknik Penyajian pembelajaran II
a. Brainstorming dan
Inquiry
b. Simulasi dan
demonstrasi
c. Resitasi dan
Interaksi massa
|
Presentasi dan Diskusi Mahasiswa
|
11.
|
24-04-2019
|
Strategi pembelajaran berbasis computer, e-learning, dan Online
a. Pengertian
b. Pembelajaran
berbasis Computer
c. Pembelajaran
berbasis E-learning
d. Pembelajaran
berbasis online
|
Presentasi dan Diskusi Mahasiswa
|
12.
|
08-05-2019
|
Waktu Cadangan & Evaluasi Pembelajaran
|
Diskusi
|
13.
|
15-05-2019
|
UAS
|
UAS
|
Keterangan:
1.
Metode Perkuliahan
§ Brainstorming
§ Diskusi
§ Praktik
2.
Tugas
§
Individu :
A. Menyusun reading course dan dipresentasikan setiap pertemuan.
B. Menyusun makalah sesuai tema
masing-masing
C. Memiliki buku tentang manajemen publik relation minimal 1.
§
Kelompok
Praktik
3.
Referensi
Primer:
Alamsyah
Said dan Andi Budimanjaya. 2015. “95
Strategi Mengajar Multiple Intelegences, Mengajar sesuai gaya otak dan belajar
siswa”. Jakarta: Prenadamedia
Group.
Dra.
Roestiyah NK. 2012. “Strategi Belajar
Mengajar”. Jakarta: Rineka Cipta.
Made
Wena. 2014. “Strategi Pembelajaran
Inovatif Kontemporer, Suatu tinjauan konseptual operasional”. Jakarta: PT
Bumi Aksara.
Dr. E.
Kosasih, M.Pd. 2018. “Strategi Belajar
dan pembelajaran, Implementasi kurikulum 2013”. Bandung: Yrama Wedya.
Sekunder:
Iriantara, Yosal.2012. “Manajemen Strategis Public Relation”. Jakarta: Ghalia Indonesia .
Cutlip dkk,2011. Effective Public Relation.
Jakarta: Prenadamedia Group.
Keith
Butterick. 2014. “Pengantar Public
Relation, Teori dan Praktik”. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Ubedy, AN, 2009. “15 Tips Jitu
sukses membangun hubungan dan karier”. Jakarta: Kinza
Books.
Seluruh sumber online berbasis reseach (penelitian), baik
pada jurnal, skripsi, tesis, disertasi dan artikel dari akun resmi.
4.
Penilaian
§ Kehadiran 20%
§ UAS &
UTS 20%
§ Tugas 50%
§ Partisipasi 20%
Lempuing Jaya, Januari 2019
Dosen Pengampu,
DARUL
ABROR, M.Pd.I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar