TABEL KONSEP
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Mata Kuliah :
MANAJEMEN KONFLIK
Jumlah SKS :
3 SKS
Dosen Pengampu : Darul
Abror, M.Pd.I
Hari :
Rabu
Program Studi : MPI
Semester : V (Lima)
Waktu : 15.45 – 17.15 Wib.
Tahun Akademik : 2018/2019
Program Studi : MPI
Semester : V (Lima)
Waktu : 15.45 – 17.15 Wib.
Tahun Akademik : 2018/2019
NO
|
TANGGAL
|
MATERI
|
Ket
|
1
|
12-09-2018
|
Pengantar Perkuliahan Dan Transaksi Perkuliahan
|
Dosen Pengampu
|
2
|
19-09-2018
|
Manajemen konflik
dalam pendidikan
a. Pengertian manajemen konflik dalam
pendidikan
b. Memahami konflik sebagai fakta
dalam pendidikan
c. Tehnik-tehnik dasar dalam
menangani manusia dalam pendidikan
d. Manajemen Konflik dalam al-Qur’an
dan al-Sunnah
|
Dosen Pengampu
|
3
|
26-09-2018
|
Identifikasi Tahapan
konflik dalam pendidikan
a.
Tahapan-tahapan konflik di sekolah sekolah/ madrasah
b.
Karakteristik konflik di sekolah/ madrasah
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
4
|
03-10-2018
|
Langkah menyelesaikan konflik konstruktif di sekolah/
madrasah
a.
Prinsip memelihara hubungan yang positif ketika konflik
sekolah/ madrasah
b.
Beberapa hal yang tidak diperbolehkan untuk dilakukan
dalam menghadapi konflik di sekolah/ madrasah
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
5
|
10-10-2018
|
Mediasi dan Negoisasi di Sekolah/ Madrasah
a. Pengertian Mediasi dan
alasannya diperlukan di Madrasah/ Sekolah
b. Mediasi dan Negoisasi
di Madrasah/ Sekolah
c.
Komunikasi dalam rangka probem-solving di Madrasah/ Sekolah
d.
Hal-hal yang dihindari mediator di Madrasah/ Sekolah
e.
Langkah-langkah mediasi konflik di Madrasah/ Sekolah
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
6
|
17-10-2018
|
Pengembangan pendekatan dalam
manajemen konflik di Madrasah/ Sekolah
a.
Pentingnya Keputusan yang jelas di madrasah
b.
Toleransi terhadap perbedaan di madrasah
c.
Pengurangan Agresi dan prilaku pasif di madrasah
d.
Pengurangan Prilaku manipulatif di madrasah
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
7
|
24-10-2018
|
Gaya Manajemen Konflik di Sekolah/ Madrasah
a. Tipe Konflik di
Madrasah / Sekolah
b.
Gaya Integrating
c.
Gaya Obliging
ramah
d.
Gaya Dominating
kekuasaan
e.
Gaya Avoiding
f.
Gaya Kompromising
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
8
|
31-10-2018
|
Evaluasi
Materi dan Waktu Cadangan
|
Diskusi
bersama
|
9
|
07-11-2018
|
U T S
|
|
10
|
14-11-2018
|
Implementasi
Manajemen konflik untuk produktifitas lembaga pendidikan
a. Mengatasi dan mengelola konflik dalam organisasi
b. Model implementasi peningkatan kinerja dan
produktivitas lembaga pendidikan
c.
Produktivitas
lembaga pendidikan
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
11
|
21-11-2018
|
Aspek Emosional Konflik di
Madrasah/ Sekolah
a. Respons penolakan
b. Gap Interpersonal
c.
Refleksiologi Emosional
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
12
|
28-11-2018
|
Intervensi Efektif dalam Manajemen Konflik di Madrasah
a.
Tim Intervensi dan petunjuknya
b.
Proses Intervensi
c.
Menetapkan Parameter
d.
Mengumpulkan Data
e.
Menciptakan alternatif
f.
Evaluasi dan kesepakatan
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
13
|
05-12-2018
|
Reseach & Konsultasi reseach
|
Konsultasi
|
14
|
12-12-2018
|
Reseach & Konsultasi reseach
|
Konsultasi
|
15
|
19-12-2018
|
Reseach & Konsultasi reseach
|
Konsultasi
|
16
|
26-12-2018
|
Presentasi
dan Evaluasi Tugas Akhir
|
Presentasi & evaluasi Mahasiswa
|
17
|
02-01-2019
|
Waktu
Cadangan / Pengumpulan all Tugas
|
Diskusi
bersama
|
18
|
09-01-2019
|
UAS
|
|
Keterangan:
1. Metode Perkuliahan
§ Diskusi
§ Tanya Jawab
§ PAIKEM
§ Reseach
2.
Pendekatan
a.
Teoritis
Pendekatan
teoritis dilakukan dengan melakukan pemahaman dengan serius tentang konsep dan
beberapa teori tentang manajemen konflik di sekolah/ madrasah
b.
Aplikatif
Diharuskan bagi
mahasiswa untuk melakukan kombinasi keilmuan teoritis yang telah dipelajari dengan pengalaman akademik dilapangan.
c.
Multidispliner
Menganalisa
dengan multi pendekatan keilmuan, baik pendekatan filosofis, Sosiologis,
Historis, Psikologis, komunikasi, manajemen, Politik
pendidikan, dan kegamaan serta pendekatan berbasis Al-Qur’an dan l-Sunnah.
3. Referensi
Al-qur’an dan Hadist Soheh
Dr. William Hendriks , 2012, “How to Manage Conflict” (Bagaimana Mengelola Konflik) terj, Arif, Jakarta, Bumi Aksara.
Dr. Wahyudi. 2015. Manajemen Konflik dalam
Organisasi. Bandung. Alfabeta.
Rizal Panggabean, 2012, Manajemen Konflik
Berbasis Sekolah; dari Sukma Bangsa untuk Indonesia, Jakarta:
PT. Pustaka Alfabet.
Dale Carnagie, 2011, “How to Win Friends and Influence People”, Jakarta,
Bina Rupa Aksara Publisher.
Scott M. Cutlip, dkk, 2012, Effective Public Relation,
Jakarta, Prenada Media Group.
Hisyam Zaini, dkk, 2008, Strategi Pembelajaran Aktif,
Yogyakarta, Pustaka Insan Madani.
Vern Jones dan Louise Jones,
2012, Manajemen Kelas Komprehensif, Jakarta,
prenada Media Group.
Prof. Jalaludin, MA, 2011, Filsafat pendidikan Islam, Jakarta,
Kalam Mulia.
Paulo Freire, The Politics of Education: Culture, Power and Liberation,Yogyakarta,
Read bekerjasama dengan Pustaka Pelajar.
Prof. Dr. M. Sirozi, Ph.D,
2010, Politik Pendidikan,
Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.
Pof. Dr. H. Ramayulis, 2002, Psikologi Agama, Jakarta,
Kalam Mulia.
Seluruh buku, jurnal, artikel,
dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan disertasi) berbasis online yang berkaitan
dengan materi.
4. Tugas
§
Individu :
a. Menyusun makalah secara
mandiri dengan minimal 20 referensi
- Makalah ditulis dengan tehnik satu halaman
kutipan dan satu halam analisis
- Setiap presentasi mahasiswa dilarang text book
- Makalah dikumpulkan dalam bentuk soft copy dan hard copy.
-
Setiap Makalah Wajib mencantumkan ayat al-qur’an beserta artinya yg sesuai
dengan materi
- Minimal menggunakan 20 referensi / daftar
pustaka
- prsentasi di sarankan untuk menggunakan LCD
b. Menyusun
Reading course setiap pertemuan
c. Menyusun
penelitian tentang cara menyelesaikan konflik dalam tinjauan ayat al-qur’an
- dilaksanakan
sesuai waktu yang telah ditentukan
- diketik
dengan 1.5 spasi dengan time news roman
dengan jenid kutipan “footnote”
- penelitian minimal ditulis 20 halaman
- minimal menggunakan 20 referensi
- minimal menggunakan 20 referensi
5. Penilaian
§ Kehadiran 20%
§ UTS 10%
§ UAS 15%
§ Tugas 40%
§
Partisipasi 15%
6.
Rekomendasi
a. Setiap mahasiswa wajib
memiliki buku manajemen konflik minimal dua buku.
b. Meningkatkan spirit
ilmiah dengan membudayakan membaca buku 20 menit/ hari.
Lempuing Jaya, September 2018
Dosen Pengampu,
DARUL ABROR, M.Pd.I
NB :
Sistematika
penelitian :
1.
Cover
2.
Halaman Motto
3.
Halaman Pengesahan
4.
Kata Pengantar
5.
Daftar Isi
6.
Pendahuluan
a. Latar Belakang Masalah
(Merupakan fenomena dan atau
fakta-fakta atau masalah yang sering
terjadi dalam suatu institusi pendidikan, baik pendidikan formal ataupun
nonformal.)
b. Rumusan Masalah
Merupakan pertanyaan yang
diajukan yang relevan dengan judul dan atau masalah yang diteliti, rumusan
masalah paling banyak tiga point.
c. Tujuan Penelitian
Merupakan tujuan penelitian
secara akademik dan secara ilmiah
d. Landasan Teori
Merupakan teori yang
digunakan untuk menjadi pisau analisis yang relevan dengan judul dan
permasalahan
e. Tinjauan Pustaka
Merupakan penelitian (jurnal, skripsi, tesis, atau disertasi )
yang sudah pernah dilakukan oleh orang lain dengan menyebutkan judul, penulis,
jenis penelitian, dan hasilnya.
f. Metode penelitian
Menjelaskan tentang
pengertian metode penelitian, jenis penelitian dan teknik pengumpulan data dan
tekhnik analisis data.
7.
Pembahasan
(membahas sesuai
dengan tema dan rumusan masalah dengan mengutip, menganalisisi serta menuliskan
hasil analisisnya pada pembahasan dengan jumlah Sub pada Pembahasan Disesuaikan
dengan jumlah Rumusan Masalah)
8.
Penutup
a. Kesimpulan
(Merupakan simpulan dari hasil
pembahasan yang relevan dengan rumusan masalah)
b. Rekomendasi
Merupakan usulan dari
peneliti kepada praktisi pendidikan/ manager dalam menyelesaikan konflik dalam
institusi pendidikan.
9.
Daftar pustaka
10.
Dokumentasi

Tidak ada komentar:
Posting Komentar