Halaman

Senin, 10 September 2018

Tabel Konsep SAP Manajemen Konflik MPI V Reg 2018-2019





TABEL KONSEP
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)


Mata Kuliah                : MANAJEMEN KONFLIK                       
Jumlah SKS                : 3 SKS                                                           
Dosen Pengampu        : Darul Abror, M.Pd.I                     
Hari                             : Rabu                                               
Program Studi             MPI
Semester                      V (Lima)
Waktu                          : 15.45 – 17.15 Wib.
Tahun Akademik         : 2018/2019

NO
TANGGAL
MATERI
Ket
1
12-09-2018
Pengantar Perkuliahan  Dan Transaksi Perkuliahan
Dosen Pengampu
2
19-09-2018
Manajemen konflik dalam pendidikan
a. Pengertian manajemen konflik dalam pendidikan
b. Memahami konflik sebagai fakta dalam pendidikan 
c. Tehnik-tehnik dasar dalam menangani manusia dalam pendidikan
d. Manajemen Konflik dalam al-Qur’an dan al-Sunnah



Dosen Pengampu
3
26-09-2018
Identifikasi Tahapan konflik dalam pendidikan
a.   Tahapan-tahapan konflik di sekolah sekolah/ madrasah
b.   Karakteristik konflik di sekolah/ madrasah
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
4
03-10-2018
Langkah menyelesaikan konflik konstruktif di sekolah/ madrasah
a.   Prinsip memelihara hubungan yang positif ketika konflik sekolah/ madrasah   
b.   Beberapa hal yang tidak diperbolehkan untuk dilakukan dalam menghadapi konflik di sekolah/ madrasah 
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
5
10-10-2018
Mediasi  dan Negoisasi di Sekolah/ Madrasah
a.   Pengertian Mediasi dan alasannya diperlukan di Madrasah/ Sekolah
b.   Mediasi dan Negoisasi di  Madrasah/ Sekolah
c.   Komunikasi dalam rangka probem-solving di  Madrasah/ Sekolah
d.   Hal-hal yang dihindari mediator di  Madrasah/ Sekolah
e.   Langkah-langkah mediasi konflik di  Madrasah/ Sekolah
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
6
17-10-2018
Pengembangan pendekatan dalam manajemen konflik di Madrasah/ Sekolah
a.   Pentingnya Keputusan yang jelas di madrasah
b.   Toleransi terhadap perbedaan di madrasah
c.    Pengurangan  Agresi dan prilaku pasif  di madrasah
d.   Pengurangan Prilaku manipulatif di madrasah    
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
7
24-10-2018
Gaya Manajemen Konflik di  Sekolah/ Madrasah
a.   Tipe Konflik di Madrasah / Sekolah
b.   Gaya Integrating
c.   Gaya Obliging  ramah
d.   Gaya Dominating  kekuasaan
e.   Gaya Avoiding
f.    Gaya Kompromising 
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
8
31-10-2018
Evaluasi Materi dan Waktu Cadangan
Diskusi bersama

9
07-11-2018
U T S

10
14-11-2018
Implementasi Manajemen konflik untuk produktifitas lembaga pendidikan
a.   Mengatasi dan mengelola konflik dalam organisasi
b.   Model implementasi peningkatan kinerja dan produktivitas lembaga pendidikan
c.   Produktivitas lembaga pendidikan
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
11
21-11-2018
Aspek Emosional Konflik di Madrasah/ Sekolah
a.   Respons penolakan
b.   Gap Interpersonal
c.   Refleksiologi Emosional  
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
12
28-11-2018
Intervensi Efektif dalam Manajemen Konflik di Madrasah
a.   Tim Intervensi dan petunjuknya
b.   Proses Intervensi
c.   Menetapkan Parameter
d.   Mengumpulkan Data
e.   Menciptakan alternatif
f.    Evaluasi dan kesepakatan
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
13
05-12-2018
Reseach  & Konsultasi reseach
Konsultasi
14
12-12-2018
Reseach  & Konsultasi reseach
Konsultasi
15
19-12-2018
Reseach  & Konsultasi reseach
Konsultasi
16
26-12-2018
Presentasi dan Evaluasi  Tugas Akhir
Presentasi & evaluasi Mahasiswa
17
02-01-2019
Waktu Cadangan / Pengumpulan all Tugas
Diskusi bersama

18
09-01-2019
UAS

Keterangan:
1.       Metode Perkuliahan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  PAIKEM
§  Reseach

2.       Pendekatan
      a.    Teoritis
   Pendekatan teoritis dilakukan dengan melakukan pemahaman dengan serius tentang konsep dan beberapa teori tentang manajemen konflik di sekolah/ madrasah       
          b.    Aplikatif
   Diharuskan bagi mahasiswa untuk melakukan kombinasi keilmuan teoritis yang  telah dipelajari dengan  pengalaman akademik dilapangan. 
          c.    Multidispliner
   Menganalisa dengan multi pendekatan keilmuan, baik pendekatan filosofis, Sosiologis, Historis, Psikologis, komunikasi, manajemen, Politik pendidikan, dan kegamaan serta pendekatan berbasis  Al-Qur’an dan l-Sunnah.       

3.       Referensi

Al-qur’an dan Hadist Soheh
Dr. William Hendriks , 2012, “How to Manage Conflict” (Bagaimana Mengelola Konflik) terj,  Arif, Jakarta, Bumi Aksara.  
Dr. Wahyudi. 2015. Manajemen Konflik dalam Organisasi. Bandung. Alfabeta.
Rizal Panggabean, 2012,  Manajemen Konflik Berbasis Sekolah; dari Sukma Bangsa untuk Indonesia, Jakarta: PT. Pustaka Alfabet.
Dale Carnagie, 2011, “How to Win Friends and Influence People”, Jakarta, Bina Rupa Aksara Publisher.
Scott M. Cutlip, dkk, 2012, Effective Public Relation, Jakarta, Prenada Media Group.
Hisyam Zaini, dkk, 2008, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta, Pustaka Insan Madani.
Vern Jones dan Louise Jones, 2012, Manajemen Kelas Komprehensif, Jakarta, prenada Media Group.
   Prof. Jalaludin, MA, 2011, Filsafat pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia.  
Paulo Freire, The Politics of Education: Culture, Power and Liberation,Yogyakarta, Read bekerjasama dengan Pustaka Pelajar.
Prof. Dr. M. Sirozi, Ph.D, 2010, Politik Pendidikan, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada. 
Pof. Dr. H. Ramayulis, 2002, Psikologi Agama, Jakarta, Kalam Mulia.
Seluruh buku, jurnal, artikel, dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan disertasi) berbasis online yang berkaitan dengan materi.

4.       Tugas
§   Individu :
a.    Menyusun makalah secara mandiri dengan minimal 20 referensi  
       - Makalah ditulis dengan tehnik satu halaman kutipan dan satu halam analisis
       - Setiap presentasi mahasiswa dilarang text book
       - Makalah dikumpulkan dalam bentuk soft copy dan hard copy.
       - Setiap Makalah Wajib mencantumkan ayat al-qur’an beserta artinya yg sesuai dengan materi
       - Minimal menggunakan 20 referensi / daftar pustaka
       - prsentasi di sarankan untuk menggunakan LCD
b.    Menyusun Reading course setiap pertemuan
c.    Menyusun penelitian tentang  cara menyelesaikan  konflik dalam tinjauan ayat al-qur’an
          - dilaksanakan sesuai waktu yang telah ditentukan
         - diketik dengan 1.5 spasi dengan time news roman dengan jenid kutipan “footnote”
         - penelitian minimal ditulis 20 halaman
        - minimal menggunakan 20 referensi

5.       Penilaian
§  Kehadiran       20%
§  UTS                  10%
§  UAS                  15%
§  Tugas               40%
§  Partisipasi        15%

6.       Rekomendasi
a. Setiap mahasiswa wajib memiliki buku manajemen konflik  minimal dua buku.
b. Meningkatkan spirit ilmiah dengan membudayakan membaca buku 20 menit/ hari.


Lempuing Jaya,   September 2018
Dosen Pengampu,




DARUL ABROR, M.Pd.I






NB :
Sistematika penelitian :

1.        Cover
2.        Halaman Motto
3.        Halaman Pengesahan
4.        Kata Pengantar
5.        Daftar Isi
6.        Pendahuluan
a.    Latar Belakang Masalah
(Merupakan fenomena dan atau fakta-fakta  atau masalah yang sering terjadi dalam suatu institusi pendidikan, baik pendidikan formal ataupun nonformal.)
b.    Rumusan Masalah
Merupakan pertanyaan yang diajukan yang relevan dengan judul dan atau masalah yang diteliti, rumusan masalah paling banyak tiga point.
c.    Tujuan Penelitian
Merupakan tujuan penelitian secara akademik dan secara ilmiah
d.    Landasan Teori
Merupakan teori yang digunakan untuk menjadi pisau analisis yang relevan dengan judul dan permasalahan
e.    Tinjauan Pustaka
Merupakan penelitian  (jurnal, skripsi, tesis, atau disertasi ) yang sudah pernah dilakukan oleh orang lain dengan menyebutkan judul, penulis, jenis penelitian, dan hasilnya.
f.     Metode penelitian
Menjelaskan tentang pengertian metode penelitian, jenis penelitian dan teknik pengumpulan data dan tekhnik analisis data.

7.        Pembahasan
(membahas sesuai dengan tema dan rumusan masalah dengan mengutip, menganalisisi serta menuliskan hasil analisisnya pada pembahasan dengan jumlah Sub pada Pembahasan Disesuaikan dengan  jumlah Rumusan Masalah)

8.        Penutup
a.    Kesimpulan
(Merupakan simpulan dari hasil pembahasan yang relevan dengan rumusan masalah)         
b.    Rekomendasi
Merupakan usulan dari peneliti kepada praktisi pendidikan/ manager dalam menyelesaikan konflik dalam institusi pendidikan.

9.         Daftar pustaka
10.      Dokumentasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Outline Teori Belajar Mengajar PGMI I dan III 25-26 Gazal

  OUTLINE RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)   Mata Kuliah : TEORI BELAJAR MENGAJAR        Dosen Pengampu...