Halaman

Sabtu, 25 Oktober 2025

Outline RPS Pembelajaran PAI di SMA _PAI V_ Gazal 25_26

 




Mata Kuliah

: Pembelajaran PAI di SMA

Dosen Pengampu

: Dr. Darul Abror, M.Pd.

Program Studi

: PAI

Tahun Akademik    

: 2025/ 2026

Jumlah SKS

: 2

Hari

: Selasa                       

Semester

: V

Waktu

: 15.45 – 17.15 Wib

NO

TANGGAL

MATERI

KET

1

07-10-2025

Pengantar Perkuliahan  Dan Transaksi Perkuliahan

Luring

Dosen Pengampu

2

14-10-2025

Konsep, ruang lingkup, dan tujuan PAI di SMA        

Luring

Dosen Pengampu

3

21-10-2025

Landasan filosofis, teologis, pedagogis

Luring

Dosen Pengampu

4

28-10-2025

Struktur Kurikulum, Capaian pembelajaran, Elemen Profil Pelajar Pancasila

Luring

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

5

04-11-2025

Prinsip perencanaan, sintaks pembelajaran, RPP & Modul Ajar

Luring

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

6

11-11-2025

            KD/TP, CP, indikator, asesmen formatif dan Sumatif

Luring

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

7

18-11-2025

Integrasi nilai karakter dalam materi PAI

Luring

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

8

25-11-2025

UTS

9

02-12-2025

Media pembelajaran PAI (Canva, PowerPoint, video, Quizizz)

Luring

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

10

09-12-2025

Materi Akidah Akhlak SMA

Luring

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

11

16-12-2025

Materi Fikih dan konteks remaja

Luring

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

12

23-12-2025

Materi Al-Qur’an Hadis SMA

Luring

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

13

30-12-2025

Materi SKI SMA

Luring

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

14

06-01-2025

Bentuk dan teknik asesmen autentik

Luring

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

15

13-01-2025

Evaluasi Materi

Luring

Dosen Pengampu

16

20-01-2025

UAS

 

Keterangan:

1.     Metode Perkuliahan

§  Diskusi

§  Tanya Jawab

§  Brainstorming

§  Reseach / Praktik

 

2.     Pendekatan

      a.    Teoritis

   Pendekatan teoritis dilakukan dengan melakukan pemahaman dengan serius tentang konsep dan beberapa teori tentang manajemen konflik di sekolah/ madrasah       

          b.    Aplikatif

   Diharuskan bagi mahasiswa untuk melakukan kombinasi keilmuan teoritis yang  telah dipelajari dengan  pengalaman akademik dilapangan. 

          c.    Interdispliner

   Menganalisa dengan dua pendekatan keilmuan, baik pendekatan filosofis, Sosiologis, Historis, Psikologis, komunikasi, manajemen, Politik pendidikan, dan kegamaan serta pendekatan berbasis  Al-Qur’an dan l-Sunnah.       

 

3.     Referensi

 

Al-Qur’an dan Hadits-hadis Soheh

Muhaimin (2018). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Rajawali Press.
Abdul Majid (2017). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Remaja Rosdakarya.
Zainal Arifin (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Alfabeta.

Imam Al Ghazali, Ihya' Ulumuddin" Penerbit Beragam. 

Mulyasa. (2021). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Direktorat GTK Madrasah Kemenag RI. (2023). Panduan Pembelajaran PAI pada Kurikulum Merdeka.

Hisyam Zaini, dkk, 2008, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta, Pustaka Insan Madani.

Vern Jones dan Louise Jones, 2012, Manajemen Kelas Komprehensif, Jakarta, prenada Media Group.

  Prof. Jalaludin, MA, 2011, Filsafat pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia.  

Pof. Dr. H. Ramayulis, 2002, Psikologi Agama, Jakarta, Kalam Mulia.

Seluruh buku, jurnal, artikel, dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan disertasi) berbasis online yang berkaitan dengan materi.

 

4.     Tugas

§   Individu :  

a. Memiliki minimal 1 buku tentang konflik

b. Menyusun Reading Course sebagai syarat mengikuti setiap pertemuan perkuliahan   

c. Membuat Video Kreatif (PPT Presentasi)  

       - Presentasi menggunakan video pendek dengan PPT nya dan dikirim satu hari sebelum waktu prsentasi  melalui youtobe masing-masing.   

 

5.     Penilaian

§  Kehadiran   20%

§  UTS            10%

§  UAS            10%

§  Tugas          40%

§  Partisipasi   20%

 

6.     Rekomendasi

a. Setiap mahasiswa wajib memiliki buku manajemen konflik  minimal satu buku.

b. Meningkatkan spirit ilmiah dengan membudayakan membaca buku 25 menit/ hari.

 

 

Lempuing Jaya,   September  2025

Dosen Pengampu,

 

 

                                                                                                Ttd

 

Dr. DARUL ABROR, M.Pd.

 

 

Reading Course

 

Hari/Tgl

 

Pertemuan Ke-

 

Materi

 

 

Uraian Materi

Analisis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kesimpulan

 

 

 

 

 

 

 

Pertanyaan

 

 

 

 

Mengetahui

Dosen Pengampu                                                                                  Mahasiswa                                                                                                                              

 

 

 

Dr. Darul Abror, M.Pd.                                                                       _______________________                                                                                                                 

 

 

 

 

 

Ketentuan :

1.  Reading Course merupakan suatu proses membaca, mengamati, menganalisis dan menuliskan hasil analisis anda dengan pengembangan kalimat yang padat makna atas materi yang telah ditentukan.(Bukan Pindah Deskripsi Data).

2.  Reading course disusun dengan halaman ;

a.   Cover

b.   Format reading course sesuai kebutuhan

3.  Reading course ditandatangani mahasiswa sebelum di tandatangani dosen pengampu setiap pertemuan

4.  Reading course dikumpulkan sebagai prasyarat setiap mengikuti PERTEMUAN KULIAH, UTS dan UAS.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Outline RPS Pembelajaran PAI di SMA _PAI V_ Gazal 25_26

  Mata Kuliah : Pembelajaran PAI di SMA Dosen Pengampu : Dr. Darul Abror, M.Pd. Program St...