KERANGKA KONSEP
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
Mata Kuliah :
Manajemen Madrasah/ Sekolah
Program Studi : MPI
Jumlah SKS :
3 SKS
Semester : III (Tiga)
Dosen Pengampu : Dr.
Darul Abror, M.Pd.
Tahun Akademik : 2019/ 2020
Hari : Minggu
Waktu :
08.00 – 09.15 Wib.
NO
|
TANGGAL
|
MATERI
|
Ket
|
1
|
03-11-2019
|
Pengantar Perkuliahan Dan Transaksi Perkuliahan
|
Dosen Pengampu
|
2
|
10-11-2019
|
Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Manajemen
Pendidikan Islam
a. Pengertian manajemen Sekolah/ Madrasah
b. Fungsi manajemen madrasah
c. Fokus kajian manajemen madrasah
d. Paradigma pengembangan manajemen pendidikan Islam
|
Dosen Pengampu
|
3
|
17-11-2019
|
Manajemen dan Kepemimpinan Madrasah/ Sekolah
a.
Konsep
Manajemen sekolah/ madrasah
b.
Konsep
kepemimpinan Sekolah / Madrasah
c.
Standar
Kepala Sekolah / Madrasah
d.
Kakarteristik
Budaya sekolah/ Madrasah
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
4
|
24-11-2019
|
Manajemen Perubahan Madrasah/ Sekolah
a.
Definisi
manajemen perubahan madrasah/ sekolah
b.
Komponen
perubahan dalam pendidikan
c.
Tiga
waktu perubahan dalam madrasah/ sekolah
d.
Indikator
madrasah / sekolah yang unggul
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
5
|
01-12-2019
|
Manajemen Risiko Sekolah/ Madrasah
a.
Definisi
manajemen risiko madrasah/ sekolah
b.
Tipe
risiko di lembaga pendidikan
c.
Identifikasi
manajemen risiko madrasah/ sekolah
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
6
|
08-12-2019
|
Alat-alat Analisis dalam Manajemen Sekolah/ Madrasah
a. Benchmarking
b. Diagram Tulang Ikan
c. Five “Hows”, Five “Why”
d. Forcefield Analysis
e. Analisis Pareto
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
7
|
15-12-2019
|
Memformulasi Visi,
Misi dan Tujuan Madrasah/ Sekolah
a.
Memformulasikan Visi dan Misi
b.
Merformulasikan Tujuan dan sasaran
c.
Mensosialisasikan visi, misi dan
tujuan
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
8
|
22-12-2019
|
Penyusunan Rencana
Kerja Sekolah/ Madrasah
a. Pengertian, tujuan dan
karakteristik RKS/M
b. Tahap penyusunan RKS/M
c. Analisis Strategi
kondisi sekolah/ madrasah
d. Analisis harapan
Stakeholders terhadap pengembangan sekolah
e. Rencana Strategis
pengembangan Sekolah/ Madrasah
|
Diskusi
bersama
|
9
|
29-01-2019
|
UAS
|
|
Keterangan:
1. Metode Perkuliahan
§ Diskusi
§ Tanya Jawab
§ Praktik
2.
Pendekatan
a.
Teoritis
Pendekatan
teoritis dilakukan dengan melakukan pemahaman dengan serius tentang konsep dan
beberapa teori tentang manajemen konflik di sekolah/ madrasah
b.
Aplikatif
Diharuskan bagi
mahasiswa untuk melakukan kombinasi keilmuan teoritis yang telah dipelajari dengan pengalaman akademik dilapangan.
c.
Interdispliner
Menganalisa
dengan dua pendekatan keilmuan, baik pendekatan Filsafat Pendidikan,Sosio
politik, Psikologi pendidikan, manajemen Humas, Politik pendidikan, dan
kegamaan serta pendekatan berbasis Al-Qur’an dan Sunnah.
3. Sistematika Makalah
a.
Bab I Pendahuluan
1). Latar Belakang
2) Rumusan Masalah
3) Tujuan Pembahasan
b.
Bab II (Judul
1) Membahas Rumusan Masalah pertama
2) Membahasa Rumusan masalah kedua
3) Dst
c.
Bab III Penutup
1)
Kesimpulan
2)
Saran
4. Referensi
Al-qur’an dan Hadist Soheh
Prof. Dr. H. Muhaimin, MA, 2009, “Manajemen Pendidikan
Aplikasinya dalam penyusunan rencana pengembangan Sekolah/ Madrasah”. Jakarta. Prenada Media.
Suryobroto, 2010 “Manajemen Sekolah” Jakarta, Rineka Cipta.
Dr. Jaja Jahari, “Manajemen Madrasah Teori, Strategi dan Implementasi”.
Bandung. Alfabeta.
Seluruh buku, jurnal, artikel,
dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan disertasi) berbasis online yang berkaitan
dengan materi.
5. Tugas
§
Individu :
a. Menyusun makalah secara
mandiri
- Makalah ditulis dengan tehnik satu halaman
kutipan dan satu halam analisis
- Setiap presentasi mahasiswa dilarang text book
- Makalah dikumpulkan dalam bentuk soft copy dan hard copy.
-
Setiap Makalah Wajib mencantumkan ayat al-qur’an beserta artinya yang sesuai dengan
materi
-
Minimal menggunakan 15 referensi / daftar pustaka
- presentasi disarankan
untuk menggunakan Power Point
b. Menyusun Reading Course setiap pertemuan
c. Membuat Presentasi Video Pendek Kreatif
6. Penilaian
§ Kehadiran 20%
§ UTS 10%
§ UAS 15%
§ Tugas 40%
§
Partisipasi 15%
7.
Rekomendasi
a. Setiap mahasiswa wajib
memiliki buku manajemen konflik minimal dua buku.
b. Meningkatkan spirit
ilmiah dengan membudayakan membaca buku 20 menit/ hari.
Lempuing Jaya, September 2019
Dosen Pengampu,
Dr. DARUL ABROR, M.Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar