Mata Kuliah : Telaah Kurikulum
Parogram
Studi : PGMI
Jumlah SKS : 3 SKS
Semester/ Prog : VI (Enam)
Dosen Pengampu : Dr. Darul Abror, M.Pd.
Tahun
Akademik : 2021/ 2022
Hari : Selasa
Waktu : 13.30-15.10 Wib
NO |
TANGGAL |
MATERI |
Ket |
1.
|
22-02-2022 |
Pengantar dan Transaksi Perkuliahan |
Dosen Pengampu |
2.
|
01-03-2022 |
Konsep Dasar Tela’ah Kurikulum 2013 MI a.
Pengertian kurikulum MI b.
Pengertian telaah kurikulum MI c.
Landasan dan Prinsip kurikulum MI |
Dosen Pengampu |
3.
|
08-03-2022 |
Organisasi Kurikulum MI a.
Pengertian Organisasi Kurikulum b.
Model Organisasi Kurikulum c.
Klasifikasi Pengintegrasian Tema d.
Ragam Model pembelajaran berdasarkan pengintegrasian
tema |
Dosen Pengampu |
4.
|
15-03-2022 |
Pengembangan Madrasah Ibtidaiyah a.
Profil Madrasah Ibtidaiyah b.
Prinsip Umum Pengembangan Madrasah Ibtidaiyah |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
5.
|
22-03-2022 |
Model dan Prinsip Pengembangan Kurikulum a.
Model Ralph Tayler b.
Model Administratif c.
Model Grass Roots d.
Model Demonstrasi e.
Prinsip Pengembangan Kurikulum berbasis Kompetensi |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
6.
|
29-03-2022 |
Elemen Perubahan Kurikulum 2013 dan Strategi
implementasinya a.
Standar Kompetensi Lulusan (SKL) b.
Standar Isi c.
Standar Proses d.
Standar Penilaian e.
Strategi Implementasi
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
7.
|
12-04-2022 |
UTS |
|
8.
|
24-05-2022 |
Standar Kompetensi Lulusan, KI dan KD di MI a.
Kompetensi Lulusan dan SKL b.
Kompetensi Inti (KI) c.
Kompetensi Dasar
(KD) |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
9.
|
31-05-2022 |
Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 di MI a. Kerangka dasar kurikulum madrasah b.
Struktur kurikulum madrasah |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
10.
|
07-06-2022 |
Pengembangan Silabus dan RPP di MI a. Pengembangan silabus b. Pengembangan RPP c. Implementasi RPP |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
11.
|
14-06-2022 |
Penilaian Autentik dan kegiatan pengembangan di MI a. Konsep Dasar penilaian atentik b. Pelaksanaan dan pengelaolaan hasil penilaian autentik c. Kegiatan Pengembangan diri d. Pengembangan ekstrakurikuler e. Pendidikan kepramukaan |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
12.
|
21-06-2022 |
Waktu Cadangan |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
13.
|
28-06-2022 |
Waktu Cadangan |
Diskusi |
14.
|
12-07-2022 |
U A S |
|
1.
Metode
Perkuliahan
§ Diskusi
§ Tanya Jawab
§ PAIKEM
§ Praktik/ Reseach
2.
Pendekatan
a. Teoritis
Pendekatan teoritis dilakukan dengan
melakukan pemahaman dengan serius tentang konsep manajemen kurikulum,
b.
Aplikatif
Diharuskan bagi mahasiswa untuk melakukan
kombinasi keilmuan teoritis yang telah dipelajari dengan pengalaman akademik dilapangan.
c.
Interdispliner
Menganalisa dengan dua pendekatan keilmuan
yang relevan dengan fokus kajian, baik
pendekatan filosofis, Sosiologis, Historis, Psikologis, manajemen, Politik
pendidikan, dan kegamaan (Al-Qur’an dan l-Sunnah) tentang materi yang
dikaji.
3.
Referensi
Primer :
Al-Qur’an
dan Hadits-Hadits shoheh
Trianto dan Hadi, 2017.
“Desain Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah”, Jakarta; Prenada Media
Dr. Teguh Triwiyanto, M.Pd.I ,
2015, Manajemen
Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta, Bumi Aksara.
Dr. Rusman, M.Pd, 2012, Manajemen Kurikulum, Jakarta: PT. Raja Grafindo persada.
Prof. Dr. H.E. Mulyasa, M.Pd,
2013, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013,
Bandung, Rosda.
Syaikh Fuhaim Mustofa, 2009,
Kurikulum Pendidikan Anak Muslim, (terj, wafi Marzuki,) Surabaya, Elba.
Sekunder :
Prof. Jalaludin, MA, 2011, Filsafat pendidikan
Islam, Jakarta, Kalam
Mulia.
Dr. Abdullah Aly,M.Ag, 2011, Pendidikan Islam Multikultural di pesantren
“Tela’ah terhadap kurikulum pesantren
modern Islam Assalam Surakarat” Yogyakarta: Pustaka Setia.
Dr. Heri Gunawan, M.Ag. 2012. Kurikulum dan pembelajaran pendididkan agama
Islam, Bandung,
Alfabeta.
Buku pedoman KKN TERPADU STAI AS-SHIDDIQIYAH 2015
Seluruh buku, jurnal, artikel,
dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan disertasi) berbasis online yang berkaitan
dengan materi.
4.
Tugas
§ Individu :
a. Memiliki Buku Kurikulum
b. Menyusun Reading Course setiap kali
pertemuan
c.
Bedah Buku
§ Komitmen Presentasi:
a.
Presentasi dilakukan tanpa teks
b. Presentasi diupayakan menggunakan
LCD, dll
c. Presentator
menjawab atas dasar konsep dan teori dengan sumber bacaan lain serta deep analisys
5. Penilaian
§ Kehadiran 20%
§ UTS 10%
§ UAS 15%
§ Tugas 40%
§ Partisipasi 15%
6. Rekomendasi
Meningkatkan
spirit ilmiah dengan membudayakan membaca 20 MENIT/ hari.
Lempuing Jaya, Januari 2022
Dosen Pengampu,
Dr. DARUL ABROR, M.Pd.
CONTOH FORMAT READING COURSE
Hari/Tgl |
|
Pertemuan Ke- |
|
Materi |
|
|
|
Uraian Materi |
|
Analisis
|
|
Kesimpulan
|
|
Referensi
|
|
Mengetahui
Dosen Pengampu Mahasiswa
Dr. Darul Abror, M.Pd. _______________________
NIDN : 2128048601 NIM:
Ketentuan Reading course :
1. Reading course ditulis
tangan dan dibuat dengan rapi dengan print book models
2. Reading course ditandatangani mahasiswa sebelum di
tandatangani dosen pengampu setiap pertemuan
3. Reading course dikumpulkan sebagai prasyarat mengikuti
setiap materi pertemuan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar