Halaman

Sabtu, 16 November 2019

Kerangka RPS Perencanaan Pembelajaran PGMI V B 2019-2020





KERANGKA KONSEP
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)



Mata Kuliah             Perencanaan Pembelajaran          
Program Studi          PGMI
Jumlah SKS             3 SKS                                                   
Semester/ Prog         : V (Lima) / Reguler
Dosen Pengampu     Dr. Darul Abror, M.Pd.                   
Tahun Akademik     : 2019/ 2020
Hari                          : Minggu                                                
Waktu                       : 13.45-15.00 Wib

NO
TANGGAL
MATERI
Ket
1
03-11-2019
Pengantar dan Transaksi Perkuliahan
Dosen Pengampu
2
10-11-2019
Konsep Dasar Perencanaan Pembelajaran
              a.      Definisi Perencanaan dan Pembelajaran
              b.      Dasar Perlunya Perencanaan Pembelajaran
              c.      Prinsip-prinsip umum tentang mengajar
              d.      Tipe-tipe Belajar
Dosen Pengampu
3
17-11-2019
Pendekatan Sistem dalam Kegiatan Pembelajaran
a.      Pengertian dan Tujuan Sistem Pembelajaran
b.      Fungsi Sistem dan komponen Pembelajaran
c.      Tiga Variabel dalam pembelajaran
Dosen Pengampu
4
24-11-2019
Model Perencanaan Pembelajaran
              a.     Pengertian Model Perencanaan Pembelajaran
b.     Model Dick dan Carrey
c.     Model Kemp
d.     Model Assure
e.     Model Digital
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
5
01-12-2019
Faktor Emosional Anak dan Karakteristik siswa dalam Perencanaan Pembelajaran
              a.     Konsep Dasar Emosional
b.     EQ dan IQ
c.     Emosi dalam tinjauan psikologi dan agama
d.     Empati dan kepedulian kepada anak
e.     Karakteristik Siswa dalam tinjauan psikologi pendidikan
f.      Karakteristik Siswa dalam tinjauan teknologi pendidikan  
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
6
08-12-2019
Kurikulum 2013
a.     Pengertian kurikulum 2013
b.     Landasan dan Tujuan pengembangan kuriulum 2013
c.     Prinsip dan tingkat pengembangan kurikulum 2013
d.     Struktur Kurikulum
e.     Kalender Pendidikan
f.      Kelemahan dan keuggulan kurikulum 2013
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
7
15-12-2019
Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
a.     Pengertian dan tujuan RPP
b.     Petunjuk Pengisian Format RPP
1.      Satuan Pendidikan 
2.      Kompetensi Inti (KI)
3.      Kompetensi Dasar (KD) & Indikator
4.      Tujuan Pembelajaran
5.      Kegiatan Pembelajaran
6.      Sumber, Alat dan Media Pembelajaran
7.      Materi  Pembelajaran
8.      Metode Pembelajaran
9.      Penilaian Pembelajaran
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
8
22-12-2019
Merancang PROTA dan PROMES
              a.     Pengertian Prota dan Promes
              b.     Tujuan dan Kegunaan Prota dan Promes
c.     Petunjuk Pengisian Prota dan Promes
1.    Prota
2.    Promes
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
9
29-01-2019
U T S



Keterangan:
1.       Metode Perkuliahan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Praktik/ Reseach

2.       Pendekatan
      a.  Teoritis
   Pendekatan teoritis dilakukan dengan melakukan pemahaman dengan serius tentang konsep perencanaan pembelajaran,        
        b.  Aplikatif
   Diharuskan bagi mahasiswa untuk melakukan kombinasi keilmuan teoritis yang telah dipelajari dengan  pengalaman akademik dilapangan. 
        c.  Interdispliner
   Menganalisa dengan dua pendekatan terintegratif keilmuan yang relevan dengan fokus kajian, baik pendekatan filsafat pendidikan, filsafat agama, Sosiopolitik, Sosiohistoris, Psikosufistik, Politik pendidikan, dan kegamaan (Al-Qur’an dan l-Sunnah) tentang materi yang dikaji.    

3.       Referensi

          Primer :
   Al-Qur’an dan Hadits-Hadits shoheh
Prof. Dr. Hamzah B. Uno,M.Pd., 2008, Perencanaan Pembelajaran, Jakarta, Bumi Aksara.  
R. Ibrahim dan Nana., 2009” “ Perencanaan Pengajaran”, Jakarta. Rineka Cipta. 
Dr. Martin. M.Pd., 2013. “Perencanaan Pendidikan” Jakarta: PT. Raja Grafindo persada.
Prof. Made Pidarta., 2015” “ Perencanaan Pendidikan Partisipatori”, Jakarta. Rineka Cipta. 
Dr. Rusman, M.Pd, 2012,  Manajemen Kurikulum, Jakarta: PT. Raja Grafindo persada.
Prof. Dr. H.E. Mulyasa, M.Pd, 2013, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum  2013, Bandung, Rosda.
Syaikh Fuhaim Mustofa, 2009, Kurikulum Pendidikan Anak Muslim, (terj, wafi Marzuki,) Surabaya, Elba.
 Sekunder :
Prof. Drs. Sumardi Suryabrata, BA, MA, Eds, Ph.D. 2015. “ Psikologi Pendidikan” Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Prof. Jalaludin, MA, 2011, Filsafat pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia.  
Seluruh buku, jurnal, artikel, dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan disertasi) berbasis online yang berkaitan dengan materi.

4.       Tugas
§   Individu :
a.    Menyusun makalah secara mandiri dengan minimal 10 referensi 10 Halaman
b.    Makalah ditulis dengan tiga paragraf kutipan dilanjutkan dengan satu paragraf analisis.
c.    Makalah dikumpulkan dalam bentuk hard copy (sebagai bahan presentasi) dan mengirim soft copy hasil revisi makalah melalui (Wa/Email)
d.    Menyusun Tugas Individu (Reading Course) setiap kali pertemuan.

§   Komitmen Presentasi:
a.    Presentasi dilakukan tanpa teks
b.    Presentasi diupayakan menggunakan LCD, dll
c.    Presentator menjawab atas dasar  konsep dan teori dengan sumber bacaan lain serta deep analisys

5.       Penilaian
§  Kehadiran                       20%
§  UTS                                  20%       
§  UAS                                  25%       
§  Tugas                               20%        (Makalah dan Reading Course)
§  Partisipasi                        15%

6.       Rekomendasi
a. Setiap mahasiswa wajib memiliki minimal satu buku tentang Manajemen Kurikulum.
b. Meningkatkan spirit ilmiah dengan membudayakan literasi membaca buku selama 20 MENIT/ hari.


Lempuing Jaya,  Agustus 2019
Dosen Pengampu,              



Dr. DARUL ABROR, M.Pd.






CONTOH FORMAT READING COURSE

Hari/Tgl

Pertemuan Ke-

Materi


Uraian
Analisis













Kesimpulan







Pertanyaan




Mengetahui
Dosen Pengampu                                                                                                Mahasiswa                                                                                                                                                                                                                                                                                          


Dr. Darul Abror, M.Pd.                                                                                    _______________________
NIDN : 2128048601                                                                                           NIM:

Ketentuan Reading course :
1. Reading course ditulis tangan dan dibuat dengan rapi dengan print book models
2. Reading course ditandatangani mahasiswa sebelum di tandatangani dosen pengampu setiap pertemuan
3. Reading course dikumpulkan sebagai prasyarat mengikuti setiap materi pertemuan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen SDM Pendidikan MPI II-IV 24-25

  Mata Kuliah                  :  MANAJEMEN SDM PENDIDIKAN                     Dosen Pengampu        :  Dr.  Darul Abror, M.Pd.      Program...