KERANGKA
KONSEP
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
Mata Kuliah :
Perencanaan Pembelajaran
Program
Studi : PGMI
Jumlah SKS :
3 SKS
Semester/ Prog : III (Tiga) / Reguler
Dosen Pengampu : Dr.
Darul Abror, M.Pd.
Tahun Akademik : 2019/ 2020
Hari : Selasa
Waktu
: 15.45-17.10 Wib
NO
|
TANGGAL
|
MATERI
|
Ket
|
1
|
03-09-2019
|
Pengantar dan Transaksi Perkuliahan
|
Dosen Pengampu
|
2
|
10-09-2019
|
Konsep Dasar Perencanaan
Pembelajaran
a.
Definisi Perencanaan dan
Pembelajaran
b.
Dasar Perlunya Perencanaan
Pembelajaran
c.
Prinsip-prinsip umum tentang
mengajar
d.
Tipe-tipe Belajar
|
Dosen Pengampu
|
3
|
17-09-2019
|
Pendekatan Sistem dalam Kegiatan
Pembelajaran
a.
Pengertian dan Tujuan Sistem
Pembelajaran
b.
Fungsi Sistem dan
komponen Pembelajaran
c.
Tiga Variabel dalam
pembelajaran
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
4
|
24-09-2019
|
Tujuan Pembelajaran
a.
Pengertian tujuan
Pembelajaran
b.
Taksonomi Tujuan Pembelajaran
c.
Format untuk menulis tujuan
Pembelajaran
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
5
|
01-10-2019
|
Teori-Teori Pembelajaran dalam
desain Pembelajaran
a.
Teori Behaviorisme
b.
Teori Kognitisme
c.
Teori Konstruktifisme
d.
Teori Humanisme
e.
Teori Gestalt
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
6
|
08-10-2019
|
Model Perencanaan Pembelajaran
a.
Pengertian Model
Perencanaan Pembelajaran
b.
Model Dick dan Carrey
c.
Model Kemp
d.
Model Assure
e.
Model Addie
f.
Model Digital
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
7
|
15-10-2019
|
Faktor Emosional Anak dan Karakteristik siswa dalam Perencanaan Pembelajaran
a.
Konsep Dasar Emosional
b.
EQ dan IQ
c.
Emosi dalam tinjauan psikologi dan
agama
d.
Empati dan kepedulian kepada anak
e.
Karakteristik
Siswa dalam tinjauan psikologi pendidikan
f.
Karakteristik
Siswa dalam tinjauan teknologi pendidikan
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
8
|
22-10-2019
|
Hari
Santri Nasional
|
|
9
|
29-10-2019
|
U T S
|
|
10
|
05-11-2019
|
Merancang Evaluasi Pembelajaran
a.
Pengertian Evaluasi
Pembelajaran
b.
Pengukuran, penilaian dan
pengevaluasian hasil belajar
c.
Fungsi ujian sebagai instrumen
evaluasi
d.
Kriteria dan beberapa konsep
tentang evaluasi
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
11
|
12-11-2019
|
Kurikulum 2013
a. Pengertian kurikulum 2013
b. Landasan dan Tujuan pengembangan kuriulum 2013
c. Prinsip dan tingkat pengembangan kurikulum 2013
d. Struktur Kurikulum
e. Kalender Pendidikan
f. Kelemahan dan keuggulan kurikulum 2013
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
12
|
19-11-2019
|
Merancang Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP)
a. Pengertian dan tujuan RPP
b.
Petunjuk Pengisian Format RPP
1.
Satuan Pendidikan
2.
Kompetensi Inti (KI)
3.
Kompetensi Dasar (KD) & Indikator
4.
Tujuan Pembelajaran
5.
Kegiatan Pembelajaran
6.
Sumber, Alat dan Media Pembelajaran
7.
Materi Pembelajaran
8.
Metode Pembelajaran
9.
Penilaian Pembelajaran
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
13
|
26-11-2019
|
Praktik Penyusunan dan Presentasi
RPP
a. Penyusunan secara mandiri
b. Presentasi dan diskusi secara mandiri
c. Revisi atau diterima
d. Penilaian oleh
dosen pengampu
|
Dosen dan Mahasiswa
|
14
|
03-12-2019
|
Merancang PROTA dan PROMES
a. Pengertian Prota dan Promes
b. Tujuan dan Kegunaan Prota dan Promes
c.
Petunjuk Pengisian Prota dan
Promes
1. Prota
2.
Promes
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
15
|
10-12-2019
|
Praktik Penyusunan dan Presentasi
PROTA Dan PROMES
a. Penyusunan secara mandiri
b. Presentasi dan diskusi secara mandiri
c. Revisi atau diterima
d. Penilaian oleh dosen
pengampu
|
Dosen dan Mahasiswa
|
16
|
02-12-2019
|
Waktu Cadangan
|
Diskusi
|
17
|
17-12-2019
|
Evaluasi Materi
|
Diskusi
|
18
|
31-12-2019
|
UAS
|
Keterangan:
1. Metode Perkuliahan
§ Diskusi
§ Tanya Jawab
§ PAIKEM
§ Praktik/ Reseach
2. Pendekatan
a. Teoritis
Pendekatan teoritis dilakukan dengan
melakukan pemahaman dengan serius tentang konsep manajemen kurikulum,
b.
Aplikatif
Diharuskan bagi mahasiswa untuk melakukan
kombinasi keilmuan teoritis yang telah dipelajari dengan pengalaman akademik dilapangan.
c.
Interdispliner
Menganalisa dengan dua pendekatan keilmuan
yang relevan dengan fokus kajian, baik
pendekatan filosofis, Sosiologis, Historis, Psikologis, manajemen, Politik
pendidikan, dan kegamaan (Al-Qur’an dan l-Sunnah) tentang materi yang
dikaji.
3. Referensi
Primer :
Al-Qur’an dan Hadits-Hadits shoheh
Prof. Dr. Hamzah
B. Uno,M.Pd., 2008, Perencanaan Pembelajaran, Jakarta, Bumi
Aksara.
R. Ibrahim dan Nana., 2009” “
Perencanaan Pengajaran”, Jakarta. Rineka Cipta.
Dr. Martin. M.Pd., 2013.
“Perencanaan Pendidikan” Jakarta: PT. Raja Grafindo persada.
Prof. Made Pidarta., 2015” “
Perencanaan Pendidikan Partisipatori”, Jakarta. Rineka Cipta.
Dr. Rusman, M.Pd, 2012, Manajemen Kurikulum, Jakarta: PT. Raja Grafindo
persada.
Prof. Dr. H.E. Mulyasa, M.Pd,
2013, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum
2013, Bandung, Rosda.
Syaikh Fuhaim Mustofa, 2009,
Kurikulum Pendidikan Anak Muslim, (terj, wafi Marzuki,) Surabaya, Elba.
Sekunder :
Prof. Drs. Sumardi
Suryabrata, BA, MA, Eds, Ph.D. 2015. “ Psikologi Pendidikan” Jakarta. Raja
Grafindo Persada.
Prof. Jalaludin,
MA, 2011, Filsafat pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia.
Seluruh buku, jurnal, artikel,
dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan disertasi) berbasis online yang berkaitan
dengan materi.
4. Tugas
§ Individu :
a. Menyusun
makalah secara mandiri dengan minimal 15 referensi & 15 Halaman
b. Makalah ditulis dengan satu
halaman kutipan dilanjutkan dengan satu halaman analisis.
c. Makalah dikumpulkan dalam bentuk soft copy
(Wa/Email) dan hard copy.
d. Menyusun Tugas
Individu (Reading Course) setiap kali pertemuan
§ Komitmen Presentasi:
a. Presentasi dilakukan tanpa teks
b. Presentasi diupayakan menggunakan LCD, dll
c. Presentator
menjawab atas dasar konsep
dan teori dengan sumber bacaan lain serta deep
analisys
5.
Penilaian
§ Kehadiran 20%
§ UTS 20%
§ UAS 25%
§ Tugas 20%
§ Partisipasi 15%
6. Rekomendasi
a. Setiap mahasiswa wajib memiliki minimal DUA buku tentang Manajemen Kurikulum.
b. Meningkatkan spirit ilmiah dengan
membudayakan membaca 20 MENIT/ hari.
Lempuing Jaya, Agustus 2019
Dosen Pengampu,
Dr. DARUL ABROR, M.Pd.
CONTOH FORMAT READING COURSE
Hari/Tgl
|
|
Pertemuan Ke-
|
|
Materi
|
|
Uraian Materi
|
|
Analisis
|
|
Kesimpulan
|
|
Pertanyaan
|
|
Mengetahui
Dosen Pengampu Mahasiswa
Dr. Darul Abror, M.Pd. _______________________
NIDN : 2128048601 NIM:
Ketentuan Reading course :
1. Reading course ditulis tangan dan dibuat dengan rapi dengan print book models
2. Reading course ditandatangani mahasiswa sebelum di
tandatangani dosen pengampu setiap pertemuan
3. Reading
course dikumpulkan sebagai prasyarat mengikuti setiap materi pertemuan.






Tidak ada komentar:
Posting Komentar