KERANGKA
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
Mata Kuliah : Manajemen Kurikulum
Program
Studi
: Manajemen
Pendidikan Islam
Jumlah SKS : 3
SKS
Semester : III (Tiga)
Dosen Pengampu : Dr. Darul Abror, M.Pd.
Tahun Akademik : 2019/2020
Waktu : 09.15-10.30 Wib.
Program :
B
NO
|
TANGGAL
|
MATERI
|
KET
|
1
|
01-09-2019
|
Pengantar Perkuliahan & Transaksi Perkuliahan
|
Dosen Pengampu
|
2
|
08-09-2019
|
Konsep Dasar Manajemen Kurikulum dalam sistem pendidikan
Nasional
a. Pengertian Sistem
Pendidikan Nasional
b. Delapan Standar Nasional pendidikan
c. Komponen-komponen yang mempengaruhi tercapainya
tujuan pendidikan Nasional
d. Pengertian dan prinsip manajemen kurikulum
e. Peran dan fungsi
manajemen kurikulum
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
3
|
15-09-2019
|
Peran Kepala Sekolah/ Madrasah dalam
Manajemen Kurikulum
a. Peran kepala Sekolah/ Madrasah
b. Tugas Kepala
Sekolah/ Madrasah
c. Mengukur Kinerja
kepala Sekolah/ Madrasah
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
4
|
22-09-2019
|
Perencanaan Kurikulum
a. Pengertian dan
Tujuan Perencanaan kurikulum
b. Landasan
perencanaan kurikulum
c. Pengembangan Kurikulum
d. Model perencanaan
/ desain kurikulum
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
5
|
29-09-2019
|
Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
a. Pengertian dan tujuan RPP
b.
Petunjuk Pengisian Format RPP
1.
Satuan Pendidikan
2.
Kompetensi Inti (KI)
3.
Kompetensi Dasar (KD) & Indikator
4.
Tujuan Pembelajaran
5.
Kegiatan Pembelajaran
6.
Sumber, Alat dan Media Pembelajaran
7.
Materi Pembelajaran
8.
Metode Pembelajaran
9. Penilaian Pembelajaran
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
+
Tugas Seluruh Mahasiswa
|
6
|
06-10-2019
|
Implementasi/ Pelaksanaan kurikulum
a.
Pengertian implementasi/ Pelaksanaan kurikulum
b. Model implementasi/
Pelaksanaan kurikulum
c. Standar Proses
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
7
|
13-10-2019
|
Evaluasi Kurikulum
a. Pengertian dan
tujuan evaluasi kurikulum
b. Peran evaluasi
kurikulum
c. Model evaluasi
kurikulum
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
8
|
20-10-2019
|
Evaluasi Materi & Waktu Cadangan
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
|
9
|
27-10-2019
|
UAS
|
|
Keterangan:
1. Metode Perkuliahan
§ Diskusi
§ Tanya Jawab
§ PAIKEM
2. Pendekatan
a. Teoritis
Pendekatan teoritis dilakukan dengan melakukan pemahaman dengan serius
tentang konsep manajemen kurikulum,
b. Aplikatif
Diharuskan bagi mahasiswa untuk melakukan kombinasi keilmuan teoritis
yang telah dipelajari dengan pengalaman
akademik dilapangan.
c. Interdispliner
Menganalisa dengan dua pendekatan keilmuan, baik pendekatan filosofis
pendidikan, Sosio politik, Psikologi agama, manajemen pendidikan, Politik
pendidikan, dan kegamaan (Al-Qur’an dan l-Sunnah) tentang materi yang
dikaji.
3. Referensi
Primer
:
Al-Qur’an
dan Hadits-Hadits shoheh
Dr. Teguh
Triwiyanto, M.Pd.I , 2015, Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta, Bumi
Aksara.
Dr. Rusman, M.Pd,
2012, Manajemen Kurikulum, Jakarta: PT. Raja Grafindo
persada.
Prof. Dr. H.E.
Mulyasa, M.Pd, 2013, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung, Rosda.
Syaikh Fuhaim
Mustofa, 2009, Kurikulum Pendidikan Anak Muslim, (terj, wafi Marzuki,)
Surabaya, Elba.
Dr. E. Kosasih, M.Pd., “Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013”,
Buku Penunjang, 2018
Sekunder :
Prof. Jalaludin,
MA, 2011, Filsafat pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia.
Dr. Abdullah
Aly,M.Ag, 2011, Pendidikan
Islam Multikultural di pesantren “Tela’ah terhadap kurikulum pesantren modern Islam Assalam Surakarat” Yogyakarta:
Pustaka Setia.
Dr. Heri Gunawan,
M.Ag. 2012. Kurikulum dan pembelajaran pendididkan agama
Islam, Bandung,
Alfabeta.
Buku pedoman KKN TERPADU STAI AS-SHIDDIQIYAH 2015
Seluruh buku,
jurnal, artikel, dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan disertasi) berbasis
online yang berkaitan dengan materi.
4. Tugas
§ Individu :
a.
Menyusun makalah secara mandiri
- Makalah disusun minimal 10
referensi buku primer dan atau
sekunder.
- Makalah ditulis dengan 3 paragraf kutipan dilanjutkan dengan 1 paragraf analisis.
- Setiap presentasi mahasiswa di upayakan menggunakan media pembelajaran (LCD,dll)
- Makalah dikumpulkan dalam bentuk soft copy (Wa group/Email) dan hard
copy.
- Makalah disusun minimal 10 halaman.
b. Menyusun Reading Course setiap kali pertemuan, contoh format
terlampir.
c. Membuat RPP, Prota, Promes dan Kalender
Pendidikan Madrasah.
5.
Penilaian
§ Kehadiran 20%
§ UTS 15%
§ UAS 20%
§ Tugas 30%
§ Partisipasi 15%
6. Rekomendasi
a. Setiap mahasiswa wajib memiliki minimal DUA buku tentang Manajemen Kurikulum.
b. Meningkatkan spirit ilmiah dengan
membudayakan membaca 20 MENIT/ hari.
Lempuing Jaya, 20 Agustus 2019
Dosen Pengampu,
Dr. DARUL ABROR, M.Pd.
Format Reading Course
Hari/Tgl
|
|
Pertemuan Ke-
|
|
Materi
|
|
|
|
Uraian Materi
|
|
Analisis
|
|
Kesimpulan
|
|
Pertanyaan
|
|
Mengetahui
Dosen Pengampu Mahasiswa
Dr. Darul Abror, M.Pd. ___________
Ketentuan :
1.
Reading course dibuat dengan rapi dengan print book
2.
Reading course di cek dan ditandatangani setiap pertemuan oleh dosen
pengampu
3.
Reading course dikumpulkan sebagai prasyarat mengikuti materi tiap
pertemuan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar