TABEL KONSEP
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Mata Kuliah :
Sosiologi & Antropologi Pendidikan
Program Studi : MPI
Jumlah SKS :
2 SKS
Semester : V (Lima)
Dosen Pengampu : Darul
Abror, M.Pd.I
Tahun
Akademik : 2018/ 2019
Hari :
Selasa
Waktu : 09.15 – 10.30 Wib.
NO
|
TANGGAL
|
MATERI
|
Ket
|
1
|
16-09-2018
|
Pengantar Perkuliahan & Transaksi Perkuliahan
|
Dosen Pengampu
|
2
|
23-09-2018
|
Paradigma Sosiologi dan
Antropologi Pendidikan Islam
|
Dosen Pengampu
|
3
|
30-09-2018
|
Masyarakat dan Pendidikan dalam
Perspektif Islam
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
4
|
07-10-2018
|
Tinjauan Sosiologis tentang tujuan dan
Kurikulum Pendidikan Islam
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
5
|
14-10-2018
|
Anak didik dan Kontak social
edukatif
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
6
|
21-10-2018
|
Pendidikan dan Perubahan
Sosial
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
7
|
28-10-2018
|
Evaluasi
Materi dan Waktu Cadangan
|
Diskusi
bersama
|
|
04-11-2018
|
UAS
|
|
Keterangan:
1. Metode Perkuliahan
§ Diskusi
§ Tanya Jawab
§ PAIKEM
2.
Pendekatan
a.
Teoritis
Pendekatan
teoritis dilakukan dengan melakukan pemahaman dengan serius tentang konsep dan
beberapa teori Sosial
b.
Aplikatif
Diharuskan bagi
mahasiswa untuk melakukan kombinasi keilmuan teoritis yang telah dipelajari dengan pengalaman akademik dilapangan.
c.
Multidispliner
Menganalisa
dengan multi pendekatan keilmuan, baik pendekatan filosofis, Sosiologis,
Historis, Politik pendidikan, serta pendekatan
berbasis Al-Qur’an dan l-Sunnah.
3. Referensi
Prof. Dr. H. Abudin Nata. 2014. Sosiologi Pendidikan Islam. Jakarta. PT.
Raja Grafindo Persada.
Prof. Dr. H. Abdullah Id. 2011. Sosiologi
Pendidikan. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Prof. Dr. S. Nasution. 2014. Sosiologi
Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.
Moh. Suardi. Sosiologi Pendidikan.
Yogyakarta. Parama Ilmu.
Mardia dan Abdul. 2018. Sosio Antropologi
Pendidikan. Yogyakarta. Zahr Publishing.
John
Scott. 2012. Social Theory: Central Issues in Sociology. Yogyakarta.
Pustaka Pelajar.
George
Ritzer. 2015. Modern Sociology Theory. Seventh Edition. Jakarta. Prenada
Media Group.
Seluruh buku, jurnal, artikel,
dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan disertasi) berbasis online yang berkaitan
dengan materi.
4. Tugas
§
Individu :
a.
Menyusun makalah secara mandiri dengan minimal 15 referensi dan 15 halaman.
b. Makalah ditulis dengan tehnik satu halaman kutipan dan
satu halam analisis
c. Setiap presentasi
mahasiswa dilarang
text book
d. Makalah
dikumpulkan dalam bentuk soft copy dan
hard copy.
e. Menyusun
Reading course setiap pertemuan
5. Penilaian
§ Kehadiran 20%
§ UTS 10%
§ UAS 15%
§ Tugas 40%
§
Partisipasi 15%
6.
Rekomendasi
a. Setiap mahasiswa wajib
memiliki buku Sosiologi dan antropolgi pendidikan minimal dua
buku.
b. Meningkatkan spirit
ilmiah dengan membudayakan membaca buku 20 menit/ hari.
Lempuing Jaya, Agustus 2018
Dosen Pengampu,
DARUL ABROR, M.Pd.I
Format Reading Course
Hari/Tgl
|
|
Pertemuan Ke-
|
|
Materi
|
|
|
|
Uraian Materi
|
|
Masalah
|
|
Analisis
|
|
Kesimpulan
|
|
Mengetahui
Dosen Pengampu Mahasiswa
Darul Abror, M.Pd.I __________________
Ketentuan :
1.
Reading course dibuat dengan rapi dengan
print book
2.
Reading course ditandatangani mahasiswa
sebelum di tandatangani dosen pengampu setiap pertemuan
3.
Reading course direkap sebagai prasyarat
UAS dan menjadi hak mahasiswa masing-masing
berguna bngetttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt reading course yg d buat olh ustat abror smga smkin sukses dan maju trus aminnnnnnn
BalasHapus