TABEL KONSEP
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Mata Kuliah : Manajemen Kurikulum
Program
Studi
: Manajemen
Pendidikan Islam
Jumlah SKS : 3
SKS
Semester /Prog : III (Tiga) / Khusus
Dosen Pengampu : Darul Abror, M.Pd.I
Tahun
Akademik : 2018/ 2019
NO
|
TANGGAL
|
MATERI
|
Ket
|
1
|
16-09-2018
|
Pengantar Perkuliahan & Transaksi Perkuliahan
(Konsep Manajemen Kurikulum dalam sistem pendidikan Nasional)
a. Sistem Pendidikan Nasional
b. Delapan Standar Nasional pendidikan
c. Pengertian manajemen
kurikulum
d. Prinsip-prinsip manajemen
kurikulum
e. Peran dan fungsi
manajemen kurikulum
|
Dosen Pengampu
|
2
|
23-09-2018
|
Peran Kepala Sekolah/ Madrasah dalam
Manajemen Kurikulum
a. Peran kepala Sekolah/ Madrasah
b. Tugas Kepala
Sekolah/ Madrasah
c. Mengukur Kinerja
kepala Sekolah/ Madrasah
|
Dosen Pengampu
|
3
|
30-09-2018
|
Perencanaan
Kurikulum
a. Pengertian dan
Tujuan Perencanaan kurikulum
b. Landasan
perencanaan kurikulum
c. Model perencanaan
/ desain kurikulum
d. Jenis-jenis
perangkat pembelajaran
e. Contoh RPP,
Prota, Prosem dan Kalender Pendidikan.
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
4
|
07-10-2018
|
Organisasi Kurikulum
a. Pengertian dan
tujuan orgnasasi kurikulum
b. Prinsip-prinsip
organanisasi kurikulum
c. Jenis-jenis
pengorganisasian kurikulum
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
5
|
14-10-2018
|
Implementasi kurikulum
a.
Pengertian
konsep implementasi kurikulum
b.
Kemampuan
guru dalam implementasi kurikulum
c. Model implementai kurikulum
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
6
|
21-10-2018
|
Evaluasi Kurikulum
a. Pengertian dan
tujuan evaluasi kurikulum
b. Peran evaluasi
kurikulum
c. Model evaluasi
kurikulum
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
7
|
28-10-2018
|
Evaluasi Materi & Waktu Cadangan
|
Dosen Pengampu
|
8
|
04-11-2018
|
UAS
|
Keterangan:
1. Metode
Perkuliahan
§ Diskusi
§ Tanya
Jawab
§ PAIKEM
2. Pendekatan
a. Teoritis
Pendekatan
teoritis dilakukan dengan melakukan pemahaman dengan serius tentang konsep
manajemen kurikulum,
b. Aplikatif
Diharuskan bagi mahasiswa untuk melakukan kombinasi keilmuan teoritis
yang telah dipelajari dengan pengalaman
akademik dilapangan.
c. Multidispliner
Menganalisa dengan multi pendekatan keilmuan, baik pendekatan filosofis,
Sosiologis, Historis, Psikologis, manajemen, Politik pendidikan, dan kegamaan
(Al-Qur’an dan l-Sunnah) tentang materi yang dikaji.
3. Referensi
Primer
:
Al-Qur’an
dan Hadits-Hadits shoheh
Dr. Teguh Triwiyanto, M.Pd.I , 2015, Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta, Bumi
Aksara.
Dr. Rusman, M.Pd, 2012, Manajemen
Kurikulum, Jakarta: PT. Raja
Grafindo persada.
Prof. Dr. H.E. Mulyasa, M.Pd, 2013, Pengembangan dan Implementasi
Kurikulum 2013, Bandung, Rosda.
Syaikh Fuhaim Mustofa, 2009, Kurikulum Pendidikan Anak Muslim,
(terj, wafi Marzuki,) Surabaya, Elba.
Dr. E. Kosasih, M.Pd., “Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013”,
Buku Penunjang, 2018
Sekunder :
Prof. Jalaludin,
MA, 2011, Filsafat pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia.
Dr. Abdullah
Aly,M.Ag, 2011, Pendidikan
Islam Multikultural di pesantren “Tela’ah terhadap kurikulum pesantren modern Islam Assalam Surakarat” Yogyakarta:
Pustaka Setia.
Dr. Heri Gunawan, M.Ag. 2012. Kurikulum
dan pembelajaran pendididkan agama Islam, Bandung, Alfabeta.
Buku pedoman KKN TERPADU STAI AS-SHIDDIQIYAH 2015
Seluruh buku, jurnal, artikel, dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan
disertasi) berbasis online yang berkaitan dengan materi.
4. Tugas
§ Individu :
a.
Menyusun makalah secara mandiri
- Makalah disusun minimal 10
referensi buku primer dan atau
sekunder.
- Makalah ditulis dengan 10 baris kutipan dilanjutkan dengan 5
baris analisis.
- Setiap presentasi mahasiswa di upayakan menggunakan media pembelajaran (LCD,dll)
- Makalah dikumpulkan dalam bentuk soft copy (Wa group/Email) dan hard
copy.
- Makalah disusun minimal 10 halaman.
- TIDAK DIPERKENANKAN REFERENSI DARI BLOG/WORDPRESS DG PENULIS YANG SUDAH DIKENAL
b.
Menyusun Reading Course setiap kali pertemuan, contoh format
terlampir.
5.
Penilaian
§ Kehadiran
20%
§ UTS 15%
§ UAS 20%
§ Tugas 30%
§ Partisipasi 15%
6. Rekomendasi
a. Setiap mahasiswa wajib memiliki minimal DUA buku tentang Manajemen Kurikulum.
b. Meningkatkan spirit ilmiah dengan membudayakan membaca
20 MENIT/ hari.
Lempuing
Jaya, 01 September 2018
Dosen
Pengampu,
DARUL
ABROR, M.Pd.I
Format Reading Course
Hari/Tgl
|
|
Pertemuan Ke-
|
|
Materi
|
|
Uraian Materi
|
|
Masalah
|
|
Analisis
|
|
Kesimpulan
|
Mengetahui
Dosen Pengampu Mahasiswa
Darul Abror, M.Pd.I __________________________
Ketentuan :
1.
Reading course dibuat dengan rapi dengan
print book
2.
Reading course ditandatangani mahasiswa
sebelum di tandatangani dosen pengampu setiap pertemuan
3.
Reading course direkap sebagai prasyarat
UAS dan menjadi hak mahasiswa masing-masing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar