TABEL KONSEP
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Mata
Kuliah : Manajemen Konflik Program Studi : MPI
Jumlah
SKS : 3 SKS Semester/Prog : V
(Lima) / Khusus
Dosen
Pengampu : Darul Abror, M.Pd.I Tahun Akademik : 2017/2018
NO
|
TANGGAL
|
MATERI
|
Ket
|
1
|
17-09-2017
|
Pengantar Perkuliahan
dan Transaksi perkuliahan
|
Dosen Pengampu
|
2
|
24-09-2017
|
Manajemen konflik dalam pendidikan
a. Pengertian manajemen konflik dalam pendidikan
b. Memahami konflik sebagai fakta dalam pendidikan
c. Tehnik-tehnik dasar dalam menangani manusia dalam pendidikan
d. Manajemen Konflik dalam al-Qur’an dan
al-Sunnah
|
Dosen Pengampu
|
3
|
01-10-2017
|
Identifikasi Tahapan konflik dalam
pendidikan
a. Tahapan-tahapan konflik di sekolah sekolah/ madrasah
b. Karakteristik konflik di sekolah/ madrasah
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
4
|
08-10-2017
|
Langkah konflik konstruktif di sekolah/
madrasah
a. 7 Prinsip memelihara hubungan yang positif ketika konflik sekolah/
madrasah
b. Beberapa hal yang tidak diperbolehkan untuk dilakukan dalam menghadapi
konflik di sekolah/ madrasah
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
5
|
15-10-2017
|
Mediasi
dan Negosiasi di Sekolah/ Madrasah
a.
Pengertian Mediasi dan alasannya diperlukan
di Madrasah/ Sekolah
b.
Mediasi dan Negoisasi di Madrasah/ Sekolah
c. Komunikasi dalam rangka probem-solving di Madrasah/ Sekolah
d. Hal-hal yang dihindari mediator di
Madrasah/ Sekolah
e. Langkah-langkah mediasi konflik di
Madrasah/ Sekolah
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
6
|
22-10-2017
|
Gaya Manajemen Konflik di Sekolah/ Madrasah
a.
Tipe Konflik di Madrasah / Sekolah
b. Gaya Integrating
c. Gaya Obliging ramah
d. Gaya Dominating kekuasaan
e. Gaya Avoiding
a. Gaya Kompromising
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
|
|
|
|
7
|
29-10-2017
|
U A S
|
|
Keterangan:
1. Metode
Perkuliahan
§ Diskusi
§ Tanya
Jawab
§ PAIKEM
§ Praktik
2. Pendekatan
a. Teoritis
Pendekatan teoritis dilakukan dengan melakukan pemahaman dengan serius
tentang konsep dan beberapa teori tokoh tentang manajemen konflik di sekolah/
madrasah
b. Aplikatif
Diharuskan
bagi mahasiswa untuk melakukan kombinasi keilmuan teoritis yang telah dipelajari dengan pengalaman akademik dilapangan.
c. Multidispliner
Menganalisa dengan multi pendekatan keilmuan, baik pendekatan filosofis,
Sosiologis, Historis, Psikologis, komunikamanajemen, Politik pendidikan, dan
kegamaan (Al-Qur’an dan l-Sunnah).
3. Referensi
Al-Qur’an dan Hadits-hadis Soheh
Dr. William Hendriks , 2012, “How to Manage Conflict” (Bagaimana
Mengelola Konflik) terj, Arif, Jakarta, Bumi
Aksara.
Rizal Panggabean, 2012, Manajemen
Konflik Berbasis Sekolah; dari Sukma Bangsa untuk Indonesia, Jakarta: PT.
Pustaka Alfabet.
Dale Carnagie, 2011, “How to Win Friends and Influence People”, Jakarta, Bina Rupa
Aksara Publisher.
Scott M. Cutlip, dkk, 2012, Effective Public Relation, Jakarta, Prenada
Media Group.
Hisyam Zaini, dkk, 2008, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta,
Pustaka Insan Madani.
Vern Jones dan Louise Jones, 2012, Manajemen Kelas Komprehensif, Jakarta, prenada Media
Group.
Prof.
Jalaludin, MA, 2011, Filsafat pendidikan Islam, Jakarta, Kalam
Mulia.
Paulo Freire, The Politics of Education: Culture, Power and
Liberation,Yogyakarta, Read
bekerjasama dengan Pustaka Pelajar.
Prof. Dr. M. Sirozi, Ph.D, 2010, Politik Pendidikan, Jakarta, PT. Raja Grafindo
Persada.
Pof. Dr. H. Ramayulis, 2002, Psikologi Agama, Jakarta, Kalam Mulia.
Seluruh buku, jurnal, artikel, dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan
disertasi) berbasis online yang berkaitan dengan materi.
4. Tugas
§ Individu :
a. Menyusun makalah
secara mandiri dengan minimal 10 referensi buku primer dan atau sekunder.
b. Makalah
disusun minimal 10 halaman dengan ketentuan satu halaman kutipan dilanjutkan
dengan satu halaman analisis
c. Makalah dikumpulkan
dalam bentuk soft copy dan hard copy.
e. Menyusun reading course setiap
pertemuan, contoh format terlampir
F. Melakukan Penelitian berbasis ayat al-qur’an
(UAS), sistematika terlampir di bawah.
5.
Penilaian
§ Kehadiran
30%
§ Tugas/ UAS 50%
§ Partisipasi 20%
6. Rekomendasi
a. Setiap mahasiswa wajib memiliki buku manajemen konflik
minimal satu buku.
b. Meningkatkan spirit ilmiah dengan membudayakan membaca
buku 10 menit setiap hari.
Lempuing
Jaya, September
2017
Dosen
Pengampu,
DARUL
ABROR, M.Pd.I
NB :
Sistematika penelitian :
1.
Pendahuluan
a.
Latar
Belakang Masalah
b.
Rumusan
Masalah
c.
Tujuan
Penelitian
d.
Landasan
Teori
e.
Tinjauan
Pustaka
f.
Metode
penelitian
2.
Pembahasan
3.
Penutup
a.
Kesimpulan
b.
Rekomendasi
Daftar pustaka
Format Reading Course
Hari/Tgl
|
|
Pertemuan Ke-
|
|
Materi
|
|
|
|
Uraian Materi
|
|
Masalah
|
|
Analisis
|
|
Kesimpulan
|
|
Pertanyaan
|
|
Mengetahui
Dosen Pengampu Mahasiswa
Darul Abror, M.Pd.I __________
Ketentuan :
1.
Reading course dibuat dengan rapi dengan
print book
2.
Reading course ditandatangani mahasiswa
sebelum di tandatangani dosen pengampu setiap pertemuan
3.
Reading course dikumpulkan sebagai prasyarat
UAS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar