TABEL KONSEP
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
(SAP)
Mata Kuliah :
Manajemen Kurikulum Program
Studi : MPI
Jumlah SKS :
3 SKS Semester/ Prog : III (Tiga) / Reguler
Dosen Pengampu : Darul
Abror, M.Pd.I Tahun Akademik : 2017/2018
NO
|
TANGGAL
|
MATERI
|
Ket
|
1
|
14-09-2017
|
Pengantar Perkuliahan
dan Transaksi perkuliahan
|
Dosen Pengampu
|
2
|
28-09-2017
|
Konsep manajemen kurikulum
a.
Pengertian kurikulum
b.
Pengertian manajemen kurikulum
c.
Prinsip dan fungsi manajemen kurikulum
d.
Dasar dan tujuan manajemen kurikulum
|
Dosen Pengampu
|
05-10-2017
|
Standar Nasional
Pendidikan
a.
Pengertian sistem nasional pendidikan
b.
Jenis-jenis standar nasional pendidikan
c.
Manajemen Kurikulum dalam standar nasional
pendidikan
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
|
3
|
12-10-2017
|
Peran dan Tugas Kepala Sekolah
dalam Manajemen Kurikulum
a.
Pengertian peran dan tugas kepala sekolah
b.
Kinerja kepala sekolah
c.
Pendekatan
kinerja kepala sekolah
d.
RKTL kinerja kepala sekolah
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
4
|
19-10-2017
|
Fungsi –fungsi manajemen kurikulum
a.
Pengertian
fungsi manajemen kurikulum
b.
Mengelola perencanaan kurikulum
c.
Mengelola implementasi kurikulum
d.
Mengelola
pelaksanaan evaluasi kurikulum
e.
Mengelola perumusan penetapan kriteria dan pelaksanaan
kenaikan kelas
f.
Mengelola pengembangan bahan ajar, media pembelajaran
dan sumber belajar
g.
Mengelola
pengembangan ekstrakurikuler dan kokurikuler
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
5
|
26-10-2017
|
Perencanaan kurikulum
a.
Pengertian perencanaan kurikulum
b.
Perumusan tujuan kurikulum
c.
Landasan perencanaan kurikulum
d.
Perumusan isi kurikulum
e.
Model-model desain kurikulum
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
6
|
02-11-2017
|
U T S
|
|
7
|
09-11-2017
|
Perangkat Pembelajaran
a.
Pengertian perangkat pembelajaran
b.
Kalender pendidikan: Pengertian, cara
penyusunan dan contohnya
c.
Prota : Pengertian, cara
penyusunan dan contohnya
d.
Prosem : Pengertian, cara
penyusunan dan contohnya
e.
Silabus: Pengertian, cara penyusunan dan contohnya
f.
Struktur kurikulum : Pengertian, cara
penyusunan dan contohnya
Pengertian
g.
RPP : Pengertian, cara
penyusunan dan contohnya
Pengertian
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
7
|
16-11-2017
|
Implementasi kurikulum
a.
Pengertian konsep implementasi kurikulum
b.
Kemampuan guru dalam implementasi kurikulum
c.
Model implementai kurikulum
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
8
|
23-11-2017
|
Monitoring Pelaksanaan kurikulum
a.
Pengertian monitoring pelaksanaan kurikulum
b.
Tujuan pemantauan pelaksanaan pembelajaran
c.
Kerangka kegiatan pemantauan pelaksanaan pembelajaran
d.
Pengertian Penilaian kinerja guru
e.
Jenis Penilaian kinerja guru
f.
Cara penyusunan dan contoh penilaian kinerja guru
g.
Contoh format monitoring kinerja guru
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
9
|
30-11-2017
|
Evaluasi Kurikulum
a.
Pengertian evaluasi kurikulum
b.
Tujuan evaluasi kurikulum
c.
Peran evaluasi kurikulum
d.
Model evaluasi kurikulum
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
10
|
22-10-2017
|
Kurikulum 2013
a.
Pengertian dan nama kurikulum 2013
b.
Landasan pengembangan kuriulum 2013
c.
Tujuan pengembangan kurikulum 2013
d.
Prinsip dan tingkat pengembangan kurikulum 2013
e.
Kelemahan dan keuggulan kurikulum 2013
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
11
|
07-12-2017
|
Model kurikulum Madrasah/
Sekolah yang ideal di era global
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
12
|
14-12-2017
|
Waktu Cadangan
|
Dosen Pengampu
|
13
|
21-12-2017
|
Reseach
|
Kelompok
|
14
|
28-12-2017
|
Reseach
|
Kelompok
|
15
|
04-01-2018
|
Laporan penelitian dan
evaluasi materi
|
Presentasi Kelompok
|
16
|
11-01-2018
|
UAS
|
Keterangan:
1. Metode
Perkuliahan
§ Diskusi
§ Tanya
Jawab
§ PAIKEM
§ Praktik/ Reseach
2. Pendekatan
a. Teoritis
Pendekatan teoritis dilakukan dengan melakukan pemahaman dengan serius
tentang konsep manajemen kurikulum,
b. Aplikatif
Diharuskan bagi mahasiswa untuk melakukan kombinasi keilmuan teoritis
yang telah dipelajari dengan pengalaman
akademik dilapangan.
c. Multidispliner
Menganalisa dengan multi pendekatan keilmuan, baik pendekatan filosofis,
Sosiologis, Historis, Psikologis, manajemen, Politik pendidikan, dan kegamaan (Al-Qur’an
dan l-Sunnah) tentang materi yang dikaji.
3. Referensi
Primer :
Al-Qur’an
dan Hadits-Hadits shoheh
Dr. Teguh Triwiyanto, M.Pd.I , 2015, Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta, Bumi
Aksara.
Dr. Rusman, M.Pd, 2012, Manajemen
Kurikulum, Jakarta: PT. Raja
Grafindo persada.
Prof. Dr. H.E. Mulyasa, M.Pd, 2013, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung, Rosda.
Syaikh Fuhaim Mustofa, 2009, Kurikulum Pendidikan Anak Muslim, (terj,
wafi Marzuki,) Surabaya, Elba.
Sekunder :
Prof. Jalaludin, MA, 2011, Filsafat
pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia.
Dr. Abdullah Aly,M.Ag, 2011, Pendidikan Islam Multikultural di pesantren
“Tela’ah terhadap kurikulum pesantren
modern Islam Assalam Surakarat” Yogyakarta: Pustaka Setia.
Dr. Heri Gunawan, M.Ag. 2012. Kurikulum
dan pembelajaran pendididkan agama Islam, Bandung, Alfabeta.
Buku pedoman KKN TERPADU STAI AS-SHIDDIQIYAH 2015
Seluruh buku, jurnal, artikel, dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan
disertasi) berbasis online yang berkaitan dengan materi.
4. Tugas
§ Individu :
a. Menyusun makalah secara mandiri dengan
minimal 15 referensi & 15 Halaman
b. Makalah ditulis dengan satu halaman
kutipan dilanjutkan dengan satu halaman analisis.
c. Makalah dikumpulkan dalam bentuk soft copy
(Wa/Email) dan hard copy.
d.
Menyusun Tugas Individu (Reading Course) setiap kali pertemuan
§ Kelompok :
a. Meneliti tentang Manajemen Kurikulum di TPQ sesuai sistematika dan mekanisme yang sudah
ditentukan
b. Laporan Penelitian dikumpulkan dalam bentuk soft copy
(Wa/Email) dan hard copy dalam
bentuk print book models
§ Komitmen Presentasi:
a. Presentasi
dilakukan tanpa tek
b. Presentasi diupayakan menggunakan LCD, dll
c. Presentatator menjawab atas dasar teori/ dengan sumber bacaan lain serta deep
analisys
5.
Penilaian
§ Kehadiran
20%
§ UTS 20% (Reading
Course)
§ UAS 25% (Laporan
Reseach)
§ Tugas 20% (Makalah)
§ Partisipasi 15%
6. Rekomendasi
a. Setiap mahasiswa wajib memiliki minimal SATU buku tentang
Manajemen Kurikulum.
b. Meningkatkan spirit ilmiah dengan membudayakan membaca
20 MENIT/ hari.
Lempuing
Jaya, September 2017
Dosen
Pengampu,
ttd
DARUL
ABROR, M.Pd.I
NB :
Sistematika penelitian :
1.
Pendahuluan
a.
Latar Belakang Masalah
b.
Rumusan Masalah
c.
Tujuan Penelitian
d.
Landasan Teori
e.
Tinjauan Pustaka
f.
Metode penelitian
2.
Pembahasan
3.
Penutup
a.
Kesimpulan
b.
Rekomendasi
Daftar pustaka
Contoh Format Reading Course
Hari/Tgl
|
|
Pertemuan Ke-
|
|
Materi
|
|
Uraian Materi
|
|
Masalah
|
|
Analisis
|
|
Kesimpulan
|
|
Pertanyaan
|
Mengetahui
Dosen Pengampu Mahasiswa
Darul Abror, M.Pd.I _______________________
Ketentuan Reading course :
1. Reading course ditulis tangan dan dibuat dengan rapi dengan print book models
2. Reading course ditandatangani mahasiswa sebelum di
tandatangani dosen pengampu setiap pertemuan
3. Reading course dikumpulkan sebagai prasyarat UTS
& UAS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar