Halaman

Minggu, 09 Februari 2020

Kerangka RPS Strategi Belajar Mengajar MPI IV-A Genap 19-20



KERANGKA KONSEP
RENCANA PERKULIAHAN SEMESTER (RPS)

Mata Kuliah                   : STRATEGI BELAJAR MENGAJAR               
Dosen Pengampu           : Dr. Darul Abror, M.Pd.I               
Program Studi                : MPI
Jumlah SKS                   : 3 SKS                                                                   

Semester                         : IV  (Empat)-A
Tahun Akademik            : 2019/ 2020
Hari                                : Minggu                                                             
Waktu                             : 13.30-15.10 Wib.

NO
TANGGAL
MATERI
KET
1.        
03-02-2020
Pengantar perkuliahan  dan Transaksi perkuliahan
Penjelasan Dosen
2.        
10-02-2020
Konsep Dasar Stategi Belajar Mengajar
Penjelasan Dosen
3.        
17-02-2020
Ruang lingkup Strategi belajar dan pembelajaran
             a.       Pengertian strategi belajar mengajar
             b.       Ciri-ciri, proses dan tujuan belajar
             c.       Ruang lingkup Kompetensi lulusan
             d.       Formulasi Tujuan menuju Indikator pembelajaran
Penjelasan Dosen
4.        
24-02-2020
Strategi pengorganisasian dan pengelolaan Pembelajaran
              a.       Pengertian
              b.       Teori Elaborasi
              c.       Strategi pengelolaan motivasional
Presentasi  dan Diskusi Mahasiswa
5.        
02-03-2020
Strategi pembelajaran pemecahan masalah
              a.       Pengertian
              b.       Taksonomi dan model peta pemecahan masalah
c.       Strategi pemecahan masalah solso, wankat dan oreovocz, sistematis)
Presentasi  dan Diskusi Mahasiswa
6.        
09-03-2020
Strategi Mengajar kecerdasan linguistik
a.       Pengertian
              b.      Ceramah dan diskusi
              c.       Tanya jawab dan Presentasi
              d.      Reporter dan Debat
              e.      Tebak kata dan menulis imajinatif
Presentasi  dan Diskusi Mahasiswa
7.        
16-03-2020
Strategi Mengajar kecerdasan Logis matematis
              a.       Pengertian
              b.      Pengamatan dan discovering
              c.       Problem Solving dan Identifikasi
              d.      Komparasi dan tebak angka
              e.      Analogi dan tebak logis
Presentasi  dan Diskusi Mahasiswa
8.        
30-03-2020
UTS
UTS
9.        
06-04-2020
Strategi mengajar spasial-visual
             a.      Mind Mapp
             b.      Movie Learning 
             c.       Membaca Peta
             d.      Menggmbar Imajinatif
Presentasi  dan Diskusi Mahasiswa
10.     
13-04-2020
Strategi Mengajar Kecerdasan Musik
             a.       Parodi
             b.      Games Tebak bunyi
             c.       Bernyanyi
             d.      Konser
Presentasi  dan Diskusi Mahasiswa
11.     
20-04-2020
Strategi Mengajar Kecerdasan Kinestetik
             a.      Gerakan Kreatif
             b.      Demonstrasi
             c.       Bermain peran
             d.      Simulasi
Presentasi  dan Diskusi Mahasiswa
12.     
27-04-2020
Strategi Mengajar Kecerdasan interpersonal
              a.       Kerja kelompok 
              b.      Sosiodrama
              c.       memberi dan menerima
              d.      Jigsaw
              e.      Cerdas cermat berantai
Presentasi  dan Diskusi Mahasiswa
13.     
04-05-2020
Strategi Mengajar Kecerdasan intrapersonal
             a.      Games Siapa saya
             b.      Mengenal Tokoh
             c.       Kontrak Nilai
             d.      Manpulasi Identitas  
Presentasi  dan Diskusi Mahasiswa
14.     
22-06-2020
Strategi pembelajaran berbasis Digital
              a.       Pengertian
b.       Pembelajaran berbasis E-learning 
c.       Pembelajaran berbasis online
d.       Pembelajaran berbasis Digital
Presentasi  dan Diskusi Mahasiswa
15.     
29-06-2020
Waktu Cadangan & Evaluasi Pembelajaran
Diskusi
16.     
13-07-2020
UAS
UAS



Keterangan:
1.       Metode Perkuliahan
§  Brainstorming
§  Diskusi
§  Praktik
2.       Tugas
§   Individu :
A. Menyusun Reading Course
B. Menyusun dan mempresentasikan makalah tanpa tekt sesuai tema masing-masing.
C. Memiliki buku tentang manajemen SBM minimal 1.

3.       Referensi
Primer:
Alamsyah Said dan Andi Budimanjaya. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelegences, Mengajar sesuai gaya otak dan belajar siswa”.   Jakarta: Prenadamedia Group.
Dra. Roestiyah NK. 2012. “Strategi Belajar Mengajar”.  Jakarta: Rineka Cipta.
Made Wena. 2014. “Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Suatu tinjauan konseptual operasional”. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dr. E. Kosasih, M.Pd. 2018. “Strategi Belajar dan pembelajaran, Implementasi kurikulum 2013”.  Bandung: Yrama Wedya.

Sekunder:
Iriantara, Yosal.2012. Manajemen Strategis Public Relation. Jakarta: Ghalia Indonesia .
Cutlip dkk,2011. Effective Public Relation. Jakarta: Prenadamedia Group. 
Keith Butterick. 2014. “Pengantar Public Relation, Teori dan Praktik”. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Ubedy, AN, 2009. 15 Tips Jitu sukses membangun hubungan dan karier. Jakarta: Kinza Books.
Seluruh sumber online berbasis reseach (penelitian), baik pada jurnal, skripsi, tesis, disertasi dan artikel dari akun resmi.

4.       Penilaian
§  Kehadiran        20%
§  UAS   & UTS     20%
§  Tugas                50%
§  Partisipasi        20%


Lempuing Jaya,      Januari 2020
Dosen Pengampu,




Dr. DARUL ABROR, M.Pd.I

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen SDM Pendidikan MPI II-IV 24-25

  Mata Kuliah                  :  MANAJEMEN SDM PENDIDIKAN                     Dosen Pengampu        :  Dr.  Darul Abror, M.Pd.      Program...