TABEL KONSEP
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
Mata
Kuliah : Manajemen Konflik
Dosen Pengampu : Dr. Darul Abror, M.Pd.
Program Studi : Manajemen
Pendidikan Islam
Jumlah
SKS : 3 SKS
Semester/Prog : V (Lima)
Tahun Akademik : 2019/ 2020
Waktu :
13.45 – 15.00 Wib
Program : B
NO
|
TANGGAL
|
MATERI
|
Ket
|
1
|
08-09-2019
|
Pengantar Perkuliahan dan Transaksi perkuliahan
|
Dosen Pengampu
|
2
|
15-09-2019
|
Konsep Dasar Konflik
a. Pengertian konflik
b. Bentuk dan Sumber Konflik
c. Jenis-jenis Konflik
d. Konflik dalam perspektif al-Qur’an
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
3
|
22-09-2019
|
Penyebab dan dampak Konflik di Madrasah/
Sekolah
a. Penyebab Konflik
b. Dampak Konflik
c. Stress (Pengertian dan faktor yang
memengaruhinya)
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
4
|
29-09-2019
|
Manajemen konflik dalam pendidikan
a. Pengertian manajemen konflik dalam
pendidikan
b. Peran Komunikasi dalam manajemen konflik
c. Tehnik-tehnik penyelesaian konflik
struktural
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
5
|
06-10-201 9
|
Hubungan
kecerdasan emosional dengan gaya manajemen konflik di Madrasah/ Sekolah
a. Sifat Konflik di madrasah/ Sekolah
b. Respons penolakan
c. Gap Interpersonal
d. Refleksiologi Emosional
e. Emosi dalam tinjauan psikosufistik
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
6
|
13-10-2019
|
Mediasi dan Negosiasi di Sekolah/ Madrasah
a. Pengertian Mediasi dan Negosiasi
b. Pentingnya Mediasi dan Negoisasi di Madrasah/ Sekolah
c. Hal-hal yang dihindari mediator terhadap
konflik di Madrasah/ Sekolah
d. Langkah-langkah mediasi konflik di
Madrasah/ Sekolah
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
7
|
20-10-2019
|
Gaya Manajemen Konflik di Sekolah/ Madrasah
a. Pengertian tipe-tipe konflik
b. Gaya Integrating
c. Gaya Obliging
d. Gaya Dominating
e. Gaya Avoiding
a. Gaya Kompromising
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
8
|
27-10-2019
|
U A S
|
Keterangan:
1. Metode Perkuliahan
§ Diskusi
§ Tanya Jawab
§ PAIKEM
§ Praktik
2. Pendekatan
a. Teoritis
Pendekatan teoritis dilakukan dengan melakukan pemahaman dengan serius
tentang konsep dan beberapa teori tokoh tentang manajemen konflik di sekolah/
madrasah
b. Aplikatif
Diharuskan bagi mahasiswa untuk melakukan kombinasi keilmuan teoritis
yang telah dipelajari dengan pengalaman akademik dilapangan.
c. Interdispliner
Menganalisa dengan dua pendekatan keilmuan, baik pendekatan filsafat
pendidikan, Sosio-politik, Psikologi agama, manajemen Humas, Politik pendidikan,
dan kegamaan (Al-Qur’an dan Sunnah).
3. Referensi
Al-Qur’an dan Hadits-hadis Soheh
Prof. Dr. Drs. H.
Ekawarna, M.Psi. 2018, “ Manajemen Konflik dan Stress”, Jakarta. Bumi Aksara.
Dr. William
Hendriks , 2012, “How to Manage Conflict” (Bagaimana Mengelola Konflik) terj, Arif, Jakarta, Bumi Aksara.
Rizal Panggabean,
2012, Manajemen Konflik Berbasis Sekolah; dari
Sukma Bangsa untuk Indonesia, Jakarta: PT. Pustaka Alfabet.
Dale Carnagie,
2011, “How to Win Friends and Influence People”, Jakarta, Bina Rupa
Aksara Publisher.
Scott M. Cutlip,
dkk, 2012, Effective Public Relation, Jakarta, Prenada Media
Group.
Hisyam Zaini, dkk,
2008, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta, Pustaka Insan
Madani.
Vern Jones dan
Louise Jones, 2012, Manajemen Kelas Komprehensif, Jakarta, prenada Media Group.
Prof.
Jalaludin, MA, 2011, Filsafat pendidikan Islam, Jakarta, Kalam
Mulia.
Paulo Freire, The
Politics of Education: Culture, Power and Liberation,Yogyakarta, Read bekerjasama
dengan Pustaka Pelajar.
Prof. Dr. M.
Sirozi, Ph.D, 2010, Politik Pendidikan, Jakarta, PT. Raja Grafindo
Persada.
Pof. Dr. H.
Ramayulis, 2002, Psikologi Agama, Jakarta, Kalam Mulia.
Seluruh buku,
jurnal, artikel, dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan disertasi) berbasis
online yang berkaitan dengan materi.
4. Tugas
§
Individu :
a.
Menyusun makalah secara mandiri dengan minimal 10 referensi buku primer
dan atau sekunder.
b.
Makalah disusun minimal 10 halaman dengan ketentuan dua halaman kutipan dilanjutkan dengan satu halaman analisis
c.
Makalah dikumpulkan dalam bentuk soft copy dan hard copy.
e. Menyusun
reading course setiap pertemuan, contoh format terlampir
5.
Penilaian
§ Kehadiran 30%
§ Tugas/ UAS 50%
§ Partisipasi 20%
6. Rekomendasi
a. Setiap mahasiswa wajib memiliki buku
manajemen konflik minimal Dua buku.
b. Meningkatkan spirit ilmiah dengan
membudayakan membaca buku 20 menit setiap hari.
Lempuing Jaya, Agustus 2019
Dosen Pengampu,
Dr. DARUL ABROR, M.Pd.
Lempuing Jaya, Agustus 2019
Dosen Pengampu,
Dr. DARUL ABROR, M.Pd.
Format Reading Course
Hari/Tgl
|
|
Pertemuan Ke-
|
|
Materi
|
|
Uraian Materi
|
|
Analisis
|
|
Kesimpulan
|
|
Pertanyaan
|
Mengetahui
Dosen Pengampu Mahasiswa
Dr. Darul Abror, M.Pd. ___________
Ketentuan :
1.
Reading course dibuat dengan rapi dengan print book
2.
Reading course ditandatangani mahasiswa sebelum di tandatangani dosen
pengampu setiap pertemuan
3.
Reading course dikumpulkan sebagai prasyarat setiap mengikuti pertemuan
kuliah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar