Halaman

Sabtu, 02 November 2019

Kerangka RPS Manajemen Madrasah MPI III B 2019-2020




KERANGKA KONSEP
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)


Mata Kuliah                : Manajemen Madrasah/ Sekolah   
Program Studi            : MPI
Jumlah SKS                : 3 SKS                                                           
Semester                     : III (Tiga)
Dosen Pengampu        : Dr. Darul Abror, M.Pd.                
Tahun Akademik        : 2019/ 2020
Hari                             : Minggu                                             
Waktu                         : 08.0009.15 Wib.


NO
TANGGAL
MATERI
Ket
1
03-11-2019
Pengantar Perkuliahan  Dan Transaksi Perkuliahan
Dosen Pengampu
2
10-11-2019
Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Manajemen Pendidikan Islam
a. Pengertian manajemen Sekolah/ Madrasah
b. Fungsi manajemen madrasah
c. Fokus kajian manajemen madrasah  
d. Paradigma pengembangan manajemen pendidikan Islam

Dosen Pengampu
3
17-11-2019
Manajemen dan Kepemimpinan Madrasah/ Sekolah
a.   Konsep Manajemen sekolah/ madrasah
b.   Konsep kepemimpinan Sekolah / Madrasah
c.   Standar Kepala Sekolah / Madrasah
d.   Kakarteristik Budaya sekolah/ Madrasah
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
4
24-11-2019
Manajemen Perubahan Madrasah/ Sekolah
a.   Definisi manajemen perubahan madrasah/ sekolah
b.   Komponen perubahan dalam pendidikan
c.   Tiga waktu perubahan dalam madrasah/ sekolah
d.   Indikator madrasah / sekolah yang unggul 
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
5
01-12-2019
Manajemen Risiko Sekolah/ Madrasah
a.   Definisi manajemen risiko madrasah/ sekolah
b.   Tipe risiko di lembaga pendidikan
c.   Identifikasi manajemen risiko madrasah/ sekolah
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
6
08-12-2019
Alat-alat Analisis dalam Manajemen Sekolah/ Madrasah
a.   Benchmarking
b.   Diagram Tulang Ikan
c.   Five “Hows”, Five “Why”
d.   Forcefield Analysis
e.   Analisis Pareto
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
7
15-12-2019
Memformulasi Visi, Misi dan Tujuan Madrasah/ Sekolah
a.   Memformulasikan Visi dan Misi
b.   Merformulasikan Tujuan dan sasaran
c.   Mensosialisasikan visi, misi dan tujuan  
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
8
22-12-2019
Penyusunan Rencana Kerja Sekolah/ Madrasah
a.   Pengertian, tujuan dan karakteristik RKS/M
b.   Tahap penyusunan RKS/M
c.   Analisis Strategi kondisi sekolah/ madrasah
d.   Analisis harapan Stakeholders terhadap pengembangan sekolah
e.   Rencana Strategis pengembangan Sekolah/ Madrasah
Diskusi bersama
9
29-01-2019
UAS


Keterangan:
1.       Metode Perkuliahan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Praktik

2.       Pendekatan
      a.    Teoritis
   Pendekatan teoritis dilakukan dengan melakukan pemahaman dengan serius tentang konsep dan beberapa teori tentang manajemen konflik di sekolah/ madrasah       
          b.    Aplikatif
   Diharuskan bagi mahasiswa untuk melakukan kombinasi keilmuan teoritis yang  telah dipelajari dengan  pengalaman akademik dilapangan. 
          c.    Interdispliner
   Menganalisa dengan dua pendekatan keilmuan, baik pendekatan Filsafat Pendidikan,Sosio politik, Psikologi pendidikan, manajemen Humas, Politik pendidikan, dan kegamaan serta pendekatan berbasis  Al-Qur’an dan Sunnah.       

3.       Sistematika  Makalah
a.       Bab I  Pendahuluan
1).  Latar Belakang
2)   Rumusan Masalah
3)   Tujuan Pembahasan

b.       Bab II  (Judul
1)  Membahas Rumusan Masalah pertama
2)  Membahasa Rumusan masalah kedua
3)  Dst

c.        Bab III Penutup
1)       Kesimpulan
2)       Saran


4.       Referensi

Al-qur’an dan Hadist Soheh
Prof. Dr. H. Muhaimin, MA, 2009, “Manajemen Pendidikan Aplikasinya dalam penyusunan rencana pengembangan Sekolah/ Madrasah”. Jakarta. Prenada Media.  
Suryobroto, 2010 “Manajemen  Sekolah” Jakarta, Rineka Cipta.  
Dr. Jaja Jahari, “Manajemen Madrasah Teori, Strategi dan Implementasi”. Bandung. Alfabeta.  
Seluruh buku, jurnal, artikel, dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan disertasi) berbasis online yang berkaitan dengan materi.

5.       Tugas
§   Individu :
a.    Menyusun makalah secara mandiri
       - Makalah ditulis dengan tehnik satu halaman kutipan dan satu halam analisis
       - Setiap presentasi mahasiswa dilarang text book
       - Makalah dikumpulkan dalam bentuk soft copy dan hard copy.
       - Setiap Makalah Wajib mencantumkan ayat al-qur’an beserta artinya yang sesuai dengan materi
       - Minimal menggunakan 15 referensi / daftar pustaka
       - presentasi disarankan untuk menggunakan Power Point
b. Menyusun Reading Course setiap pertemuan
c. Membuat  Presentasi Video Pendek  Kreatif

6.       Penilaian
§  Kehadiran       20%
§  UTS                  10%
§  UAS                  15%
§  Tugas               40%
§  Partisipasi        15%

7.       Rekomendasi
a. Setiap mahasiswa wajib memiliki buku manajemen konflik  minimal dua buku.
b. Meningkatkan spirit ilmiah dengan membudayakan membaca buku 20 menit/ hari.


Lempuing Jaya,  September 2019
Dosen Pengampu,




Dr. DARUL ABROR, M.Pd.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen SDM Pendidikan MPI II-IV 24-25

  Mata Kuliah                  :  MANAJEMEN SDM PENDIDIKAN                     Dosen Pengampu        :  Dr.  Darul Abror, M.Pd.      Program...