Halaman

Sabtu, 07 September 2019

Kerangka RPS Strategi Belajar Mengajar PGMI-III A 19-20 Ganjil




KERANGKA KONSEP
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

Mata Kuliah                   : STRATEGI BELAJAR MENGAJAR               
Dosen Pengampu           : Dr. Darul Abror, M.Pd.
Program Studi                : PGMI
Jumlah SKS                    : 2 SKS                                                                   
Semester                         : III  (Tiga)
Program                          : Regular-A
Hari                                 : Minggu                                                             
Waktu                              : 15.00 – 16.15 Wib.
Tahun Akademik             : 2019/2020

NO
TANGGAL
MATERI
KET
1.        
08-09-2019
Pengantar perkuliahan  dan Transaksi perkuliahan
Penjelasan Dosen
2.        
15-09-2019
Konsep dasar Stategi Belajar Mengajar
Penjelasan Dosen
3.        
22-09-2019
Ruang lingkup Strategi belajar dan pembelajaran
              a.       Pengertian strategi belajar mengajar
              b.       Ciri-ciri, proses dan tujuan belajar
c.       Ruang lingkup Kompetensi lulusan
           d.       Formulasi Tujuan menuju Indikator pembelajaran
Penjelasan Dosen
4.        
29-09-2019
Strategi pengorganisasian dan pengelolaan Pembelajaran
a. Teori Elaborasi (Pengertiaan, komponen dankarakteristik)
              b.       Strategi pengelolaan motivasional
              c.       Kluster-kluster kecerdasan
              d.       Tiga kriteria siswa pintar
Presentasi  dan Diskusi Mahasiswa
5.        
06-10-20    19 
             Strategi pembelajaran pemecahan masalah
              a.       Pengertian
              b.       Taksonomi dan model peta pemecahan masalah
c.       Strategi pemecahan masalah solso,
d.       Strategi pemecahan masalah wankat
e.       Strategi pemecahan masalah oreovocz
f.     Strategi pemecahan masalah sistematis
Presentasi  dan Diskusi Mahasiswa
6.        
13-10-2019
Strategi Mengajar kecerdasan linguistik
              a.       Bercerita
              b.      Tebak kata
              c.       Menulis
              d.      Tebak kata
              e.      Menulis imajinatif
              f.        Tekateki silang
Presentasi  dan Diskusi Mahasiswa
7.        
20-10-2019
Strategi Mengajar kecerdasan Logis matematis
              a.       Pengertian
              b.      Pengamatan dan discovering
              c.       Problem Solving dan Identifikasi
             d.      Komparasi dan tebak angka
              e.      Analogi dan tebak logis
Presentasi  dan Diskusi Mahasiswa
8.        
27-10-2019
UTS
UTS
9.        
03-11-2019
Strategi Mengajar Spasial-Visual
              a.       Strategi Mind Mapp
              b.      Tulisan dengan tangan dan pasir
              c.       Menulis di udara
              d.      Membaca Peta
              e.      Movie Learning
              f.        Tebak angka dalam warna
              g.       Flas Card
Presentasi  dan Diskusi Mahasiswa
10.     
06-11-2019
Strategi Mengajar Kecerdasan Musik
              a.      Parodi
              b.      Konser
              c.       Games tebak Bunyi
              d.      Bernyanyi
Presentasi  dan Diskusi Mahasiswa
11.     
13-11-2019
Strategi Mengajar Kecerdasan Kinestetik
              a.      Jawaban Stik
              b.      memancing Ikan
              c.       Gerakan kreatif
               d.      Bermain Peran
               e.      Lekukan Geometri
Presentasi  dan Diskusi Mahasiswa
12.     
17-11-2019
Strategi Mengajar Kecerdasan Interpersonal 
              a.      Kerja Kelompok
              b.      Kartu Soal
              c.       Memberi dan menerima
              d.      Jigsaw
              e.      Cerdas Cermat berantai
Presentasi  dan Diskusi Mahasiswa
13.     
24-11-2019
Strategi Mengajar Kecerdasan intrapersonal
              a.      Games siapa saya
              b.      Pertanyaan dimulai dari siswa
              c.       Mengenal Tokoh
              d.      Kontrak Nilai
              e.      Manipulasi Identitas 
Presentasi  dan Diskusi Mahasiswa
14.     
31-11-2019
Strategi Mengajar Kecerdasan naturalis
             a.      Tebak suara hewan
              b.      Identifikasi tumbuhan
              c.       Matematika daun
              d.      Karyawisata
Presentasi  dan Diskusi Mahasiswa
15.     
08-12-2019
Waktu Cadangan

16.     
15-12-2019
Evaluasi Pembelajaran
Diskusi
17.    
29-12-2019
UAS
UAS

Keterangan:
1.       Metode Perkuliahan
§  Brainstorming
§  Diskusi
§  Praktik
2.       Tugas
§   Individu :
A. Menyusun reading course sebagai syarat setiap pertemuan kuliah.
B. Menyusun makalah sesuai sub tema masing-masing
    - Makalah disusun minimal 10 referensi buku primer dan atau sekunder. 
    - Makalah ditulis dengan 3 paragraf kutipan dilanjutkan dengan 1 paragraf  analisis.
    - Setiap presentasi mahasiswa di upayakan menggunakan media pembelajaran (LCD,dll)
    - Makalah dikumpulkan dalam bentuk soft copy (Wa group/Email) dan hard copy.
    - Makalah disusun minimal 10 halaman.
C. Memiliki buku tentang manajemen Strategi Mengajar minimal 2 buku.
3.       Referensi
Primer:
Al-qur’an dan hadist sohih
Alamsyah Said dan Andi Budimanjaya. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelegences, Mengajar sesuai gaya otak dan belajar siswa”.   Jakarta: Prenadamedia Group.
Dra. Roestiyah NK. 2012. “Strategi Belajar Mengajar”.  Jakarta: Rineka Cipta.
Made Wena. 2014. “Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Suatu tinjauan konseptual operasional”. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dr. E. Kosasih, M.Pd. 2018. “Strategi Belajar dan pembelajaran, Implementasi kurikulum 2013”.  Bandung: Yrama Wedya.
Sekunder:
Iriantara, Yosal.2012. Manajemen Strategis Public Relation. Jakarta: Ghalia Indonesia .
Cutlip dkk,2011. Effective Public Relation. Jakarta: Prenadamedia Group. 
Keith Butterick. 2014. “Pengantar Public Relation, Teori dan Praktik”. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Ubedy, AN, 2009. 15 Tips Jitu sukses membangun hubungan dan karier. Jakarta: Kinza Books.
Seluruh sumber online berbasis reseach (penelitian), baik pada jurnal, skripsi, tesis, disertasi dan artikel dari akun resmi.

4.       Penilaian
§  Kehadiran            20%
§  UAS   & UTS     20%
§  Tugas                  50%
§  Partisipasi           20%
Lempuing Jaya,    Agustus  2019
Dosen Pengampu,



Dr. DARUL ABROR, M.Pd.
NIDN : 21228048601


Format Reading Course

Hari/Tgl

Pertemuan Ke-

Materi


Uraian Materi
Analisis















Kesimpulan







Pertanyaan




Mengetahui
Dosen Pengampu                                                                                 Mahasiswa
                                                                                                                       


Dr. Darul Abror, M.Pd.                                                                     ______________



Ketentuan :
1. Reading course dibuat dengan rapi dengan print book
2. Reading course ditandatangani mahasiswa sebelum di tandatangani dosen pengampu setiap pertemuan
3. Reading course dikumpulkan sebagai prasyarat untuk mengikuti setiap pertemuan kuliah



























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen SDM Pendidikan MPI II-IV 24-25

  Mata Kuliah                  :  MANAJEMEN SDM PENDIDIKAN                     Dosen Pengampu        :  Dr.  Darul Abror, M.Pd.      Program...