KERANGKA KONSEP
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
Mata Kuliah : Manajemen Madrasah/ Sekolah
Program Studi : MPI
Jumlah SKS : 3 SKS
Semester
: III (Tiga)
Dosen Pengampu : Dr. Darul Abror, M.Pd.
Tahun Akademik
: 2020/ 2021
Hari : Senin
Waktu : 15.45 – 17.10 Wib.
NO |
TANGGAL |
MATERI |
Ket |
|
1 |
11-10-2020 |
Pengantar Perkuliahan
Dan Transaksi Perkuliahan |
LURING |
Dosen Pengampu dan diskusi |
2 |
18-10-2020 |
Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Manajemen
Pendidikan Islam a. Pengertian manajemen Sekolah/ Madrasah b. Fungsi manajemen madrasah c. Fokus kajian manajemen madrasah d. Paradigma pengembangan manajemen pendidikan
Islam |
DARING |
Dosen Pengampu dan penugasan |
3 |
25-10-2020 |
Manajemen dan Kepemimpinan Madrasah/
Sekolah a.
Konsep Manajemen sekolah/ madrasah b.
Konsep kepemimpinan Sekolah / Madrasah c.
Standar Kepala Sekolah / Madrasah d.
Kakarteristik Budaya sekolah/ Madrasah |
LURING |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
4 |
01-11-2020 |
Manajemen
Perubahan Madrasah/ Sekolah a.
Definisi manajemen perubahan madrasah/ sekolah b.
Komponen perubahan dalam pendidikan c.
Tiga waktu perubahan dalam madrasah/ sekolah d.
Indikator madrasah / sekolah yang unggul |
DARING |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
5 |
08-11-2020 |
Manajemen Risiko
Sekolah/ Madrasah a.
Definisi manajemen risiko madrasah/ sekolah b.
Tipe risiko di lembaga pendidikan c.
Identifikasi manajemen risiko madrasah/ sekolah |
LURING |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
6 |
15-11-2020 |
Alat-alat Analisis dalam Manajemen Sekolah/
Madrasah a.
Benchmarking b.
Diagram Tulang Ikan c.
Five “Hows”, Five “Why” d.
Forcefield Analysis e.
Analisis Pareto |
DARING |
Dosen Pengampu dan penugasan |
7 |
22-11-2020 |
U T S |
LURING |
UTS |
8 |
29-11-2020 |
Memformulasi Visi, Misi dan Tujuan
Madrasah/ Sekolah a.
Memformulasikan Visi dan Misi b.
Merformulasikan Tujuan dan sasaran c.
Mensosialisasikan visi, misi dan tujuan |
DARING |
Dosen Pengampu dan penugasan |
9 |
06-12-2020 |
Penyusunan Rencana Kerja Sekolah/
Madrasah a.
Pengertian, tujuan dan karakteristik RKS/M b.
Tahap penyusunan RKS/M c.
Analisis Strategi kondisi sekolah/ madrasah d.
Analisis harapan Stakeholders terhadap pengembangan
sekolah e.
Rencana Strategis pengembangan Sekolah/ Madrasah |
DARING |
Diskusi bersama |
10 |
13-12-2020 |
Manajemen Tenaga Pendidik dan Kependidikan a.
Definisi manajemen tenaga pendidik dan kependidikan b.
Tujuan, fungsi dan prinsip manajemen tenaga pendidik
dan kependidikan c.
Perencanaan pendidik dan kependidikan d.
Pelatihan tenaga
pendidik dan kependidikan e.
Kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan |
LURING |
Dosen Pengampu dan penugasan |
11 |
20-12-2020 |
Manajemen Hubungan Masyarakat a. Definisi manajemen pembiayaan pendidikan b. Prinsip dan fungsi manajemen pembiayaan
pendidikan c. Implementasi Manajemen Hubungan Masyarakat |
DARING |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
12 |
27-12-2020 |
Supervisi
Pendidikan a.
Definisi dan landasan supervise pendidikan b.
klasifikasi supervisi pendidikan c.
Peran dan fungsi supervisi pendidikan d.
Teknik supervisi pendidikan |
LURING |
Konsultasi & Bimbingan |
13 |
03-01-2021 |
Pemasaran Jasa
Pendidikan a.
Konsep dasar pemasaran jasa pendidikan b.
peran dan fungsi pemasaran pendidikan c.
komponen pemasaran jasa pendidikan d.
Strategi dan prosedur kegiatan pemasaran pendidikan e.
Teknik penetapan harga jasa pendidikan |
DARING |
Konsultasi & Bimbingan |
14 |
10-01-2021 |
UAS |
LURING |
|
Keterangan:
1.
Metode Perkuliahan
§ Diskusi
§ Tanya Jawab
§ PAIKEM
§ Reseach
2. Pendekatan
a. Teoritis
Pendekatan
teoritis dilakukan dengan melakukan pemahaman dengan serius tentang konsep dan
beberapa teori tentang manajemen konflik di sekolah/ madrasah
b.
Aplikatif
Diharuskan bagi
mahasiswa untuk melakukan kombinasi keilmuan teoritis yang telah dipelajari dengan pengalaman akademik dilapangan.
c.
Interdispliner
Menganalisa
dengan dua pendekatan keilmuan, baik pendekatan Filsafat Pendidikan,Sosio
politik, Psikologi pendidikan, manajemen Humas, Politik pendidikan, dan
kegamaan serta pendekatan berbasis Al-Qur’an dan Sunnah.
3.
Referensi
Al-qur’an dan Hadist Soheh
Prof. Dr. H. Muhaimin, MA, 2009, “Manajemen
Pendidikan Aplikasinya dalam penyusunan rencana pengembangan Sekolah/ Madrasah”. Jakarta. Prenada
Media.
Suryobroto, 2010 “Manajemen Sekolah” Jakarta, Rineka Cipta.
Dr. Jaja Jahari, “Manajemen Madrasah Teori, Strategi dan Implementasi”. Bandung.
Alfabeta.
Seluruh buku, jurnal, artikel,
dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan disertasi) berbasis online yang berkaitan
dengan materi.
4.
Tugas
§
Individu :
a. Menyusun makalah secara
mandiri
- Makalah ditulis dengan tehnik satu halaman
kutipan dan satu halam analisis
- Setiap presentasi mahasiswa dilarang text book
- Makalah dikumpulkan dalam bentuk soft copy dan hard copy.
-
Setiap Makalah Wajib mencantumkan ayat al-qur’an beserta artinya yang sesuai dengan
materi
-
Minimal menggunakan 15 referensi / daftar
pustaka
- presentasi disarankan
untuk menggunakan Power Point
b. Menyusun
Reading Course setiap pertemuan
5. Penilaian
§ Kehadiran 20%
§ UTS 10%
§ UAS 15%
§ Tugas 40%
§
Partisipasi 15%
6.
Rekomendasi
a. Setiap mahasiswa wajib memiliki buku
manajemen konflik minimal dua buku.
b. Meningkatkan spirit ilmiah dengan
membudayakan membaca buku 20 menit/ hari.
Lempuing Jaya, September 2020
Dosen Pengampu,
Dr. DARUL ABROR, M.Pd.
Format Reading Course
Hari/Tgl |
|
Pertemuan Ke- |
|
Materi |
|
|
|
Uraian
Materi |
|
Analisis |
|
Kesimpulan |
|
Pertanyaan |
|
Mengetahui
Dosen Pengampu Mahasiswa
Dr. Darul Abror, M.Pd. _______________________
Ketentuan :
1. Reading course dibuat dengan rapi dengan print book
2. Reading course ditandatangani mahasiswa sebelum di
tandatangani dosen pengampu setiap pertemuan
3. Reading course dikumpulkan sebagai prasyarat setiap
mengikuti pertemuan kuliah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar