Halaman

Sabtu, 07 September 2019

Kerangka RPS Manajemen Konflik MPI-V B 19-20 Ganjil




TABEL KONSEP
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

Mata Kuliah                : Manajemen Konflik           
Dosen Pengampu       Dr. Darul Abror, M.Pd.                    
Program Studi            : Manajemen Pendidikan Islam
Jumlah SKS                : 3 SKS                                                                        
Semester/Prog            : V (Lima)   
Tahun Akademik        : 2019/ 2020
Waktu                         : 13.45 – 15.00 Wib                            
Program                     : B 

NO
TANGGAL
MATERI
Ket
1
08-09-2019
Pengantar Perkuliahan dan Transaksi perkuliahan
Dosen Pengampu
2
15-09-2019
Konsep Dasar Konflik
a. Pengertian konflik
b. Bentuk dan Sumber Konflik
c. Jenis-jenis Konflik
d. Konflik dalam perspektif al-Qur’an
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
3
22-09-2019
Penyebab dan dampak Konflik di Madrasah/ Sekolah
a.  Penyebab Konflik
b.  Dampak Konflik
c.  Stress (Pengertian dan faktor yang memengaruhinya)
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
4
29-09-2019
Manajemen konflik dalam pendidikan
a. Pengertian manajemen konflik dalam pendidikan
b. Peran Komunikasi dalam manajemen konflik
c. Tehnik-tehnik penyelesaian konflik struktural
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
5
06-10-201 9
Hubungan kecerdasan emosional dengan gaya manajemen konflik di Madrasah/ Sekolah
            a.   Sifat Konflik di madrasah/ Sekolah
            b.  Respons penolakan
c.  Gap Interpersonal
d. Refleksiologi Emosional  
e.  Emosi dalam tinjauan psikosufistik
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
6
13-10-2019
Mediasi dan Negosiasi di Sekolah/ Madrasah
a.  Pengertian Mediasi dan Negosiasi
b.  Pentingnya Mediasi dan Negoisasi di  Madrasah/ Sekolah
c.  Hal-hal yang dihindari mediator terhadap konflik di  Madrasah/ Sekolah
d. Langkah-langkah mediasi konflik di Madrasah/ Sekolah
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
7
20-10-2019
Gaya Manajemen Konflik di  Sekolah/ Madrasah
a.  Pengertian tipe-tipe konflik
b.  Gaya Integrating
c.  Gaya Obliging
d. Gaya Dominating
e.  Gaya Avoiding
a.  Gaya Kompromising     
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
8
27-10-2019
U A S


Keterangan:
1.      Metode Perkuliahan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  PAIKEM
§  Praktik

2.      Pendekatan
      a.    Teoritis
   Pendekatan teoritis dilakukan dengan melakukan pemahaman dengan serius tentang konsep dan beberapa teori tokoh tentang manajemen konflik di sekolah/ madrasah       
          b.    Aplikatif
   Diharuskan bagi mahasiswa untuk melakukan kombinasi keilmuan teoritis yang  telah dipelajari dengan  pengalaman akademik dilapangan. 
          c.    Interdispliner
   Menganalisa dengan dua pendekatan keilmuan, baik pendekatan filsafat pendidikan, Sosio-politik, Psikologi agama, manajemen Humas, Politik pendidikan, dan kegamaan (Al-Qur’an dan Sunnah).    

3.      Referensi
          
Al-Qur’an dan Hadits-hadis Soheh
Prof. Dr. Drs. H. Ekawarna, M.Psi. 2018, “ Manajemen Konflik dan Stress”, Jakarta. Bumi Aksara.
Dr. William Hendriks , 2012, “How to Manage Conflict” (Bagaimana Mengelola Konflik) terj,  Arif, Jakarta, Bumi Aksara.  
Rizal Panggabean, 2012,  Manajemen Konflik Berbasis Sekolah; dari Sukma Bangsa untuk Indonesia, Jakarta: PT. Pustaka Alfabet.
Dale Carnagie, 2011, “How to Win Friends and Influence People”, Jakarta, Bina Rupa Aksara Publisher.
Scott M. Cutlip, dkk, 2012, Effective Public Relation, Jakarta, Prenada Media Group.
Hisyam Zaini, dkk, 2008, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta, Pustaka Insan Madani.
Vern Jones dan Louise Jones, 2012, Manajemen Kelas Komprehensif, Jakarta, prenada Media Group.
 Prof. Jalaludin, MA, 2011, Filsafat pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia.  
Paulo Freire, The Politics of Education: Culture, Power and Liberation,Yogyakarta, Read bekerjasama dengan Pustaka Pelajar.
Prof. Dr. M. Sirozi, Ph.D, 2010, Politik Pendidikan, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada. 
Pof. Dr. H. Ramayulis, 2002, Psikologi Agama, Jakarta, Kalam Mulia.
Seluruh buku, jurnal, artikel, dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan disertasi) berbasis online yang berkaitan dengan materi.


4.      Tugas
§   Individu :
a.    Menyusun makalah secara mandiri dengan minimal 10 referensi buku primer dan atau sekunder. 
b.    Makalah disusun minimal 10 halaman dengan ketentuan dua halaman kutipan dilanjutkan dengan satu halaman analisis
c.    Makalah dikumpulkan dalam bentuk soft copy dan hard copy.
   e.    Menyusun reading course setiap pertemuan, contoh format terlampir  
  

5.      Penilaian
§  Kehadiran               30%
§  Tugas/ UAS            50%
§  Partisipasi               20%

6.      Rekomendasi
a. Setiap mahasiswa wajib memiliki buku manajemen konflik minimal Dua buku.
b. Meningkatkan spirit ilmiah dengan membudayakan membaca buku 20 menit setiap hari.

                                             Lempuing Jaya,  Agustus 2019
                                             Dosen Pengampu,




                                            Dr. DARUL ABROR, M.Pd.











Format Reading Course

Hari/Tgl

Pertemuan Ke-

Materi


Uraian Materi
Analisis















Kesimpulan







Pertanyaan




Mengetahui
Dosen Pengampu                                                                                                                                             Mahasiswa



Dr. Darul Abror, M.Pd.                                                                                                    ___________




Ketentuan :
1. Reading course dibuat dengan rapi dengan print book
2. Reading course ditandatangani mahasiswa sebelum di tandatangani dosen pengampu setiap pertemuan
3. Reading course dikumpulkan sebagai prasyarat setiap mengikuti pertemuan kuliah








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen SDM Pendidikan MPI II-IV 24-25

  Mata Kuliah                  :  MANAJEMEN SDM PENDIDIKAN                     Dosen Pengampu        :  Dr.  Darul Abror, M.Pd.      Program...