Halaman

Selasa, 23 September 2014

SAP Pemikiran Modern 2014-2015



SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Semester Ganjil Tahun Akademik 2014/ 2015


Mata Kuliah                           : PEMIKIRAN MODERN DALAM ISLAM
Fakultas                                  : Tarbiyah III/V                     
Bobot sks                               : 2 Sks
Pengampu                             : DARUL ABROR, M.Pd.I
Contac Person                      :
1.       Fb                    : http//Cak Abror.com
2.       Twiter             : @cakabror .com
3.       Email              : masdarul1909@gmail.com
4.       Blogg              : www//darulabror86.blogspot.com
5.       Hp                   : 0856 6942 0307

A.        Kompetensi dasar
1.       Mahasiswa mampu memahami dengan baik pemikiran dan pembaharu dalam dunia Islam
2.       Mahasiswa mengetahui tokoh-tokoh pembaharu dalam pendidikan Islam
3.       Mahasiswa mampu mengetahui dan menganalisis dengan arif perbedaan-perbedaan pemikiran Tokoh Islam

B.         Hasil belajar
Mampu memahami, menjelaskan  dan mengamalkan konsep pembaharuan dalam pendidikan

C.         Indikator
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
ü Menjelaskan arti  Pemikiran Modern dalam Islam
ü Mampu Menjelaskan sejarah perkembangan pemikiran modern  dunia dan lokal
ü Menjelaskan  corak pembaharuan pendidikan di Indonesia
ü Menjelaskan peran pesantren dalam pembaharuan pendidikan Islam dan Negara
ü Memahami  tokoh-tokoh  besar dalam pembaharuan Islam
ü Memahami   Visi dan Misi tokoh-tokoh pembaharu dunia

D.        Materi Pokok
Materi disesuaikan dengan rencana perkuliahan, terlampir

E.         Strategi Pembelajaran
ü Kuliah ini diselenggarakan  dalam 14 sampai 17 kali pertemuan dengan mengutamakan penguasaan topik/ pokok bahasan. Apabila ada perkembangan baru topik pembahasan dapat diperkaya.
ü Pendekatan yang diterapkan dalam matakuliah ini  dengan pendekatan lebih dalam, dengan menggunakan lebih banyak metode diskusi, studi kasus, Tanya jawab dan praktik di lapangan.
ü Setiap mahasiswa memberikan pendapat pada materi yang telah ditetapkan ataupun materi yang telah didiskusikan.

F.         Sarana dan sumber Pembelajaran
ü Sarana
Hadware : OHP, white Board, alat tulis, dan bahan kuliah lainya.    
ü Sumber
ü  Hamid dan Yahya. 2010.Pemikiran Modern dalam Islam. Bandung: CV. Pustaka Setia.
ü  Rusli, Ris’an. 2013. Pembaharuan Pemikiran Modern dalam Islam. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
ü  Susanto. 2010. Pemikiran Pendiidkan Islam. Jakarta: Amzah.
ü  Fananie, Zainuddin. 2010. Pedoman Pendidikan Modern. Jakarta: Fananie Center.
ü   Jalaludin. 2010. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
ü  Khlaiq dan Zahir. 2001. Pemikiran Sufisme (dibawahbayang-bayang fatamorgana). Jakarta: Amzah.
ü  Nasir, Sahilun. 2010. Pemikiran Kalam (Teologi Islam). Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
ü  Seluruh buku yang terkait dengan materi serta data-data dari google book, maupun  karya-karya ilmiah seperti skripsi, tesis maupun disertasi dan internet.   
ü  Diperbolehkan dari internet dengan tetap mencantumkan alamatnya. (Maksimal  2 alamat blogg)





G.        Tugas
ü Individu : Setiap Mahasiswa membuat Reading Course pada tiap kali pertemuan dengan teknik membaca, memahami, kemudian menulis hasil pemahaman tersebut yang kemudian di analisis dan diberikan kesimpulan, minimal satu atau dua lembar pada kertas polio dengan menuliskan sumber atau referensinya.
ü Kelompok : masing-masing kelompok membuat makalah sesuai dengan materi yang telah ditentukan dengan megikutsertakan referensi minimal  5 sumber/ buku/ karya ilmiah.
ü Tugas  dipresentasikan dengan menggunakan power point/ no tex ( tidak menggunakan tek), kemudian mengumpulkan makalah tersebut satu minggu kemudian setelah direvisi sesuai dengan saran. 

H.    Penilaian
Kriteria penilaian didasarkan atas persyaratan berikut :
ü UTS                          : 10 %
ü UAS                         : 15 %
ü Kehadiran              : 20 %
ü Keaktifan kelas      : 20 %
ü Tugas                      : 35 %

I.      Rencana Perkuliahan

NO
Tanggal
Topik/ Materi
Ket
1.        
17-09-2014
Transaksi Perkuliahan Dan Pengantar Pengetahuan Dasar pemikiran Modern 
Penjelasan dosen dan tanya jawab
2.        
24-09-2014
Modern dan Sekuler
Presentasi dan diskusi
3.        
01-10-2014
Makna Pembaharuan Islam
Presentasi dan diskusi
4.        
08-10-2014
Gerakan wahhabiyah
Presentasi dan diskusi
5.        
15-10-2014
Pembaharuan Pendidikan Muhammad Abduh
Presentasi dan diskusi
6.        
22-10-2014
Pembaharuan Pendidikan Rsyd Ridlo
Presentasi dan diskusi
7.        
29-10-2014
Evaluasi Materi
Presentasi dan diskusi
8.        
05-11-2014
Ujian Tengah Semester
-
9.        
12-11-2014
Qaim Amin (Pendidikan Emansipasi Wanita)
Presentasi dan diskusi
10.     
19-11-2014
Perjuangan Pesantren Menghadapi Modernitas
Presentasi dan diskusi
11.     
26-11-2014
Pembaharuan Pendidikan Imam Zarkasi
Presentasi dan diskusi
12.     
03-12-2014
Gagasan Pembaruan Nurcholis Madjid
Presentasi dan diskusi
13.     
10-12-2014
Pemikiran Abdurrahman wahid dan Islam cultural
Presentasi dan diskusi
14.     
17-12-2014
Model Pembaharuan pendidikan yang tepat di Indonesia
Presentasi dan diskusi
15.     
24-12-2014
Alokasi Waktu Cadangan
Tanya jawab
16.     
31-12-2014
Pengumpulan Tugas
-
17.     
07-01-2014
Ujian Akhir Semester
-
                                                                                                                Lempuing  Jaya,    08 September 2014
                                                                                                                Dosen Pengampu


                                                                                                                DARUL ABROR, M.Pd.I


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen SDM Pendidikan MPI II-IV 24-25

  Mata Kuliah                  :  MANAJEMEN SDM PENDIDIKAN                     Dosen Pengampu        :  Dr.  Darul Abror, M.Pd.      Program...