Halaman

Minggu, 09 Februari 2020

Kerangka RPS Telaah Kurikulum PGMI IV-A Genap 2019-2020




KERANGKA KONSEP
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

Mata Kuliah                         : Telaah Kurikulum                              Parogram Studi        : PGMI
Jumlah SKS                         : 3 SKS                                                   Semester/ Prog         : VI (Enam) / A
Dosen Pengampu                 : Dr. Darul Abror, M.Pd.                     Tahun Akademik      : 2019/ 2020
Hari                                      : Selasa                                                   Waktu                       : 15.45-17.15 Wib

NO
TANGGAL
MATERI
Ket
1
04-02-2020
Pengantar dan Transaksi Perkuliahan
Dosen Pengampu
2
11-02-2020
Konsep Dasar Kurikulum  MI
               a.      Pengertian kurikulum
               b.      Pengertian telaah kurikulum
               c.      Prinsip dan fungsi kurikulum
               d.      Dasar dan tujuan kurikulum
               e.      Relevansinya denggan Standar Nasional Pendidikan
Dosen Pengampu
3
18-02-2020
Madrasah dan Pengembangannya
a.      Profil Madrasah
b.      Prinsip Umum Pengembangan Madrasah
c.      Manajemen Mutu berbasis keunggulan Madrasah
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
4
25-02-2020
Model dan Prinsip pengembangan kurikulum di MI
a.      Model pengembangan Kurikulum
b.      Prinsip Pengembangan Kurikulum berbasis kompetensi
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
5
03-03-2020
Pengembangan Kurikulum 2013 di MI
a.      Dasar pertimbangan kurikulum 2013
b.      Rasiologis pengembangan kurikulum 2013  
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
6
10-03-2020
Elemen Perubahan Kurikulum 2013 di MI
a.      Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
b.      Standar Isi
c.      Standar Proses
d.      Standar Penilaian  
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
7
17-03-2020
Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 di MI
a.     Kerangka dasar kurikulum MI
b.     Struktur kurikulum MI
Presentasi dan diskusi Mahasiswa




8
07-04-2020
U T S

9
14-04-2020
Proses Pembelajaran Berdasarkan Standar Proses K-13
a.      Standar proses pembelajaran kurikulum 2013
b.      Prinsip dan karakteristik pembelajaran berdasarkan standar proses  
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
10
21-04-2020
Strategi pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013
a.      Project Basic Learning
b.      Inquiry Learning
c.      Discovery Learning
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
11
28-04-2020
Kegiatan Pengembangan Diri, Ekstrakurikuler dan Pendidikan Karakter
a.      Kegiatan Pengembangan Diri
b.      Pengembangan Kegiatan Ekstrakurikuler
c.      Pendidikan Kepramukaan sebagai kegiatan Ekstra wajib
d.      Pendidikan karakter kebangsaan  
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
12
05-05-2020
Joint Reseach
Diskusi
13
30-05-2020
Joint Reseach
Diskusi
14
23-06-2020
Joint Reseach
Diskusi
15
30-06-2020
Laporan Join Reseach
Presentasi Kelompok
16
14-07-2020
UAS
UAS

Keterangan:
1.       Metode Perkuliahan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  PAIKEM
§  Praktik/ Reseach

2.       Pendekatan
      a.  Teoritis
   Pendekatan teoritis dilakukan dengan melakukan pemahaman dengan serius tentang konsep manajemen  kurikulum,        
        b.  Aplikatif
   Diharuskan bagi mahasiswa untuk melakukan kombinasi keilmuan teoritis yang telah dipelajari dengan  pengalaman akademik dilapangan. 
        c.  Interdispliner
   Menganalisa dengan dua pendekatan keilmuan yang relevan dengan fokus kajian, baik pendekatan filosofis, Sosiologis, Historis, Psikologis, manajemen, Politik pendidikan, dan kegamaan (Al-Qur’an dan l-Sunnah) tentang materi yang dikaji.    

3.       Referensi

          Primer :
   Al-Qur’an dan Hadits-Hadits shoheh

Dr. Teguh Triwiyanto, M.Pd.I , 2015, Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta, Bumi Aksara.  
Dr. Rusman, M.Pd, 2012,  Manajemen Kurikulum, Jakarta: PT. Raja Grafindo persada.
Prof. Dr. H.E. Mulyasa, M.Pd, 2013, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum  2013, Bandung, Rosda.
Syaikh Fuhaim Mustofa, 2009, Kurikulum Pendidikan Anak Muslim, (terj, wafi Marzuki,) Surabaya, Elba.
 Sekunder :
 Prof. Jalaludin, MA, 2011, Filsafat pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia.  
 Dr. Abdullah Aly,M.Ag,  2011, Pendidikan Islam Multikultural di pesantren “Tela’ah terhadap kurikulum pesantren  modern Islam Assalam Surakarat” Yogyakarta: Pustaka Setia.
Dr. Heri Gunawan, M.Ag.  2012. Kurikulum dan pembelajaran pendididkan agama Islam, Bandung, Alfabeta.  
Buku pedoman KKN TERPADU STAI AS-SHIDDIQIYAH 2015
Seluruh buku, jurnal, artikel, dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan disertasi) berbasis online yang berkaitan dengan materi.

4.       Tugas
§   Individu :
a.       Memiliki Buku Telaah kurikulum
b.       Menyusun Reading Course setiap kali pertemuan

§   Kelompok :
a.  Meneliti tentang Manajemen Kurikulum di MI/ SD sesuai sistematika dan mekanisme yang sudah ditentukan
b.  Laporan Penelitian  dikumpulkan dalam bentuk soft copy (Wa/Email) dan hard copy dalam bentuk Print Book Models

§   Komitmen Presentasi:
a.    Presentasi dilakukan tanpa teks
b.    Presentasi diupayakan menggunakan LCD, dll
c.    Presentator menjawab atas dasar  konsep dan teori dengan sumber bacaan lain serta deep analisys

5.       Penilaian
§  Kehadiran                       20%
§  UTS                                10%       
§  UAS                                15%       
§  Tugas                               40%        
§  Partisipasi                        15%

6.       Rekomendasi
  Meningkatkan spirit ilmiah dengan membudayakan membaca 20 MENIT/ hari.



Lempuing Jaya,   Januari  2020
Dosen Pengampu,

                                                                                                                               


Dr. DARUL ABROR, M.Pd.







NB :
1.         Alur pengajuan permohonan surat penelitian
a.     Memantapkan fokus kajian yang sudah dikonsusltasikan dengan dosen pengampu
b.     Membuat surat pengajuan penelitian dan dilampiri judul penelitian serta nama-nama kelompok
c.     surat diajukan kepada ketua prodi masing-masing
d.     Ketua prodi mengklarifikasi terlebih dahulu dan kemudian mengeluarkan SK penelitian
e.     SK diterima oleh kelompok
f.      Kelompok bisa melaksanakan penelitian lapangan

2.         Sistematika penelitian :

1)       Pendahuluan
a.     Latar Belakang Masalah
      (Merupakan keunggulan dari obyek penelitian khususnya dalam bidang kurikulumnya)
b.     Rumusan Masalah
     (Merupakan rumusan konsep pertanyaan sesuai variabel judul atau fokus penelitian)
c.     Landasan Teori
     (Teori yang digunakan dalam menjawab rumusan masalah yang relevan dengan fokus kajian)
d.     Tinjauan Pustaka
      (Penelitian terdahulu dalam lima tahun terakhir yang relevan dengan fokus kajian)
e.     Metode penelitian
      (Merupakan cara ilmiah atau pendeketan yang digunakan dalam mengumpulkan, menganalisisi dan menyimpulkan hasil penelitian, baik kualitatif atau kuantitatif)
2)       Pembahasan
(Membahas sesuai dengan rumusan masalah)
3)       Penutup
a.     Kesimpulan  ( Menjawab rumusan masalah)
b.     Rekomendasi ( Merupakan saran peneliti terhadap lembaga maupun pembaca atas hasil penelitian yang telah dilaksanakan)
4) Daftar pustaka
        (merupakan referensi yang digunakan dalam proses penelitian)







CONTOH FORMAT READING COURSE

Hari/Tgl

Pertemuan Ke-

Materi


Uraian Materi
Analisis























Kesimpulan







Referensi





Mengetahui
Dosen Pengampu                                                                                                Mahasiswa                                                                                                                                                                                                                                                                                          



Dr. Darul Abror, M.Pd.                                                                                    _______________________
NIDN : 2128048601                                                                                           NIM:

Ketentuan Reading course :
1. Reading course ditulis tangan dan dibuat dengan rapi dengan print book models
2. Reading course ditandatangani mahasiswa sebelum di tandatangani dosen pengampu setiap pertemuan
3. Reading course dikumpulkan sebagai prasyarat mengikuti setiap materi pertemuan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen SDM Pendidikan MPI II-IV 24-25

  Mata Kuliah                  :  MANAJEMEN SDM PENDIDIKAN                     Dosen Pengampu        :  Dr.  Darul Abror, M.Pd.      Program...