Halaman

Sabtu, 03 Oktober 2020

Kerangka RPS Manajemen Kurikulum MPI III 20-21

 


KERANGKA KONSEP

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

 

Mata Kuliah                        : Manajemen Kurikulum                 

Program Studi                      : MPI

Jumlah SKS                         : 3 SKS                                                  

Semester/ Prog                     : III (Tiga) / Reguler

Dosen Pengampu                 : Dr. Darul Abror, M.Pd.  

Tahun Akademik                 : 2020/ 2021

Hari                                      : Selasa                                                 

Waktu                                   : 14.15-15.30 Wib

 

NO

TANGGAL

MATERI

Ket

1

04-10-2020

Pengantar dan Transaksi Perkuliahan

DARING

Dosen Pengampu

2

11-10-2020

Konsep manajemen kurikulum 

            a.      Pengertian kurikulum

            b.      Pengertian manajemen kurikulum

            c.      Prinsip dan fungsi manajemen  kurikulum

            d.      Dasar dan tujuan manajemen kurikulum

            e.      Manajemen Kurikulum dalam standar nasional pendidikan

LURING

Dosen Pengampu

3

18-10-2020

Peran dan Tugas Kepala Sekolah dalam Manajemen Kurikulum

a.      Pengertian peran dan tugas kepala sekolah

b.      Kinerja kepala sekolah

c.      Pendekatan  kinerja kepala sekolah

d.      RKTL kinerja kepala sekolah

DARING

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

4

25-10-2020

Fungsi –fungsi  manajemen kurikulum

a.      Pengertian  fungsi manajemen kurikulum

b.      Mengelola perencanaan kurikulum

c.      Mengelola implementasi kurikulum

d.      Mengelola  pelaksanaan evaluasi kurikulum

e.      Mengelola perumusan penetapan kriteria dan pelaksanaan kenaikan kelas

f.       Mengelola pengembangan bahan ajar, media pembelajaran dan sumber belajar

g.      Mengelola  pengembangan ekstrakurikuler dan kokurikuler

LURING

Dosen Pengampu

5

01-11-2020

Perencanaan kurikulum

a.      Pengertian perencanaan kurikulum

b.      Perumusan tujuan kurikulum

c.      Landasan perencanaan kurikulum

d.      Perumusan isi kurikulum

e.      Model-model desain kurikulum

DARING

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

6

08-11-2020

Cara Penyusunan Perangkat Pembelajaran K-13

a.      Pengertian perangkat pembelajaran

b.      Kalender pendidikan: Pengertian, cara penyusunan dan  contohnya

c.      Prota : Pengertian, cara penyusunan dan  contohnya

d.      Prosem : Pengertian, cara penyusunan dan  contohnya

e.      Silabus:  Pengertian, komponen dan contohnya

f.       Struktur kurikulum : Pengertian, cara penyusunan dan  contohnya Pengertian 

LURING

Dosen Pengampu

7

15-11-2020

U T S

 

 

8

22-11-2020

Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

a.     Pengertian dan tujuan RPP

b.     Petunjuk Pengisian Format RPP

1.      Satuan Pendidikan 

2.      Kompetensi Inti (KI)

3.      Kompetensi Dasar (KD) & Indikator

4.      Tujuan Pembelajaran

5.      Kegiatan Pembelajaran

6.      Sumber, Alat dan Media Pembelajaran

7.      Materi  Pembelajaran

8.      Metode Pembelajaran

9.      Penilaian Pembelajaran

DARING

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

9

29-11-2020

Implementasi kurikulum

a.      Pengertian konsep implementasi kurikulum

b.      Kemampuan guru dalam implementasi kurikulum

c.      Model implementai kurikulum

LURING

Dosen Pengampu

10

01-12-2020

Monitoring Pelaksanaan kurikulum

a.      Pengertian monitoring pelaksanaan kurikulum

b.      Tujuan pemantauan pelaksanaan pembelajaran

c.      Kerangka kegiatan pemantauan pelaksanaan pembelajaran

d.      Pengertian Penilaian kinerja  guru

e.      Jenis Penilaian kinerja guru

f.       Cara penyusunan dan contoh penilaian kinerja guru

g.      Contoh format monitoring kinerja guru

DARING

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

11

06-12-2020

Evaluasi Kurikulum

a.      Pengertian evaluasi kurikulum

b.      Tujuan evaluasi kurikulum

c.      Peran evaluasi kurikulum

d.      Model evaluasi kurikulum

LURING

Dosen Pengampu

12

13-12-2020

Joint Reseach

DARING

Presentasi dan diskusi Mahasiswa

13

20-12-2020

Waktu Cadangan

LURING

Dosen Pengampu

14

27-12-2020

Waktu Cadangan

DARING

Dosen Pengampu

15

03-01-2021

UAS

 

 

 

 

Keterangan:

1.       Metode Perkuliahan

§  Diskusi

§  Tanya Jawab

§  PAIKEM

§  Praktik/ Reseach

 

2.       Pendekatan

      a.  Teoritis

   Pendekatan teoritis dilakukan dengan melakukan pemahaman dengan serius tentang esensi manajemen  kurikulum,        

        b.  Aplikatif

   Diharuskan bagi mahasiswa untuk melakukan kombinasi keilmuan teoritis yang telah dipelajari dengan  pengalaman akademik dilapangan. 

        c.  Interdispliner

   Menganalisa dengan dua pendekatan keilmuan yang relevan dengan fokus kajian, baik pendekatan filosofis, Sosiologis, Historis, Psikologis, manajemen, Politik pendidikan, dan kegamaan (Al-Qur’an dan l-Sunnah) tentang materi yang dikaji.    

 

3.       Referensi

 

          Primer :

   Al-Qur’an dan Hadits-Hadits shoheh

Dr. Teguh Triwiyanto, M.Pd.I , 2015, Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta, Bumi Aksara.  

Dr. Rusman, M.Pd, 2012,  Manajemen Kurikulum, Jakarta: PT. Raja Grafindo persada.

Prof. Dr. H.E. Mulyasa, M.Pd, 2013, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum  2013, Bandung, Rosda.

Syaikh Fuhaim Mustofa, 2009, Kurikulum Pendidikan Anak Muslim, (terj, wafi Marzuki,) Surabaya, Elba.

 Sekunder :

 Prof. Jalaludin, MA, 2011, Filsafat pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia.  

 Dr. Abdullah Aly,M.Ag,  2011, Pendidikan Islam Multikultural di pesantren “Tela’ah terhadap kurikulum pesantren  modern Islam Assalam Surakarat” Yogyakarta: Pustaka Setia.

Dr. Heri Gunawan, M.Ag.  2012. Kurikulum dan pembelajaran pendididkan agama Islam, Bandung, Alfabeta.  

Buku pedoman KKN TERPADU STAI AS-SHIDDIQIYAH 2015

Seluruh buku, jurnal, artikel, dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan disertasi) berbasis online yang berkaitan dengan materi.

 

4.       Tugas

§   Individu :

a.    Menyusun makalah secara mandiri dengan minimal 15 referensi & 15 Halaman

b.    Makalah ditulis dengan 3 paragraph kutipan dilanjutkan dengan 1 paragraph analisis.

c.    Makalah dikumpulkan dalam bentuk soft copy (Email : bimbinganabror@gmail.com) dan hard copy.

d.    Menyusun Tugas Individu (Reading Course) setiap kali pertemuan

§   Kelompok :

a.    Meneliti tentang Manajemen Kurikulum di TPQ sesuai sistematika dan mekanisme yang sudah ditentukan

b.    Laporan Penelitian  dikumpulkan dalam bentuk soft copy (Email : bimbinganabror@gmail.com) dan hard copy dalam bentuk Print Book Models

 

§   Komitmen Presentasi:

a.    Presentasi dilakukan tanpa teks

b.    Presentasi diupayakan menggunakan LCD, dll

c.    Presentator menjawab atas dasar  konsep dan teori dengan sumber bacaan lain serta deep analisys

 

5.       Penilaian

§  Kehadiran                       20%

§  UTS                                  20%        (Reading Course)

§  UAS                                  25%        (Laporan Reseach)

§  Tugas                               20%        (Makalah)

§  Partisipasi                        15%

 

6.       Rekomendasi

a. Setiap mahasiswa wajib memiliki minimal DUA buku tentang Manajemen Kurikulum.

b. Meningkatkan spirit ilmiah dengan membudayakan membaca 20 MENIT/ hari.

 

 

 

Lempuing Jaya,  Agustus 2020

Dosen Pengampu,

 

                                                                                                                               

 

 

Dr. DARUL ABROR, M.Pd.

 

NB :

1.         Alur pengajuan permohonan surat penelitian

a.     Membuat surat pengajuan penelitian dan dilampiri judul penelitian serta nama-nama kelompok

b.     surat diajukan kepada ketua prodi masing-masing

c.     Ketua prodi mengklarifikasi terlebih dahulu dan kemudian mengeluarkan SK penelitian

d.     SK diterima oleh kelompok

e.     Kelompok bisa melaksanakan penelitian lapangan

 

2.         Sistematika penelitian :

 

1)       Pendahuluan

a.     Latar Belakang Masalah

      (Merupakan keunggulan dari obyek penelitian khususnya dalam bidang kurikulumnya)

b.     Rumusan Masalah

     (Merupakan rumusan konsep pertanyaan sesuai variabel judul atau fokus penelitian)

c.     Landasan Teori

     (Teori yang digunakan dalam menjawab rumusan masalah yang relevan dengan fokus kajian)

d.     Tinjauan Pustaka

      (Penelitian terdahulu dalam lima tahun terakhir yang relevan dengan fokus kajian dengan mencantumkan nama penulis, judul, asal institusi dan hasil / kesimpulan tulisan)

e.     Metode penelitian

      (Merupakan cara ilmiah atau pendeketan yang digunakan dalam mengumpulkan, menganalisisi dan menyimpulkan hasil penelitian, baik kualitatif atau kuantitatif)

2)       Pembahasan

(Membahas sesuai dengan rumusan masalah)

3)       Penutup

a.     Kesimpulan  ( Menjawab rumusan masalah)

b.     Rekomendasi ( Merupakan saran peneliti terhadap lembaga maupun pembaca atas hasil penelitian yang telah dilaksanakan)

4) Daftar pustaka

        (merupakan referensi yang digunakan dalam proses penelitian)

 

 

 



 

 



 

 

 

 

 

 

CONTOH FORMAT READING COURSE

 

Hari/Tgl

 

Pertemuan Ke-

 

Materi

 

 

Uraian Materi

Analisis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kesimpulan

 

 

 

 

 

 

 

Pertanyaan

 

 

 

 

 

Mengetahui

Dosen Pengampu                                                                                                Mahasiswa                                                                                                                                                                                                                                                                                          

 

 

Dr. Darul Abror, M.Pd.                                                                                    _______________________

NIDN : 2128048601                                                                                           NIM:

 

Ketentuan Reading course :

1. Reading course ditulis tangan dan dibuat dengan rapi dengan print book models

2. Reading course ditandatangani mahasiswa sebelum di tandatangani dosen pengampu setiap pertemuan

3. Reading course dikumpulkan sebagai prasyarat mengikuti setiap materi pertemuan.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen SDM Pendidikan MPI II-IV 24-25

  Mata Kuliah                  :  MANAJEMEN SDM PENDIDIKAN                     Dosen Pengampu        :  Dr.  Darul Abror, M.Pd.      Program...