Halaman

Sabtu, 07 September 2019

Kerangka RPS Manajemen Kurikulum MPI-III B 19-20 ganjil




KERANGKA
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)



Mata Kuliah                : Manajemen Kurikulum                      
Program Studi             : Manajemen Pendidikan Islam
Jumlah SKS                 : 3 SKS                                                             
Semester                      : III (Tiga)
Dosen Pengampu         : Dr. Darul Abror, M.Pd.                    
Tahun Akademik         : 2019/2020
Waktu                           : 09.15-10.30 Wib.                            
Program                        : B  

NO
TANGGAL
MATERI
KET
1
01-09-2019
Pengantar Perkuliahan & Transaksi Perkuliahan
Dosen Pengampu
2
08-09-2019
Konsep Dasar Manajemen Kurikulum dalam sistem pendidikan Nasional
a. Pengertian Sistem Pendidikan Nasional
b. Delapan Standar Nasional pendidikan
c. Komponen-komponen yang mempengaruhi tercapainya tujuan pendidikan  Nasional
d. Pengertian dan prinsip manajemen kurikulum
e. Peran dan fungsi manajemen kurikulum
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
3
15-09-2019
Peran Kepala Sekolah/ Madrasah dalam Manajemen Kurikulum
a.      Peran  kepala Sekolah/ Madrasah
b.      Tugas Kepala Sekolah/ Madrasah
c.      Mengukur Kinerja kepala Sekolah/ Madrasah
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
4
22-09-2019
Perencanaan  Kurikulum    
a.      Pengertian dan Tujuan Perencanaan kurikulum
b.      Landasan perencanaan kurikulum
c.      Pengembangan Kurikulum
d.      Model perencanaan / desain kurikulum
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
5
29-09-2019
Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
a.     Pengertian dan tujuan RPP
b.     Petunjuk Pengisian Format RPP
1.      Satuan Pendidikan 
2.      Kompetensi Inti (KI)
3.      Kompetensi Dasar (KD) & Indikator
4.      Tujuan Pembelajaran
5.      Kegiatan Pembelajaran
6.      Sumber, Alat dan Media Pembelajaran
7.      Materi  Pembelajaran
8.      Metode Pembelajaran
9.      Penilaian Pembelajaran
Presentasi dan diskusi Mahasiswa

+ Tugas Seluruh Mahasiswa
6
06-10-2019
Implementasi/ Pelaksanaan kurikulum
a.      Pengertian implementasi/ Pelaksanaan kurikulum
b.      Model implementasi/ Pelaksanaan kurikulum
c.      Standar Proses
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
7
13-10-2019
Evaluasi Kurikulum
a.   Pengertian dan tujuan evaluasi kurikulum
b.   Peran evaluasi kurikulum
c.   Model evaluasi kurikulum
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
8
20-10-2019
Evaluasi Materi & Waktu Cadangan
Presentasi dan diskusi Mahasiswa
9
27-10-2019
UAS


Keterangan:
1.       Metode Perkuliahan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  PAIKEM

2.       Pendekatan
      a.  Teoritis
    Pendekatan teoritis dilakukan dengan melakukan pemahaman dengan serius tentang konsep manajemen  kurikulum,        
        b.  Aplikatif
    Diharuskan bagi mahasiswa untuk melakukan kombinasi keilmuan teoritis yang telah dipelajari dengan  pengalaman akademik dilapangan. 
        c.  Interdispliner
   Menganalisa dengan dua pendekatan keilmuan, baik pendekatan filosofis pendidikan, Sosio politik, Psikologi agama, manajemen pendidikan, Politik pendidikan, dan kegamaan (Al-Qur’an dan l-Sunnah) tentang materi yang dikaji.    

3.       Referensi

      Primer :
  Al-Qur’an dan Hadits-Hadits shoheh
Dr. Teguh Triwiyanto, M.Pd.I , 2015, Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta, Bumi Aksara.  
Dr. Rusman, M.Pd, 2012,  Manajemen Kurikulum, Jakarta: PT. Raja Grafindo persada.
Prof. Dr. H.E. Mulyasa, M.Pd, 2013, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum  2013, Bandung, Rosda.
Syaikh Fuhaim Mustofa, 2009, Kurikulum Pendidikan Anak Muslim, (terj, wafi Marzuki,) Surabaya, Elba.
Dr. E. Kosasih, M.Pd., “Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013”, Buku Penunjang, 2018

    Sekunder :
  Prof. Jalaludin, MA, 2011, Filsafat pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia.  
  Dr. Abdullah Aly,M.Ag,  2011, Pendidikan Islam Multikultural di pesantren “Tela’ah terhadap kurikulum pesantren  modern Islam Assalam Surakarat” Yogyakarta: Pustaka Setia.
Dr. Heri Gunawan, M.Ag.  2012. Kurikulum dan pembelajaran pendididkan agama Islam, Bandung, Alfabeta.  
Buku pedoman KKN TERPADU STAI AS-SHIDDIQIYAH 2015
Seluruh buku, jurnal, artikel, dan karya ilmiah (Skripsi, Tesis dan disertasi) berbasis online yang berkaitan dengan materi.

4.       Tugas
§   Individu :
a.  Menyusun makalah secara mandiri
    - Makalah disusun minimal 10 referensi buku primer dan atau sekunder. 
    - Makalah ditulis dengan 3 paragraf kutipan dilanjutkan dengan 1 paragraf analisis.
    - Setiap presentasi mahasiswa di upayakan menggunakan media pembelajaran (LCD,dll)
    - Makalah dikumpulkan dalam bentuk soft copy (Wa group/Email) dan hard copy.
    - Makalah disusun minimal 10 halaman.
b.   Menyusun Reading Course setiap kali pertemuan, contoh format terlampir. 
c.   Membuat RPP, Prota, Promes dan Kalender Pendidikan Madrasah.

5.       Penilaian
§  Kehadiran       20%
§  UTS                                  15%
§  UAS                                  20%
§  Tugas                               30%
§  Partisipasi                        15%

6.       Rekomendasi
a. Setiap mahasiswa wajib memiliki minimal DUA buku tentang Manajemen Kurikulum.
b. Meningkatkan spirit ilmiah dengan membudayakan membaca 20 MENIT/ hari.


Lempuing Jaya,  20 Agustus 2019
Dosen Pengampu,




Dr. DARUL ABROR, M.Pd.







Format Reading Course

Hari/Tgl

Pertemuan Ke-

Materi


Uraian Materi
Analisis


















Kesimpulan









Pertanyaan



Mengetahui
Dosen Pengampu                                                                                                                                             Mahasiswa



Dr. Darul Abror, M.Pd.                                                                                                     ___________



Ketentuan :
1. Reading course dibuat dengan rapi dengan print book
2. Reading course di cek dan ditandatangani setiap pertemuan oleh dosen pengampu
3. Reading course dikumpulkan sebagai prasyarat mengikuti materi tiap pertemuan.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen SDM Pendidikan MPI II-IV 24-25

  Mata Kuliah                  :  MANAJEMEN SDM PENDIDIKAN                     Dosen Pengampu        :  Dr.  Darul Abror, M.Pd.      Program...