Halaman

Rabu, 27 September 2017

TABEL KONSEP SAP MANAJEMEN KURIKULUM- MPI- V -REGULER

TABEL KONSEP
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)


Mata Kuliah                        : Manajemen Kurikulum                  Program Studi          : MPI
Jumlah SKS                         : 3 SKS                                                   Semester/ Prog         : III (Tiga) / Reguler
Dosen Pengampu               : Darul Abror, M.Pd.I                        Tahun Akademik   : 2017/2018

NO
TANGGAL
MATERI
Ket
1
14-09-2017
Pengantar Perkuliahan  dan Transaksi perkuliahan
Dosen Pengampu
2
28-09-2017
Konsep manajemen kurikulum  
                a.      Pengertian kurikulum
                b.      Pengertian manajemen kurikulum
                c.      Prinsip dan fungsi manajemen  kurikulum
                d.      Dasar dan tujuan manajemen kurikulum
Dosen Pengampu

05-10-2017
Standar  Nasional Pendidikan
a.      Pengertian sistem nasional pendidikan
b.      Jenis-jenis standar nasional pendidikan
c.      Manajemen Kurikulum dalam standar nasional pendidikan
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
3
12-10-2017
Peran dan Tugas Kepala Sekolah dalam Manajemen Kurikulum
a.      Pengertian peran dan tugas kepala sekolah
b.      Kinerja kepala sekolah
c.      Pendekatan  kinerja kepala sekolah
d.      RKTL kinerja kepala sekolah
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
4
19-10-2017
Fungsi –fungsi  manajemen kurikulum
a.      Pengertian  fungsi manajemen kurikulum
b.      Mengelola perencanaan kurikulum
c.      Mengelola implementasi kurikulum
d.      Mengelola  pelaksanaan evaluasi kurikulum
e.      Mengelola perumusan penetapan kriteria dan pelaksanaan kenaikan kelas
f.       Mengelola pengembangan bahan ajar, media pembelajaran dan sumber belajar
g.      Mengelola  pengembangan ekstrakurikuler dan kokurikuler
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
5
26-10-2017
Perencanaan kurikulum
a.      Pengertian perencanaan kurikulum
b.      Perumusan tujuan kurikulum
c.      Landasan perencanaan kurikulum
d.      Perumusan isi kurikulum
e.      Model-model desain kurikulum
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
6
02-11-2017
U T S

7
09-11-2017
Perangkat Pembelajaran
a.      Pengertian perangkat pembelajaran
b.      Kalender pendidikan: Pengertian, cara penyusunan dan  contohnya
c.      Prota : Pengertian, cara penyusunan dan  contohnya
d.      Prosem : Pengertian, cara penyusunan dan  contohnya
e.      Silabus:  Pengertian, cara penyusunan dan  contohnya
f.       Struktur kurikulum : Pengertian, cara penyusunan dan  contohnya Pengertian 
g.      RPP : Pengertian, cara penyusunan dan  contohnya Pengertian 
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
7
16-11-2017
Implementasi kurikulum
a.      Pengertian konsep implementasi kurikulum
b.      Kemampuan guru dalam implementasi kurikulum
c.      Model implementai kurikulum
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
8
23-11-2017
Monitoring Pelaksanaan kurikulum
a.      Pengertian monitoring pelaksanaan kurikulum
b.      Tujuan pemantauan pelaksanaan pembelajaran
c.      Kerangka kegiatan pemantauan pelaksanaan pembelajaran
d.      Pengertian Penilaian kinerja  guru
e.      Jenis Penilaian kinerja guru
f.       Cara penyusunan dan contoh penilaian kinerja guru
g.      Contoh format monitoring kinerja guru
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
9
30-11-2017
Evaluasi Kurikulum
a.      Pengertian evaluasi kurikulum
b.      Tujuan evaluasi kurikulum
c.      Peran evaluasi kurikulum
d.      Model evaluasi kurikulum
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
10
22-10-2017
Kurikulum 2013
a.     Pengertian dan nama kurikulum 2013
b.     Landasan pengembangan kuriulum 2013
c.     Tujuan pengembangan kurikulum 2013
d.     Prinsip dan tingkat pengembangan kurikulum 2013
e.     Kelemahan dan keuggulan kurikulum 2013
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
11
07-12-2017
Model kurikulum Madrasah/ Sekolah yang  ideal di era global  
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
12
14-12-2017
Waktu Cadangan
Dosen Pengampu
13
21-12-2017
Reseach
Kelompok
14
28-12-2017
Reseach
Kelompok 
15
04-01-2018
Laporan penelitian dan evaluasi materi
Presentasi Kelompok
16
11-01-2018
UAS


Keterangan:
1.       Metode Perkuliahan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  PAIKEM
§  Praktik/ Reseach

2.       Pendekatan
      a.  Teoritis
    Pendekatan teoritis dilakukan dengan melakukan pemahaman dengan serius tentang konsep manajemen  kurikulum,        
        b.  Aplikatif
    Diharuskan bagi mahasiswa untuk melakukan kombinasi keilmuan teoritis yang telah dipelajari dengan  pengalaman akademik dilapangan. 
        c.  Multidispliner
   Menganalisa dengan multi pendekatan keilmuan, baik pendekatan filosofis, Sosiologis, Historis, Psikologis, manajemen, Politik pendidikan, dan kegamaan (Al-Qur’an dan l-Sunnah) tentang materi yang dikaji.    

3.       Referensi

          Primer :
   Al-Qur’an dan Hadits-Hadits shoheh
Dr. Teguh Triwiyanto, M.Pd.I , 2015, Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta, Bumi Aksara.  
Dr. Rusman, M.Pd, 2012,  Manajemen Kurikulum, Jakarta: PT. Raja Grafindo persada.
Prof. Dr. H.E. Mulyasa, M.Pd, 2013, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum  2013, Bandung, Rosda.
Syaikh Fuhaim Mustofa, 2009, Kurikulum Pendidikan Anak Muslim, (terj, wafi Marzuki,) Surabaya, Elba.

Sekunder :
 Prof. Jalaludin, MA, 2011, Filsafat pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia.  
 Dr. Abdullah Aly,M.Ag,  2011, Pendidikan Islam Multikultural di pesantren “Tela’ah terhadap kurikulum pesantren  modern Islam Assalam Surakarat” Yogyakarta: Pustaka Setia.
Dr. Heri Gunawan, M.Ag.  2012. Kurikulum dan pembelajaran pendididkan agama Islam, Bandung, Alfabeta.  
Buku pedoman KKN TERPADU STAI AS-SHIDDIQIYAH 2015
Seluruh buku, jurnal, artikel, dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan disertasi) berbasis online yang berkaitan dengan materi.

4.       Tugas
§   Individu :
a.    Menyusun makalah secara mandiri dengan minimal 15 referensi & 15 Halaman
b.    Makalah ditulis dengan satu halaman kutipan dilanjutkan dengan satu halaman analisis.
c.    Makalah dikumpulkan dalam bentuk soft copy (Wa/Email) dan hard copy.
d.    Menyusun Tugas Individu (Reading Course) setiap kali pertemuan
§   Kelompok :
a.    Meneliti tentang Manajemen Kurikulum di TPQ sesuai sistematika dan mekanisme yang sudah ditentukan
b.    Laporan Penelitian  dikumpulkan dalam bentuk soft copy (Wa/Email) dan hard copy dalam bentuk print book models

§   Komitmen Presentasi:
a.    Presentasi dilakukan tanpa tek
b.    Presentasi diupayakan menggunakan LCD, dll
c.    Presentatator menjawab atas dasar  teori/ dengan sumber bacaan lain serta deep analisys

5.       Penilaian
§  Kehadiran                       20%
§  UTS                                  20%        (Reading Course)
§  UAS                                  25%        (Laporan Reseach)
§  Tugas                               20%        (Makalah)
§  Partisipasi                        15%




6.       Rekomendasi
a. Setiap mahasiswa wajib memiliki minimal SATU buku tentang Manajemen Kurikulum.
b. Meningkatkan spirit ilmiah dengan membudayakan membaca 20 MENIT/ hari.


Lempuing Jaya,   September 2017
Dosen Pengampu,

                                                                                                                                ttd


DARUL ABROR, M.Pd.I





NB :
Sistematika penelitian :

1.         Pendahuluan
a.     Latar Belakang Masalah
b.     Rumusan Masalah
c.     Tujuan Penelitian
d.     Landasan Teori
e.     Tinjauan Pustaka
f.      Metode penelitian
2.         Pembahasan
3.         Penutup
a.     Kesimpulan
b.     Rekomendasi
Daftar pustaka







Contoh Format Reading Course

Hari/Tgl

Pertemuan Ke-

Materi


Uraian Materi
Masalah





Analisis











Kesimpulan







Pertanyaan




Mengetahui
Dosen Pengampu                                                                                Mahasiswa                                                                                                                                                                                                                                                                                          



Darul Abror, M.Pd.I                                                                          _______________________


Ketentuan Reading course :
1. Reading course ditulis tangan dan dibuat dengan rapi dengan print book models
2. Reading course ditandatangani mahasiswa sebelum di tandatangani dosen pengampu setiap pertemuan
3. Reading course dikumpulkan sebagai prasyarat UTS & UAS




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen SDM Pendidikan MPI II-IV 24-25

  Mata Kuliah                  :  MANAJEMEN SDM PENDIDIKAN                     Dosen Pengampu        :  Dr.  Darul Abror, M.Pd.      Program...