Halaman

Sabtu, 10 Oktober 2020

Kerangka RPS Manajemen Konflik MPI V A 2020-2021

 


KERANGKA KONSEP

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

 

 

Mata Kuliah                : MANAJEMEN KONFLIK               Program Studi              : MPI

Jumlah SKS                 : 3 SKS                                                 Semester                      : V (Lima)

Dosen Pengampu         : Dr. Darul Abror, M.Pd.                   Tahun Akademik         : 2020/ 2021

Hari                             : Senin                                                 Waktu                          : 13.30 – 15.10 Wib.

 

NO

TANGGAL

MATERI

Ket

1

11-10-2020

Pengantar Perkuliahan  Dan Transaksi Perkuliahan

LURING

Dosen Pengampu dan diskusi

2

18-10-2020

Konsep Dasar Konflik di Madrasah/ Sekolah

a. Pengertian konflik

b. Bentuk dan Sumber Konflik

c. Konflik dalam perspektif al-Qur’an

DARING

Dosen Pengampu dan penugasan

3

25-10-2020

Jenis-jenis Konflik di Madrasah/ Sekolah

a.  Situasi konflik

b.  Tipe-tipe konflik

LURING

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

4

01-11-2020

Penyebab dan dampak Konflik di Madrasah/ Sekolah

c.  Penyebab Konflik

d.  Dampak Konflik

e.  Stress (Pengertian dan faktor yang memengaruhinya)

DARING

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

5

08-11-2020

Peran Komunikasi dalam manajemen konflik di Madrasah/ Sekolah

a. Pengertian komunikasi dalam manajemen konflik

b. Jenis-jenis komunikasi

c. Pola komunikasi negatif yang perlu dihindari

d. Beberapa rekomendasi komunikasi yang perlu dilakukaan

LURING

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

6

15-11-2020

Hubungan kecerdasan emosional dengan gaya manajemen konflik di Madrasah/ Sekolah

                          a.   Sifat Konflik di madrasah/ Sekolah

b.  Respons penolakan

c.  Gap Interpersonal

d.  Refleksiologi Emosional  

e.  Emosi dalam tinjauan psikosufistik

DARING

Dosen Pengampu dan penugasan

7

22-11-2020

UTS

LURING

UTS

8

29-11-2020

Mediasi  dan Negoisasi di Sekolah/ Madrasah

a.  Pengertian Mediasi dan alasannya diperlukan di Madrasah/ Sekolah

b.  Mediasi dan Negoisasi di  Madrasah/ Sekolah

c.  Komunikasi dalam rangka probem-solving di  Madrasah/ Sekolah

d.  Hal-hal yang dihindari mediator di  Madrasah/ Sekolah

e.  Langkah-langkah mediasi konflik di  Madrasah/ Sekolah

DARING

Dosen Pengampu dan penugasan

9

06-12-2020

Pengembangan pendekatan dalam manajemen konflik di Madrasah/ Sekolah

a.  Pentingnya Keputusan yang jelas di madrasah

b.  Toleransi terhadap perbedaan di madrasah

c.   Pengurangan  Agresi dan prilaku pasif  di madrasah

d.   Pengurangan Prilaku manipulatif di madrasah    

LURING

Diskusi bersama

10

13-12-2020

Gaya Manajemen Konflik di  Sekolah/ Madrasah

a.  Gaya Integrating

b.  Gaya Obliging 

c.  Gaya Dominating 

d.  Gaya Avoiding

e.  Gaya Kompromising 

DARING

Dosen Pengampu dan penugasan

11

20-12-2020

Implementasi Manajemen konflik untuk produktifitas lembaga pendidikan

a.  Mengatasi dan mengelola konflik dalam organisasi

b.  Model implementasi peningkatan kinerja dan produktivitas lembaga pendidikan

c.  Produktivitas lembaga pendidikan

LURING

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

12

27-12-2020

Evaluasi Materi

DARING

Konsultasi & Bimbingan

13

03-01-2021

Waktu Cadangan

LURING

Konsultasi & Bimbingan

14

10-01-2021

UAS

 

 

 

Keterangan:

1.      Metode Perkuliahan

§  Diskusi

§  Tanya Jawab

§  Brainstorming

§  Reseach

 

2.      Pendekatan

      a.    Teoritis

   Pendekatan teoritis dilakukan dengan melakukan pemahaman dengan serius tentang konsep dan beberapa teori tentang manajemen konflik di sekolah/ madrasah       

          b.    Aplikatif

   Diharuskan bagi mahasiswa untuk melakukan kombinasi keilmuan teoritis yang  telah dipelajari dengan  pengalaman akademik dilapangan. 

          c.    Interdispliner

   Menganalisa dengan dua pendekatan keilmuan, baik pendekatan filosofis, Sosiologis, Historis, Psikologis, komunikasi, manajemen, Politik pendidikan, dan kegamaan serta pendekatan berbasis  Al-Qur’an dan l-Sunnah.       

 

3.      Referensi

 

Al-Qur’an dan Hadits-hadis Soheh

Prof. Dr. Drs. H. Ekawarna, M.Psi. 2018, “ Manajemen Konflik dan Stress”, Jakarta. Bumi Aksara.

Dr. William Hendriks , 2012, “How to Manage Conflict” (Bagaimana Mengelola Konflik) terj,  Arif, Jakarta, Bumi Aksara.  

Rizal Panggabean, 2012,  Manajemen Konflik Berbasis Sekolah; dari Sukma Bangsa untuk Indonesia, Jakarta: PT. Pustaka Alfabet.

Dale Carnagie, 2011, “How to Win Friends and Influence People”, Jakarta, Bina Rupa Aksara Publisher.

Scott M. Cutlip, dkk, 2012, Effective Public Relation, Jakarta, Prenada Media Group.

Hisyam Zaini, dkk, 2008, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta, Pustaka Insan Madani.

Vern Jones dan Louise Jones, 2012, Manajemen Kelas Komprehensif, Jakarta, prenada Media Group.

  Prof. Jalaludin, MA, 2011, Filsafat pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia.  

Paulo Freire, The Politics of Education: Culture, Power and Liberation,Yogyakarta, Read bekerjasama dengan Pustaka Pelajar.

Prof. Dr. M. Sirozi, Ph.D, 2010, Politik Pendidikan, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada. 

Pof. Dr. H. Ramayulis, 2002, Psikologi Agama, Jakarta, Kalam Mulia.

Seluruh buku, jurnal, artikel, dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan disertasi) berbasis online yang berkaitan dengan materi.

 

4.      Tugas

§   Individu :

a.    Menyusun makalah

       - Makalah ditulis dengan tehnik tiga paragraf kutipan dilanjutkan dengan satu paragraf analisis

       - Setiap presentasi mahasiswa dilarang text book

       - Makalah dikumpulkan dalam bentuk soft copy dan hard copy.

       - Setiap Makalah Wajib mencantumkan ayat al-qur’an beserta artinya yg sesuai dengan materi

       - Minimal menggunakan 15 referensi / daftar pustaka

       - presentasi di sarankan untuk menggunakan LCD

b.    Menyusun Reading course sebagai syarat mengikuti setiap pertemuan perkuliahan

 

§   Kelompok :

Menyusun penelitian tentang  cara menyelesaikan  konflik dalam tinjauan ayat al-qur’an

- dilaksanakan sesuai waktu yang telah ditentukan

- diketik dengan 1.5 spasi dengan time news roman dengan jenis kutipan “footnote

- penelitian minimal ditulis 15 halaman

- sistematika terlampir

 

5.      Penilaian

§  Kehadiran   20%

§  UTS             10%

§  UAS                        15%

§  Tugas          40%

§  Partisipasi    15%

 

6.      Rekomendasi

a. Setiap mahasiswa wajib memiliki buku manajemen konflik  minimal dua buku.

b. Meningkatkan spirit ilmiah dengan membudayakan membaca buku 20 menit/ hari.

 

 

Lempuing Jaya,   September  2020

Dosen Pengampu,

 

 

 

 

Dr. DARUL ABROR, M.Pd.

 

 

 

NB :

Sistematika penelitian :

 

1.        Cover

2.        Halaman Motto

3.        Halaman Pengesahan

4.        Kata Pengantar

5.        Daftar Isi

6.        Pendahuluan

a.    Latar Belakang Masalah

(Merupakan fenomena dan atau fakta-fakta  atau masalah yang sering terjadi dalam suatu institusi pendidikan, baik pendidikan formal ataupun nonformal.)

b.    Rumusan Masalah

Merupakan pertanyaan yang diajukan yang relevan dengan judul dan atau masalah yang diteliti, rumusan masalah paling banyak tiga point.

c.    Tujuan Penelitian

Merupakan tujuan penelitian secara akademik dan secara ilmiah

d.    Landasan Teori

Merupakan teori yang digunakan untuk menjadi pisau analisis yang relevan dengan judul dan permasalahan

e.    Tinjauan Pustaka

Merupakan penelitian  (jurnal, skripsi, tesis, atau disertasi ) yang sudah pernah dilakukan oleh orang lain dengan menyebutkan judul, penulis, jenis penelitian, dan hasilnya.

f.     Metode penelitian

Menjelaskan tentang pengertian metode penelitian, jenis penelitian dan teknik pengumpulan data dan tekhnik analisis data.

 

7.        Pembahasan

(membahas sesuai dengan tema dan rumusan masalah dengan mengutip, menganalisisi serta menuliskan hasil analisisnya pada pembahasan dengan jumlah Sub pada Pembahasan Disesuaikan dengan  jumlah Rumusan Masalah)

 

8.        Penutup

a.    Kesimpulan

(Merupakan simpulan dari hasil pembahasan yang relevan dengan rumusan masalah)         

b.    Rekomendasi

Merupakan usulan dari peneliti kepada praktisi pendidikan/ manager dalam menyelesaikan konflik dalam institusi pendidikan.

 

9.        Daftar pustaka

10.    Dokumentasi

 

Ket : Tehnik pengutipan menggunakan footnote

 

Format Reading Course

 

Hari/Tgl

 

Pertemuan Ke-

 

Materi

 

 

Uraian Materi

Analisis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kesimpulan

 

 

 

 

 

 

 

Pertanyaan

 

 

 

 

Mengetahui

Dosen Pengampu                                                                                 Mahasiswa                                                                                                                              

 

 

 

Dr. Darul Abror, M.Pd.                                                                     _______________________                                                                                                             

 

 

 

 

Ketentuan :

1. Reading course dibuat dengan rapi dengan print book

2. Reading course ditandatangani mahasiswa sebelum di tandatangani dosen pengampu setiap pertemuan

3. Reading course dikumpulkan sebagai prasyarat setiap mengikuti pertemuan kuliah

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen SDM Pendidikan MPI II-IV 24-25

  Mata Kuliah                  :  MANAJEMEN SDM PENDIDIKAN                     Dosen Pengampu        :  Dr.  Darul Abror, M.Pd.      Program...