Halaman

Sabtu, 30 September 2017

TABEL KONSEP SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP) Manajemen Kurikulum MPI III Reguler B


TABEL KONSEP

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)


Mata Kuliah                 : Manajemen Kurikulum                      Program Studi       : MPI
Jumlah SKS                 : 3 SKS                                                 Semester /Prog      : III / Reg B
Dosen Pengampu         : Darul Abror, M.Pd.I                       Tahun Akademik    : 2017/2018



NO
TANGGAL
MATERI
Ket
1
17-09-2017
Pengantar Perkuliahan,
(Konsep Manajemen Kurikulum dalam sistem pendidikan Nasional)
a. Sistem Pendidikan Nasional
b. Delapan standar Nasional pendidikan
c. Pengertian manajemen kurikulum
d. Prinsip-prinsip manajemen kurikulum
e. Peran dan fungsi manajemen  kurikulum
Dosen Pengampu
2
24-09-2017
Peran Kepala Sekolah/ Madrasah dalam Manajemen Kurikulum
a.      Peran  kepala Sekolah/ Madrasah
b.      Tugas Kepala Sekolah/ Madrasah
c.      Mengukur Kinerja kepala Sekolah/ Madrasah
Dosen Pengampu
3
01-10-2017
Perencanaan  Kurikulum    
a.      Pengertian dan Tujuan Perencanaan kurikulum
b.      Landasan perencanaan kurikulum
c.      Model perencanaan / desain kurikulum
d.      Jenis-jenis perangkat pembelajaran
e.      Contoh RPP, Prota, Prosem dan Kalender Pendidikan. 
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
4
08-10-2017
Organisasi Kurikulum
a.   Pengertian dan tujuan orgnasasi kurikulum
b.   Prinsip-prinsip organanisasi kurikulum
c.   Jenis-jenis pengorganisasian kurikulum  
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
5
15-10-2017
Implementasi kurikulum
a.      Pengertian konsep implementasi kurikulum
b.      Kemampuan guru dalam implementasi kurikulum
c.      Model implementai kurikulum
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
6
22-10-2017
Evaluasi Kurikulum
a.   Pengertian dan tujuan evaluasi kurikulum
b.   Peran evaluasi kurikulum
c.   Model evaluasi kurikulum
Presentasi dan diskusi Mahasiswa




7
29-10-2017
UAS


Keterangan:
1.       Metode Perkuliahan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  PAIKEM
§  Praktik/ Reseach

2.       Pendekatan
      a.  Teoritis
    Pendekatan teoritis dilakukan dengan melakukan pemahaman dengan serius tentang konsep manajemen  kurikulum,        
        b.  Aplikatif
    Diharuskan bagi mahasiswa untuk melakukan kombinasi keilmuan teoritis yang telah dipelajari dengan  pengalaman akademik dilapangan. 
        c.  Multidispliner
   Menganalisa dengan multi pendekatan keilmuan, baik pendekatan filosofis, Sosiologis, Historis, Psikologis, manajemen, Politik pendidikan, dan kegamaan (Al-Qur’an dan l-Sunnah) tentang materi yang dikaji.    

3.       Referensi

      Primer :
 Al-Qur’an dan Hadits-Hadits shoheh
Dr. Teguh Triwiyanto, M.Pd.I , 2015, Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta, Bumi Aksara.  
Dr. Rusman, M.Pd, 2012,  Manajemen Kurikulum, Jakarta: PT. Raja Grafindo persada.
Prof. Dr. H.E. Mulyasa, M.Pd, 2013, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum  2013, Bandung, Rosda.
Syaikh Fuhaim Mustofa, 2009, Kurikulum Pendidikan Anak Muslim, (terj, wafi Marzuki,) Surabaya, Elba.
Sekunder :
 Prof. Jalaludin, MA, 2011, Filsafat pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia.  
 Dr. Abdullah Aly,M.Ag,  2011, Pendidikan Islam Multikultural di pesantren “Tela’ah terhadap kurikulum pesantren  modern Islam Assalam Surakarat” Yogyakarta: Pustaka Setia.
Dr. Heri Gunawan, M.Ag.  2012. Kurikulum dan pembelajaran pendididkan agama Islam, Bandung, Alfabeta.  
Buku pedoman KKN TERPADU STAI AS-SHIDDIQIYAH 2015
Seluruh buku, jurnal, artikel, dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan disertasi) berbasis online yang berkaitan dengan materi.

4.       Tugas
§   Individu :
a.    Menyusun makalah secara mandiri dengan minimal 10 referensi buku primer dan atau sekunder. 
b.    Makalah ditulis dengan satu halaman kutipan dilanjutkan dengan satu halaman analisis.
c.    Setiap presentasi mahasiswa di upayakan menggunakan media pembelajaran (LCD,dll)
d.    Makalah dikumpulkan dalam bentuk soft copy (Wa grouup/Email) dan hard copy.
e.    Menyusun Tugas Individu (Reading Course) setiap kali pertemuan, contoh format terlampir. 

5.       Penilaian
§  Kehadiran       20%
§  UTS                                  15%
§  UAS                                  20%
§  Tugas                               30%
§  Partisipasi                        15%

6.       Rekomendasi
a. Setiap mahasiswa wajib memiliki minimal SATU buku tentang Manajemen Kurikulum.
b. Meningkatkan spirit ilmiah dengan membudayakan membaca 20 MENIT/ hari.


Lempuing Jaya,   September 2017
Dosen Pengampu,




DARUL ABROR, M.Pd.I



































Format Reading Course

Hari/Tgl

Pertemuan Ke-

Materi


Uraian Materi
Masalah





Analisis











Kesimpulan








Mengetahui
Dosen Pengampu                                                                                                     Mahasiswa



Darul Abror, M.Pd.I                                                                                        ____________________



Ketentuan :
1. Reading course dibuat dengan rapi dengan print book
2. Reading course ditandatangani mahasiswa sebelum di tandatangani dosen pengampu setiap pertemuan

3. Reading course dikumpulkan sebagai prasyarat UAS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen SDM Pendidikan MPI II-IV 24-25

  Mata Kuliah                  :  MANAJEMEN SDM PENDIDIKAN                     Dosen Pengampu        :  Dr.  Darul Abror, M.Pd.      Program...