KERANGKA KONSEP
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
Mata Kuliah :
Manajemen Kurikulum
Program Studi :
MPI
Jumlah SKS :
3 SKS
Semester/ Prog : III (Tiga) / Reguler
Dosen Pengampu :
Dr. Darul Abror, M.Pd.
Tahun Akademik : 2021/ 2022
Hari :
Selasa
Waktu :
15.45-17.15 Wib
NO |
TANGGAL |
MATERI |
Ket |
|
1 |
05-10-2021 |
Pengantar dan Transaksi Perkuliahan |
Dosen Pengampu |
Dosen Pengampu |
2 |
12-10-2021 |
Konsep manajemen kurikulum a.
Pengertian kurikulum b.
Pengertian manajemen kurikulum c.
Prinsip dan fungsi manajemen kurikulum d.
Dasar dan tujuan manajemen kurikulum e.
Manajemen Kurikulum dalam standar nasional
pendidikan |
Dosen Pengampu |
Dosen Pengampu |
3 |
19-10-2021 |
Peran dan Tugas Kepala Sekolah dalam Manajemen
Kurikulum a.
Pengertian peran dan tugas kepala sekolah b.
Kinerja kepala sekolah c.
Pendekatan
kinerja kepala sekolah d.
RKTL kinerja kepala sekolah |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
4 |
26-10-2021 |
Fungsi –fungsi
manajemen kurikulum a.
Pengertian
fungsi manajemen kurikulum b.
Mengelola perencanaan kurikulum c.
Mengelola implementasi kurikulum d.
Mengelola
pelaksanaan evaluasi kurikulum e.
Mengelola perumusan penetapan kriteria dan pelaksanaan
kenaikan kelas f.
Mengelola pengembangan bahan ajar, media pembelajaran
dan sumber belajar g.
Mengelola
pengembangan ekstrakurikuler dan kokurikuler |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
5 |
02-11-2021 |
Perencanaan kurikulum a.
Pengertian perencanaan kurikulum b.
Perumusan tujuan kurikulum c.
Landasan perencanaan kurikulum d.
Perumusan isi kurikulum e.
Model-model desain kurikulum |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
6 |
09-11-2021 |
Cara Penyusunan Perangkat Pembelajaran K-13 a.
Pengertian perangkat pembelajaran b.
Kalender pendidikan: Pengertian, cara penyusunan
dan contohnya c.
Prota : Pengertian, cara penyusunan
dan contohnya d.
Prosem : Pengertian, cara penyusunan
dan contohnya e.
Silabus:
Pengertian, komponen dan contohnya f.
Struktur kurikulum : Pengertian, cara penyusunan
dan contohnya Pengertian |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
7 |
16-11-2021 |
U T S |
|
|
8 |
23-11-2021 |
Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) a. Pengertian dan tujuan RPP b. Petunjuk Pengisian
Format RPP 1.
Satuan Pendidikan 2.
Kompetensi Inti (KI) 3.
Kompetensi Dasar (KD) & Indikator 4.
Tujuan Pembelajaran 5.
Kegiatan
Pembelajaran 6.
Sumber,
Alat dan Media Pembelajaran 7.
Materi Pembelajaran 8.
Metode
Pembelajaran 9.
Penilaian
Pembelajaran |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
9 |
31-11-2021 |
Implementasi kurikulum a.
Pengertian konsep implementasi kurikulum b.
Kemampuan guru dalam implementasi kurikulum c.
Model implementai kurikulum |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
Dosen Pengampu |
10 |
01-12-2021 |
Monitoring Pelaksanaan kurikulum a.
Pengertian monitoring pelaksanaan kurikulum b.
Tujuan pemantauan pelaksanaan pembelajaran c.
Kerangka kegiatan pemantauan pelaksanaan pembelajaran d.
Pengertian Penilaian kinerja guru e.
Jenis Penilaian kinerja guru f.
Cara penyusunan dan contoh penilaian kinerja guru g.
Contoh format monitoring kinerja guru |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
11 |
07-12-2021 |
Evaluasi Kurikulum a.
Pengertian evaluasi kurikulum b.
Tujuan evaluasi kurikulum c.
Peran evaluasi kurikulum d.
Model evaluasi kurikulum |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
Dosen Pengampu |
12 |
14-12-2021 |
Waktu Cadangan |
Dosen Pengampu |
Dosen Pengampu |
13 |
21-12-2021 |
Waktu Cadangan |
Dosen Pengampu |
Dosen Pengampu |
14 |
28-12-2021 |
UAS |
UAS |
UAS |
Keterangan:
1.
Metode
Perkuliahan
§ Diskusi
§ Tanya Jawab
§ PAIKEM
§ Praktik/ Reseach
2.
Pendekatan
a. Teoritis
Pendekatan teoritis dilakukan dengan
melakukan pemahaman dengan serius tentang esensi manajemen kurikulum,
b.
Aplikatif
Diharuskan bagi mahasiswa untuk melakukan
kombinasi keilmuan teoritis yang telah dipelajari dengan pengalaman akademik dilapangan.
c.
Interdispliner
Menganalisa dengan dua pendekatan keilmuan
yang relevan dengan fokus kajian, baik
pendekatan filosofis, Sosiologis, Historis, Psikologis, manajemen, Politik
pendidikan, dan kegamaan (Al-Qur’an dan l-Sunnah) tentang materi yang
dikaji.
3.
Referensi
Primer :
Al-Qur’an
dan Hadits-Hadits shoheh
Dr. Teguh Triwiyanto, M.Pd.I ,
2015, Manajemen
Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta, Bumi Aksara.
Dr. Rusman, M.Pd, 2012, Manajemen Kurikulum, Jakarta: PT. Raja Grafindo persada.
Prof. Dr. H.E. Mulyasa, M.Pd,
2013, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013,
Bandung, Rosda.
Syaikh Fuhaim Mustofa, 2009,
Kurikulum Pendidikan Anak Muslim, (terj, wafi Marzuki,) Surabaya, Elba.
Sekunder :
Prof. Jalaludin, MA, 2011, Filsafat pendidikan
Islam, Jakarta, Kalam
Mulia.
Dr. Abdullah Aly,M.Ag, 2011, Pendidikan Islam Multikultural di pesantren
“Tela’ah terhadap kurikulum pesantren
modern Islam Assalam Surakarat” Yogyakarta: Pustaka Setia.
Dr. Heri Gunawan, M.Ag. 2012. Kurikulum dan pembelajaran pendididkan agama
Islam, Bandung,
Alfabeta.
Buku pedoman KKN TERPADU STAI AS-SHIDDIQIYAH 2015
Seluruh buku, jurnal, artikel,
dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan disertasi) berbasis online yang berkaitan
dengan materi.
4.
Tugas
§ Individu :
a. Menyusun
Tugas Individu (Reading Course) setiap kali pertemuan, contoh terlampir
b. Membuat Video Pendek Presentasi dengan
Menggunakan Slide Power Point
c. Mengirimkan video dan Power Point ke Email bimbinganabror@gmail.com
d. Video Pendek dikirim maksimal satu hari 24
jam sebelum tanya jawab di kelas/ jadwal perkuliahan
§ Kelompok
a.
Diskusi (Menjawab menjawab pertanyaan dari
peserta diskusi ketika hari perkuliahan)
b. Presentator
menjawab atas dasar konsep dan teori dengan sumber bacaan lain serta deep analisys
5. Penilaian
§ Kehadiran / Aktif 15%
§ UTS 10%
§ UAS 10%
§ Tugas 60%
§ Partisipasi 15%
6. Rekomendasi
a.
Setiap
mahasiswa wajib memiliki minimal DUA buku tentang
Manajemen Kurikulum.
b.
Meningkatkan
spirit ilmiah dengan membudayakan membaca 20 MENIT/ hari.
Lempuing Jaya, September
2021
Dosen Pengampu,
Dr. DARUL ABROR, M.Pd.
CONTOH FORMAT READING COURSE
Hari/Tgl |
|
Pertemuan Ke- |
|
Materi |
|
|
|
Uraian Materi |
|
Analisis
|
|
Kesimpulan
|
|
Pertanyaan
|
|
Mengetahui
Dosen Pengampu Mahasiswa
Dr. Darul Abror, M.Pd. _______________________
NIDN : 2128048601 NIM:
Ketentuan Reading course :
1. Reading course ditulis
tangan dan dibuat dengan rapi dengan print book models
2. Reading course ditandatangani mahasiswa sebelum di
tandatangani dosen pengampu setiap pertemuan
3. Reading course dikumpulkan sebagai prasyarat mengikuti
setiap materi pertemuan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar