Halaman

Minggu, 25 Oktober 2020

Kerangka RPS Manajemen Madrasah MPI-A 20-21

 


KERANGKA KONSEP

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

 

 

Mata Kuliah                : Manajemen Madrasah/ Sekolah    

Program Studi             : MPI

Jumlah SKS                : 3 SKS                                                            

Semester                      : III (Tiga)

Dosen Pengampu        : Dr. Darul Abror, M.Pd.                 

Tahun Akademik        : 2020/ 2021

Hari                             : Senin                                                 

Waktu                          : 15.45 – 17.10 Wib.

 

NO

TANGGAL

MATERI

Ket

1

11-10-2020

Pengantar Perkuliahan  Dan Transaksi Perkuliahan

LURING

Dosen Pengampu dan diskusi

2

18-10-2020

Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Manajemen Pendidikan Islam

a. Pengertian manajemen Sekolah/ Madrasah

b. Fungsi manajemen madrasah

c. Fokus kajian manajemen madrasah  

d. Paradigma pengembangan manajemen pendidikan Islam

DARING

Dosen Pengampu dan penugasan

3

25-10-2020

Manajemen dan Kepemimpinan Madrasah/ Sekolah

a.   Konsep Manajemen sekolah/ madrasah

b.   Konsep kepemimpinan Sekolah / Madrasah

c.   Standar Kepala Sekolah / Madrasah

d.   Kakarteristik Budaya sekolah/ Madrasah

LURING

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

4

01-11-2020

Manajemen Perubahan Madrasah/ Sekolah

a.   Definisi manajemen perubahan madrasah/ sekolah

b.   Komponen perubahan dalam pendidikan

c.   Tiga waktu perubahan dalam madrasah/ sekolah

d.   Indikator madrasah / sekolah yang unggul 

DARING

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

5

08-11-2020

Manajemen Risiko Sekolah/ Madrasah

a.   Definisi manajemen risiko madrasah/ sekolah

b.   Tipe risiko di lembaga pendidikan

c.   Identifikasi manajemen risiko madrasah/ sekolah

LURING

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

6

15-11-2020

Alat-alat Analisis dalam Manajemen Sekolah/ Madrasah

a.   Benchmarking

b.   Diagram Tulang Ikan

c.   Five “Hows”, Five “Why”

d.   Forcefield Analysis

e.   Analisis Pareto

DARING

Dosen Pengampu dan penugasan

7

22-11-2020

U T S

LURING

UTS

8

29-11-2020

Memformulasi Visi, Misi dan Tujuan Madrasah/ Sekolah

a.   Memformulasikan Visi dan Misi

b.   Merformulasikan Tujuan dan sasaran

c.   Mensosialisasikan visi, misi dan tujuan  

DARING

Dosen Pengampu dan penugasan

9

06-12-2020

Penyusunan Rencana Kerja Sekolah/ Madrasah

a.   Pengertian, tujuan dan karakteristik RKS/M

b.   Tahap penyusunan RKS/M

c.   Analisis Strategi kondisi sekolah/ madrasah

d.   Analisis harapan Stakeholders terhadap pengembangan sekolah

e.   Rencana Strategis pengembangan Sekolah/ Madrasah

DARING

Diskusi bersama

10

13-12-2020

Manajemen Tenaga Pendidik dan Kependidikan  

a.   Definisi manajemen tenaga pendidik dan kependidikan

b.   Tujuan, fungsi dan prinsip manajemen tenaga pendidik dan kependidikan

c.   Perencanaan pendidik dan kependidikan

d.   Pelatihan  tenaga pendidik dan kependidikan

e.   Kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan

LURING

Dosen Pengampu dan penugasan

11

20-12-2020

Manajemen Hubungan Masyarakat

a.  Definisi manajemen pembiayaan pendidikan

b.  Prinsip dan fungsi manajemen pembiayaan pendidikan

c.  Implementasi Manajemen Hubungan Masyarakat

DARING

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

12

27-12-2020

Supervisi Pendidikan

a.   Definisi dan landasan supervise pendidikan

b.   klasifikasi supervisi pendidikan

c.   Peran dan fungsi supervisi pendidikan

d.   Teknik supervisi pendidikan 

LURING

Konsultasi & Bimbingan

13

03-01-2021

Pemasaran Jasa Pendidikan

a.   Konsep dasar pemasaran jasa pendidikan

b.   peran dan fungsi pemasaran pendidikan

c.   komponen pemasaran jasa pendidikan

d.   Strategi dan prosedur kegiatan pemasaran pendidikan

e.   Teknik penetapan harga jasa pendidikan

DARING

Konsultasi & Bimbingan

14

10-01-2021

UAS

LURING

 

 

Keterangan:

1.       Metode Perkuliahan

 

§  Diskusi

§  Tanya Jawab

§  PAIKEM

§  Reseach

 

2.       Pendekatan

      a.    Teoritis

   Pendekatan teoritis dilakukan dengan melakukan pemahaman dengan serius tentang konsep dan beberapa teori tentang manajemen konflik di sekolah/ madrasah       

          b.    Aplikatif

   Diharuskan bagi mahasiswa untuk melakukan kombinasi keilmuan teoritis yang  telah dipelajari dengan  pengalaman akademik dilapangan. 

          c.    Interdispliner

   Menganalisa dengan dua pendekatan keilmuan, baik pendekatan Filsafat Pendidikan,Sosio politik, Psikologi pendidikan, manajemen Humas, Politik pendidikan, dan kegamaan serta pendekatan berbasis  Al-Qur’an dan Sunnah.       

 

3.       Referensi

 

Al-qur’an dan Hadist Soheh

Prof. Dr. H. Muhaimin, MA, 2009, “Manajemen Pendidikan Aplikasinya dalam penyusunan rencana pengembangan Sekolah/ Madrasah”. Jakarta. Prenada Media.  

Suryobroto, 2010 “Manajemen  Sekolah” Jakarta, Rineka Cipta.  

Dr. Jaja Jahari, “Manajemen Madrasah Teori, Strategi dan Implementasi”. Bandung. Alfabeta.  

Seluruh buku, jurnal, artikel, dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan disertasi) berbasis online yang berkaitan dengan materi.

 

4.       Tugas

§   Individu :

a.    Menyusun makalah secara mandiri

       - Makalah ditulis dengan tehnik satu halaman kutipan dan satu halam analisis

       - Setiap presentasi mahasiswa dilarang text book

       - Makalah dikumpulkan dalam bentuk soft copy dan hard copy.

       - Setiap Makalah Wajib mencantumkan ayat al-qur’an beserta artinya yang sesuai dengan materi

       - Minimal menggunakan 15 referensi / daftar pustaka

       - presentasi disarankan untuk menggunakan Power Point

b.    Menyusun Reading Course setiap pertemuan

 

5.       Penilaian

§  Kehadiran       20%

§  UTS                  10%

§  UAS                  15%

§  Tugas               40%

§  Partisipasi        15%

 

6.       Rekomendasi

a. Setiap mahasiswa wajib memiliki buku manajemen konflik  minimal dua buku.

b. Meningkatkan spirit ilmiah dengan membudayakan membaca buku 20 menit/ hari.

 

 

Lempuing Jaya,  September 2020

Dosen Pengampu,

 

 

 

 

Dr. DARUL ABROR, M.Pd.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Format Reading Course

 

Hari/Tgl

 

Pertemuan Ke-

 

Materi

 

 

Uraian Materi

Analisis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kesimpulan

 

 

 

 

 

 

 

Pertanyaan

 

 

 

 

Mengetahui

Dosen Pengampu                                                                                 Mahasiswa                                                                                                                              

 

 

 

Dr. Darul Abror, M.Pd.                                                                     _______________________                                                                                                             

 

 

 

 

Ketentuan :

1. Reading course dibuat dengan rapi dengan print book

2. Reading course ditandatangani mahasiswa sebelum di tandatangani dosen pengampu setiap pertemuan

3. Reading course dikumpulkan sebagai prasyarat setiap mengikuti pertemuan kuliah

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen SDM Pendidikan MPI II-IV 24-25

  Mata Kuliah                  :  MANAJEMEN SDM PENDIDIKAN                     Dosen Pengampu        :  Dr.  Darul Abror, M.Pd.      Program...