|
Mata Kuliah |
: Pembelajaran PAI di SMA |
Dosen Pengampu |
: Dr. Darul Abror, M.Pd. |
|||
|
Program Studi |
: PAI |
Tahun Akademik
|
: 2025/ 2026 |
|||
|
Jumlah SKS |
: 2 |
Hari |
: Selasa |
|||
|
Semester |
: V |
Waktu |
: 15.45
– 17.15 Wib |
|||
|
NO |
TANGGAL |
MATERI |
KET |
|||
|
1 |
07-10-2025 |
Pengantar Perkuliahan Dan Transaksi
Perkuliahan |
Luring |
Dosen Pengampu |
||
|
2 |
14-10-2025 |
Konsep,
ruang lingkup, dan tujuan PAI di SMA |
Luring |
Dosen Pengampu |
||
|
3 |
21-10-2025 |
Landasan filosofis, teologis, pedagogis |
Luring |
Dosen Pengampu |
||
|
4 |
28-10-2025 |
Struktur Kurikulum, Capaian pembelajaran, Elemen Profil Pelajar Pancasila |
Luring |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
||
|
5 |
04-11-2025 |
Prinsip perencanaan, sintaks pembelajaran, RPP & Modul Ajar |
Luring |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
||
|
6 |
11-11-2025 |
KD/TP, CP, indikator, asesmen formatif dan Sumatif |
Luring |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
||
|
7 |
18-11-2025 |
Integrasi nilai karakter dalam materi PAI |
Luring |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
||
|
8 |
25-11-2025 |
UTS |
||||
|
9 |
02-12-2025 |
Media pembelajaran PAI (Canva, PowerPoint, video, Quizizz) |
Luring |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
||
|
10 |
09-12-2025 |
Materi Akidah Akhlak SMA |
Luring |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
||
|
11 |
16-12-2025 |
Materi Fikih dan konteks remaja |
Luring |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
||
|
12 |
23-12-2025 |
Materi Al-Qur’an Hadis SMA |
Luring |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
||
|
13 |
30-12-2025 |
Materi SKI SMA |
Luring |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
||
|
14 |
06-01-2025 |
Bentuk dan teknik asesmen autentik |
Luring |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
||
|
15 |
13-01-2025 |
Evaluasi Materi |
Luring |
Dosen Pengampu |
||
|
16 |
20-01-2025 |
UAS |
||||
Keterangan:
1.
Metode Perkuliahan
§ Diskusi
§ Tanya Jawab
§ Brainstorming
§ Reseach /
Praktik
2. Pendekatan
a.
Teoritis
Pendekatan teoritis dilakukan dengan
melakukan pemahaman dengan serius tentang konsep dan beberapa teori tentang
manajemen konflik di sekolah/ madrasah
b.
Aplikatif
Diharuskan bagi mahasiswa untuk melakukan
kombinasi keilmuan teoritis yang telah
dipelajari dengan pengalaman akademik
dilapangan.
c.
Interdispliner
Menganalisa dengan dua pendekatan keilmuan,
baik pendekatan filosofis, Sosiologis, Historis, Psikologis, komunikasi, manajemen,
Politik pendidikan, dan kegamaan serta pendekatan berbasis Al-Qur’an dan
l-Sunnah.
3.
Referensi
Al-Qur’an dan Hadits-hadis Soheh
Muhaimin
(2018). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Rajawali Press.
Abdul Majid (2017). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Remaja
Rosdakarya.
Zainal Arifin (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Alfabeta.
Imam Al Ghazali, Ihya' Ulumuddin" Penerbit Beragam.
Mulyasa.
(2021). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suprihatiningrum,
J. (2016). Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi.
Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Direktorat
GTK Madrasah Kemenag RI. (2023). Panduan
Pembelajaran PAI pada Kurikulum Merdeka.
Hisyam
Zaini, dkk, 2008, Strategi Pembelajaran Aktif,
Yogyakarta, Pustaka Insan Madani.
Vern Jones dan Louise Jones, 2012, Manajemen Kelas Komprehensif, Jakarta, prenada
Media Group.
Prof. Jalaludin, MA, 2011, Filsafat pendidikan Islam, Jakarta, Kalam
Mulia.
Pof. Dr. H. Ramayulis, 2002, Psikologi Agama, Jakarta, Kalam
Mulia.
Seluruh buku, jurnal, artikel, dan karya ilmiah
(Skripsi, Tesis dan disertasi) berbasis online yang berkaitan dengan materi.
4. Tugas
§
Individu :
a. Memiliki minimal 1 buku tentang
konflik
b. Menyusun Reading Course sebagai
syarat mengikuti setiap pertemuan perkuliahan
c. Membuat Video Kreatif (PPT
Presentasi)
- Presentasi menggunakan video pendek dengan
PPT nya dan dikirim satu hari sebelum waktu prsentasi melalui youtobe masing-masing.
5.
Penilaian
§ Kehadiran 20%
§ UTS 10%
§ UAS 10%
§ Tugas 40%
§
Partisipasi 20%
6. Rekomendasi
a. Setiap
mahasiswa wajib memiliki buku manajemen konflik
minimal satu buku.
b. Meningkatkan
spirit ilmiah dengan membudayakan membaca buku 25
menit/ hari.
Lempuing Jaya, September
2025
Dosen Pengampu,
Ttd
Dr. DARUL ABROR, M.Pd.
Reading Course
|
Hari/Tgl |
|
|
Pertemuan Ke- |
|
|
Materi |
|
|
|
|
|
Uraian
Materi |
|
|
Analisis |
|
|
Kesimpulan |
|
|
Pertanyaan |
|
Mengetahui
Dosen Pengampu Mahasiswa
Dr. Darul Abror, M.Pd. _______________________
Ketentuan :
1.
Reading Course merupakan
suatu proses membaca, mengamati, menganalisis dan menuliskan hasil analisis anda
dengan pengembangan kalimat yang padat makna atas materi yang telah ditentukan.(Bukan
Pindah Deskripsi Data).
2.
Reading course disusun dengan halaman ;
a.
Cover
b. Format
reading course sesuai kebutuhan
3.
Reading course ditandatangani mahasiswa
sebelum di tandatangani dosen pengampu setiap pertemuan
4.
Reading course dikumpulkan sebagai prasyarat
setiap mengikuti PERTEMUAN KULIAH, UTS dan UAS.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar