KERANGKA RPS
Mata Kuliah :
MANAJEMEN
KONFLIK
Program Studi :
MPI
Jumlah SKS :
3 SKS
Semester :
V (Lima)
Dosen Pengampu : Dr.
Darul Abror, M.Pd.
Tahun Akademik :
2021/2022
Hari :
Minggu
Waktu : 09.45 – 11.00 Wib
NO |
TANGGAL |
MATERI |
Ket |
|
1 |
03-10-2021 |
Pengantar Perkuliahan
Dan Transaksi Perkuliahan |
LURING |
Dosen Pengampu dan diskusi |
2 |
10-10-2021 |
Konsep Dasar Konflik di Madrasah/ Sekolah a. Pengertian konflik b. Bentuk dan Sumber Konflik c. Konflik dalam perspektif al-Qur’an |
LURING |
Dosen Pengampu dan penugasan |
3 |
17-10-2021 |
Jenis-jenis Konflik di Madrasah/ Sekolah a.
Situasi
konflik b.
Tipe-tipe
konflik |
LURING |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
4 |
24-10-2021 |
Penyebab dan dampak Konflik di Madrasah/ Sekolah c.
Penyebab
Konflik d.
Dampak
Konflik e.
Stress
(Pengertian dan faktor yang memengaruhinya) |
LURING |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
5 |
31-10-2021 |
Peran Komunikasi dalam manajemen konflik di Madrasah/
Sekolah a. Pengertian komunikasi dalam manajemen
konflik b. Jenis-jenis komunikasi c. Pola komunikasi negatif yang perlu
dihindari d. Beberapa rekomendasi komunikasi yang perlu
dilakukaan |
LURING |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
6 |
07-11-2021 |
Hubungan
kecerdasan emosional dengan gaya manajemen konflik di Madrasah/ Sekolah a.
Sifat
Konflik di madrasah/ Sekolah b.
Respons
penolakan c.
Gap
Interpersonal d.
Refleksiologi
Emosional e.
Emosi
dalam tinjauan psikosufistik |
LURING |
Dosen Pengampu dan penugasan |
7 |
14-11-2021 |
UTS |
LURING |
UTS |
8 |
21-11-2021 |
Mediasi dan Negoisasi di Sekolah/ Madrasah a. Pengertian Mediasi dan
alasannya diperlukan di Madrasah/ Sekolah b. Mediasi dan Negoisasi
di Madrasah/ Sekolah c. Komunikasi dalam
rangka probem-solving di
Madrasah/ Sekolah d. Hal-hal yang dihindari
mediator di Madrasah/ Sekolah e. Langkah-langkah
mediasi konflik di Madrasah/ Sekolah |
LURING |
Dosen Pengampu dan penugasan |
9 |
29-11-2021 |
Pengembangan pendekatan dalam manajemen konflik di
Madrasah/ Sekolah a. Pentingnya Keputusan
yang jelas di madrasah b. Toleransi terhadap
perbedaan di madrasah c. Pengurangan
Agresi dan prilaku pasif di
madrasah d. Pengurangan Prilaku manipulatif di
madrasah |
LURING |
Diskusi bersama |
10 |
05-12-2021 |
Gaya Manajemen Konflik di Sekolah/ Madrasah a. Gaya Integrating b. Gaya Obliging c. Gaya Dominating d. Gaya Avoiding e. Gaya Kompromising |
LURING |
Dosen Pengampu dan penugasan |
11 |
12-12-2021 |
Implementasi Manajemen konflik
untuk produktifitas lembaga pendidikan a. Mengatasi dan mengelola konflik
dalam organisasi b. Model implementasi peningkatan
kinerja dan produktivitas lembaga pendidikan c. Produktivitas lembaga pendidikan |
LURING |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
12 |
19-12-2021 |
Evaluasi Materi |
LURING |
Diskusi dosen dan mahasiswa |
13 |
26-12-2021 |
Waktu Cadangan |
LURING |
Konsultasi Penelitian |
14 |
09-01-2022 |
UAS |
|
|
Keterangan:
1. Metode Perkuliahan
§ Diskusi
§ Tanya Jawab
§
Brainstorming
§ Reseach / Praktik
2. Pendekatan
a. Teoritis
Pendekatan teoritis dilakukan dengan
melakukan pemahaman dengan serius tentang konsep dan beberapa teori tentang
manajemen konflik di sekolah/ madrasah
b.
Aplikatif
Diharuskan bagi mahasiswa untuk melakukan
kombinasi keilmuan teoritis yang telah
dipelajari dengan pengalaman akademik
dilapangan.
c.
Interdispliner
Menganalisa dengan dua pendekatan keilmuan,
baik pendekatan filosofis, Sosiologis, Historis, Psikologis, komunikasi, manajemen,
Politik pendidikan, dan kegamaan serta
pendekatan berbasis Al-Qur’an dan l-Sunnah.
3. Referensi
Al-Qur’an
dan Hadits-hadis Soheh
Prof. Dr. Drs. H. Ekawarna,
M.Psi. 2018, “ Manajemen Konflik dan Stress”, Jakarta. Bumi Aksara.
Dr. William Hendriks , 2012, “How to Manage Conflict” (Bagaimana
Mengelola Konflik) terj, Arif, Jakarta, Bumi Aksara.
Rizal Panggabean, 2012, Manajemen
Konflik Berbasis Sekolah; dari Sukma Bangsa untuk Indonesia, Jakarta: PT. Pustaka Alfabet.
Dale Carnagie, 2011, “How to Win Friends and Influence People”, Jakarta, Bina Rupa Aksara Publisher.
Scott M. Cutlip, dkk, 2012, Effective Public Relation, Jakarta, Prenada Media Group.
Hisyam Zaini, dkk, 2008, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta, Pustaka Insan Madani.
Vern Jones dan Louise Jones,
2012, Manajemen Kelas Komprehensif, Jakarta, prenada Media Group.
Prof. Jalaludin, MA, 2011, Filsafat pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia.
Paulo Freire, The Politics of Education: Culture, Power and
Liberation,Yogyakarta, Read bekerjasama dengan
Pustaka Pelajar.
Prof. Dr. M. Sirozi, Ph.D,
2010, Politik Pendidikan, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.
Pof. Dr. H. Ramayulis, 2002, Psikologi Agama, Jakarta, Kalam Mulia.
Seluruh buku, jurnal, artikel,
dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan disertasi) berbasis online yang berkaitan
dengan materi.
4. Tugas
§
Individu :
a. Menyusun Reading course sebagai syarat mengikuti setiap pertemuan perkuliahan
b. Menyusun
makalah
- Makalah ditulis dengan tehnik tiga paragraf kutipan dilanjutkan
dengan satu paragraf analisis
- Setiap
presentasi mahasiswa dilarang text book
- Makalah dikumpulkan dalam bentuk soft copy dan hard copy.
-
Setiap Makalah Wajib mencantumkan ayat al-qur’an beserta artinya yg sesuai
dengan materi
-
Minimal menggunakan 15
referensi / daftar pustaka
- presentasi di sarankan
untuk menggunakan LCD
§
Kelompok (Akhir
Semester) :
Menyusun penelitian tentang cara menyelesaikan konflik dalam tinjauan ayat al-qur’an
- dilaksanakan sesuai waktu yang telah
ditentukan
- diketik dengan 1.5 spasi dengan time news roman dengan jenis kutipan “footnote”
- penelitian minimal ditulis 15 halaman
- sistematika terlampir
5.
Penilaian
§ Kehadiran 20%
§ UTS 10%
§ UAS 5%
§ Tugas 50%
§ Partisipasi 15%
6.
Rekomendasi
a. Setiap mahasiswa wajib
memiliki buku manajemen konflik minimal satu buku.
b. Meningkatkan spirit
ilmiah dengan membudayakan membaca buku 25 menit/ hari.
empuing Jaya, September
2021
Dosen Pengampu,
Dr. DARUL ABROR, M.Pd.
NB :
Sistematika penelitian :
1.
Cover
2.
Halaman Motto
3.
Halaman Pengesahan
4.
Kata Pengantar
5.
Daftar Isi
6.
Pendahuluan
a. Latar
Belakang Masalah
(Merupakan fenomena dan
atau fakta-fakta atau masalah yang
sering terjadi dalam suatu institusi pendidikan, baik pendidikan formal ataupun
nonformal.)
b. Rumusan
Masalah
Merupakan pertanyaan
yang diajukan yang relevan dengan judul dan atau masalah yang diteliti, rumusan
masalah paling banyak tiga point.
c. Tujuan
Penelitian
Merupakan tujuan
penelitian secara akademik dan secara ilmiah
d. Landasan
Teori
Merupakan teori yang
digunakan untuk menjadi pisau analisis yang relevan dengan judul dan
permasalahan
e. Tinjauan
Pustaka
Merupakan
penelitian (jurnal, skripsi, tesis, atau
disertasi ) yang sudah pernah dilakukan oleh orang lain dengan menyebutkan
judul, penulis, jenis penelitian, dan hasilnya.
f. Metode
penelitian
Menjelaskan tentang
pengertian metode penelitian, jenis penelitian dan teknik pengumpulan data dan
tekhnik analisis data.
7.
Pembahasan
(membahas sesuai dengan
tema dan rumusan masalah dengan mengutip, menganalisisi serta menuliskan hasil
analisisnya pada pembahasan dengan jumlah Sub pada Pembahasan Disesuaikan
dengan jumlah Rumusan Masalah)
8.
Penutup
a. Kesimpulan
(Merupakan simpulan dari
hasil pembahasan yang relevan dengan rumusan masalah)
b. Rekomendasi
Merupakan usulan dari
peneliti kepada praktisi pendidikan/ manager dalam menyelesaikan konflik dalam
institusi pendidikan.
9.
Daftar pustaka
10.
Dokumentasi
Ket : Tehnik pengutipan menggunakan footnote
Format Reading Course
Hari/Tgl |
|
Pertemuan Ke- |
|
Materi |
|
|
|
Uraian
Materi |
|
Analisis |
|
Kesimpulan |
|
Pertanyaan |
|
Mengetahui
Dosen Pengampu Mahasiswa
Dr. Darul Abror, M.Pd. _______________________
Ketentuan :
1. Reading course dibuat dengan rapi dengan print book
2. Reading course ditandatangani mahasiswa sebelum di
tandatangani dosen pengampu setiap pertemuan
3. Reading course dikumpulkan sebagai prasyarat setiap
mengikuti pertemuan kuliah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar