Halaman

Sabtu, 24 September 2022

Outline RPS Strategi Belajar Mengajar PGMI III 22-23

 




Mata Kuliah                    : STRATEGI BELAJAR MENGAJAR             

Dosen Pengampu            : Dr. Darul Abror, M.Pd.

Program Studi                 : PGMI

Jumlah SKS                    : 2 SKS                                                            

Semester                         : III / (Tiga)

Program                          : Regular-A

Hari                                 : Minggu                                                       

Waktu                              : 11.00 – 12.25 Wib

Tahun Akademik             : 2022/ 2023

 

NO

TANGGAL

MATERI

KET

1.        

18-09-2022

Pengantar perkuliahan  dan Transaksi perkuliahan

Penjelasan Dosen

2.        

25-09-2022

Ruang lingkup Strategi belajar dan pembelajaran

                a.       Pengertian strategi belajar mengajar

                b.      Ciri-ciri belajar

                c.       Proses dan tujuan belajar

                d.      Ruang lingkup belajar

Penjelasan Dosen

3.        

02-09-2022

Belajar menggunakan otak

a.       Kecerdasan dengan otak

                b.      Kluster-kluster kecerdasan

                c.       Pabrik kecerdasan

                d.      Rahasia dan kriteria siswa pintar

Presentasi  dan Diskusi Mahasiswa

4.        

09-10-2022

Mengajar sesuai dengan cara kerja otak

                a.       Model pengajaran yang disukai oleh siswa

               b.       Rahasia menjadi guru super dan dicintai siswa

                c.       Mengajar yang disukai oleh siswa

d.       Etika menjadi guru

Presentasi  dan Diskusi Mahasiswa

5.        

16-10-2022

Strategi Mengajar kecerdasan linguistik

                a.      Bercerita

                b.      Tebak kata

                c.       Menulis

                d.      Tebak kata

                e.      Menulis imajinatif

                f.        Tekateki silang

Presentasi  dan Diskusi Mahasiswa

6.        

23-10-2022

Strategi Mengajar kecerdasan Logis matematis

                a.      Pengertian

                b.      Pengamatan dan discovering

                c.       Problem Solving dan Identifikasi

                d.      Komparasi dan tebak angka

                e.      Analogi dan tebak logis

Presentasi  dan Diskusi Mahasiswa

7.        

06-11-2022

UTS

UTS

8.        

13-11-2022

Strategi Mengajar Spasial-Visual

                a.      Strategi Mind Mapp

                b.      Tulisan dengan tangan dan pasir

                c.       Menulis di udara

                d.      Membaca Peta

                e.      Movie Learning

                f.        Tebak angka dalam warna

                g.      Flas Card

Presentasi  dan Diskusi Mahasiswa

9.        

20-11-2022

Strategi Mengajar Kecerdasan Musik

                a.     Parodi

                b.      Konser

                c.       Games tebak Bunyi

                d.      Bernyanyi

Presentasi  dan Diskusi Mahasiswa

10.     

27-11-2022

Strategi Mengajar Kecerdasan Kinestetik

                a.     Jawaban Stik

                b.      memancing Ikan

                c.       Gerakan kreatif

                d.      Bermain Peran

                e.      Lekukan Geometri

Presentasi  dan Diskusi Mahasiswa

11.     

04-12-2022

Strategi Mengajar Kecerdasan Interpersonal 

                a.     Kerja Kelompok

                b.      Kartu Soal

                c.       Memberi dan menerima

                d.      Jigsaw

                e.      Cerdas Cermat berantai

Presentasi  dan Diskusi Mahasiswa

12.     

11-12-2022

Strategi Mengajar Kecerdasan intrapersonal

                a.     Games siapa saya

                b.      Pertanyaan dimulai dari siswa

                c.       Mengenal Tokoh

                d.      Kontrak Nilai

                e.      Manipulasi Identitas 

Presentasi  dan Diskusi Mahasiswa

13.     

18-12-2022

Waktu Cadangan

Evaluasi Dosen

14.     

08-01-2023

UAS

UAS

 

Keterangan:

1.       Metode Perkuliahan

§  Brainstorming

§  Diskusi

§  Praktik

2.       Tugas

§   Individu :

A. Menyusun reading course sebagai syarat setiap pertemuan kuliah.

B. Menyusun makalah sesuai sub tema masing-masing

    - Makalah disusun minimal 10 referensi buku primer dan atau sekunder. 

    - Makalah ditulis dengan 3 paragraf kutipan dilanjutkan dengan 1 paragraf  analisis.

    - Setiap presentasi mahasiswa di upayakan menggunakan PPT/ media pembelajaran (LCD,dll)

    - Makalah dikumpulkan dalam bentuk soft copy (Email : bimbinganabror@gmail.com)  

    - Makalah disusun minimal 10 halaman.

C. Memiliki buku tentang manajemen Strategi Mengajar minimal 2 buku.

D. Sebagai tugas akhir UTS, setiap mahasiswa membuat video pendek kreatif tentang materi yang sudah ada.

3.       Referensi

Primer:

Al-qur’an dan hadist sohih

Alamsyah Said dan Andi Budimanjaya. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelegences, Mengajar sesuai gaya otak dan belajar siswa”.   Jakarta: Prenadamedia Group.

Dra. Roestiyah NK. 2012. “Strategi Belajar Mengajar”.  Jakarta: Rineka Cipta.

Made Wena. 2014. “Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Suatu tinjauan konseptual operasional”. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dr. E. Kosasih, M.Pd. 2018. “Strategi Belajar dan pembelajaran, Implementasi kurikulum 2013”.  Bandung: Yrama Wedya.

Sekunder:

Iriantara, Yosal.2012. Manajemen Strategis Public Relation. Jakarta: Ghalia Indonesia .

Cutlip dkk,2011. Effective Public Relation. Jakarta: Prenadamedia Group. 

Keith Butterick. 2014. “Pengantar Public Relation, Teori dan Praktik”. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Ubedy, AN, 2009. 15 Tips Jitu sukses membangun hubungan dan karier. Jakarta: Kinza Books.

Seluruh sumber online berbasis reseach (penelitian), baik pada jurnal, skripsi, tesis, disertasi dan artikel dari akun resmi.

 

4.       Penilaian

§  Kehadiran       20%

§  UAS  & UTS    20%

§  Tugas              50%

§  Partisipasi      20%

Lempuing Jaya,                  September  2022

Dosen Pengampu,

 

 

 

Dr. DARUL ABROR, M.Pd.

NIDN : 21228048601

 

 

 

 

 

 

Contoh Format

Reading Course

 

Hari/Tgl

 

Pertemuan Ke-

 

Materi

 

Uraian Materi

Analisis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Simpulan

 

 

 

 

 

 

 

Pertanyaan

 

 

 

 

Mengetahui

Dosen Pengampu                                                                                  Mahasiswa

                                                                                                                       

 

 

Dr. Darul Abror, M.Pd.                                                                       ______________

 

 

Ketentuan :

1. Reading Course merupakan suatu proses membaca, mengamati, mengalisis dan menuliskan hasil pemahaman anda dengan pengembangan kalimat yang padat makna atas materi yang telah ditentukan.

2. Pada analisis Reading Course, wajib ditulis tangan minimal 20 baris

3. Reading course dibuat dengan rapi dengan print book

4. Reading course ditandatangani mahasiswa sebelum di tandatangani dosen pengampu

5. Reading course dikumpulkan sebagai prasyarat absensi setiap perkuliahan

 

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen SDM Pendidikan MPI II-IV 24-25

  Mata Kuliah                  :  MANAJEMEN SDM PENDIDIKAN                     Dosen Pengampu        :  Dr.  Darul Abror, M.Pd.      Program...