KERANGKA KONSEP
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
Mata Kuliah : STRATEGI BELAJAR MENGAJAR
Dosen Pengampu : Dr. Darul Abror, M.Pd.
Program Studi : PGMI
Jumlah SKS : 2 SKS
Semester : III (Tiga)
Program : Regular-A
Hari : Minggu
Waktu : 14.15 – 15.30 Wib.
Tahun Akademik : 2021/ 2022
NO |
TANGGAL |
MATERI |
KET |
1. |
03-10-2021 |
Pengantar
perkuliahan dan Transaksi perkuliahan |
Penjelasan Dosen |
2. |
10-10-2021 |
Ruang lingkup Strategi belajar dan pembelajaran a. Pengertian strategi belajar mengajar b. Ciri-ciri, proses dan tujuan belajar c. Ruang lingkup Kompetensi lulusan d. Formulasi Tujuan menuju Indikator pembelajaran |
Penjelasan Dosen |
3. |
17-10-2021 |
Strategi pengorganisasian dan pengelolaan Pembelajaran a. Teori Elaborasi (Pengertiaan, komponen
dankarakteristik) b. Strategi pengelolaan motivasional c. Kluster-kluster kecerdasan d. Tiga kriteria siswa pintar |
Presentasi dan diskusi mahasiswa |
4. |
24-10-2021 |
Strategi pembelajaran pemecahan masalah a. Pengertian b. Taksonomi dan model peta pemecahan masalah c. Strategi pemecahan masalah solso, wankat dan oreovocz,
sistematis) |
Presentasi dan Diskusi
Mahasiswa |
5. |
31-10-2021 |
Strategi Mengajar kecerdasan linguistik a. Bercerita b. Tebak kata c. Menulis d. Tebak kata e. Menulis imajinatif f.
Tekateki silang |
Presentasi dan Diskusi
Mahasiswa |
6. |
07-11-2021 |
Strategi Mengajar kecerdasan Logis
matematis a. Pengertian b. Pengamatan dan discovering c. Problem Solving dan Identifikasi d. Komparasi dan tebak angka e. Analogi dan tebak logis |
Presentasi dan Diskusi
Mahasiswa |
7.
|
14-11-2021 |
UTS |
UTS |
8. |
21-11-2021 |
Strategi Mengajar Spasial-Visual a. Strategi Mind Mapp b. Tulisan dengan tangan dan pasir c. Menulis di udara d. Membaca Peta e. Movie Learning f.
Tebak angka
dalam warna g. Flas Card |
Presentasi dan Diskusi
Mahasiswa |
9. |
29-11-2021 |
Strategi Mengajar Kecerdasan Musik a. Parodi b. Konser c. Games tebak Bunyi d. Bernyanyi |
Presentasi dan Diskusi
Mahasiswa |
10. |
05-12-2021 |
Strategi Mengajar Kecerdasan
Kinestetik a. Jawaban Stik b. memancing Ikan c. Gerakan kreatif d. Bermain Peran e. Lekukan Geometri |
Presentasi dan Diskusi
Mahasiswa |
11. |
12-12-2021 |
Strategi Mengajar Kecerdasan
Interpersonal a. Kerja Kelompok b. Kartu Soal c. Memberi dan menerima d. Jigsaw e. Cerdas Cermat berantai |
Presentasi dan Diskusi
Mahasiswa |
12. |
19-12-2021 |
Strategi Mengajar Kecerdasan
intrapersonal a. Games siapa saya b. Pertanyaan dimulai dari siswa c. Mengenal Tokoh d. Kontrak Nilai e. Manipulasi Identitas
|
Presentasi dan Diskusi
Mahasiswa |
13. |
26-12-2021 |
Waktu Cadangan |
Evaluasi Dosen |
14. |
09-01-2022 |
UAS |
UAS |
Keterangan:
1.
Metode
Perkuliahan
§ Brainstorming
§ Diskusi
§ Praktik
2.
Tugas
§ Individu :
A. Menyusun reading course sebagai syarat setiap pertemuan kuliah.
B. Menyusun makalah sesuai sub tema
masing-masing
- Makalah disusun minimal
10 referensi buku primer dan
atau sekunder.
- Makalah
ditulis dengan 3 paragraf kutipan dilanjutkan dengan 1
paragraf analisis.
- Setiap
presentasi mahasiswa di upayakan menggunakan media pembelajaran (LCD,dll)
- Makalah
dikumpulkan dalam bentuk soft copy (Email : bimbinganabror@gmail.com) dan hard copy.
- Makalah
disusun minimal 10 halaman.
C. Memiliki buku tentang Strategi Mengajar minimal 1 buku.
3.
Referensi
Primer:
Al-qur’an dan hadist sohih
Alamsyah Said dan Andi Budimanjaya. 2015. “95 Strategi
Mengajar Multiple Intelegences, Mengajar sesuai gaya otak dan belajar siswa”. Jakarta: Prenadamedia Group.
Dra. Roestiyah NK. 2012. “Strategi
Belajar Mengajar”. Jakarta: Rineka Cipta.
Made Wena. 2014. “Strategi
Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Suatu tinjauan konseptual operasional”.
Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dr. E. Kosasih, M.Pd. 2018. “Strategi
Belajar dan pembelajaran, Implementasi kurikulum 2013”. Bandung: Yrama Wedya.
Sekunder:
Iriantara, Yosal.2012. “Manajemen Strategis Public
Relation”. Jakarta: Ghalia Indonesia .
Cutlip dkk,2011. Effective Public Relation.
Jakarta: Prenadamedia Group.
Keith Butterick. 2014. “Pengantar
Public Relation, Teori dan Praktik”. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Ubedy, AN, 2009. “15 Tips Jitu sukses membangun hubungan dan karier”. Jakarta: Kinza Books.
Seluruh sumber online berbasis reseach (penelitian), baik
pada jurnal, skripsi, tesis, disertasi dan artikel dari akun resmi.
4.
Penilaian
§ Kehadiran
20%
§ UAS & UTS 20%
§ Tugas 50%
§ Partisipasi 20%
Lempuing
Jaya, September 2021
Dosen
Pengampu,
Dr. DARUL ABROR, M.Pd.
NIDN : 21228048601
Format Reading Course
Hari/Tgl |
|
Pertemuan Ke- |
|
Materi |
|
Uraian
Materi |
|
Analisis |
|
Kesimpulan |
|
Pertanyaan |
|
Mengetahui
Dosen Pengampu Mahasiswa
Dr. Darul Abror, M.Pd. ______________
Ketentuan :
1. Pada analsisi Reading Course, wajib ditulis tangan
minimal 20 baris
2. Reading course dibuat dengan rapi dengan print book
3. Reading course ditandatangani mahasiswa sebelum di
tandatangani dosen pengampu
4. Reading course dikumpulkan sebagai prasyarat absensi setiap
perkuliahan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar