Mata Kuliah :
Telaah Kurikulum
Program Studi :
PGMI
Jumlah SKS :
3 SKS
Semester/ Prog : VI (Enam)
Dosen Pengampu : Dr.
Darul Abror, M.Pd.
Tahun Akademik : 2022/ 2023
Hari : Selasa
Waktu :
15.45-17.15 Wib
NO |
TANGGAL |
MATERI |
Ket |
1.
|
07-02-2023 |
Pengantar dan
Transaksi Perkuliahan |
Dosen Pengampu |
2.
|
14-02-2023 |
Konsep Dasar Tela’ah Kurikulum
2013 Pendidikan Dasar/ MI a.
Pengertian kurikulum Pendidikan
Dasar/ MI b.
Pengertian telaah kurikulum Pendidikan Dasar/ MI c.
Landasan dan Prinsip kurikulum Pendidikan Dasar/ MI d.
Ruang Lingkup
Kurikulum Pendidikan Dasar/ MI |
Dosen Pengampu |
3.
|
21-02-2023 |
Organisasi Kurikulum Pendidikan Dasar/
MI a.
Pengertian Organisasi Kurikulum b.
Model Organisasi Kurikulum c.
Klasifikasi Pengintegrasian Tema d.
Ragam Model pembelajaran berdasarkan pengintegrasian
tema |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
4.
|
28-02-2023 |
Pengembangan Pendidikan Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah a.
Profil Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah b.
Prinsip Umum Pengembangan Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
5.
|
07-03-2023 |
Model dan Prinsip Pengembangan
Kurikulum a.
Model Ralph Tayler b.
Model Administratif c.
Model Grass Roots d.
Model Demonstrasi e.
Prinsip Pengembangan Kurikulum berbasis Kompetensi |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
6.
|
14-03-2023 |
Elemen Perubahan Kurikulum 2013
dan Strategi implementasinya a.
Standar Kompetensi Lulusan (SKL) b.
Standar Isi c.
Standar Proses d.
Standar Penilaian e.
Strategi Implementasi
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
7.
|
28-03-2023 |
UTS |
|
8.
|
16-05-2023 |
Kerangka Dasar dan Struktur
Kurikulum 2013 di SD/MI a. Kerangka dasar kurikulum
SD/MI b.
Struktur kurikulum SD/MI c.
Kelebihan
dan kekurangan Struktur Kurikulum 2013 |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
9.
|
23-05-2023 |
Konsep
Kurikulum Merdeka Belajar a.
Pengertian
Kurikulum merdeka b.
Prinsip dan karakteristik Kurikulum Merdeka c.
Alur memahami
kurikulum merdeka |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
10. |
30-05-2023 |
Telaah
Perencanaan Kurikulum Merdeka SD/MI a.
Konsep
Perencanaan Kurikulum Merdeka SD/ MI b.
Telaah Perangkat
Pembelajaran Kurikulum Merdeka SD/MI c.
Langkah-langkah
Perencanaan Kurikulum Merdeka SD/MI d.
Kelebihan dan
Kekurangannya |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
11. |
06-06-2023 |
Telaah
Implementasi Kurikulum Merdeka SD/ MI a. Konsep Implementasi Kurikulum Merdeka SD/ MI b. Telaah Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka SD/MI c. Kelebihan dan Kekurangannya |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
12. |
13-06-2023 |
Telaah
Evaluasi Kurikulum Merdeka SD/ MI a. Konsep Evaluasi Kurikulum Merdeka SD/ MI b. Telaah Tahapan Evaluasi Kurikulum Merdeka SD/MI c. Kelebihan dan Kekurangannya |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
13. |
20-06-2023 |
Minggu
Tenang |
Diskusi |
14. |
27-06-2023 |
U A S |
|
1. Metode
Perkuliahan
§ Diskusi
§ Tanya
Jawab
§ Praktik/ Reseach
2. Pendekatan
a. Teoritis
Pendekatan teoritis dilakukan dengan
melakukan pemahaman dengan serius tentang konsep manajemen kurikulum,
b.
Aplikatif
Diharuskan bagi mahasiswa untuk melakukan
kombinasi keilmuan teoritis yang telah dipelajari dengan pengalaman akademik dilapangan.
c.
Interdispliner
Menganalisa dengan dua pendekatan keilmuan
yang relevan dengan fokus kajian, baik
pendekatan filosofis, Sosiologis, Historis, Psikologis, manajemen, Politik
pendidikan, dan kegamaan (Al-Qur’an dan l-Sunnah) tentang materi yang
dikaji.
3. Referensi
Primer :
Al-Qur’an dan Hadits-Hadits shoheh
Trianto dan Hadi, 2017.
“Desain Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah”, Jakarta; Prenada Media
Buku Pedoman Kurikulum Merdeka Kemendikbud
Dr. Teguh Triwiyanto, M.Pd.I ,
2015, Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta, Bumi
Aksara.
Dr. Rusman, M.Pd, 2012, Manajemen Kurikulum, Jakarta: PT. Raja Grafindo
persada.
Prof. Dr. H.E. Mulyasa, M.Pd,
2013, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum
2013, Bandung, Rosda.
Syaikh Fuhaim Mustofa, 2009,
Kurikulum Pendidikan Anak Muslim, (terj, wafi Marzuki,) Surabaya, Elba.
Sekunder :
Prof. Jalaludin, MA, 2011, Filsafat
pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia.
Dr. Abdullah Aly,M.Ag, 2011, Pendidikan Islam Multikultural di pesantren
“Tela’ah terhadap kurikulum pesantren
modern Islam Assalam Surakarat” Yogyakarta: Pustaka Setia.
Dr. Heri Gunawan, M.Ag. 2012. Kurikulum dan pembelajaran pendididkan agama
Islam, Bandung,
Alfabeta.
Buku pedoman KKN TERPADU STAI AS-SHIDDIQIYAH 2015
Seluruh buku, jurnal, artikel,
dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan disertasi) berbasis online yang berkaitan
dengan materi.
4. Tugas
§ Individu :
a.
Memiliki
Buku Kurikulum
b.
Menyusun
Reading Course setiap kali pertemuan
c.
Bedah
Buku
§ Komitmen Presentasi:
a. Presentasi
dilakukan tanpa teks
b. Presentasi diupayakan menggunakan LCD, dll
c. Presentator
menjawab atas dasar konsep
dan teori dengan sumber bacaan lain serta deep
analisys
5.
Penilaian
§ Kehadiran
20%
§ UTS 10%
§ UAS 15%
§ Tugas 40%
§ Partisipasi 15%
6. Rekomendasi
Meningkatkan
spirit ilmiah dengan membudayakan membaca 20 MENIT/ hari.
Lempuing Jaya, Januari 2023
Dosen Pengampu,
Dr.
DARUL ABROR, M.Pd.
CONTOH FORMAT READING COURSE
Hari/Tgl |
|
Pertemuan Ke- |
|
Materi |
|
|
|
Uraian Materi |
|
Analisis
|
|
Kesimpulan
|
|
Referensi
|
|
Mengetahui
Dosen Pengampu Mahasiswa
Dr. Darul Abror, M.Pd. _______________________
NIDN : 2128048601 NIM:
Ketentuan Reading course :
1. Reading course ditulis tangan dan dibuat dengan rapi dengan print book models
2. Reading course ditandatangani mahasiswa sebelum di
tandatangani dosen pengampu setiap pertemuan
3. Reading course dikumpulkan sebagai prasyarat mengikuti
setiap materi pertemuan.
TERIMA KASIH INFORMASI TENTANG MATERI TELAAH KURIKULUM PAK
BalasHapus