Mata Kuliah :
MANAJEMEN KONFLIK
Program Studi :
MPI
Jumlah SKS :
3 SKS
Semester :
V (Lima)
Dosen Pengampu
: Dr. Darul Abror, M.Pd.
Tahun Akademik : 2022/ 2023
Hari :
Senin
Waktu : 13.30
– 15.10 Wib
NO |
TANGGAL |
MATERI |
Ket |
|
1 |
19-09-2022 |
Pengantar Perkuliahan Dan Transaksi Perkuliahan |
LURING |
Dosen Pengampu dan diskusi |
2 |
26-09-2022 |
Konsep Dasar Konflik di Madrasah/ Sekolah a. Pengertian konflik b. Bentuk dan Sumber Konflik c. Konflik dalam perspektif al-Qur’an |
LURING |
Dosen Pengampu dan penugasan |
3 |
03-09-2022 |
Jenis-jenis Konflik di Madrasah/ Sekolah a.
Situasi konflik b.
Tipe-tipe konflik |
LURING |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
4 |
10-10-2022 |
Penyebab dan dampak Konflik di Madrasah/ Sekolah c.
Penyebab Konflik d.
Dampak Konflik e.
Stress (Pengertian dan faktor
yang memengaruhinya) |
LURING |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
5 |
17-10-2022 |
Peran Komunikasi dalam manajemen konflik di Madrasah/
Sekolah a. Pengertian komunikasi dalam manajemen konflik b. Jenis-jenis komunikasi c. Pola komunikasi negatif yang perlu dihindari d. Beberapa rekomendasi komunikasi yang perlu dilakukaan |
LURING |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
6 |
24-10-2022 |
Hubungan kecerdasan emosional dengan gaya manajemen
konflik di Madrasah/ Sekolah a.
Sifat Konflik di madrasah/
Sekolah b. Respons penolakan c. Gap Interpersonal d.
Refleksiologi Emosional e.
Emosi dalam tinjauan
psikosufistik |
LURING |
Dosen Pengampu dan penugasan |
7 |
07-11-2022 |
UTS |
LURING |
UTS |
8 |
14-11-2022 |
Mediasi dan Negoisasi di Sekolah/ Madrasah a.
Pengertian
Mediasi dan alasannya diperlukan di Madrasah/ Sekolah b.
Mediasi dan
Negoisasi di Madrasah/ Sekolah c. Komunikasi dalam rangka probem-solving
di Madrasah/ Sekolah d. Hal-hal yang dihindari mediator
di Madrasah/ Sekolah e. Langkah-langkah mediasi konflik
di Madrasah/ Sekolah |
LURING |
Dosen Pengampu dan penugasan |
9 |
21-11-2022 |
Pengembangan pendekatan dalam
manajemen konflik di Madrasah/ Sekolah a. Pentingnya Keputusan yang jelas di
madrasah b. Toleransi terhadap perbedaan di
madrasah c. Pengurangan
Agresi dan prilaku pasif di
madrasah d. Pengurangan Prilaku manipulatif di
madrasah |
LURING |
Diskusi
bersama |
10 |
28-11-2022 |
Gaya Manajemen Konflik di Sekolah/ Madrasah a. Gaya Integrating b. Gaya Obliging c. Gaya Dominating d. Gaya Avoiding e. Gaya Kompromising |
LURING |
Dosen Pengampu dan penugasan |
11 |
05-12-2022 |
Implementasi Manajemen konflik
untuk produktifitas lembaga pendidikan a.
Mengatasi dan mengelola konflik
dalam organisasi b.
Model implementasi peningkatan
kinerja dan produktivitas lembaga pendidikan c. Produktivitas lembaga pendidikan |
LURING |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
12 |
12-12-2022 |
Evaluasi Materi |
LURING |
Diskusi dosen dan
mahasiswa |
13 |
19-12-2022 |
Waktu Cadangan |
LURING |
Konsultasi Penelitian |
14 |
09-01-2023 |
UAS |
|
|
Keterangan:
1.
Metode Perkuliahan
§ Diskusi
§ Tanya Jawab
§ Brainstorming
§ Reseach / Praktik
2. Pendekatan
a.
Teoritis
Pendekatan teoritis dilakukan dengan
melakukan pemahaman dengan serius tentang konsep dan beberapa teori tentang
manajemen konflik di sekolah/ madrasah
b.
Aplikatif
Diharuskan bagi mahasiswa untuk melakukan
kombinasi keilmuan teoritis yang telah
dipelajari dengan pengalaman akademik
dilapangan.
c.
Interdispliner
Menganalisa dengan dua pendekatan keilmuan,
baik pendekatan filosofis, Sosiologis, Historis, Psikologis, komunikasi, manajemen,
Politik pendidikan, dan kegamaan serta pendekatan berbasis Al-Qur’an dan
l-Sunnah.
3.
Referensi
Al-Qur’an
dan Hadits-hadis Soheh
Prof. Dr. Drs. H. Ekawarna,
M.Psi. 2018, “ Manajemen Konflik dan Stress”, Jakarta. Bumi Aksara.
Dr. William Hendriks , 2012, “How to Manage Conflict” (Bagaimana
Mengelola Konflik) terj, Arif, Jakarta, Bumi Aksara.
Rizal Panggabean, 2012, Manajemen
Konflik Berbasis Sekolah; dari Sukma Bangsa untuk Indonesia, Jakarta: PT. Pustaka Alfabet.
Dale Carnagie, 2011, “How to Win Friends and Influence
People”, Jakarta, Bina Rupa Aksara
Publisher.
Scott M. Cutlip, dkk, 2012, Effective Public Relation, Jakarta, Prenada Media Group.
Hisyam Zaini, dkk, 2008, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta, Pustaka Insan Madani.
Vern Jones dan Louise Jones,
2012, Manajemen
Kelas Komprehensif, Jakarta,
prenada Media Group.
Prof. Jalaludin, MA, 2011, Filsafat pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia.
Paulo Freire, The Politics of Education:
Culture, Power and Liberation,Yogyakarta,
Read bekerjasama dengan Pustaka Pelajar.
Prof. Dr. M. Sirozi, Ph.D,
2010, Politik
Pendidikan, Jakarta, PT. Raja Grafindo
Persada.
Pof. Dr. H. Ramayulis, 2002, Psikologi Agama, Jakarta, Kalam Mulia.
Seluruh buku, jurnal, artikel,
dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan disertasi) berbasis online yang berkaitan
dengan materi.
4.
Tugas
§ Individu :
a. Memiliki minimal 1 buku tentang
konflik
b. Menyusun Reading course sebagai syarat mengikuti setiap pertemuan perkuliahan
c. Menyusun makalah
- Makalah ditulis dengan tehnik tiga paragraf kutipan dilanjutkan
dengan satu paragraf analisis
- Setiap presentasi mahasiswa dilarang text book
- Makalah dikumpulkan dalam bentuk soft copy dan hard copy.
- Setiap Makalah Wajib mencantumkan ayat
al-qur’an beserta artinya yg sesuai dengan materi
- Minimal menggunakan 15 referensi / daftar pustaka
- Tahun terbit buku mulai 2010 ke atas.
- presentasi di sarankan untuk
menggunakan LCD
§ Kelompok (Sebagai Syarat UTS) :
Menyusun penelitian tentang cara menyelesaikan konflik dalam tinjauan ayat al-qur’an
- dilaksanakan
sesuai waktu yang telah ditentukan
- diketik
dengan 1.5 spasi dengan time news roman
dengan jenis kutipan “footnote”
-
penelitian minimal ditulis 15 halaman
- sistematika terlampir
5.
Penilaian
§ Kehadiran 20%
§ UTS 10%
§ UAS 15%
§ Tugas 40%
§
Partisipasi 15%
6. Rekomendasi
a. Setiap mahasiswa wajib memiliki buku
manajemen konflik minimal satu buku.
b. Meningkatkan spirit ilmiah dengan
membudayakan membaca buku
25 menit/ hari.
Dosen Pengampu,
Dr. DARUL ABROR, M.Pd.
NB :
Sistematika penelitian :
1. Cover
2. Halaman Motto
3. Halaman Pengesahan
4. Kata Pengantar
5. Daftar Isi
6. Pendahuluan
a. Latar Belakang Masalah
(Merupakan fenomena dan atau fakta-fakta atau masalah yang sering terjadi dalam suatu
institusi pendidikan, baik pendidikan formal ataupun nonformal.)
b. Rumusan Masalah
Merupakan pertanyaan yang diajukan yang relevan dengan
judul dan atau masalah yang diteliti, rumusan masalah paling banyak tiga point.
c. Tujuan Penelitian
Merupakan tujuan penelitian secara akademik dan secara
ilmiah
d. Landasan Teori
Merupakan teori yang digunakan untuk menjadi pisau
analisis yang relevan dengan judul dan permasalahan
e. Tinjauan Pustaka
Merupakan penelitian
(jurnal, skripsi, tesis, atau disertasi ) yang sudah pernah dilakukan
oleh orang lain dengan menyebutkan judul, penulis, jenis penelitian, dan
hasilnya.
f. Metode penelitian
Menjelaskan tentang pengertian metode penelitian, jenis
penelitian dan teknik pengumpulan data dan tekhnik analisis data.
7. Pembahasan
(membahas sesuai dengan tema dan rumusan masalah dengan
mengutip, menganalisisi serta menuliskan hasil analisisnya pada pembahasan
dengan jumlah Sub pada Pembahasan Disesuaikan dengan jumlah Rumusan Masalah)
8. Penutup
a. Kesimpulan
(Merupakan simpulan dari hasil pembahasan yang relevan
dengan rumusan masalah)
b. Rekomendasi
Merupakan usulan dari peneliti kepada praktisi
pendidikan/ manager dalam menyelesaikan konflik dalam institusi pendidikan.
9.
Daftar pustaka
10.
Dokumentasi
Ket : Tehnik pengutipan
menggunakan footnote
Format Reading Course
Hari/Tgl |
|
Pertemuan Ke- |
|
Materi |
|
|
|
Uraian
Materi |
|
Analisis |
|
Kesimpulan |
|
Pertanyaan |
|
Mengetahui
Dosen Pengampu Mahasiswa
Dr. Darul Abror, M.Pd. _______________________
Ketentuan :
1.
Reading
Course merupakan suatu proses membaca, mengamati, mengalisis dan menuliskan
hasil pemahaman anda dengan pengembangan kalimat yang padat makna atas materi
yang telah ditentukan.
2.
Reading course dibuat dengan rapi dengan print book
3.
Reading course ditandatangani mahasiswa sebelum di
tandatangani dosen pengampu setiap pertemuan
4.
Reading course dikumpulkan sebagai prasyarat setiap
mengikuti pertemuan kuliah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar