Halaman

Senin, 10 September 2018

Tabel Konsep SAP Manajemen Kurikulum MPI III 2018-2019




TABEL KONSEP
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Mata Kuliah                       : Manajemen Kurikulum                  Program Studi          : MPI
Jumlah SKS                       : 3 SKS                                                 Semester/ Prog         : III (Tiga) / Reguler
Dosen Pengampu               : Darul Abror, M.Pd.I                        Tahun Akademik      : 2018/2019
Hari                                    : Senin                                                  Waktu                        : 15.45-17.15 Wib.

NO
TANGGAL
MATERI
Ket
1
10-09-2018
Pengantar Perkuliahan  dan Transaksi perkuliahan
Dosen Pengampu
2
17-09-2018
Konsep manajemen kurikulum  
a.      Pengertian kurikulum
b.      Pengertian manajemen kurikulum
c.      Prinsip dan fungsi manajemen  kurikulum
d.      Dasar dan tujuan manajemen kurikulum
Dosen Pengampu

24-09-2018
Standar  Nasional Pendidikan
a.      Pengertian sistem nasional pendidikan
b.      Jenis-jenis standar nasional pendidikan
c.      Manajemen Kurikulum dalam standar nasional pendidikan
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
3
01-10-2018
Peran dan Tugas Kepala Sekolah dalam Manajemen Kurikulum
a.      Pengertian peran dan tugas kepala sekolah
b.      Kinerja kepala sekolah
c.      Pendekatan  kinerja kepala sekolah
d.      RKTL kinerja kepala sekolah
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
4
08-10-2018
Fungsi –fungsi  manajemen kurikulum
a.      Pengertian  fungsi manajemen kurikulum
b.      Mengelola perencanaan kurikulum
c.      Mengelola implementasi kurikulum
d.      Mengelola  pelaksanaan evaluasi kurikulum
e.      Mengelola perumusan penetapan kriteria dan pelaksanaan kenaikan kelas
f.       Mengelola pengembangan bahan ajar, media pembelajaran dan sumber belajar
g.      Mengelola  pengembangan ekstrakurikuler dan kokurikuler
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
5
15-10-2018
Perencanaan kurikulum
a.      Pengertian perencanaan kurikulum
b.      Perumusan tujuan kurikulum
c.      Landasan perencanaan kurikulum
d.      Perumusan isi kurikulum
e.      Model-model desain kurikulum
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
6
29-10-2018
Evaluasi Materi dan Waktu Cadangan
Diskusi Bersama

7
05-11-2018
U T S

8
12-11-2018
Perangkat Pembelajaran
a.      Pengertian perangkat pembelajaran
b.      Kalender pendidikan: Pengertian, cara penyusunan dan  contohnya
c.      Prota : Pengertian, cara penyusunan dan  contohnya
d.      Prosem : Pengertian, cara penyusunan dan  contohnya
e.      Silabus:  Pengertian, cara penyusunan dan  contohnya
f.       Struktur kurikulum : Pengertian, cara penyusunan dan  contohnya Pengertian 
g.      RPP : Pengertian, cara penyusunan dan  contohnya Pengertian 
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
9
19-11-2018
Implementasi kurikulum
a.      Pengertian konsep implementasi kurikulum
b.      Kemampuan guru dalam implementasi kurikulum
c.      Model implementai kurikulum
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
10
26-11-2018
Monitoring Pelaksanaan kurikulum
a.      Pengertian monitoring pelaksanaan kurikulum
b.      Tujuan pemantauan pelaksanaan pembelajaran
c.      Kerangka kegiatan pemantauan pelaksanaan pembelajaran
d.      Pengertian Penilaian kinerja  guru
e.      Jenis Penilaian kinerja guru
f.       Cara penyusunan dan contoh penilaian kinerja guru
g.      Contoh format monitoring kinerja guru
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
11
03-12-2018
Evaluasi Kurikulum
a.      Pengertian evaluasi kurikulum
b.      Tujuan evaluasi kurikulum
c.      Peran evaluasi kurikulum
d.      Model evaluasi kurikulum
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
12
10-12-2018
Kurikulum 2013
a.     Pengertian dan nama kurikulum 2013
b.     Landasan pengembangan kuriulum 2013
c.     Tujuan pengembangan kurikulum 2013
d.     Prinsip dan tingkat pengembangan kurikulum 2013
e.     Kelemahan dan keuggulan kurikulum 2013
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
13
17-12-2018
Reseach
Diskusi
14
24-12-2018
Reseach
Presentasi Perkelompok
15
31-12-2018
Evaluasi Materi Waktu Cadangan
Diskusi Bersama
16
7-01-2019
UAS
 

Keterangan:
1.       Metode Perkuliahan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  PAIKEM
§  Praktik/ Reseach

2.       Pendekatan
      a.  Teoritis
    Pendekatan teoritis dilakukan dengan melakukan pemahaman dengan serius tentang konsep manajemen  kurikulum,        
        b.  Aplikatif
    Diharuskan bagi mahasiswa untuk melakukan kombinasi keilmuan teoritis yang telah dipelajari dengan  pengalaman akademik dilapangan. 
        c.  Multidispliner
   Menganalisa dengan multi pendekatan keilmuan, baik pendekatan filosofis, Sosiologis, Historis, Psikologis, manajemen, Politik pendidikan, dan kegamaan (Al-Qur’an dan l-Sunnah) tentang materi yang dikaji.    

3.       Referensi

          Primer :
   Al-Qur’an dan Hadits-Hadits shoheh
Dr. Teguh Triwiyanto, M.Pd.I , 2015, Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta, Bumi Aksara.  
Dr. Rusman, M.Pd, 2012,  Manajemen Kurikulum, Jakarta: PT. Raja Grafindo persada.
Prof. Dr. H.E. Mulyasa, M.Pd, 2013, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum  2013, Bandung, Rosda.
Syaikh Fuhaim Mustofa, 2009, Kurikulum Pendidikan Anak Muslim, (terj, wafi Marzuki,) Surabaya, Elba.
 Sekunder :
 Prof. Jalaludin, MA, 2011, Filsafat pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia.  
 Dr. Abdullah Aly,M.Ag,  2011, Pendidikan Islam Multikultural di pesantren “Tela’ah terhadap kurikulum pesantren  modern Islam Assalam Surakarat” Yogyakarta: Pustaka Setia.
Dr. Heri Gunawan, M.Ag.  2012. Kurikulum dan pembelajaran pendididkan agama Islam, Bandung, Alfabeta.  
Buku pedoman KKN TERPADU STAI AS-SHIDDIQIYAH 2015
Seluruh buku, jurnal, artikel, dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan disertasi) berbasis online yang berkaitan dengan materi.

4.       Tugas
§   Individu :
a.    Menyusun makalah secara mandiri dengan minimal 15 referensi & 15 Halaman
b.    Makalah ditulis dengan satu halaman kutipan dilanjutkan dengan satu halaman analisis.
c.    Makalah dikumpulkan dalam bentuk soft copy (Wa/Email) dan hard copy.
d.    Menyusun Tugas Individu (Reading Course) setiap kali pertemuan
§   Kelompok :
a.    Meneliti tentang Manajemen Kurikulum di TPQ sesuai sistematika dan mekanisme yang sudah ditentukan
b.    Laporan Penelitian  dikumpulkan dalam bentuk soft copy (Wa/Email) dan hard copy dalam bentuk Print Book Models

§   Komitmen Presentasi:
a.    Presentasi dilakukan tanpa teks
b.    Presentasi diupayakan menggunakan LCD, dll
c.    Presentatator menjawab atas dasar  teori/ dengan sumber bacaan lain serta deep analisys

5.       Penilaian
§  Kehadiran                       20%
§  UTS                                  20%        (Reading Course)
§  UAS                                  25%        (Laporan Reseach)
§  Tugas                               20%        (Makalah)
§  Partisipasi                        15%

6.       Rekomendasi
a. Setiap mahasiswa wajib memiliki minimal DUA buku tentang Manajemen Kurikulum.
b. Meningkatkan spirit ilmiah dengan membudayakan membaca 20 MENIT/ hari.



Lempuing Jaya,   Agustus  2018
Dosen Pengampu,

                                                                                                                               


DARUL ABROR, M.Pd.I

NB :
1. Sistematika penelitian :

1.         Pendahuluan
a.     Latar Belakang Masalah
b.     Rumusan Masalah
c.     Tujuan Penelitian
d.     Landasan Teori
e.     Tinjauan Pustaka
f.      Metode penelitian
2.         Pembahasan
3.         Penutup
a.     Kesimpulan
b.     Rekomendasi
Daftar pustaka


 2. Sistematika pPenyusunan Makalah 

         1.         Pendahuluan

         a.     Latar Belakang Masalah
         b.     Rumusan Masalah
         c.     Tujuan Penulisan
2.         Pembahasan
         3.         Penutup
          a.     Kesimpulan
          b.     Saran
Daftar pustaka



Contoh Format Reading Course

Hari/Tgl

Pertemuan Ke-

Materi


Uraian Materi
Masalah





Analisis











Kesimpulan







Pertanyaan




Mengetahui
Dosen Pengampu                                                                                   Mahasiswa                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    


Darul Abror, M.Pd.I                                                                          _______________________


Ketentuan Reading course :
1. Reading course ditulis tangan dan dibuat dengan rapi dengan print book models
2. Reading Course dibuat dua Halaman satu Materi 
3. Reading course ditandatangani mahasiswa sebelum di tandatangani dosen pengampu setiap pertemuan
4. Reading course dikumpulkan sebagai prasyarat UTS & UAS




1 komentar:

Outline RPS Pembelajaran PAI di SMA _PAI V_ Gazal 25_26

  Mata Kuliah : Pembelajaran PAI di SMA Dosen Pengampu : Dr. Darul Abror, M.Pd. Program St...