Mata Kuliah : STRATEGI
BELAJAR MENGAJAR
Dosen Pengampu : Dr. Darul Abror, M.Pd.
Program Studi : PGMI
Jumlah SKS : 2 SKS
Semester : III / (Tiga)
Program : Regular-A
Hari :
Minggu
Waktu :
11.00 – 12.25 Wib
Tahun Akademik : 2022/ 2023
NO |
TANGGAL |
MATERI |
KET |
1. |
18-09-2022 |
Pengantar
perkuliahan dan Transaksi perkuliahan |
Penjelasan Dosen |
2. |
25-09-2022 |
Ruang
lingkup Strategi belajar dan pembelajaran a. Pengertian strategi
belajar mengajar b. Ciri-ciri belajar c. Proses dan tujuan
belajar d. Ruang lingkup
belajar |
Penjelasan Dosen |
3. |
02-09-2022 |
Belajar
menggunakan otak a.
Kecerdasan
dengan otak b. Kluster-kluster kecerdasan c. Pabrik kecerdasan d. Rahasia dan kriteria
siswa pintar |
Presentasi dan Diskusi Mahasiswa |
4. |
09-10-2022 |
Mengajar sesuai dengan cara kerja otak a. Model pengajaran
yang disukai oleh siswa b. Rahasia menjadi
guru super dan dicintai siswa c. Mengajar yang
disukai oleh siswa d.
Etika menjadi guru |
Presentasi dan Diskusi Mahasiswa |
5. |
16-10-2022 |
Strategi Mengajar kecerdasan linguistik a. Bercerita b. Tebak kata c. Menulis d. Tebak kata e. Menulis
imajinatif f.
Tekateki silang |
Presentasi dan Diskusi Mahasiswa |
6. |
23-10-2022 |
Strategi Mengajar kecerdasan Logis matematis a. Pengertian b. Pengamatan dan
discovering c. Problem Solving dan
Identifikasi d. Komparasi dan tebak
angka e. Analogi dan tebak
logis |
Presentasi dan Diskusi Mahasiswa |
7.
|
06-11-2022 |
UTS |
UTS |
8. |
13-11-2022 |
Strategi Mengajar
Spasial-Visual a. Strategi Mind Mapp b. Tulisan dengan tangan dan pasir c. Menulis di udara d. Membaca Peta e. Movie Learning f.
Tebak angka dalam
warna g. Flas Card |
Presentasi dan Diskusi Mahasiswa |
9. |
20-11-2022 |
Strategi Mengajar
Kecerdasan Musik a. Parodi b. Konser c. Games tebak Bunyi d. Bernyanyi |
Presentasi dan Diskusi Mahasiswa |
10. |
27-11-2022 |
Strategi Mengajar
Kecerdasan Kinestetik a. Jawaban Stik b. memancing Ikan c. Gerakan kreatif d. Bermain Peran e. Lekukan Geometri |
Presentasi dan Diskusi Mahasiswa |
11. |
04-12-2022 |
Strategi Mengajar
Kecerdasan Interpersonal a. Kerja Kelompok b. Kartu Soal c. Memberi dan menerima d. Jigsaw e. Cerdas Cermat berantai |
Presentasi dan Diskusi Mahasiswa |
12. |
11-12-2022 |
Strategi Mengajar
Kecerdasan intrapersonal a. Games siapa saya b. Pertanyaan dimulai dari siswa c. Mengenal Tokoh d. Kontrak Nilai e. Manipulasi Identitas |
Presentasi dan Diskusi Mahasiswa |
13. |
18-12-2022 |
Waktu Cadangan |
Evaluasi Dosen |
14. |
08-01-2023 |
UAS |
UAS |
Keterangan:
1.
Metode Perkuliahan
§ Brainstorming
§ Diskusi
§ Praktik
2.
Tugas
§
Individu :
A. Menyusun reading course sebagai syarat setiap pertemuan kuliah.
B. Menyusun makalah sesuai sub tema
masing-masing
- Makalah disusun minimal
10 referensi buku primer dan
atau sekunder.
- Makalah
ditulis dengan 3
paragraf kutipan dilanjutkan dengan 1 paragraf analisis.
- Setiap
presentasi mahasiswa di upayakan menggunakan PPT/ media
pembelajaran (LCD,dll)
- Makalah
dikumpulkan dalam bentuk soft copy (Email : bimbinganabror@gmail.com)
- Makalah
disusun minimal 10 halaman.
C. Memiliki buku tentang manajemen Strategi Mengajar minimal 2 buku.
D. Sebagai tugas akhir UTS, setiap mahasiswa
membuat video pendek kreatif tentang materi yang sudah ada.
3.
Referensi
Primer:
Al-qur’an dan hadist sohih
Alamsyah
Said dan Andi Budimanjaya. 2015. “95 Strategi Mengajar Multiple Intelegences, Mengajar sesuai gaya
otak dan belajar siswa”. Jakarta: Prenadamedia Group.
Dra.
Roestiyah NK. 2012. “Strategi Belajar
Mengajar”. Jakarta: Rineka Cipta.
Made
Wena. 2014. “Strategi Pembelajaran
Inovatif Kontemporer, Suatu tinjauan konseptual operasional”. Jakarta: PT
Bumi Aksara.
Dr. E.
Kosasih, M.Pd. 2018. “Strategi Belajar
dan pembelajaran, Implementasi kurikulum 2013”. Bandung: Yrama Wedya.
Sekunder:
Iriantara, Yosal.2012. “Manajemen Strategis Public Relation”. Jakarta: Ghalia Indonesia .
Cutlip dkk,2011. Effective Public Relation.
Jakarta: Prenadamedia Group.
Keith
Butterick. 2014. “Pengantar Public
Relation, Teori dan Praktik”. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Ubedy, AN, 2009. “15 Tips Jitu
sukses membangun hubungan dan karier”. Jakarta: Kinza
Books.
Seluruh sumber online berbasis reseach (penelitian), baik
pada jurnal, skripsi, tesis, disertasi dan artikel dari akun resmi.
4.
Penilaian
§ Kehadiran 20%
§ UAS &
UTS 20%
§ Tugas 50%
§ Partisipasi 20%
Lempuing Jaya, September 2022
Dosen Pengampu,
Dr. DARUL ABROR, M.Pd.
NIDN : 21228048601
Contoh
Format
Reading Course
Hari/Tgl |
|
Pertemuan Ke- |
|
Materi |
|
Uraian
Materi |
|
Analisis |
|
Simpulan |
|
Pertanyaan |
|
Mengetahui
Dosen Pengampu Mahasiswa
Dr. Darul Abror, M.Pd. ______________
Ketentuan :
1.
Reading
Course merupakan suatu proses membaca, mengamati, mengalisis dan menuliskan
hasil pemahaman anda dengan pengembangan kalimat yang padat makna atas materi
yang telah ditentukan.
2.
Pada analisis Reading
Course, wajib ditulis tangan minimal 20 baris
3.
Reading course dibuat dengan rapi dengan print book
4.
Reading course ditandatangani mahasiswa sebelum di
tandatangani dosen pengampu
5. Reading course dikumpulkan sebagai prasyarat absensi setiap
perkuliahan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar