Halaman

Minggu, 12 Februari 2023

Outline Telaah Kurikulum PGMI_VI Genap 22-23

 



 

Mata Kuliah                      : Telaah Kurikulum                        

Program Studi                   : PGMI

Jumlah SKS                       : 3 SKS                                             

Semester/ Prog                  : VI (Enam)

Dosen Pengampu               : Dr. Darul Abror, M.Pd.  

Tahun Akademik               : 2022/ 2023

Hari                                    : Selasa                                            

Waktu                                : 15.45-17.15 Wib

 

NO

TANGGAL

MATERI

Ket

1.       

07-02-2023

Pengantar dan Transaksi Perkuliahan

Dosen Pengampu

2.       

14-02-2023

Konsep Dasar Tela’ah Kurikulum 2013 Pendidikan Dasar/ MI

                a.     Pengertian kurikulum Pendidikan Dasar/ MI

                b.     Pengertian telaah kurikulum Pendidikan Dasar/ MI

                c.     Landasan dan Prinsip kurikulum Pendidikan Dasar/ MI

                d.     Ruang Lingkup Kurikulum Pendidikan Dasar/ MI

Dosen Pengampu

3.       

21-02-2023

Organisasi Kurikulum Pendidikan Dasar/ MI

a.     Pengertian Organisasi Kurikulum

b.     Model Organisasi Kurikulum

c.     Klasifikasi Pengintegrasian Tema

d.     Ragam Model pembelajaran berdasarkan pengintegrasian tema 

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

4.       

28-02-2023

Pengembangan Pendidikan Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah

                a.    Profil Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah

b.    Prinsip Umum Pengembangan Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

5.       

07-03-2023

Model dan Prinsip Pengembangan Kurikulum

                a.    Model Ralph Tayler

                b.    Model Administratif

                c.    Model Grass Roots

                d.    Model Demonstrasi

                e.    Prinsip Pengembangan Kurikulum berbasis Kompetensi

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

6.       

14-03-2023

Elemen Perubahan Kurikulum 2013 dan Strategi implementasinya 

                a.    Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

                b.    Standar Isi

                c.    Standar Proses

                d.    Standar Penilaian

                e.    Strategi Implementasi 

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

7.       

28-03-2023

UTS

 

8.       

16-05-2023

Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 di SD/MI

a.    Kerangka dasar kurikulum SD/MI

b.    Struktur kurikulum  SD/MI

c.    Kelebihan dan kekurangan Struktur Kurikulum 2013

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

9.       

23-05-2023

Konsep Kurikulum Merdeka Belajar

a.     Pengertian Kurikulum merdeka

b.     Prinsip dan karakteristik Kurikulum Merdeka

c.     Alur memahami kurikulum merdeka   

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

10.    

30-05-2023

Telaah Perencanaan Kurikulum Merdeka SD/MI

a.     Konsep Perencanaan Kurikulum Merdeka SD/ MI

b.     Telaah Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka SD/MI

c.     Langkah-langkah Perencanaan Kurikulum Merdeka SD/MI

d.     Kelebihan dan Kekurangannya

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

11.    

06-06-2023

Telaah Implementasi Kurikulum Merdeka  SD/ MI

                a.    Konsep Implementasi Kurikulum Merdeka SD/ MI

                b.    Telaah Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka SD/MI

                c.    Kelebihan dan Kekurangannya

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

12.    

13-06-2023

Telaah Evaluasi Kurikulum Merdeka  SD/ MI

                a.    Konsep Evaluasi Kurikulum Merdeka SD/ MI

                b.   Telaah Tahapan Evaluasi Kurikulum Merdeka SD/MI

                c.    Kelebihan dan Kekurangannya

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

13.    

20-06-2023

Minggu Tenang

Diskusi

14.    

27-06-2023

U A S

 

 

1.      Metode Perkuliahan

§  Diskusi

§  Tanya Jawab

§  Praktik/ Reseach

 

2.      Pendekatan

      a.  Teoritis

   Pendekatan teoritis dilakukan dengan melakukan pemahaman dengan serius tentang konsep manajemen  kurikulum,        

        b.  Aplikatif

   Diharuskan bagi mahasiswa untuk melakukan kombinasi keilmuan teoritis yang telah dipelajari dengan  pengalaman akademik dilapangan. 

        c.  Interdispliner

   Menganalisa dengan dua pendekatan keilmuan yang relevan dengan fokus kajian, baik pendekatan filosofis, Sosiologis, Historis, Psikologis, manajemen, Politik pendidikan, dan kegamaan (Al-Qur’an dan l-Sunnah) tentang materi yang dikaji.    

 

3.      Referensi

 

          Primer :

   Al-Qur’an dan Hadits-Hadits shoheh

Trianto dan Hadi, 2017. “Desain Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah”, Jakarta; Prenada Media

Buku Pedoman Kurikulum Merdeka Kemendikbud

Dr. Teguh Triwiyanto, M.Pd.I , 2015, Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta, Bumi Aksara.  

Dr. Rusman, M.Pd, 2012,  Manajemen Kurikulum, Jakarta: PT. Raja Grafindo persada.

Prof. Dr. H.E. Mulyasa, M.Pd, 2013, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum  2013, Bandung, Rosda.

Syaikh Fuhaim Mustofa, 2009, Kurikulum Pendidikan Anak Muslim, (terj, wafi Marzuki,) Surabaya, Elba.

 Sekunder :

 Prof. Jalaludin, MA, 2011, Filsafat pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia.  

 Dr. Abdullah Aly,M.Ag,  2011, Pendidikan Islam Multikultural di pesantren “Tela’ah terhadap kurikulum pesantren  modern Islam Assalam Surakarat” Yogyakarta: Pustaka Setia.

Dr. Heri Gunawan, M.Ag.  2012. Kurikulum dan pembelajaran pendididkan agama Islam, Bandung, Alfabeta.  

Buku pedoman KKN TERPADU STAI AS-SHIDDIQIYAH 2015

Seluruh buku, jurnal, artikel, dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan disertasi) berbasis online yang berkaitan dengan materi.

 

4.      Tugas

§   Individu :

a.      Memiliki Buku Kurikulum  

b.      Menyusun Reading Course setiap kali pertemuan

c.      Bedah Buku

 

§   Komitmen Presentasi:

a.    Presentasi dilakukan tanpa teks

b.    Presentasi diupayakan menggunakan LCD, dll

c.    Presentator menjawab atas dasar  konsep dan teori dengan sumber bacaan lain serta deep analisys

 

5.      Penilaian

§  Kehadiran                     20%

§  UTS                              10%      

§  UAS                              15%      

§  Tugas                            40%      

§  Partisipasi                    15%

 

6.      Rekomendasi

  Meningkatkan spirit ilmiah dengan membudayakan membaca 20 MENIT/ hari.

 

 

 

Lempuing Jaya,   Januari  2023

Dosen Pengampu,

 

                                                                                                                  

 

 

Dr. DARUL ABROR, M.Pd.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CONTOH FORMAT READING COURSE

 

Hari/Tgl

 

Pertemuan Ke-

 

Materi

 

 

Uraian Materi

Analisis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kesimpulan

 

 

 

 

 

 

 

Referensi

 

 

 

 

 

Mengetahui

Dosen Pengampu                                                                                       Mahasiswa                                                                                                                                                                                                                                                               

 

 

 

Dr. Darul Abror, M.Pd.                                                                            _______________________

NIDN : 2128048601                                                                                  NIM:

 

Ketentuan Reading course :

1. Reading course ditulis tangan dan dibuat dengan rapi dengan print book models

2. Reading course ditandatangani mahasiswa sebelum di tandatangani dosen pengampu setiap pertemuan

3. Reading course dikumpulkan sebagai prasyarat mengikuti setiap materi pertemuan.

 

 

 

1 komentar:

Manajemen SDM Pendidikan MPI II-IV 24-25

  Mata Kuliah                  :  MANAJEMEN SDM PENDIDIKAN                     Dosen Pengampu        :  Dr.  Darul Abror, M.Pd.      Program...