KERANGKA KONSEP
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
Mata Kuliah : STRATEGI
BELAJAR MENGAJAR
Dosen Pengampu : Dr. Darul Abror, M.Pd.
Program Studi : PGMI
Jumlah SKS : 2 SKS
Semester : III (Tiga)
Program : Regular-A
Hari :
Minggu
Waktu :
15.00 – 16.15 Wib.
Tahun Akademik : 2019/2020
NO
|
TANGGAL
|
MATERI
|
KET
|
1.
|
08-09-2019
|
Pengantar
perkuliahan dan Transaksi perkuliahan
|
Penjelasan Dosen
|
2.
|
15-09-2019
|
Konsep dasar Stategi Belajar Mengajar
|
Penjelasan Dosen
|
3.
|
22-09-2019
|
Ruang
lingkup Strategi belajar dan pembelajaran
a. Pengertian
strategi belajar mengajar
b. Ciri-ciri,
proses dan tujuan belajar
c.
Ruang lingkup Kompetensi lulusan
d. Formulasi
Tujuan menuju Indikator pembelajaran
|
Penjelasan Dosen
|
4.
|
29-09-2019
|
Strategi
pengorganisasian dan pengelolaan Pembelajaran
a. Teori Elaborasi (Pengertiaan, komponen dankarakteristik)
b. Strategi
pengelolaan motivasional
c. Kluster-kluster kecerdasan
d. Tiga kriteria siswa pintar
|
Presentasi dan Diskusi Mahasiswa
|
5.
|
06-10-20 19
|
Strategi pembelajaran pemecahan masalah
a.
Pengertian
b.
Taksonomi dan model
peta pemecahan masalah
c.
Strategi pemecahan
masalah solso,
d.
Strategi pemecahan
masalah wankat
e.
Strategi pemecahan
masalah oreovocz
f. Strategi pemecahan
masalah sistematis
|
Presentasi dan Diskusi Mahasiswa
|
6.
|
13-10-2019
|
Strategi Mengajar kecerdasan linguistik
a. Bercerita
b. Tebak kata
c. Menulis
d. Tebak
kata
e. Menulis imajinatif
f.
Tekateki silang
|
Presentasi dan Diskusi Mahasiswa
|
7.
|
20-10-2019
|
Strategi Mengajar kecerdasan Logis matematis
a. Pengertian
b. Pengamatan
dan discovering
c. Problem
Solving dan Identifikasi
d. Komparasi
dan tebak angka
e. Analogi
dan tebak logis
|
Presentasi dan Diskusi Mahasiswa
|
8.
|
27-10-2019
|
UTS
|
UTS
|
9.
|
03-11-2019
|
Strategi Mengajar
Spasial-Visual
a. Strategi Mind Mapp
b. Tulisan dengan tangan dan pasir
c. Menulis di udara
d. Membaca Peta
e. Movie Learning
f.
Tebak angka dalam warna
g. Flas Card
|
Presentasi dan Diskusi Mahasiswa
|
10.
|
06-11-2019
|
Strategi Mengajar
Kecerdasan Musik
a. Parodi
b. Konser
c. Games tebak Bunyi
d. Bernyanyi
|
Presentasi dan Diskusi Mahasiswa
|
11.
|
13-11-2019
|
Strategi Mengajar
Kecerdasan Kinestetik
a. Jawaban Stik
b. memancing Ikan
c. Gerakan kreatif
d. Bermain Peran
e. Lekukan Geometri
|
Presentasi dan Diskusi Mahasiswa
|
12.
|
17-11-2019
|
Strategi Mengajar
Kecerdasan Interpersonal
a. Kerja Kelompok
b. Kartu Soal
c. Memberi dan menerima
d. Jigsaw
e. Cerdas Cermat berantai
|
Presentasi dan Diskusi Mahasiswa
|
13.
|
24-11-2019
|
Strategi Mengajar
Kecerdasan intrapersonal
a. Games siapa saya
b. Pertanyaan dimulai dari siswa
c. Mengenal Tokoh
d. Kontrak Nilai
e. Manipulasi Identitas
|
Presentasi dan Diskusi Mahasiswa
|
14.
|
31-11-2019
|
Strategi Mengajar
Kecerdasan naturalis
a. Tebak suara hewan
b. Identifikasi tumbuhan
c. Matematika daun
d. Karyawisata
|
Presentasi dan Diskusi Mahasiswa
|
15.
|
08-12-2019
|
Waktu Cadangan
|
|
16.
|
15-12-2019
|
Evaluasi Pembelajaran
|
Diskusi
|
17.
|
29-12-2019
|
UAS
|
UAS
|
Keterangan:
1.
Metode Perkuliahan
§ Brainstorming
§ Diskusi
§ Praktik
2.
Tugas
§
Individu :
A. Menyusun reading course sebagai syarat setiap pertemuan kuliah.
B. Menyusun makalah sesuai sub tema
masing-masing
- Makalah disusun minimal 10 referensi buku primer dan atau sekunder.
- Makalah ditulis dengan 3 paragraf kutipan dilanjutkan dengan 1 paragraf analisis.
- Setiap presentasi mahasiswa di upayakan menggunakan media
pembelajaran (LCD,dll)
- Makalah dikumpulkan dalam bentuk soft copy (Wa group/Email)
dan hard copy.
- Makalah
disusun minimal 10 halaman.
C. Memiliki buku tentang manajemen Strategi Mengajar minimal 2 buku.
3.
Referensi
Primer:
Al-qur’an dan hadist sohih
Alamsyah
Said dan Andi Budimanjaya. 2015. “95 Strategi Mengajar Multiple Intelegences, Mengajar sesuai gaya
otak dan belajar siswa”. Jakarta: Prenadamedia Group.
Dra.
Roestiyah NK. 2012. “Strategi Belajar
Mengajar”. Jakarta: Rineka Cipta.
Made
Wena. 2014. “Strategi Pembelajaran
Inovatif Kontemporer, Suatu tinjauan konseptual operasional”. Jakarta: PT
Bumi Aksara.
Dr. E.
Kosasih, M.Pd. 2018. “Strategi Belajar
dan pembelajaran, Implementasi kurikulum 2013”. Bandung: Yrama Wedya.
Sekunder:
Iriantara, Yosal.2012. “Manajemen Strategis Public Relation”. Jakarta: Ghalia Indonesia .
Cutlip dkk,2011. Effective Public Relation.
Jakarta: Prenadamedia Group.
Keith
Butterick. 2014. “Pengantar Public
Relation, Teori dan Praktik”. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Ubedy, AN, 2009. “15 Tips Jitu
sukses membangun hubungan dan karier”. Jakarta: Kinza
Books.
Seluruh sumber online berbasis reseach (penelitian), baik
pada jurnal, skripsi, tesis, disertasi dan artikel dari akun resmi.
4.
Penilaian
§ Kehadiran 20%
§ UAS & UTS 20%
§ Tugas 50%
§ Partisipasi 20%
Lempuing Jaya, Agustus 2019
Dosen Pengampu,
Dr. DARUL ABROR, M.Pd.
NIDN : 21228048601
Format Reading Course
Hari/Tgl
|
|
Pertemuan Ke-
|
|
Materi
|
|
Uraian
Materi
|
|
Analisis
|
|
Kesimpulan
|
|
Pertanyaan
|
Mengetahui
Dosen Pengampu Mahasiswa
Dr. Darul Abror, M.Pd. ______________
Ketentuan :
1.
Reading course
dibuat dengan rapi dengan print book
2.
Reading course
ditandatangani mahasiswa sebelum di tandatangani dosen pengampu setiap pertemuan
3. Reading course dikumpulkan sebagai prasyarat untuk mengikuti setiap pertemuan kuliah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar