SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Semester
Ganjil Tahun
Akademik 2014/ 2015
Mata Kuliah : ANALISIS
KEBIJAKAN
Fakultas :
Tarbiyah VII
Bobot sks : 2 Sks
Pengampu : DARUL ABROR, M.Pd.I
Contac Person :
1. Fb : http//Cak Abror.com
2. Twiter : @cakabror .com
3. Email : masdarul1909@gmail.com
4. Blogg :
www//darulabror86.blogspot.com
5. Hp : 0856 6942 0307
A.
Kompetensi dasar
1. Mahasiswa
mampu memahami dengan baik kebijakan public
2. Mahasiswa mengetahui tokoh-tokoh model-model kebijakan
sosial
3. Mahasiswa mampu mengetahui dan menganalisis dengan kritis
tantangan kebijakan sosial
B.
Hasil belajar
Mampu memahami, menjelaskan dan mengamalkan
konsep pembaharuan dalam pendidikan
C.
Indikator
Setelah
mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
ü Menjelaskan
arti
ü Mampu Menjelaskan
sejarah perkembangan pemikiran modern
dunia dan lokal
ü Menjelaskan corak pembaharuan pendidikan di
Indonesia
ü Menjelaskan peran
pesantren dalam pembaharuan pendidikan Islam dan Negara
ü Memahami tokoh-tokoh besar dalam pembaharuan Islam
ü Memahami Visi
dan Misi tokoh-tokoh pembaharu dunia
D.
Materi Pokok
Materi disesuaikan
dengan rencana
perkuliahan, terlampir
E.
Strategi Pembelajaran
ü Kuliah ini
diselenggarakan dalam 14 sampai 17
kali pertemuan dengan mengutamakan penguasaan topik/ pokok bahasan. Apabila
ada perkembangan baru topik pembahasan dapat diperkaya.
ü Pendekatan
yang diterapkan dalam matakuliah ini
dengan pendekatan lebih dalam, dengan menggunakan lebih banyak metode diskusi, studi kasus, Tanya
jawab dan praktik di lapangan.
ü Setiap
mahasiswa memberikan pendapat pada materi yang telah ditetapkan ataupun materi yang telah
didiskusikan.
F.
Sarana dan sumber Pembelajaran
ü Sarana
Hadware : OHP, white Board, alat tulis, dan bahan kuliah lainya.
ü Sumber
ü
Semua buku yang
berkaitan dengan materi
G.
Tugas
ü Individu : Setiap Mahasiswa membuat “Reading
Course” pada tiap kali pertemuan dengan
teknik membaca, memahami, kemudian menulis hasil pemahaman tersebut yang
kemudian di analisis dan diberikan kesimpulan, minimal satu atau
dua lembar pada kertas polio dengan menuliskan sumber atau referensinya.
ü Kelompok : masing-masing kelompok membuat makalah
sesuai dengan materi yang telah ditentukan dengan megikutsertakan referensi
minimal 5 sumber/ buku/ karya ilmiah.
ü Tugas dipresentasikan
dengan menggunakan power point/ no tex (tidak menggunakan tek), kemudian
mengumpulkan makalah tersebut satu minggu kemudian setelah direvisi sesuai dengan
saran.
H. Penilaian
Kriteria penilaian didasarkan atas persyaratan berikut :
ü UTS : 10 %
ü UAS : 15 %
ü Kehadiran : 20 %
ü Keaktifan
kelas : 20 %
ü
Tugas :
35 %
I. Rencana
Perkuliahan
NO
|
Tanggal
|
Topik/ Materi
|
Ket
|
1.
|
14-09-2014
|
Transaksi Perkuliahan
Dan Pengantar Pengetahuan Dasar analisis kebijakan
|
Penjelasan
dosen dan tanya jawab
|
2.
|
21-09-2014
|
Pengertian analisis
kebijakan Publik
|
Presentasi
dan diskusi
|
3.
|
28-09-2014
|
Pembangunan
kesejahteraan sosial
|
Presentasi
dan diskusi
|
4.
|
04-09-2014
|
UTS
|
Presentasi
dan diskusi
|
5.
|
19-10-2014
|
Peran Negara dan
Pembangunan Sosial
|
Presentasi
dan diskusi
|
6.
|
26-10-2014
|
Kebijakan sosial
dan perencanaan sosial
|
Presentasi
dan diskusi
|
7.
|
16-10-2014
|
Model dan ciri
kebijakan sosial
|
Presentasi
dan diskusi
|
8.
|
23-10-2014
|
Proses analisis kebijakan sosial
|
Presentasi
dan diskusi
|
9.
|
30-11-2014
|
Tantangan dan
advokasi kebijakan sosial
|
Presentasi
dan diskusi
|
10.
|
4-01-2015
|
Pendekatan-pendekatan
implementasi
|
Presentasi
dan diskusi
|
11.
|
07-01-2014
|
UAS
|
-
|
12.
|
|
|
|
13.
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
15.
|
|
|
|
16.
|
|
|
-
|
17.
|
|
Ujian Akhir Semester
|
-
|
Lempuing Jaya, 08 September 2014
Dosen
Pengampu
DARUL ABROR, M.Pd.I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar