Halaman

Minggu, 24 September 2017

Tabel Konsep SAP Manajemen Konflik dalam Pendidikan MPI V Reguler

TABEL KONSEP
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Mata Kuliah                        : MANAJEMEN KONFLIK                          Program Studi          : MPI
Jumlah SKS                         : 3 SKS                                                                   Semester                    : V (Lima)
Dosen Pengampu               : Darul Abror, M.Pd.I                                        Tahun Akademik     : 2017/2018

NO
TANGGAL
MATERI
Ket
1
11-09-2017
Pengantar Perkuliahan  dan Transaksi perkuliahan
Dosen Pengampu
2
18-09-2017
Manajemen konflik dalam pendidikan
a. Pengertian manajemen konflik dalam pendidikan
b. Memahami konflik sebagai fakta dalam pendidikan 
c. Tehnik-tehnik dasar dalam menangani manusia dalam pendidikan
d. Manajemen Konflik dalam al-Qur’an dan al-Sunnah



Dosen Pengampu
3
25-09-2017
Identifikasi Tahapan konflik dalam pendidikan
a.   Tahapan-tahapan konflik di sekolah sekolah/ madrasah
b.   Karakteristik konflik di sekolah/ madrasah
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
4
02-10-2017
Langkah menyelesaikan konflik konstruktif di sekolah/ madrasah
a.   Prinsip memelihara hubungan yang positif ketika konflik sekolah/ madrasah   
b.   Beberapa hal yang tidak diperbolehkan untuk dilakukan dalam menghadapi konflik di sekolah/ madrasah 
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
5
09-10-2017
Mediasi  dan Negoisasi di Sekolah/ Madrasah
a.   Pengertian Mediasi dan alasannya diperlukan di Madrasah/ Sekolah
b.   Mediasi dan Negoisasi di  Madrasah/ Sekolah
c.   Komunikasi dalam rangka probem-solving di  Madrasah/ Sekolah
d.   Hal-hal yang dihindari mediator di  Madrasah/ Sekolah
e.   Langkah-langkah mediasi konflik di  Madrasah/ Sekolah
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
6
23-10-2017
Pengembangan pendekatan dalam manajemen konflik di Madrasah/ Sekolah
a.   Pentingnya Keputusan yang jelas di madrasah
b.   Toleransi terhadap perbedaan di madrasah
c.    Pengurangan  Agresi dan prilaku pasif  di madrasah
d.   Pengurangan Prilaku manipulatif di madrasah    
Presentasi dan diskusi Mahasiswa


30-10-2017
U T S

7
06-11-2017
Gaya Manajemen Konflik di  Sekolah/ Madrasah
a.   Tipe Konflik di Madrasah / Sekolah
b.   Gaya Integrating
c.   Gaya Obliging  ramah
d.   Gaya Dominating  kekuasaan
e.   Gaya Avoiding
f.    Gaya Kompromising 
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
8
13-11-2017
Implementasi Manajemen konflik untuk produktifitas lembaga pendidikan
a.   Mengatasi dan mengelola konflik dalam organisasi
b.   Model implementasi peningkatan kinerja dan produktivitas lembaga pendidikan
c.   Produktivitas lembaga pendidikan
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
9
20-11-2017
Aspek Emosional Konflik di Madrasah/ Sekolah
d.   Respons penolakan
e.   Gap Interpersonal
f.    Refleksiologi Emosional  
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
10
27-11-2017
Intervensi Efektif dalam Manajemen Konflik di Madrasah
a.   Tim Intervensi dan petunjuknya
b.   Proses Intervensi
c.   Menetapkan Parameter
d.   Mengumpulkan Data
e.   Menciptakan alternatif
f.    Evaluasi dan kesepakatan
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
11
04-12-2017
Manajemen Konflik Pendidikan ala Rasulullah saw  
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
12
11-12-2017
Library Reseach  & Konsultasi reseach
Konsultasi bab 1 & 2
13
18-12-2017
Library Reseach  & Konsultasi reseach
Konsultasi bab 3 & 4
14
08-01-2018
UAS
Presentasi

  


Keterangan:
1.       Metode Perkuliahan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  PAIKEM
§  Reseach

2.       Pendekatan
      a.      Teoritis
   Pendekatan teoritis dilakukan dengan melakukan pemahaman dengan serius tentang konsep dan beberapa teori tokoh tentang manajemen konflik di sekolah/ madrasah       
          b.       Aplikatif
   Diharuskan bagi mahasiswa untuk melakukan kombinasi keilmuan teoritis yang  telah dipelajari dengan  pengalaman akademik dilapangan. 
          c.       Multidispliner
   Menganalisa dengan multi pendekatan keilmuan, baik pendekatan filosofis, Sosiologis, Historis, Psikologis, komunikasi, manajemen, Politik pendidikan, dan kegamaan serta pendekatan berbasis  Al-Qur’an dan l-Sunnah.    

3.       Referensi
          
Dr. William Hendriks , 2012, “How to Manage Conflict” (Bagaimana Mengelola Konflik) terj,  Arif, Jakarta, Bumi Aksara.  
Rizal Panggabean, 2012,  Manajemen Konflik Berbasis Sekolah; dari Sukma Bangsa untuk Indonesia, Jakarta: PT. Pustaka Alfabet.
Dale Carnagie, 2011, “How to Win Friends and Influence People”, Jakarta, Bina Rupa Aksara Publisher.
Scott M. Cutlip, dkk, 2012, Effective Public Relation, Jakarta, Prenada Media Group.
Hisyam Zaini, dkk, 2008, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta, Pustaka Insan Madani.
Vern Jones dan Louise Jones, 2012, Manajemen Kelas Komprehensif, Jakarta, prenada Media Group.
   Prof. Jalaludin, MA, 2011, Filsafat pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia.  
Paulo Freire, The Politics of Education: Culture, Power and Liberation,Yogyakarta, Read bekerjasama dengan Pustaka Pelajar.
Prof. Dr. M. Sirozi, Ph.D, 2010, Politik Pendidikan, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada. 
Pof. Dr. H. Ramayulis, 2002, Psikologi Agama, Jakarta, Kalam Mulia.
Seluruh buku, jurnal, artikel, dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan disertasi) berbasis online yang berkaitan dengan materi.

4.       Tugas
§   Individu :
a.    Menyusun makalah secara mandiri dengan minimal 15 referensi  dan 15 halaman.   
b.    Makalah ditulis dengan tehnik satu halaman kutipan dan satu halam analisis
c.    Setiap presentasi mahasiswa dilarang text book
d.    Makalah dikumpulkan dalam bentuk soft copy dan hard copy.
e.    Menyusun Reading course setiap pertemuan
f.     Menyusun penelitian tentang  menajemen/ tekhnik menyelesaikan  konflik dalam tinjauan ayat al-qur’an 

5          5. Penilaian
§  Kehadiran       20%
§  UTS                  10%
§  UAS                  15%
§  Tugas               40%
§  Partisipasi        15%

6          6. Rekomendasi
a. Setiap mahasiswa wajib memiliki buku manajemen konflik  minimal dua buku.
b. Meningkatkan spirit ilmiah dengan membudayakan membaca 20 menit/ hari.


NB :
Sistematika penelitian :

1.        Pendahuluan
a.    Latar Belakang Masalah
b.    Rumusan Masalah
c.    Tujuan Penelitian
d.    Landasan Teori
e.    Tinjauan Pustaka
f.     Metode penelitian
2.        Pembahasan
3.        Penutup
a.    Kesimpulan
b.    Rekomendasi

Daftar pustaka 
Lempuing Jaya,     September  2017
Dosen Pengampu,


DARUL ABROR, M.Pd.I






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen SDM Pendidikan MPI II-IV 24-25

  Mata Kuliah                  :  MANAJEMEN SDM PENDIDIKAN                     Dosen Pengampu        :  Dr.  Darul Abror, M.Pd.      Program...